COPY DARAT DI KL (bagian 3)

Rombongan kami sebagian besar menggunakan pesawat yang sama yaitu Airasia kecuali 2 orang yang berangkat dari Jakarta ke Jeddah dengan menggunakan Qatar Airlines. Memang dimungkinkan untuk menggunakan pesawat lain namun sedapat mungkin diusahakan menggunakan pesawat yang sama karena akan mengalami kesulitan dan kerepotan dalam proses penjemputan.

Jam kedatangan kami masing-masing berbeda-beda, komunikasi tetap dilakukan melalui facebook untuk saling memberi kabar. Ada yang menggunakan sistem fly thru dari Jakarta jadi langsung masuk ke ruang tunggu untuk menunggu keberangkatan ke Jeddah. Dari Makassar, saya tiba jam 20.00 di LCCT, langsung ke mushalla perempuan yang berada di depan Starbucks karena ada beberapa teman yang menunggu disitu. Mushalla perempuan ini bagus juga dijadikan meeting point khusus perempuan karena dekat dengan pintu keluar ketibaan internasional, dan bisa menunggu sambil selonjoran atau baring, sekalian shalat atau menghabiskan untuk mengaji dan didekat situ ada kran air untuk minum air biasa atau air panas.

Tampak banyak sekali rombongan jamaah umrah dari Indonesia yang juga menggunakan pesawat yang sama dengan kami. Sebagian besar selonjoran di depan McD sambil tidur-tiduran padahal jalanan umum. Miris melihatnya, apalagi jamaahnya kebanyakan orang tua. Memang tidak banyak tempat duduk umum yang disediakan di LCCT, tapi setidaknya sebagai alternatif bisa duduk di food garden/food court sambil makan nasi kotak yang dibagikan. Sempat kami nanya biaya umrah mereka. Biaya umrah mereka sekitar 25 juta. Kesian sudah bayar mahal-mahal tapi dibiarkan seperti itu.

Pesawat berangkat tepat waktu jam 02.20 dengan lama perjalanan sekitar 10 jam. Setiap baris terdiri dari 9 kursi dengan formasi 3-3-3. Saya tidak membeli makanan, karena saya pikir waktu makannya hanya 1x dan diberikan pada awal keberangkatan. Mending tidur kan. Ternyata 2x waktu makan, 1x sekitar awal keberangkatan dan 1x sekitar akhir keberangkatan. Namun alhamdulillah di makan pertama saya kebagian air mineral dan di makan kedua juga diberikan nasi lemak + air mineral. Alhamdulillah,  dapat gratisan padahal gak pernah seperti ini sebelumnya. Pas pulang di penerbangan Jeddah-KL, dapat juga 2x makan.

Azan subuh berkumandang di dalam pesawat dan beberapa waktu kemudian diinformasikan bahwa pesawat 1 jam kemudian akan melewati miqat (batas untuk memulai prosesi umrah).  Bagi jamaah yang dari Jeddah langsung ke Makkah diminta untuk siap-siap menggunakan pakaian ihramnya dan siap-siap untuk melafazkan niat dan bertalbiyah.

Kami tiba jam 07.20, ada perbedaan waktu sekitar 5 jam antara Jeddah dan Indonesia. Kami harus menunggu sekitar 2 jam untuk mendapat giliran melakukan proses pemeriksaan imigrasi. Proses pemeriksaan imigrasi dikelompokkan berdasarkan suku bangsanya. Indonesia dan Malaysia dijadikan satu kelompok (bangsa Melayu). Proses pemeriksaan dipisah antara perempuan dan laki-laki dan berlangsung cepat saja.

Ada 1 teman kami yang bagasinya 2 potong tidak diketemukan. Atas saran travelnya, lebih baik meneruskan perjalanan menuju Madinah dulu, bagasi hilang itu akan dibantu pengurusannya oleh travel. Dan memang kami tidak bisa berlama-lama di tempat pengambilan bagasi, petugas yang ada disana segera mengusir kami keluar.  Namun sampai 3 hari di Madinah, belum dapat kabar mengenai bagasi tersebut.

Rombongan kami kemudian berpisah karena sudah dijemput oleh masing-masing travel yang mengurus kami. Mbak Afi dan suaminya yang naik Qatar Airlines tiba 4 jam lebih awal dari kami dan sudah dijemput oleh pembimbing kami terlebih dahulu.

Kami meneruskan perjalanan ke Madinah untuk ziarah ke Masjid Nabawi dan bermukim di sana selama 3 hari. Perjalanan kurang lebih 450 km yang ditempuh sekitar 4 jam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s