PILIHAN HOTEL UMRAH BACKPACKER

foto hotel al shourfah

Di depan Al Shourfah New Hotel, Madinah

Hotel kami di Madinah adalah  Al Shourfah New Hotel, sekitar 150meter dari Gate 16 Masjid Nabawi. Merupakan hotel besar berlantai 14. Liftnya ada 5, tapi tetap saja di waktu-waktu menjelang shalat dan pulang shalat, menunggu lift bisa bikin stress. Untungnya semua dapat kamar di lantai 5, kalau kepepet masih bisa pakai tangga. 

di lobby hotel

Menjelang berangkat ke Makkah

Hotel kami di Makkah adalah Afwaj At Tawba 11 di daerah Misfalah. Kalo dihitung dengan google maps, jaraknya dari pelataran Masjidil Haram sekitar 850meter atau sekitar 10 menit jalan kaki. Ini masih termasuk dekat, karena sampai 500m dari pelataran masjid, masih merupakan kelas hotel berbintang 4 dan 5 which is yang biasa dipakai untuk umrah yang berbiaya sekitar 28-32juta.  Umrah yang berbiaya di bawah itu rata-rata hotelnya juga di sekitar kita.

20160117_201930

Triple room yang dipakai 2 malam pertama

Ada sedikit masalah dengan pengaturan kamar. Makkah lagi padat-padatnya sehingga hotel banyak yang full. Pula di rombongan kami ada yang baru bergabung di last minute sehingga pengaturan kamar agak kacau. Requestnya quad room (4 tempat tidur), malah yang available  triple room dan  fifth room (5 tempat tidur). Mbak Afi sampai puyeng mengatur kembali kamar. Saya di 2 malam pertama harus menerima kamar yang isi tempat tidurnya cuma 3 padahal kami berempat. Gak masalah juga sih, toh si Dede juga masih kecil dan bisa sama-sama tidur. Di 4 malam berikutnya, kami dikasih kamar yang isinya 5 tempat tidur yang luas banget.

Hotelnya gak terlalu besar, berlantai 9, liftnya ada 3. Lobbynya gak terlalu besar. Jalan kakinya juga gak berasa karena jalanan menuju Masjidil Haram penuh dengan jamaah yang hendak menunaikan ibadah shalat. Sekalian olahraga kan? Untuk menghemat energi, ke masjid biasanya dibagi 2sesi. Pada saat shalat subuh sampai dhuha, dan pada saat shalat dhuhur tinggal di masjid sampai selesai shalat Isya baru pulang hotel.

20160122_121043

suasana sekitar 100m dari hotel di Makkah pada saat menjelang shalat Jumat. Sudah ada yang buat shaf untuk shalat. Bangunan yang di sebelah kanan adalah Zamzam tower

Jika dibandingkan umrah backpacker yang terdahulu, fasilitas umrah yang sekarang lebih baik dengan harga LA yang lebih murah. Dulu LAnya USD 535, hotel di Madinah kelasnya lebih rendah di banding yang sekarang, hotel di Makkah kamarnya lebih bagus tapi jauh dari Masjidil Haram. Harus naik bis hotel dulu sampai terminal bus kemudian jalan kaki ke mesjid. Terminal bus ada di belakang pintu Marwah (As Salam Gate). Umrah yang sekarang lebih enak karena sisa jalan kaki ke mesjid dan melalui pintu depan King Fahd Gate

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s