ALTERNATIF TRANSPORTASI OSAKA KE TOKYO

Osaka, Kyoto dan Tokyo merupakan tempat tujuan utama para traveller yang baru pertama kali ke Jepang. Namun seringkali kebingungan untuk menentukan transportasi dari Osaka menuju Tokyo dan sebaliknya. Banyak pilihan, apalagi jika traveling dibatasi oleh budget dan waktu. Bagaimana menentukan pilihan terbaik, berikut beberapa alternatifnya.

  1. Shinkansen.  Merupakan moda transportasi yang paling nyaman dan ketepatan waktu berangkatnya tidak diragukan lagi. Dengan shinkansen, Osaka-Tokyo yang jaraknya 505km dapat ditempuh 2-4jam tergantung jenis keretanya (Nozomi 155menit, Hikari 3jam, Kodama 4jam). Harga 1 tiket dewasa oneway Nozomi 14,450Yen. Untuk turis, bisa menggunakan JR Pass. JR Pass adalah tiket terusan kereta yang dapat digunakan sepuasnya dalam jangka waktu tertentu dan untuk jaringan kereta JR saja. Pembelian dilakukan sebelum kedatangan di Jepang. Di Indonesia bisa di beli di http://his-travel.co.id/jrpass . Harga JR Pass 7 hari adalah 29110yen. JR Pass sangat pas untuk traveller yang masuk dan keluar Jepang dari tempat yang sama. Contoh: beli tiket Jakarta-Tokyo pp atau Jakarta-Osaka pp. Harga shinkansen one way 14ribuan yen. Bolak balik aja sudah 28ribuan yen, sudah hampir sama dengan harga JR Pass 7 hari yang bisa dimanfaatkan di seluruh Jepang sepanjang pake kereta JR. Kalo kayak trip kami kemarin, gak cocok pake JR Pass. Boros, karena kami tiba di Osaka dan akan pulang melalui Tokyo.
  2. Pesawat. Ada 2 airline yang melayani rute Osaka-Tokyo tanpa transit. Peach airlines dan Jetstar. Lama penerbangan cuman sejam. Harganya pas promo bisa dapat di harga 450-600ribuan tapi belinya tentu saja jauh-jauh hari. Saya sempat dapat harga segitu tapi ragu juga mau issuednya secara visanya belum diajukan. Ntar gagal visa, damage costnya jadi lebih besar.
  3. Bus. Yang paling ngetop namanya Willer Bus. Inilah yang jadi pilihan kami meski harganya tidak terbilang murah. Harga tiket bervariasi, agak mahal apabila mau berangkat saat weekend atau liburan sekolah. Kami dapat tiket bus malam seharga 1juta/orang. Kalo hari-hari biasa, harganya bisa setengahnya. Beda tipis dengan harga tiket pesawat, namun pertimbangannya adalah kami menghemat biaya penginapan 1 malam dengan tidur di bus, anak-anak cukup bayar 50% harga tiket dewasa, dan rencananya kami berupaya untuk mengejar shalat Idul Adha di Tokyo. Jam keberangkatan pesawat gak ada yang pas waktu itu.
  4. Local trains. Pilihan bagi orang yang punya banyak waktu dan tidak terburu-buru. Murah karena ngeteng-ngeteng. Ada pass yang namanya Seishun Kippu 18 harganya 11,500yen dengan waktu penggunaan 5hari.Perhari berarti sekitar 2370yen. Tidak harus berturut-turut harinya. Bisa dipakai sepuasnya dan kemana saja dengan kereta JR. Osaka-Tokyo menghabiskan waktu sekitar 10jam dengan 4-5 kali ganti kereta namun biayanya hanya 2370yen. Kalau cuman punya waktu kurang dari 6hari, jangan menggunakan transportasi ini.

Tips:.

