SEOUL METRO SUBWAY DAN T-MONEY

Selama di Seoul, kemana-mana kami menggunakan kereta subway termasuk ke Incheon ataupun Gimpo airport. Jumlah jalurnya ada 19 jalur. Tidak sulit untuk menggunakan transportasi ini, karena tersedia petunjuk dalam Bahasa Inggris baik untuk penggunaan mesin isi ulang T-money, di station dan di dalam kereta.

seoul metro map

seoul metro map

Beberapa fakta tentang Seoul Metro Subway:

  • Merupakan sistem subway yang salah satu jalurnya terpanjang di dunia (Line 1 200.6 km)
  • Merupakan subway terbesar kedua  di dunia berdasarkan banyaknya station setelah New York City Subway. Jumlah stasiun mencapai 607 stasiun dan 411 stasiun diantaranya adalah stasiun penghubung antara jalur satu dengan yang lainnya. Jumlah ini akan terus bertambah, karena perencanaan dan pembangunan subway masih berlangsung hingga 2016.
  • Merupakan subway terbesar kedua di dunia yang paling tinggi penggunaannya setelah Tokyo subway.

Station dan keretanya bersihhhhhhhhhhhh banget dan saya gak melihat aturan yang terpampang  seperti dilarang makan dan minum, dilarang meludah, dilarang bermesraan (seperti di LRT/Monorail KL), dilarang buang sampah. Di MRT Singapore dimana-mana terpampang denda ini dan denda itu. Juga gak terlihat coret-coretan di dinding station. Pertanda bahwa orang Korea itu udah tertib banget dan gak perlu diingatin karena budaya bersihnya udah terbentuk. Padahal di dalam station banyak toko-toko dan mini market yang berarti potensi membuat sampah. Juga gak sulit mencari toilet di setiap station. Berbeda contoh station MRT Singapore yang stationnya khusus untuk naik kereta, no toilet n no mini market.

Kartu yang dipakai untuk naik subway namanya T-Money. Beli kartunya bisa di mini market seperti GS25 atau 7-11.  Saya belinya di GS 25 yang ada di airport, harga kartunya 2500KRW, trus isi ulang di mesin. Total isi ulang selama 4hari di Seoul dan airport (Incheon pp dan Gimpo one way) adalah 30,000KRW. Lebih hemat dibanding Seoul City Pass karena tidak berbatas waktu. City Pass yang dapat dipakai selama 1 hari 15000KRW, 2 hari 25000KRW, 3 hari 35000KRW. Untuk anak-anak lebih murah 50%, cuman untuk dapat digunakan oleh anak-anak dengan harga segitu harus register online dan saya gak berhasil untuk registernya (mungkin website-nya under maintenance ). Jadinya daripada kena harga sama dengan dewasa, setiap kali bepergian saya membelikan mereka tiket single card. Kartu T-Money juga dapat digunakan naik bus, juga dapat digunakan di beberapa kota lainnya seperti Jeju.

Jalan di station sekalian cuci mata karena banyak toko pakaian dan kosmetik seperti Etude, Face shop, Missha, Nature Republik dan sebagainya yang lagi banyak menawarkan diskon.

Yang saya perhatikan selama berkereta:

  • Bisa dibilang hampir gak pernah menemukan anak-anak kecil naik subway, kenapa ya?
  • Pengecualian untuk Seoul Station, station ini hawanya beda sendiri, sepi dan lengang, gak ada toko kayaknya, banyak homeless yang tinggal disini dan station ini berbau tidak sedap.
  • Kebanyakan dalam perjalanan orang-orang pada sibuk nonton tv di hp.
  • Gak ada yang menggunakan tablet Samsung kecuali Ipad, hp mereka rata-rata seukuran Note 2
  • Samsung adalah merek yang kuat banget disana.
  • Meski jalan di station panjang dan berliku serta banyak tangga, banyak wanitanya tetap menggunakan high heels. OMG.
Advertisements

2 thoughts on “SEOUL METRO SUBWAY DAN T-MONEY

  1. Hii Dewi
    Senang sekali baca review jalan2 nya , cukup lengkap
    mau tanya donk , di jeju nginap dimana ? Jeju Citu atau Seogwipo ? ada rekomen Guest house bersih atau Htl budget yg Ok ? he22
    T Money kalu isinya kebanyakan , akhir trip kita bisa di refund kah ?
    Thanks ya .

    • kami nginap di jeju hk II di jeju city letaknya pinggir pantai. dari sini bisa jalan kaki ke underground shopping buat beli oleh-oleh. tmoney bisa direfund di toko2 tempat membeli tmoney..have fun ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s