KASTENGEL & CHOCOLATE CHIP COOKIES

IMG_7940

Melanjutkan postingan tentang kue kering bikinan sendiri, resep kue berikutnya adalah kastengel (kue keju) dan chocolate chip cookies. Sengaja ditulis dengan resepnya sekalian, biar besok-besok kalo butuh resep bisa liat di blog aja, gak usah googling kesana kemari. Kastengel pake resep NCC. Dari kemarin nyebut NCC melulu ya. Bagi yang belum tau, Natural Cooking Club (NCC) itu adalah komunitas masak yang digagas oleh ibu Fatmah Bahalwan. Komunitas ini keren banget. Bisa dapat berbagai update informasi seputar dunia masak-memasak mulai dari peralatan, teknik masak, info bahan, info bisnis, food photography dan sebagainya. Kue-kue yang diposting oleh anggota milis menginspirasi banget. Saya join milis NCC, sebatas member pasif. Email-nya seabrek yang masuk jadi  gak terlalu sering saya baca. Paling kalo sedang menunggu atau lagi nyantai baru sempatkan baca. Prioritas sama anggota milis yang kirim attachment foto hasil baking.Saya suka menggunakan resep NCC karena resep-resepnya anti gagal, udah teruji di berbagai dapur, takarannya pas dan tampilannya pun menarik. Continue reading

Advertisements

PUTRI SALJU MENTE

IMG_7937

Udah pada bikin kue kering buat lebaran kan? Kalo belum, kue kering klasik ini bisa jadi pilihan. Standarnya taburannya atau yang bikin putih kue ini adalah gula donat atau gula halus. Tapi ada juga yang campur susu di taburan gulanya, jadi rasanya lebih gurih dan harum. Cuman kalo dicampur susu, kue ini gak bisa lama-lama dianggurin. Berikut resepnya: Continue reading

LIDAH KUCING RAINBOW

IMG_7930

iseng nambahin lego balon udara buat latar belakang, abis masih fakir ide foto

Saya doyan banget kue yang satu ini, membuatnya tidak susah dan gak makan waktu. Hanya saja harus trial and error. Testing 1 contoh untuk dioven biar bisa dapat ukuran yang pas. Juga gak harus punya cetakan khusus buat lidah kucing. Saya cuman punya 1 loyang, makanya saya bantu dengan talam biasa. Masing-masing punya plus minus. Kalo pake talam biasa, tidak mudah patah tapi ukuran panjang kue kadang tidak standar. Sedang pake talam khususnya, kuenya mudah patah saat akan dilepaskan dari cetakannya tapi ukuran kue jadi standar. Ovennya harus diperhatikan terus, karena sebentar saja sudah matang. Warnanya gak terlalu terang, saya menggunakan pewarna yang sudah ada saja, harusnya beli khusus 1 set pewarna rainbow.

Continue reading

BAKING WITH MY LOVELY KIDS: KUKIS HIAS

IMG_7959

Our homemade cookies

Weekend kemarin saya manfaatin waktunya buat bikin kue kering. Saya pengen meneruskan tradisi bikin kue kering menjelang lebaran. Almarhum Ibu saya rajin bikin kue, nyaris jarang beli kue atau makanan diluar. Kami anak-anaknya sering membantu, jadinya ketularan. Salah satu adik saya sekarang berbisnis kue kering sebagai usaha sampingan. Kalo dari segi skill bikin kue kering, buatan adik saya memang lebih ok hasilnya, rapi dan lebih konsisten bentuknya. Kalau saya lebih ke ingin mempertahankan tradisi bikin kue kering sekaligus mengajak anak-anak untuk terlibat dalam prosesnya. Meski hasilnya  pas-pasan. Bagi saya, proses lebih penting daripada hasilnya. Tak ada hasil yang bagus tanpa melalui proses yang panjang dan mungkin harus berulang-ulang. Saya gak mau anak-anak saya kelak hanya pintar beli. Continue reading

NASTAR

nastar

my nastar

Lebaran rasanya kurang pas tanpa kue yang satu ini. Resepnya dari NCC, dengan sedikit modifikasi menyesuaikan dengan bahan yang ada di rumah. Selainya juga beli jadi tapi khusus untuk isian nastar. Tahun lalu bikinnya ditambahin keju edam dalam campuran kulitnya, tahun ini ikuti pakemnya ajah. Tetap enak.

Bahan kulit

250 gr margarin

250 gr mentega (saya ganti dengan roombutter)

100 g gula halus

4 btr kuning telur

700 gr tepung terigu

4 sdm susu bubuk

Bahan olesan:

3 btr kuning telur, kocok lepas dengan 1-2 sdm susu cair

Selai Nanas: beli jadi yang khusus buat isian nastar. Continue reading

KURMA MENTE COKLAT

Deskripsi:
Variasi kue lebaran

Bahan-bahan:
500 gr kurma, dikeluarkan bijinya dan digunting kecil
150 gr kacang mente, digoreng dan di potong kecil-kecil
200 gr coklat compound warna coklat
plastik segitiga
coklat compound warna hijau/biru/pink secukupnya
cup kue yang kecil
(bagusnya sih yang warna hitam)

Petunjuk
kurma dicampur sama mente, dibentuk bulat dan letakkan dalam cup kue.
coklat dicairkan, caranya potong-potong coklat, masukkan dalam plastik segitiga, ikat ujungnya. Didihkan air, setelah mendidih, matikan. Rendam plastik berisi coklat sampai coklatnya mencair. Gunting sedikit ujungnya. Siram diatas kurma dengan hati-hati dan cepat.
Setelah itu, dengan cara yang sama coklat hijau dicairkan. Kemudian di siram acak diatas coklat.