Jika ingin merasakan sensasi Shinkansen tanpa membeli JR Pass, ada 2 cara:

  1. Dari Osaka ke Kyoto atau arah sebaliknya, cukup bayar 1400yen atau sekitar 150ribu rupiah naik Shinkansen. Waktu tempuhnya sekitar 15menit.
  2. Jika akan berada di Tokyo selama 3 hari atau lebih, ada baiknya juga membeli JR Kanto Pass (sekarang namanya JR Tokyo Wide Pass) harganya 10,000yen untuk dewasa dan berlaku selama 3hari. Sudah bisa keliling Tokyo dengan kereta JR, ke Kawaguchiko melihat Gunung Fuji dan naik Shinkansen tujuan Karuizawa.
Advertisements

72 thoughts on “ALTERNATIF TRANSPORTASI OSAKA KE TOKYO

      • Mba dewi….aku mau ke jepang 22 juni s/d 5 juli 2017 tujuan tokyo,osaka,kyoto dan gunung fuji dgn istri dan 2 anak ( 13 th & 9 th)….mhn masukannya tks sblmnya ( CGK – Narita pp)

      • halo pak monty,
        saran saya beli JR Pass 7 hari
        Alt 1 kalo tiba pagi/siang di tokyo, bisa langsung ke osaka. Hari 1-2 Osaka, 3-4 Kyoto, hari 5 Kobe, Nara (atau di osaka saja dan sorenya ke tokyo), hari 6 tokyo, hari 7 lake fuji, hari 8-13 explore tokyo pakai 3day pass atau yang lainnya.
        Alt 2. Hari 1-2 Explore tokyo, hari ke 3 baru aktifkan JRpass, ke Lake kawaguchiko, hari ke 4-5 osaka, hari ke 6-7 kyoto, 8 explore kota lain seperti kobe,nara atau nagoya hari ke 9 tokyo (hari terakhir pake JR Pass), 10-13 explore tokyo.
        Stay cukup di salah satu kota osaka atau kyoto dan tokyo jadi gak repot pindah2.

        Kalo gak pengen ribeut dan anggaran longgar ambil JR Pass 14hari. Lumayan lama tuh di jepang, kenapa gak memasukkan shirakawa, kanazawa atau sekalian alpine route.

        mudah-mudahan membantu.

  1. Mbak Dewi… tanggal 5-13/4/2017 saya akan ke Jepang. Rencana 4 malam di Tokyo dan sisanya di Kyoto dan Osaka trus pulang dari Tokyo (Narita) lagi. Please sugest harus beli tiket apa ya untuk transportasi selama disono…?

    • pak richard, kalo ke jepang masuk dari tokyo, keluarnya pun dari tokyo, sebaiknya beli JR Pass (7hari, 29110yen, waktu tempuh Tokyo Osaka lebih cepat sekitar 3jam) atau Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass (7 hari, 24,000yen, tokyo-osaka lebih lama sekitar 5 jam tapi satu jalur kalo mau ke tateyama), pass yang satu ini baru dijual mulai 1 April 2016 info lengkapnya http://www.infojepang.net/tokyo-osaka-hokuriku-arch-pass/ . Kalo saya lebih prefer Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass. Manfaatkan maksimal JR pass tersebut, sisanya yang tidak dicover beli sesuai kebutuhan.

  2. Pagi mbak Dewi. saya akan ke Jepang tgl 25 Juni 2016 tiba Jam 22.30 via K.Lumpur-Tokyo(Haneda Airport)-K.Lumpur selama 11 hari. Saya bernaksud akan langsung daerah Kansai(OsakamNara,Kyoto) selama 7 hari.kembalinya baru nginap di Tokyo selama 4 hari.Yang ingin saya tanyakan adalah:
    1.Apakah saya perlu membeli JR pass?
    2 Gimana Ittenenary yang baik utk di daerah Kansai ?

    • halo pak djohan,
      sebaiknya beli JR pass. JR pass 7 hari 29110yen sudah bisa dipakai tokyo-osaka pp, ke Nara, Osaka-Kyoto pp sepuasnya. beli shinkansen one way tokyo osaka 13,080yen. Bolak balik sudah 26ribu yen. Alternatif lain yang lebih murah Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass 7 hari 24ribu mencover tujuan TOkyo-Kanazawa-Osaka-Kyoto-Nara. Murah karena waktu lebih lama, sebagian pake shinkansen sebagian lagi pake kereta express.
      Kalo cuman sendirian, saya pribadi lebih memilih naik pesawat, bisa dapat 1,2juta pp Tokyo Osaka. Tapi ini juga agak repot mengingat budget airline melalui narita airport. sisanya pakai kansai pass 4 hari.

