OYSTER CARD, Cara Hemat Jalan-jalan di London

20170319_024535

Setiba di Heathrow Terminal 4, kami langsung menuju ke Underground mau naik tube ke kota London. Tube adalah istilah untuk subway atau MRT atau Metro di London. Ini merupakan cara terhemat untuk ke London, perjalanan sekitar 55menit. Kartu yang digunakan untuk London Underground (tube)/bus/train tertentu/DLR/London Overground/layanan ferry di Sungai Thames adalah Oyster Card. Kalau beli tiket single di mesin dengan tujuan Zona 1 adalah seharga 6GBP.

Cara tercepat dari Heathrow ke London ataupun sebaliknya adalah naik kereta Heathrow Express, hanya 15 menit perjalanan, ada Wifi da nada colokan listrik. Harganya bervariasi, harga normal off peak 20GBP, harga normal peak (07.00-10.00 dan 16.00-19.00, Senin-Jumat) 25GBP. Semakin lama waktu belinya semakin murah (Advance Express Saver), hanya saja hanya bisa digunakan pada tanggal yang sudah ditentukan. Beli tiket return lebih murah dibanding tiket single.

download

photo from here

Oyster Card ada beberapa jenis:

  • Pay As You Go (PAYG): Jenis kartu tap and go yang kita isi dengan sejumlah deposit yang bisa digunakan tanpa batas waktu. Beli kartunya seharga 5GBP, kemudian bisa kita isi dengan nominal sesuai keperluan perjalanan. Jika sudah tidak akan digunakan lagi, seluruh deposit+nominal sisanya dapat direfund di mesin. Enaknya pakai jenis kartu ini ada daily cap atau batasan pemakaian harian. Contoh jika bepergian dengan tube dalam zona 1-2 saja, maka setelah pemakaian 6.6GBP kartu Oyster tidak akan kena charge. Single journey zone 1-2 adalah 2.4GBP, maka pemakaian tube yang keempat kalinya dan seterusnya dalam hari itu akan free of charge. Contoh yang lain jika bepergian hanya dengan bus, maka setelah pemakaian 4.5GBP kartu oyster tetap di tap namun nominal yang ada tidak akan berkurang. Untuk lebih jelasnya liat table yang ini.

Tabel sebelah kiri: daily cap, Tabel sebelah kanan: Perbandingan antara pake Oyster dengan beli tiket satuan. sumber data dari sini

  • Visitor Card: Sistemnya sama dengan PAYG, hanya saja kemudahannya adalah dapat dibeli online. Depositnya 3GBP. Ada minimal nominal pengisiannya sesuai zona. Contohnya jika kita akan bepergian selama 2 hari dalam zona 1-6 maka nominal yang harus diisi minimal 25GBP. Jika sudah tidak akan digunakan lagi, hanya nominal sisa yang dapat direfund di mesin.
  • Travel Card: Jenis kartu harian yang bisa dipakai sepuasnya dalam satu hari untuk hampir semua moda transportasi di London. Harga 12.3GBP untuk berkeliling London dalam Zone 1-4, 17.5GBP dalam zone 1-6 (dimana bisa digunakan sampai ke Heathtrow).

Saya memilih PAYG Oyster Card, belinya bisa di mesin yang ada di stasiun Underground. Kalo di Underground Terminal 4 Heathrow, ada toko dimana juga menjual Oyster Card berikut isinya. Kami beli di toko itu saja karena mau beli kartu untuk 12 orang.

20170319_024856

Memahami jalur-jalur tube di London sedikit lebih rumit dibanding MRT di Singapore, Hongkong atau Paris. Tapi lebih mudah dibanding jalur Metro dan kereta di Jepang. Tube di London jalurnya banyak sekali. Trus ada beberapa jalur yang punya cabang-cabang lagi. Jadi tidak semua kereta dengan jalur yang sama bisa langsung dinaiki. Di titik percabangan, kita harus ganti kereta lagi meski jalur keretanya sama. Atau jika tidak ingin berganti kereta harus memastikan tujuan dengan melihat papan info kereta.

schematic map

Tiba di hostel, kami hanya taruh barang dan langsung memanfaatkan malam itu untuk ke Rock Shop HRC naik bus. Bus di London khas banget karena semuanya jenis double decker dan semuanya berwarna merah. Cuman setelah beberapa kali naik bus selama di London, saya berkesimpulan lebih enak naik tube. Saya sering kebingungan dimana halte yang tepat dan arah yang tepat pula. Sering disorientasi arah padahal saya juga dibantu sama Gmaps saat jalan. Udah pernah salah arah yang berujung kami memilih naik tube saja. Padahal jika ngerti arah, enak juga naik bus karena biasanya lebih dekat tempat yang dituju.

Selama 5 hari di London, penggunaan Oyster Card PAYG sekitar 40GBP sudah termasuk airport bolak balik, DLR ke Greenwich, train ke Windsor Castle dan berkeliling dalam kota.

Sempat bingung saat naik DLR ke Greenwich, gak ada mesin tapnya. Ternyata ada petugas di dalam kereta yang bawa mesin kaya EDC dan kartu kita digesek di mesin itu.

Saat pulang dari Windsor Castle juga kami kebingungan, karena hal yang sama. Mesin tapnya gak ada. Padahal saat pergi ke Windsor kami menggunakan Oyster. Ternyata harus beli tiket kereta tersendiri. Mungkin untuk kepentingan pendapatan daerah kali karena Windsor sudah diluar kota London. Sempat tergoda untuk gak usah beli tiket, tapi pikiran tersebut kami buang jauh-jauh. Dan saat naik di kereta sudah ada seorang bapak yang sedang bersantai duduk di dekat kursi kami. Begitu kereta jalan, si Bapak mengeluarkan alat verifikasinya. Hampir saja kena denda. Hihihi.

Harusnya Oyster Card juga digunakan saat ke Harry Potter Studio, tapi kita belum ngerti bahwa Oyster bisa digunakan di kereta. Jadi kita beli tiket kereta return di Euston Station untuk menuju ke Watford Junction. Padahal jika pakai Oyster Card ke sana, daily capnya pasti sudah terpenuhi dan kami sudah naik  tube dengan gratis.

Oyster Card baru bisa direfund setelah 48jam pemakaian ya. Begitu tiba di airport kembali, kami langsung memproses refund di mesin. Tak disangka ternyata pesawat kami cancel, kami harus nginap semalam dan dapat tiket pesawat pengganti berangkat di malam hari. Kami jadi punya waktu seharian yang kami manfaatkan untuk jalan-jalan ke kota London. Beli tiket Oyster baru di pagi hari kemudian saat tiba kembali di airport di sore hari, mau refund ternyata gak bisa. Ternyata ada info dekat mesin bahwa refund Oyster Card baru bisa setelah 48 jam pemakaian. Hadeuh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s