TRAVELLING WITH KIDS : KL-SINGAPORE-JOHOR BAHRU-PENANG-KL #1

Banyak perubahan rencana yang terjadi seperti:

1. Tadinya hanya berempat, saya dan 3 anak-anak jadinya berlima. Papanya ikut karena saya belum ada kepastian berangkat. Ada audit dari kantor akuntan publik yang closingnya di jumat siang yang gak bisa ditinggal. Setidaknya ada papanya yang nemani mereka berangkat duluan.  Sebenarnya ada preclosing di pagi harinya dan hasil audit sudah disampaikan pada waktu itu, bosku ngijinin saya berangkat karena hasil auditnya tidak ada yang mengkhawatirkan. Namun gak kesampaian untuk ngejar pesawat jam 11.30 ke makassar. Hanya pesawat itu yang connect dengan penerbangan airasia Makassar ke KL. Saya lalu memilih terbang ke Jakarta lalu lanjut ke KL.

2. Tadinya gak ada rencana menginap di Tune Hotel LCCT, jadi harus menginap. Rencananya jika berangkat bersamaan, mau langsung lanjut naik kereta api malam atau bus malam ke singapore begitu tiba di KL. Jadinya kami naik pesawat ke singapore.

3. Tadinya pengen nyoba sleeper night train dari KL tujuan Singapore dan dari Penang ke KL,  gak jadi karena sudah habis padahal ngeceknya 2 minggu sebelumnya. Trus mau go show saja untuk beli tiket kereta biasa dari penang ke KL ternyata juga sudah habis. Jadinya naik bus dan sebagai konsekuensinya karena tiba sore di KL harus booking penginapan di KL.

Perubahan rencana ini mengakibatkan membengkaknya pengeluaran selama jalan. Tadinya niat jalan hemat, tiketku Mks-KL hangus kemudian harus beli Manado-Jkt, Jkt-KL, trus tambahan pengeluaran karena papanya ikut, beli tiket pesawat KL-Singapore buat berlima, dan tambahan 2 malam di penginapan. Tapi sudahlah, the show must go on. Enjoy sajalah. Ada hikmahnya juga karena papanya anak-anak ikut sehingga gak kewalahan ngurusin 3 kurcaci ini.

Tujuan utama travelling kali ini adalah mengajak Uwais, sepupunya anak-anak yang baru pertama kali jalan ke luar negeri, ke Legoland dan Universal Studio Singapore.

Travelling dengan anak-anak itu:

1. Usahakan cemilan tersedia setiap saat. Dalam perjalanan, anak-anak cenderung lebih cepat lapar dan haus. Kalo jalan sama anak-anak saya  wajib bawa travel cooker, beras secukupnya, buryam instan, mie instan, abon. Jadi di penginapan sebelum berangkat jalan, bisa sarapan sekaligus nyiapin bekal nasi. Juga siapkan botol minum.

2. Berikan pengertian dan buat mereka berjanji untuk menjaga sikap, gak reseh dan rewel. Meski kerewelan tak terhindarkan, ya namanya juga anak-anak, tapi setidaknya volume kerewelannya jadi berkurang.

3. siapkan vitamin, tolak angin untuk anak-anak yang diminum setiap sebelum mulai  beraktivitas.

4. Biasakan mereka membantu dengan bertanggung jawab terhadap barang bawaan yang sesuai kemampuan mereka.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s