      Untuk saran itinerary di kansai:
      3 hari nginap di kyoto, 4 hari nginap di osaka (2 hari mutar di osaka, 1 hari di nara, 1hari di kobe)

  3. Malam Mbak dewi…
    Saya masuk jepang via OSAKA PP
    28 April 2017 – 7 Mei 2017
    Saya berdua dengan kk saya wanita.
    Yang mau saya tanyakan :
    1. Rute kemana saja yang bagus2… Saya juga ingin ke tokyo, gunung fuji, kyoto dll
    2. Saya pake transportasi apa baiknya?
    3. Penginapan yang murah untuk setiap tempat saya bermalam ada rekomendasi mba?
    4. Tempat belanja barang murah dimana mba?

    Terima kasih mba dewi… 😊😊

    • 1. Kyoto min 2 hari: Ginkakuji, Kinkakuji, Fushimi Inari, Kyomizudera, ngitarin Gion ; Osaka min 1 hari: Osaka Castle dan Universal Studio (foto di bolanya saja); Alpine route one day trip dari tokyo; Mt Fuji one day trip juga dari Tokyo; Dalam kota tokyo: shibuya crossing street & hachiko (1 tempat), Ueno park, Meiji Jingu & Harajuku (berdekatan), Sensoji temple&Tokyo Tower (berdekatan). Itu sudah estimasi 6 hari. Kalo masih ada waktu bisa digunakan ke tempat lain. Gak usah ke Disneyland sayang duitnya, hanya cocok u anak-anak dan sayang waktunya. tanggal segitu udah musim akhir sakura tapi tergantung daerahnya, coba dicek jadwal mekar 2017 ini sekitar 4jam dari tokyo, one day trip juga http://japan-magazine.jnto.go.jp/en/1502_hirosaki.html . Jangan lupa latihan jogging, ngitarin 3 tempat sehari itu udah lumayan capeknya.
      2. Bagusnya beli JR pass 7 hari, karena akan bolak balik osaka-tokyo trus mau ke mt fuji dan alpine route.
      3. sy cuma pernah menginap disini https://penyukajalanjalan.com/2015/10/14/pilihan-menginap-di-osaka-kyoto-tokyo/ . silakan googling untuk lebih banyak info penginapan. kalo berdua. cek hostelworld
      4. saya gak terlalu tau mas. soalnya fokus saya bukan belanja. paling saya ke daiso harajuku murah meriah.

  4. Mba’ Dewi, mohon suggestion donk. Kita ada rencana jalan-jalan ke Jepang tanggal 4 Feb 2017 (pagi sampai KIX) dan balik ke Indonesia tgl 11 Feb 2017 lewat Haneda. Ini adalah kali petama berkunjung ke Jepang. Rencananya 3 hari nginap di Osaka (2 hari Osaka, 1 hari Kyoto) lalu lanjut ke Tokyo (pengen ke Alpine route dan Mt. Fuji juga). Apakah memungkinkan? Apakah perlu JR Pass?

    • halo mbak Djiung Ping,
      alpine route buka setiap april s/d nov. jadi alpine route di skip saja. Mount Fuji bisa onedaytrip dari Tokyo. 1 hari Kyoto gak cukup, tempat wajib di Kyoto: Kinkakuji, Ginkakuji, Fushimi Inari, Kyomizudera dan ngitarin Gion. Kalo mau ke Mt Fuji, bisa beli Kanto JR Pass saja.

  5. Pagi Bu dewi, mhn info kami mau ke Jepang rombongan 10 orang 4-10 maret 2017, turun di osaka pulang via tokyo, kalau seperti ini mhn info transportasinya lebih prefer yg mana? renc kami tdk menginap di kyoto jadi nnt osaka langsung ke tokyo (krn ini pertama kali mhn pencerahan Bu dewi) sebelumnya terima kasih

    • pilihannya bus atau pesawat. Saya lebih suka pesawat kalo murah dan gak banyak barang bawaan. Willer bus yang tempatduduknya pink, ngepas banget tempat duduknya. saya coba simulasi tanggal 4maret, willer bus 7200 yen. Cek diskyscanner Pesawat banyak pilihan, ada jetstar 582rb tanpa bagasi bisa beli via traveloka, vanilla air 600rb dengan bagasi 20kg+makan beli langsung diwebnya (pilih harga ‘inclusive’), peach beli diwebnya pilih harga happy plus fare jika mau ada bagasi, spring japan (susah dibeli karena gak ada pilihan bahasa inggrisnya). Silakan dipertimbangkan

  6. Hi Mba Dewi,..

    Mohon bantuannya saya dan adik sy mau jln ke jepang. JKT – Tokyo Haneda PP:
    1. Info tempat main snow Hakuba Resort?)
    2. Mount Fuji – transportasi dari Tokyo JR Kanto Pass apakah lgs smp d Mt Fuji, byr lg kah atau hrs beli tour?
    3. Station Tokyo apakah ada tmp penyewaan penitipan koper?
    Terima ksh mba info nya..

