Beli Tiket dulu atau Urus visa dulu?

Dapat tiket murah itu selalu sesuatu banget. Saya selalu bilang karena negara yang pengen dikunjungi banyak, makanya yang menentukan adalah harga tiketnya. Saya dapat tiket KL-Amsterdam, Venice-Jakarta by Etihad Airlines seharga 5,6juta. Adik saya bahkan dapat lebih murah lagi untuk rute yang sama, 4.4juta by Qatar Airlines. Dia jadinya berbeda penerbangan karena saat mau issued Etihad, cc-nya bermasalah.  Dasar rejeki anak shaleha, seminggu kemudian Qatar Airlines juga promo dan jam berangkat dan jam tibanya cuman beda 30menit. Jadi diissued lah tiket itu. Sedih juga saya, selain harga lebih mahal, dari sisi peringkat Airlines 2014, Qatar lebih yahud, peringkat 1 world best airlines. Etihad hanya di peringkat 7, dan sebagai perbandingan Garuda di peringkat 8.

Apakah wajib beli tiket terlebih dahulu sebelum mengurus visa Schengen? Tentu tidak. Persyaratannya hanya melampirkan bookingan tiket. Beberapa kedutaan mewanti-wanti jangan pernah beli tiket sebelum visa di approved. Namun pengalaman membuktikan bahwa kalo nunggu visa di approved dulu, tidak mudah dapat tiket murah. Tiket murah itu ada momen tertentu yang sayang untuk dilewatkan. Kemudian beli tiket jauh-jauh hari  merupakan salah satu cara saya untuk mengatur cash flow.  Pengeluaran biaya tiket biasanya 50% dari total biaya traveling kan. Jadi nantinya tidak terlalu besar dana yang harus dipersiapkan menjelang keberangkatan. Terkadang juga menggunakan promo cicilan 0% dari cc, biar ringan dan maximum cicilan 3-6x. Terlebih kalo berangkatnya bareng keluarga. Dan yang ketiga, saya suka kepastian. Sudah beli tiket, langkah untuk travelling menjadi 50% pasti. Saya gak suka bilang akan ke suatu tempat, tapi belum beli tiket. Saya juga gak suka bikin riset tentang suatu tempat yang akan saya kunjungi, kalo belum beli tiket. Selain tiket ke eropa diatas, saya juga sudah punya tiket ke beijing dan siem reap. Yang ke siem reap berangkatnya tahun depan.

Lalu gimana dong kalo tiket sudah dibeli trus visanya gagal approved? Yahh itulah bagian dari risiko. Kebanyakan tiket promo itu statusnya no refund, no cancellation. Gagal dapat visa, tiketnya hangus. Sejauh ini saya hanya pernah gagal visa 1x, saat pertama kali mengajukan visa Australia. Waktu itu masih culun banget, belum tau tips n tricknya. Penghasilan juga masih minim dan pengalaman travellingnya masih seiprit. Beli tiketnya waktu itu juga gak pake duit beneran, cuman memanfaatkan voucher yang didapat dari maskapai itu. Berikutnya untuk urusan visa alhamdulillah lancar. Menurut saya ada 4 hal yang membuat visa mudah disetujui meski ini bukan jaminan 100% sih yaitu:

  1. Sepanjang mampu meyakinkan pihak kedutaan bahwa ke negaranya semata-mata untuk liburan, ada itinerary, ada bookingan hotel, ada bookingan tiket
  2. Punya keterikatan yang kuat dengan negara Indonesia seperti pekerjaan tetap, keluarga, harta tak bergerak, hutang dan lain-lain
  3. Secara finansial mampu membiayai perjalanan sendiri.
  4. Punya travel history yang bagus

Kalo punya 4 modal diatas, gak apa-apa ambil risiko untuk langsung beli tiket duluan baru urus visa. Tapi kalo kurang yakin, mending urus visa dulu deh.

Advertisements

8 thoughts on “Beli Tiket dulu atau Urus visa dulu?

  1. Kalau harga tiketnya kisaran 5 juta ya gpp ambil resiko 😀 tp klo sdh diangka mulai 8 jutaan rp mending cari amannya deh, drpd nangis bombay visa gak dapat tiket hangus 😆 .

    Pertama kali mau ke LN saya apply visa schengen masuk dari Belanda, sdh PD beli tiket dulu, ternyata tgl utk wawancara visa dikasih jauhh sekali dr yg saya perkirakan, dan bakalan lewat tgl keberangkatan tertera di tiket. Akhirnya bikin drama dg pengundang bilang klo yg ngundang akan ada acara penting, untungnya pihak kedutaan mau memajukan tgl wawancara saya, sejak itu kapok deh beli tiket duluan.

    • Terimakasih sharingnya. so far sih masih belum kapok beli tiket duluan, mudah-mudahan lancar terus ya. Tahun 2012, emang susah sekali cari slot untuk bikin appointment. Full terus, tapi karena mantengin terus, akhirnya dapat u tanggal yang diinginkan. Nah yang sekarang, lebih rajin lagi mantengin, begitu terbuka pendaftaran untuk tanggal yang diinginkan langsung registrasi.

  2. ih murah banget itu tiketnyaaaa, kalo aku sih segitu mending beli dulu ajaaa, abis itu baru deh prepare yang matang buat urus visa dan banyak-banyak doa 😀

  3. koq bs sih dpt tiket murah gt bwt k eropa? tips ny gmn sih kak? itu bookingnya harus staon sblmnya yah? cari lwt skyscanner ato lgsg d website maskapai nya? trimakasih,, maaf byk tny 🙂

    • halo mbak dee,
      tips dapat tiket murah:
      1. Ancer-ancer tanggal yang diinginkan. Tiket murah Eropa kalo saya perhatikan Sept-Okt (saat musim gugur), dan musim semi (mar-mei). Winter juga sering murah sih tapi gak nyaman traveling saat winter.
      2. Gabung ke grup/milis Backpacker. Daripada langganan setiap newsletter airlines mending nunggu info dari grup tersebut.
      3. Soal waktu booking, gak tentu. Ada kok promo tiket eropa 6juta berangkatnya bulan depannya. Kalo saya suka ambil 7-12 bulan sebelumnya, karena saya gak bisa travelling mendadak. Cuti saya harus saya atur biar jaraknya gak berdekatan satu sama lain.

  4. Seumur umur saya ngebolang sejak th 2004, dan sampai 2014 yg lalu sudah berhasil mengumpulkan stempel dari 27 negara di 3 benua, baik yang memerlukan visa maupun tidak…. agendanya selalu saya mulai dengan memiliki tiket pp terlebih dahulu. Puji Tuhan, dan mungkin karena saya mulai jalan ke negara2 non visa terlebih dahulu selama berpuluh puluh kali…. sampai saat ini saya belum pernah mengalami penokan visa (China, Cambodia, Australia, Schengen, Korea, Taiwan, UK), semoga terus demikian untuk waktu yang akan datang….. karena saat ini sedang hunting tiket murah untuk ke Jepang dan United State (West Coast or East Coast)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s