THE BOOKING HAS MADE….(BERBURU TIKET KE EROPA)

Eropa di depan mata.

Setelah lama berkutat dan mencari informasi penerbangan termurah ke Eropa, hari pertama di tahun ini sy memutuskan untuk mengissued tiketnya. Kalo gak gitu, kepastian untuk ke Eropa tertunda bahkan bisa jadi ada halangan lain. Kalau udah ada tiketnya, sy jadinya lebih focus untuk menyiapkan pengajuan visa.

Rencananya saya pergi bersama Amel, adik saya. Amel belum bisa diissued tiketnya coz kartu kreditnya belum siap.

Dari berbagai macam situs pencari tiket, sy cuman mengandalkan 2 situs pencari tiket http://www.zuji.com dan http://www.kayak.com . di 2 situs pencari tiket ini, kita juga bisa minta dinotifikasi info tiket termurah tujuan yang kita inginkan. Seperti sy minta dinotifikasi tujuan Jakarta-Amsterdam, Jakarta-Paris, Singapore-Amsterdam untuk tanggal yang kita inginkan. Dan memang banyak info yang saya dapat, seperti promo dari china southern, Lufthansa, finn air, Kuwait airlines. Info awal ini sangat berguna, dan seperti kebanyakan saran internet, disarankan untuk booking langsung dari website airlines tersebut. Biasanya lebih murah.

Ada banyak pertimbangan untuk membooking:
Jenis & Peringkat maskapai. Tidak masalah low cost carrier atau premium airlines, asal selisih harganya significant. Sayangnya Airasia Jakarta-Paris return tidak pernah dibawah harga 6 juta (periode pengecekan Agustus-Desember 2011 untuk terbang di bulan May 2012). Jadinya sy beralih ke premium airlines, selisih max sampai 1-2 jutaan gak masalah tapi dapat kenyamanan dan pengalaman terbang dengan pesawat premium. Minimal 4 star berdasarkan http://www.airlinequality.com/ . Kemarin sempat lihat MAS (5 star) promo Jakarta Amsterdam return cuman 7,2jt, sayang terlambat diambil.
Harga tiket. Berdasarkan hasil searching, tiket return 7 jutaan dari Jakarta ke eropa udah termasuk murah. Saya juga mencari alternative penerbangan dari Singapore tujuan Eropa, kalo selisihnya sampai 2 jutaan dibanding penerbangan dari Jakarta tujuan Eropa, saya akan memilih berangkatnya dari Singapore saja. Jakarta Singapore 900rb ditambah airport tax Singapore, berarti masih hemat sekitar 1 jutaan.
Waktu penerbangan. Penerbangan yang normal termasuk transit sekitar 17-20jam.
Lama transit, pengennya gak lama transitnya dan transit bukan di jam-jam harus tidur.
Tempat transit, biasanya tempat transit sesuai dengan homebase maskapai itu, Kuwait airlines di Kuwait, Finn Air di Helsinki
Berapa kali transit. Pesawat ada yang direct, ada yang sampai 2 kali transit. Contoh Jakarta Rome menggunakan Kuwait Airlines, transitnya di Kuwait dan di Paris.
Jenis pesawat. Pengen menggunakan pesawat seri baru seperti Airbus A380. Pesawat ini dua tingkat, tingkat atas untuk penumpang kelas bisnis, tingkat bawah seluruhnya untuk penumpang kelas ekonomi. Kapasitas penumpang kurang lebih 555 penumpang.
Sistem refund. Kemudahan untuk refund jika terjadi hal-hal yang tidak dinginkan seperti visa ditolak.
Fasilitas untuk pergi dan pulang dari tempat yang berbeda (multi city). Biar lebih flexible mengatur itinerary perjalanan.

