Transit di bandara Muscat, Oman

Transit di Bandara Muscat

Tergiur dengan promo Oman Air, jadilah saya mengissued tiket Jakarta-Moscow buat berempat minus pak suami. Tadinya kepikiran dengan lamanya transit di Muscat, perginya transit 18jam di Muscat, pulangnya transit 19 jam di Muscat pula. Namun menimbang dan memperhatikan referensi teman-teman traveler, yah coba dinikmati saja transitnya. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Sekali jalan, bisa dapat 2 negara yaitu Oman dan Rusia. Muscat itu ibukota Oman, negara kaya di teluk Arab. Oman Air memang lagi promo terus-terusan utamanya ke Eropa tapi hampir semua rute dengan transit yang panjang waktunya. Harga tiket Jakarta-Moscow pulang pergi sekitar 6,3juta yang diissued sekitar 3 bulan sebelum berangkat. Teman lain malah ada yang dapat lebih murah.

Dari Makassar kami terbang dengan pesawat yang pagi banget ke Jakarta. Masih banyak jeda waktu dengan pesawat ke Muscat, tiba di Jakarta sekitar jam 07.00 sementara pesawat ke Muscat terjadwal jam 14.50 . Tapi lebih baik cepat, ketimbang mepet-mepet tiba di Jakarta kan. Berbahagialah kalian yang tinggal di Jakarta, gak banyak effort untuk jalan ke luar negeri.

Pesawat yang ke Muscat adalah jenis Dreamliner 787 dengan formasi 2-4-2, sepertinya minjam pesawat Srilanka Air karena layar Inflight Entertainment menampilkan logo Srilanka Air meski semua property seperti selimut, alas sandaran kepala, majalah dan sebagainya berlogo Oman Air. Tampak banyak sekali jamaah umrah yang naik pesawat ini. Agak crowded saat naik pesawat karena mereka sibuk saling menukar kursi agar dapat duduk bersama orang terdekatnya. Saya yang dapat kursi paling depan di zona bagian belakang sedikit terganggu dengan cukup banyak yang lalu lalang didepan kami.

Begitu lepas landas saya iseng meminta bassinet untuk Ghazy. Dulu waktu naik Royal Jordanian, persyaratan yang bisa pakai bassinet itu adalah bayi sampai umur 9 bulan dan bassinet harus direquest secara online. Tapi ternyata tanpa saya request, malah disediakan bassinet. Padahal umur Ghazy saat itu sudah 1 tahun 4 bulan.

Pramugaranya menanyakan berat badan Ghazy. Batasan maksimum berat badan bayi untuk bassinet Oman Air adalah 11kg. Ghazy masih 10kg jadi masih bisa menggunakan bassinet meski panjang bassinet sebenarnya udah gak pas untuk Ghazy. Lumayan ada tempat buat Ghazy bobok sehingga gak perlu sering-sering dipangku.

Transit pertama di Muscat saat menuju Moscow, saya memutuskan untuk stay di bandara saja. Pulangnya baru keluar jalan-jalan di kota Muscat. Sayangnya Oman gak bebas visa dan harus apply online. Single entry 5 OMR (Oman Riyal) atau sekitar 198ribu, Double entry 30OMR. Coba bebas visa akan lebih mudah kalo mau bolak balik. 1 Oman Riyal setara hampir 40000IDR, hiks sedih.

Saya memesan kamar di hotel bandara, yang unik harga pemesanannya mulai dari harga per 6jam,12jam, ataupun 24 jam. Jadi disesuaikan kebutuhan dan budget. Saya milih yang 6 jam saja, meski kita transitnya sekitar 18jam. Harga kamar untuk 6 jam saja  1,25juta rupiah. Supaya benar-benar efektif, kita check in menjelang tengah malam, biar bisa tidur pulas dan paginya bisa  mandi sebelum check out. Tiba di bandara Muscat International Airport, kita cari makan. Gak banyak pilihan cuma ada KFC, MCDonald, Resto tunjuk-tunjuk ala Timur Tengah, 1-2 cafe dan beberapa lounge bandara. Bandara Muscat meski baru tapi kecil, 15 menit mutar-mutar juga udah hafal. Bandaranya rame banget, nyaris semua tempat penuh dengan orang yang menunggu saat transit.  Kita makan di KFC, 3.5OMR udah dapat 5 ayam, 1kentang, 1salad, 1 roti dan 2 minum. Harga nasi di KFC lebih mahal daripada kentangnya, nasinya kayak nasi briyani. Ayamnya enak banget. Sampai-sampai 4x makannya di KFC melulu. Di Mcd cuma nyoba es krim Mc Flurry yang dibandrol 1 OMR, hiks. Semua transaksi gak perlu tunai, jadi gak usah susah-susah tukar uang atau tarik ATM.