  7. Dear Mbak Dewi ,
    saya rencana untuk ke Jepang dari tanggal 13-18 Agustus 2017, JKT-Haneda PP ,dengan waktu 5 hari apakah masih bisa untuk ke osaka dan kyoto karena sampainya hari minggu jadi hari pertama di tokyo kemudian 2 hari ke osaka dan kyoto hari ke 4 sudah kembali ke tokyo.ada saran rute yg lebih enak dan untuk JR pass sebaiknya pilih yang mana ?
    terima kasih

    • 5hari bisa saja ke osaka dan kyoto, tapi mepet waktunya. saya pun kemarin juga 1mlm dibandara kansai (tiba tengah malam), 2malam di osaka, 3 malam di tokyo tapi rute saya jkt-osaka, haneda-jkt. Osaka-tokyo naik bis malam tiba pagi. Saya berdelapan dan semua wajib hanya bawa koper20inch selain hemat gak bagasi (penerbangan kita airasia) dan memudahkan mobilitas.
      Kalo cuma 5 hari baiknya jangan pakai JR pass. Coba pertimbangan opsi naik pesawat atau naik bis malam. Pesawat cek hari ini untuk tanggal diatas di skyscanner 1.8juta pp terbang dari narita (kalo lagi promo bisa dapat 1juta pp). Dari haneda ada juga tapi pesawat premium dan lebih mahal. atau pergi naik pesawat pulang naik bis atau sebaliknya. JR pass 7 hari 3.5juta.

  8. hallo mbak,

    mau tanya nih, kalau misalnya pp dari osaka, terus kita mau pergi ke kanazawa, shirakawa, tateyama dan tokyo dan balik lagi ke osaka lebih cocok pakai JR Tokyo Hokuriku Pass nya?. Soalnya kalau misalnya kita pergi dari osaka dan pulang dari haneda dan beli tokyo hokuriku pass rugi g?, karena kan pemakaian berkali2 tetap tercover oleh JR Pass nya. menurut mbak gimana?, Terus, pemakaian kan hanya 7 hari saja. Kalau misal nya kita tiba di osaka tgl 14 dan pulang tgl 23 kan lebih dari 7 hari, cara mensiasati nya gimana ya mbak? Kemudian lebih baik setelah jalan di osaka dan kyoto baru ke tokyo kemudian ke nagano, tateyama , kanazawa dan osaka. atau dari osaka dan kyoto baru kanazawa, shirakawa, tateyama dan tokyo baru pulang ke osaka?. Sorry mbak banyak tanya.

    • halo mbak felin,
      Ini maksudnya belum beli tiket ya?

      Kalo tiketnya osaka pp dan mau ke kanazawa,shirakawa dan nagano, wajib pake JR Pass atau JR Tokyo Hokuriku Pass. Kalo beli JR Pass berarti dari Osaka ke Tokyo dulu, dari situ baru kanazawa, shirakawa, nagano, tokyo, kembali ke osaka.
      Kalo beli JR Tokyo HOkuriku pass (lebih murah dari JR pass) dan lebih 7 hari, pemanfaatannya bisa seperti ini tiba di osaka:
      hari 1: osaka
      hari 2-4: kanazawa, shirakawa, nagano, tokyo
      hari 5: lake kawaguchiko, tokyo
      hari 6: keliling tokyo
      hari 7: balik osaka
      hari 8-9: kyoto bisa beli ketengan saja pake kansai thru pass

      Kalo tiketnya jkt-osaka, tokyo osaka . coba fixkan itinerarynya dulu. terus hitung biaya transport (bisa cek lewat hyperdia.com) tanpa JR Pass, nanti bandingkan dengan kalo beli JR Pass. Pilih yang dianggap lebih menguntungkan.
      Kalo beli JR pass dan lebih 7 hari, pemanfaatannya bisa seperti ini tiba di osaka:
      hari 1: osaka
      hari 2-3: kyoto
      hari 4-6: kanazawa, shirakawa, nagano, tokyo
      hari 7: lake kawaguchiko, tokyo
      hari 8-9: keliling tokyo pake one day pass atau bel tiket single saja sampai pulang.

      ini pendapat saya berdasarkan riset saja bukan berdasarkan pengalaman ya. karena trip jepang kemarin hanya 7 hari: osaka, kyoto dan tokyo plus lake kawaguchiko. Masuk dari osaka pulang dari haneda, makanya saya gak pake JR pass. Cuma pake kansai thru pass 3 hari dan beli single ticket saat keliling tokyo. Transport osaka-tokyo naik bis, ke lake kawaguchiko juga naik bis.

