NASI TUMPENG

20150423_045951[1]

Menjelang Ujian Nasional, Aya dapat tugas presentasi kuliner dengan tema Empat Sehat Lima Sempurna di sekolahnya. Satu kelas dibagi empat kelompok. Aya minta ijin untuk masak-masak dirumah sekaligus minta dibantu. Boleh, asal Aya n teman-teman wajib bantu sampai selesai, “kata saya. Saya saranin buat bikin nasi tumpeng aja. Sekalian mencoba bikin sendiri.

Saya nyuruh Aya buat bikin daftar belanja dan perkiraan biaya biar sesuai budget 400 ribu. Belanjanya pun nyicil sedikit demi sedikit, pas istirahat kerja pergi nemenin Aya belanja. H-3 belanja supermarket, H-2 belanja di pasar khusus untuk bikin bumbu, H-1 belanja bahan-bahan utama. Semua bumbu-bumbu udah dikerjakan di H-2.

Temannya Aya baru datang membantu H-1, itupun gak ada yang nginap. Praktis gak terlalu banyak membantu, karena saya mulai masak sepulang kerja. Hari itu seharusnya saya sudah berangkat ke Makassar buat rapat besoknya. Pemberitahuannya mendadak juga dan harus nyiapin presentasi yang templatenya baru ada sore itu. Hadeuh, dilema ibu bekerja. Bu Jane, Asisten Rumah Tangga (ART) baru mulai kerja besok pula. Jadinya berangkat ke Makassar setelah ngantar Aya ke sekolah beserta tumpengnya, jemput bu Jane untuk mulai tinggal di rumah.

Agak riskan kemarin itu, saya tinggalkan anak-anak dengan ART yang baru dikenal. Tapi terpaksa sikonnya demikian, ketimbang saya biarkan anak-anak tinggal sendiri di rumah, sementara saya ke Makassar. Tadinya mereka saya minta ajak temannya nginap di rumah. Biasanya kalo saya harus ke luar kota, Papanya yang datang temani anak-anak sampai saya kembali, tapi dia juga lagi sibuk. Atau sekalian saya bawa anak-anak ke Makassar, ijin beberapa hari dari sekolah. Tapi Aya sudah gak boleh ijin-ijin lagi karena dalam penilaian menuju Ujian Nasional SD.

Malam itu saya fokus untuk bikin nasi tumpeng, urusan bikin materi presentasi ntar aja di Makassar. Aya dan temannya bantu untuk urusan cuci piring sama motong-motong bahan yang gak terlalu rumit. Alhamdulillah, nasi tumpengnya selesai pas subuh. Teman-temannya Aya mulai subuh juga sudah berdatangan. Jam 06.45, mereka saya antar ke sekolah dan alhamdulillah gak telat juga nyampe Makassar setelah mendarat kurang lebih 6 jam.

Untuk tutorial bikin nasi tumpeng, disini

Lauknya:

  • Ayam goreng kecap
  • Perkedel kentang
  • Mie Goreng
  • Telur Bumbu Bali
  • Tumis sayur hati/ampela
  • Sambal Goreng Tempe
  • Sambal bajak

Desert:

  • Puding vla dalam cup
  • Es buah melon selasih
?

?

Advertisements

3 thoughts on “NASI TUMPENG

  1. It looks delicious! Jadi lapar nih. Berasa sukses sekali ya Mbak, bisa menyelesaikan semuanya tepat waktu terus hasilnya juga memuaskan :)). Senyum anak-anak itu membuktikan semuanya yak, berhasil dengan gemilang :hehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s