Pempek tanpa ikan

Lagi pengen banget makan pempek, pas ada yang posting video step by step bikin pempek  yang ternyata tidak pake ikan. Selama ini gak niat bikin pempek karena rasanya gak pakem kalo gak pake ikan tenggiri. Ikan tenggiri susah didapat di sini, mau ikan lain kayaknya gak ada alternatifnya. Di palopo juga yang jual pempek hanya ada di satu tempat dan menurutku gak terlalu pas. Teman bilang, ada orang palembang yang sering berurusan ke kantor yang jualan kalo kebetulan lagi bikin pempek. Tapi kepengennya sekarang.

20160310_063506

Ternyata pempek gak pake ikan disebut pempek dos. Lumayan sih rasanya walau tanpa ikan. Harumnya dari kaldu bubuk dan kuah cukonya. Dalam 3 hari ini udah 2x bikin karena Nayla doyan banget. Sarapannya itu, siang makan pempek lagi, begitu juga malamnya. Hihihi.

Saya sekalian praktek cireng. Bahan utamanya sama yaitu kanji. Sempat ada insiden sedikit, minyak panas tertumpah dari penggorengan kena di baju dan betis. Untung saja ada minyak tawon. Alhamdulillah, aman aman saja.

Kebanyakan kata pengantarnya yah, berikut resep pempeknya:

250 gr terigu
350 cc air (1 3/4 gelas air)
Kaldu seafood secukupnya (saya pake kaldu bubuk), 2 sdt garam, 1 sdt gula

4 butir telur kocok lepas (untuk campuran adonan)
8 butir telur kocok lepas, diberi 1/4 sdt merica dan garam (untuk isian pempek)

500 gr tepung tapioka

Masak air dan kaldu sampai mendidih, masukkan terigu. Aduk sampai rata. Tuangkan kocokan telur ke dalam adonan. Masukkan tepung tapioka sampai adonan kalis. Panci untuk merebus pempek disiapkan, diisi air lalu dimasak.

Adonan dibagi sama besar sesuai selera, dibentuk bulat lalu buat lubang ditengahnya seperti sumur. Isi dengan 4 sendok telur lalu tutup. Pempek harus segera direbus. Merebusnya kira-kira 20menit. Tiriskan. Pempek kapal selam siap di goreng. Kurang lebih 10 buah pempek kapal selam ukuran besar dalam 1 adonan ini.

Cuko (pake resep sendiri)

250 gr gula merah
750 cc Air
Direbus dan disaring untuk mengantisipasi adanya ampas gula merah.

4 buah cabe rawit atau sesuai selera
3 sdm ebi
5 siung bawang putih
Ketiganya di blender sampai halus. Tuang ke air gula merah. Tambahkan 2 sdm asam jawa.

 

Advertisements

4 thoughts on “Pempek tanpa ikan

    • kalo ada yang bikinin mah enak… tinggal pesen hehehe.. kalo dihitung2 ongkos produksinya sekitar 35ribu untuk 10 buah pempek kapal selam besar plus cukonya. disini harga pempek 15ribu.taruhlah karena gak pake ikan jadinya harga 10rb dikali 10 buah =100rb. Lumayan hemat 65rb dan puas makannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s