Tips seharian main di Universal Studio Singapore 2022

WhatsApp Image 2022-08-02 at 10.03.36 PM

Gak lengkap ke Singapore tanpa main ke Universal Studio Singapore (USS). Apalagi ada  si bocil umur 4 tahun yang pengen diajak menikmati excitement USS untuk pertama kalinya. Kakak-kakaknya  udah pernah 2x main di USS. Saya baru sekali kesana dan pernah satu kali saya hanya mengantarkan Pak suami dan anak sampai pintu gerbang USS. Mereka bermain di USS, saya sendiri menikmati dengan explore mengelilingi sentosa ujung pukul ujung sambil menunggu mereka selesai bermain. Lumayan kan hemat 1 orang. Secara harga tiketnya lumayan menggerus isi tabungan, sekarang harga tiket dewasa usia 13-99 tahun 81SGD dan anak umur 4- 13 tahun 61SGD. Kurs 1 SGD=11ribu rupiah. Itu baru tiket normal yah, kalo pengen tiket express harus nambah biaya lagi. Tiket express adalah tiket untuk memotong jalur antrian normal, antrian orang yang punya tambahan tiket express berbeda dengan jalur normal, jadi bisa lebih pendek antriannya dan bisa lebih cepat mainnya. Ada 2 kategori juga tiket express, tiket express regular dan unlimited. Yang regular boleh antri express hanya 1x per wahana, yang unlimited boleh antri express berulang-ulang kali di setiap wahana. Harganya bervariasi 60-120SGD sesuai dengan tanggal yang dipilih. Jadi total harga masuk USS kalo plus tiket express unlimited sekitar 200SGD/orang. Wow. Bagi penggemar theme park atau yang gak punya waktu dan mau puas main, harga ini mungkin sepadan.

Tips untuk membeli tiket adalah bandingin harga di beberapa situs penyedia pembelian tiket USS baik lokal maupun situs luar. Mana yang ngasih promo atau diskon. Total harga 3 tiket dewasa+1 anak-anak saya dapatkan di harga 3,1juta dapat diskon dari ti**t.com 300ribu jadi sisa bayar 2,7juta, lumayan kan. Gak usah plus pake tiket express, sayang duitnya dan biar saja anak-anak belajar bersabar untuk mengantri.

Tips lainnya antara lain:

  1. Perhatikan pemilihan tanggal ke Singapore, aturan beli tiket USS dan jam buka

WhatsApp Image 2022-08-02 at 10.03.35 PMSaat kita ke Singapore, tiket USS harus dibeli paling lambat H-1. Tiketnya fixed date hanya bisa digunakan sesuai tanggal yang kita pilih. USS hanya buka 5 hari dalam seminggu yaitu hari Rabu sampai Minggu dengan jam buka mulai jam 12 sampai jam 7 malam.

Saya memilih main di USS di hari Jumat, harapannya masih hari kerja kan jadi biar gak terlalu rame. Pemilihan tanggal ke Singapore juga saya pilih saat liburan sekolah sudah usai. Saya ke Singapore pas di minggu pertama anak-anak masuk sekolah kembali. Anak-anak minta ijin 2 hari gak masuk sekolah sama gurunya.

Kami emang meniatkan seharian di USS. Berangkat jam 8.30 dari hotel nyampe di Vivo City Mall jam 09.30. Pengennya menunggu sampai Perpustakaan di Lt.3 buka. Saya sih udah pernah kesana, cuman pengen ngajak anak-anak untuk foto-foto di dalam perpustakaan yang instagramabble banget itu. Tapi berhubung ternyata jam bukanya jam 11, kami urung menunggu. Saya ngajak anak-anak berjalan kaki ke Sentosa ketimbang naik monorail. Lumayan berhemat 4 SGD/orang dan saya sekalian menambah jumlah langkah kaki. Di kantor ada program Sejuta Langkah yang bertujuan untuk menjaga kesehatan dan menambah kebugaran, dimana tiap karyawan mengaktifkan Google Fit dan setiap bulannya ada report jumlah langkah kaki. Target setahun adalah 1.000.000 langkah.

Ini kali kedua saya jalan melalui Sentosa Boardwalk, katanya bayar 1SGD tapi dua kali lewat sini gak bayar. Jaraknya hanya 600m dari Vivo City Mall. Sebenarnya enak saja jalan kaki karena ada selasar yang bikin kita gak kena panas dan ada travelator trus pemandangannya keren bisa sambil foto-foto di jalan. Hanya pada saat kita jalan kesana, travelator gak ada yang berfungsi dan yang jalan kaki cuma kita aja hehe.

Pas kita nyampe di depan USS, bola dunia yang menjadi icon USS belum berputar dan menyemburkan asap. Baru berputar menjelang jam 12. Kami jalan-jalan menghabiskan waktu sekitar situ saja, ngadem di Starbucks (cuaca panas banget soalnya) abis itu makan siang di Texas FC. Jam 11.30 kita mulai mengantri masuk ke USS, anak-anak gak mau kalo telat masuknya.

2. Jika bawa anak kecil, ketahui tinggi badannya.

WhatsApp Image 2022-08-02 at 10.03.35 PM (1)Beberapa wahana mensyaratkan tinggi badan minimal. Di setiap wahana ada informasi minimal tinggi badan dan estimasi waktu mengantri. Jika bawa anak kecil, pastikan dia bisa main wahana tersebut sebelum mengantri main. Jangan sampai sudah capek antri tau-tau ditolak, karena ada juga wahana yang tidak ada petugas standby. Anak diatas 122cm baru boleh main semua wahana.

