BARONGKO

Resep Membuat Kue Barongko

Gak sempat foto hasil sendiri…langsung ludes…sumber foto: http://www.resepmasakankhas.com/..

Kue Barongko merupakan kue tradisional nomor satu paling dicari khas Bugis Makassar. Di setiap event perkawinan maupun acara adat lainnya, kue ini wajib ada. Bikinnya susah-susah gampang dan saya beruntung bisa bikin kue ini berkat rajin nemenin mamaku almarhum setiap kali bikin kue. Adonannya gampang dibikin, yang sulit dan lama dibuat adalah bikin ‘rumah-rumah’ atau wadah untuk kuenya. Saya pun jarang membuatnya, kemarin sempat buat untuk menyambut ipar yang datang berlibur ke Makassar dan pengen makan barongko.

Kue Barongko ada 2 macam setahu saya; ada barongko pisang dan ada barongko tompong (tompong itu adalah buah didalam kelapa yang sudah sangat tua). Karena itu barongko tompong sangat jarang dibuat akibat sulit mendapatkan tompongnya itu.

IMG_7070

pisang kepok yang matangnya bagus

Bahan-bahan:

1 sisir pisang kepok yang matang

300 ml santan dari 1 buah kelapa

100 gram gula pasir

6 butir telur, kocok lepas saja

4 sdm susu kental manis

1/2 sdt vanili bubuk

1/2 sdt garam

Cara membuat:

IMG_7073

iris keempat sisinya untuk mendapatkan bagian yang mulus dari bintik-bintik. Bagian tengahnya disisihkan dan dapat dibuat gorengan atau penganan lainnya.

  1. Iris pisang, keluarkan bagian tengahnya (bagian tengahnya tidak dipakai, yang dipakai hanya bagian luar pisang yang mulus dari bintik2 pisang. seperti contoh di gambar atas
  2. Blender, lalu campurkan dengan bahan-bahan lain seperti telur, susu, gula, vanili, garam dan terakhir masukkan santan. Adonan siap diisikan ke wadah.
  3. Daun pisang dibelah untuk mendapatkan ukuran 15x25cm. 1 wadah terdiri dari 2 lembar daun pisang. Dibentuk sedemikian rupa hingga menjadi wadah khas barongko. Isikan dengan 2 sendok adonan.
  4. Lalu kukus hingga matang. rapikan kue barongko dengan menggunting bagian atas daun pisangnya
IMG_7074

adonan yang sudah siap diisi

IMG_7076

penampang daun pisang

IMG_7077

model wadah barongko

 

Advertisements

8 thoughts on “BARONGKO

    • belum pernah bikin sendiri karena tompong itu susah didapat. Tapi dulu-dulu sering makan dan sempat liat proses bikinnya. Tompong diiris tipis dan kecil. Telur dan gula dikocok sebentar sampai agak berbusa dan kental, dicampur santan kental. Lalu campurkan tompong. Hati-hati dengan tingkat kekentalan adonan. Jangan sampai terlalu cair. tuang ke rumah daun pisang. Lalu kukus. Maaf tidak pake ukuran, krn belum pernah bikin. Coba pake feeling saja hehe…. Variasi barongko pisang juga bisa ditambahkan potongan nangka atau durian. Emang banyak stock tompongnya mbak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s