KASTENGEL & CHOCOLATE CHIP COOKIES

IMG_7940

Melanjutkan postingan tentang kue kering bikinan sendiri, resep kue berikutnya adalah kastengel (kue keju) dan chocolate chip cookies. Sengaja ditulis dengan resepnya sekalian, biar besok-besok kalo butuh resep bisa liat di blog aja, gak usah googling kesana kemari. Kastengel pake resep NCC. Dari kemarin nyebut NCC melulu ya. Bagi yang belum tau, Natural Cooking Club (NCC) itu adalah komunitas masak yang digagas oleh ibu Fatmah Bahalwan. Komunitas ini keren banget. Bisa dapat berbagai update informasi seputar dunia masak-memasak mulai dari peralatan, teknik masak, info bahan, info bisnis, food photography dan sebagainya. Kue-kue yang diposting oleh anggota milis menginspirasi banget. Saya join milis NCC, sebatas member pasif. Email-nya seabrek yang masuk jadi  gak terlalu sering saya baca. Paling kalo sedang menunggu atau lagi nyantai baru sempatkan baca. Prioritas sama anggota milis yang kirim attachment foto hasil baking.Saya suka menggunakan resep NCC karena resep-resepnya anti gagal, udah teruji di berbagai dapur, takarannya pas dan tampilannya pun menarik.

Kastengel

Bahan:

300 gr mentega (saya pakai 175 gr salted butter dan 125 gr margarine)

200 gr keju tua parut ( saya pakai 100 gr keju tua + 50 gr keju cheddar)

400 gr tepung terigu

2 sdm susu bubuk

2 btr kuning telur

Bahan olesan:

3 btr kuning telur, kocok lepas dengan 1-2 sdm susu cair

Taburan:

Keju cheddar parut secukupnya

Cara membuat:

Kocok mentega dan telur dengan kecepatan rendah, sebentar saja, asal tercampur rata. Masukkan keju, aduk rata. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk rata.

Tipiskan adonan. Cetak sesuai keinginan, olesi dan taburi keju cheddar parut.

Oven hingga matang.

Chocolate Chip Cookies

Resepnya ngambil dari buku kue kering NOVA. Cara membuat sedikit beda dengan di buku. Soalnya udah biasa mentega dikocok dulu sama telur baru masukkan yang lainnya. Kalo versi buku, mentega dan terigu diaduk biasa, baru masukkan semua bahan lainnya. Hasilnya tetap garing dan enak.

Bahan:

200 gr mentega (diganti margarine)

300 gr tepung terigu

1 sdt baking powder

100 gr gula palem

1 butir telur

½ sdt garam

1 sdm pasta mocca

1 sdm bumbu spekuk

100 gr kacang mente ditumbuk kasar

100 gr cokelat masak, dipotong kecil (diganti chocolate chip)

Cara membuat:

Kocok mentega bersama gula palem, telur. Masukkan garam, moka pasta dan bumbu spekuk. Aduk rata. Masukkan kacang mente dan cokelat masak. Terakhir masukkan tepung terigu yang telah diayak bersama baking powder.

Bentuk bulat, taruh di loyang pipihkan dengan garpu, lalu totol-totol dengan garpu. Oven hingga matang.

Advertisements

2 thoughts on “KASTENGEL & CHOCOLATE CHIP COOKIES

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s