Ghazy tingginya baru 104cm jadi hanya bisa main wahana Transformer, Enchanted Airways, Dino Soarin, Puss in boot ride, Accelerator, , Canopy Flyer, Treasure Hunter, Sesame Street in spaghetty Space Chase, Light Camera Action. Dari wahana yang disebutkan diatas ada 2 yang tidak sempat kami maini: Canopy Flyer dan Light Camera Action. Canopy Flyer sekitar jam 3 sore waktu tunggu antriannya  masih 60 menit, begitu kita datang lagi sekitar jam 5.30 eh sudah close. Wahana yang seru bagi Ghazy adalah Transformer (roller coaster indoor), enchanted airways (roller coaster outdoor), puss in boots (roller coaster outdoor juga) dan Dino Soarin (wahana burung yang bisa naik dan turun).

3. Tentukan wahana yang ingin dikunjungi

Terdapat 6 zona:

  • Hollywood: Disini bisa berfoto/meet n greet dengan Minion dan Kungfu (Mr Po & Tigres), waktu berfoto ada jam-jam tertentu dan harus mengantri.
  • New York: Ada wahana Sesame Street Spaghetti Space Chase dan show Light Camera Action. Disini juga bisa berfoto/meet n greet dengan Madagascar dan Sesame Street.
  • Sci-Fi City: Ada wahana roller coaster Battlestar Galactica Human vs Cylon, ada 2 roller coaster disini dan masing-masing harus mengantri. Ada juga wahana Transformer. Disini berfoto/meet n greet dengan Transformer, tapi tidak gratis. Kalo gak salah, bayar tip 5 SGD untuk bisa berfoto.
  • Ancient City: Ada wahana Mummy Revenge (roller coaster indoor) dan Treasure Hunter
  • The Lost World: Ada wahana Canopy Flyer. Dino Soaring, Jurassic Park Rapid Adventure (wahana arung jeram dan siap basah-basahan)
  • Far far Away: Ada wahana Enchanted Airways dan Puss in Boots (dua-duanya roller coaster untuk anak-anak), trus bisa nonton Shrek 4D Adventure. Disini juga bisa berfoto dengan Shrek dan Puss in boots di jam-jam tertentu

WhatsApp Image 2022-08-02 at 10.03.35 PM (3)

Ada juga wahana yang sudah/sedang close seperti Magic Potion (bianglala), Madagaskar show, Merry go round alias komidi putar, water world.

Sebaiknya memilih wahana yang estimasi waktu mengantrinya paling sedikit yang sekitar 20-30menit, sambil nunggu wahana popular seperti Transformer, Mummy, Battlestar Galactica, Jurassic Park sudah mulai berkurang waktu tunggunya. Semakin sore sudah semakin sepi. Pengunjung sudah mulai berkurang/pulang. Kalo pas rame-ramenya waktu menunggu wahana diatas bisa diatas 60menit, tapi kalo sudah sore paling sisa 30menit saja. Lama permainan paling 1-3 menit tapi ngantrinya itu loh.

Jika seharian di USS, bisa banget main semua wahana. Yang kami skip wahana Mummy dan Jurassic park, karena Ghazy dengan tinggi badan <122 belum bisa masuk. Yang main di wahana rollercoaster Galactica Battlestar baik itu Human maupun Cylon cukup kakak-kakaknya Ghazy saja, saya dan Ghazy menunggu sambil istirahat.

Ada wahana yang mensyaratkan harus nitip barang bawaan di locker, atau boleh juga titipin ke kerabat yang gak main wahana. Seperti wahana Battle star Galactica dan Mummy, gak boleh ada apapun yang kita bawa contohnya hp, camera, kacamata, uang koin dan sebagainya. Penggunaan locker 30 menit pertama free, selanjutnya berbayar.

4. Jangan salah kostum, Bawa baju ganti atau poncho/jas hujan disposable

Udara Singapore sangat gerah, pastikan menggunakan baju dan sepatu/sandal yang ternyaman menurut versi kalian. Bawa juga perlengkapan seperti sun block, topi dan kacamata hitam. Bawa juga masker cadangan jika sewaktu waktu dibutuhkan, karena pada saat mengantri sudah masuk kawasan wajib masker. Petugas USS akan selalu mengingatkan untuk menggunakan masker secara proper.

Jika ingin naik arung jeram pastikan bawa baju ganti atau jas hujan disposable untuk menghindari basah-basahan akibat hempasan air saat meluncur turun.

5. Bawa botol air minum isi ulang.

Di sana banyak sekali tempat pengisian air minum. Ada yang di sekitar rest room, pada saat mengantri atau dekat dengan wahana. Lumayan bisa menghemat biaya pembelian air mineral yang rata-rata 2SGD untuk 600ml. Udara yang panas membuat kita wajib terhidrasi.

Bagaimana dengan makanan? Di website disebutkan tidak boleh bawa makanan minuman di USS tapi saat kita kesana, gak ada pemeriksaan barang bawaan. Jadi masih bisa ngemil dengan snack bawaan sendiri. Beruntung sebelum masuk USS kita udah makan kenyang dan enak sebelum masuk USS, sehingga tidak repot lagi mencari makanan di USS.

Demikian tips main seharian di USS. Semoga membantu.
WhatsApp Image 2022-08-02 at 10.03.35 PM (2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s