Pilihan saya jatuh pada promo Emirates, Jakarta-Amsterdam (17Mei2012), Paris-Jakarta (01Juni2012) di harga USD890 atau sekitar Rp 8jt. Promo Emirates dari tanggal 25 Desember 2011 sampai 09 Januari 2012 untuk penerbangan sampai bulan Juni 2012. Bisa memilih multi city, bisa refund meski potong 100usd, Paris-Dubai menggunakan pesawat a380 selebihnya menggunakan Boeing 737-300ER, transit gak terlalu lama dan 1 kali transit di dubai. Websitenya juga user friendly.

Saya beli langsung di website Emirates, dan ternyata malah lebih murah dibanding harga di zuji or kayak.

Beberapa kali mengutak atik destinasi, Amsterdam harus jadi tujuan pertama karena ingin mengunjungi Taman Bunga Keukenhof. Berdasarkan websitenya, Keukenhof di 2012 hanya buka sampai tanggal 20 Mei 2012. Dari bandara bisa langsung ke Keukenhof. Pulangnya pengen menggunakan pesawat A380 yang hanya terbang dari Paris-Dubai, Roma-Dubai. Pengennya juga pulang dari Rome, biar gak bolak balik, tapi harga tiket mahal di USD 1090. Sy sampai mengecek semua kota di Eropa yang diterbangi oleh Emirates. Kalau pulang dari Madrid (Jkt-Ams, Madrid-Jkt) harga USD842.. Tergoda ke Madrid, tapi lebih tergoda untuk mencoba A380, hehe.

Sebenarnya masih tergoda juga untuk menunda mengissued tiket, siapa tau dapat tiket lebih murah. Tapi sudahlah perburuan tiket diakhiri, biar lebih focus ke hal-hal berikutnya seperti pengurusan visa dan booking akomodasi serta transport localnya.

Rencananya visa Schengen mau diajukan melalui Kedutaan Belanda di awal bulan Februari 2012. Jadi masih ada waktu 1 bulan kedepan untuk menyelesaikan itinerary, booking-booking n kelengkapan pengajuan visa. Sebenarnya agak parno dengan pengurusan visa, setahun yang lalu pengajuan visa Australia-ku ditolak. Semoga kali ini saya beruntung, dan persiapan harus lebih matang. Semangat!!!

Tema perjalanan, mengunjungi 7 keajaiban dunia versi buku pelajaran sd yang ada di benua Eropa. Waktu kecil taunya 7 keajaiban dunia: Menara Eiffel Paris, Colloseum Roma, Menara Pisa, Tembok Cina, TajMahal di India, Candi Borobudur di Indonesia, Piramida di Mesir. Meski di Wikipedia, http://id.wikipedia.org/wiki/Tujuh_Keajaiban_Dunia , keajaiban dunia terbagi-bagi lagi, gak ada yang persis 7 keajaiban dunia versi buku pelajaran SD. Negara-negara yang dikunjungi belum fixed, Negara wajib, Belanda, Prancis, Italy, sisanya mau diatur supaya efisien n efektif, hemat waktu dan hemat biaya.

Mengenai rencana biaya, sy sih menargetkan pengeluaran sekitar 15juta udah termasuk tiket pesawat untuk perjalanan 15 hari. Belum bikin rencana detailnya sih. Tetap harus sy menyiapkan dana tambahan 5 juta untuk cadangan.

Perlu dicatat, sy bukanlah orang yang banyak duit, cuman seseorang yang punya keinginan kuat untuk jalan. When there is a will, there is a way.

Tiap tahun, sy harus bikin Tabungan Rencana Mandiri (TRM) selama jangka waktu setahun yang dikhususkan untuk tambahan dana jalan-jalan. Besarannya tergantung rencana mau kemana maksimal 1jt/bulan. Dan itu rasanya sudah cukup ditambah dengan uang cuti.

Sy udah catat seluruh keinginan saya disini . Meski belum semua terpenuhi, setidaknya sy harus berusaha memulai untuk memenuhi keinginan-keinginan itu.

Update:

– harusnya tiketku bisa lebih murah, ternyata ada tambahan diskon 10% bagi member skywards emirates. Harus rajin-rajin mengecek special offer di website emirates. Untuk mendapatkan tambahan diskon itu, masuk dulu ke special offer lalu klik booking.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s