MAKAN SOTO BANJAR DI TEMPAT ASLINYA (KULINER BANJARMASIN)

Makanan pertama yang ingin kami coba adalah Soto Banjar. Pengen tau model aslinya. Melia merekomendasi soto dekat rumahnya, tapi yang ingin kami coba adalah Soto Pak Amat. Soto Pak Amat ternyata tutup hari Jumat, jadinya kami mencoba Soto Banjar di warung Soto Bawah Jembatan yang gak jauh dari warung Soto Pak Amat. Rasanya enak, saya yang bukan penyuka makanan berkuah jadi ikut menikmati. Komposisi sotonya yaitu lontong, ayam kampung yang disuwir, perkedel kentang yang dibuat dari kentang yang digoreng kemudian diparut kasar lalu dibentuk bulat dan digoreng kembali, telur itik yang direbus cukup lama sehingga padat dan berwarna kecoklatan. Satenya juga enak, beberapa kali makan sate di Banjarmasin ini rasanya memuaskan.

IMG_8327

Hari Minggu, sepulang dari Lok Baintan, kami mampir ke warung soto Bang Amat. Warung itu penuh padahal tempatnya luas. Mungkin karena dijadikan meeting point perahu sewaan yang mau ke Lok Baintan jadi pulangnya juga turun disitu. Rasa kuahnya lebih enak dibanding warung soto Bawah Jembatan, namun penampakan sotonya sama saja. Begitun juga rasa satenya.

IMG_8538

Membandingkan soto banjar Kantor Pos yang juga terkenal di Makassar, seingat saya menambahkan telur ayam mentah dalam kuahnya. Terakhir makan kayaknya 10 tahun yang lalu..hehe..Ntar deh dicoba biar jelas perbandingannya.

Satu lagi kuliner yang direkomendasikan mbah google adalah Lontong Orari. Menurutku lontong sayur yang terenak yang pernah saya nikmati. Kuah santannya kental ditambah ayam berbumbu yang rasanya khas dan telur itik. Nyari tempatnya agak-agak sulit, awalnya mengandalkan GPS tapi ternyata gak bener, dipandu sama temannya Amel akhirnya dapat setelah beberapa kali kami bolak balik. Lontong Orari dan Warung soto Pak Amat searah, kalo ke warung soto setelah jembatan, belok kanan menuju bawah jembatan, Lontong Orari setelah jembatan terus saja dan bertanyalah kalo ada persimpangan.

IMG_8339

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s