Antrian untuk ngambil password wifi Muscat airport

WIFI di bandara Muscat gratis tapi untuk dapat password wifi harus scan passport. Gak susah menemukan mesin scannya, cari saja yang antriannya mengular. Kalo gak salah hanya ada 2 mesin. Masa pemakaian wifi hanya 3 jam, jika habis scan lagi passport.

Setelah makan, kami menuju Aerotel Muscat Airport. Maksud hati mau nunggu di lobbynya sampai tengah malam. Saat saya menyampaikan bahwa saya sudah reservasi tapi mau check in tengah malam dan minta ijin untuk stay di lobby, petugasnya bilang maaf gak bisa Karena waktu check in masih sekitar 2 jam lagi. Jadinya kita nongkrong di dekat hotel, kebetulan ada beberapa kursi kosong yang cukup nyaman.

Saat check in, saya dikenakan charge extra bed 10 OMR. Kami berlima plus 1 baby booking 2 Kamar. Sebenarnya kamarnya lega banget meski tanpa extra bed. Di kamar, kasurnya king size plus ada sofa panjang. Tapi kalo sudah begitu kebijakannya ya kita terima saja. Petugasnya ngasih extra 30 menit jadi check out jam 6.30. Masuk kamar, segera cuci muka, pasang alarm jam 5 lalu bobok. Alhamdulillah tidurnya pulas. Saya masih sempat masak nasi, buat sarapan dan buat bekal sebentar, anak-anak pengen makan nasi putih dengan ayam KFC. Nasi yang dijual di KFC nasinya kuning ala Timur Tengah yang dimasak dengan minyak.

Setelah check out, kami kembali nongkrong di tempat yang sama dekat hotel.  Nyaman karena tidak banyak orang di lantai atas ini.  Saya menghabiskan waktu untuk apply visa Oman online untuk semua. Yang dibutuhkan sebagai lampiran adalah passport (file dalam pdf), foto 3×4 (file jpg) dengan ukuran file gak boleh lebih dari 500kb. Cukup lama prosesnya karena kendala di ukuran file, scan passport format jpg, atau blur.  Dari 6 yang mengajukan, 4 langsung approved gak lama Setelah mengajukan. Yang dua lagi minta di kirim ulang pasport. Awalnya saya sempat bingung karena diemail, alasan yang menyebabkan visa belum di approved ditulis dalam bahasa Arab. Saya ke petugas hotel minta tolong diterjemahkan, eh petugasnya bilang baiknya pakai google translate. Duh, nyebelin gitu aja gak mau bantu. Tapi setelah dipikir ya ada benarnya juga dia, bisa saja setelah di bantu malah minta bantuan terus mending dia membiasakan orang nyari tau sendiri dulu. Passport di scan ulang trus diattach di aplikasi e-visa. Setelah itu ada. email notifikasi bahwa 1 visa sudah diapprove. Sisa visa baby Ghazy yang belum di approve, ternyata bukan dokument passportnya yang masalah tapi fotonya. Yang saya lampirkan emang foto biasa bukan foto untuk visa yang latar belakangnya putih. Untungnya Setelah nyari ketemu foto visa baby Ghazy. Dan alhamdulillah akhirnya approved juga semua.

Pulang dari Moscow transit di Muscat, kita langsung keluar bandara. Ceritanya disini. Sayang balik bandaranya terlalu cepat, jadinya bete nunggu sampai tiba boarding jam 02 pagi. Gak ada tempat nongkrong yang nyaman. Tempat kita nongkrong yang lalu udah full, ke mushalla juga gak enak kalo bawa baby kuatir mengganggu kenyamanan ibadah yang lain, lounge yang gratis juga full, yang tersisa cuma  kursi panjang yang gak terlalu nyaman.

IMG_5169Kalo ditanya kesan tentang Oman Air, saya ogah naik Oman Air lagi  jika harus transit lama. Mati gaya dan harus keluar biaya ini itu. Kalo transit sekitar 4 jam-an bolehlah. Untuk pelayanan di dalam pesawat, jika dibandingkan dengan maskapai lain, Oman Air masih standar banget. Saat membagikan makanan, kalo kitanya tidur gak dikasih makan. Di lain kesempatan, pramugara yang tugasnya melayani area tempat duduk saya lewat-lewat saja bawa trolly minuman panas, yang gak minta gak dikasih. Trus pas ada lewat lagi, saya minta kopi susu baru dikasih tapi tanpa gula.  Pas minta gula, pramugarinya bilang gula sudah habis. Kalo maskapai lain biasanya pramugarinya sering lewat bawa gelas-gelas teh/kopi/air mineral dan menawarkan sana sini, di Oman air saya gak liat. Dari sisi penampilan, pramugarinya lumayan cantik-cantik tapi pramugaranya kurang ganteng. Dari sisi keramahan, gak ada kesan ramah dan kurang senyumnya. Dari rasa makanan, makanannya kurang cocok dilidah saya dan group saya lainnya. Banyakan disisa.

Kalo kamu pernah gak transit lama banget di bandara dan apa yang kamu lakuin?