  9. Halo ibu dewi. Saya mau tanya soal jalur kereta dari osaka ke fuji, itu mesti di stasiun apa saja dan sy mau naik shinkansen. Kira kira shinkansen mana yang cocok yg dr osaka ke fuji? Mohon bantuan infonya. Terima kasih.

    • halo mbak vera,
      tempat populer untuk melihat gunung fuji adalah hakone dan lake kawaguchiko, tapi yang paling populer dari lake kawaguchiko.
      Gak ada shinkansen langsung ke fuji. Kalo ngecek di hyperdia.com (osaka-Kawaguchiko), naik shinkasen nozomi ke yokohama setelah itu naik kereta JR biasa nyambung 4x sampai kawaguchiko. sekitar 5 jam. Kalo punya JR pass, naik kereta JR biasa gratis, tapi hanya sampai Otsuki setelah itu beli tiket kereta Otsuki-Kawaguchiko terpisah karena bukan kereta JR)

      Kebanyakan orang ke Fuji dari Tokyo, lebih dekat sekitar 2jam. Tidak ada shinkansen tapi kalo punya JR pass gratis naik kereta JR sampai Otsuki dan beli tiket kereta Otsuki-Kawaguchiko terpisah.

      • Halo Ibu Dewi. Saya mau tanya jalur dari Osaka ke Hakone kalau punya JR Pass. naik shinkansen dari stasiun Shin Osaka mau berbenti di stasiun mana. dan sesudah itu dari Hakone mau ke Lake Kawaguchiko. dari stasiun mana naik shinkansen di Hakone sehingga bisa sampai ke lake kawaguchiko. stasiun mana harus berhenti ? mohon bantuan infonya. terima kasih.

        2017-03-13 17:12 GMT+07:00 Penyukajalanjalan :

        > penyukajalanjalan commented: “halo mbak vera, tempat populer untuk melihat > gunung fuji adalah hakone dan lake kawaguchiko, tapi yang paling populer > dari lake kawaguchiko. Gak ada shinkansen langsung ke fuji. Kalo ngecek di > hyperdia.com (osaka-Kawaguchiko), naik shinkasen nozomi ke yok” >

      • halo pak Djohan,
        Bisa dicek di hyperdia.com alternatif routenya banyak. Contoh untuk Shin-Osaka Station ke Hakone Yumoto ada 5 rute. Yang paling mudah hanya 2x ganti kereta, waktunya kedua tercepat 166 menit, naik shinkansen hikari turun di Odawara lanjut naik kereta biasa (beli tiket lagi karena bukan kereta JR) turun di Hakone Yumoto. Perhatiin link ini: http://jprail.com/travel-informations/basic-informations/station-information/odawara-station-guide-how-to-transfer-to-the-train-to-hakone.html
        Dari Hakone ke Lake KAwaguchiko, bisa tapi agak rempong dikit karena harus berganti kereta 4-5x. Dan rata-rata melipir ke Tokyo dulu. Kenapa gak ke Tokyo dulu trus day trip ke Lake Kawaguchiko. Kecuali kalo mau nginap di Kawaguchiko.
        Untuk rute terbaik, cek hyperdia.com ya pak . ini aplikasi andalan di jepang. selamat jalan-jalan

      • Pagi Ibu Dewi. Saya memang akan menginap di sekitar Odawara dan stasiun kawaguchiko masing-masing 1 malam dan bermaksud membeli Hakone free pass. Yang ingin saya tanya lagi : 1. Kalo beli hakone free pas baik yang 2 hari atau 3 hari. (jam berapa batas akhir waktu pemakaiannya) 2. Dari hakone ke stasiun kawaguchiko sebaiknya naik apa? 3. Dari stasiun kawaguchiko kembali ke stasiun odawara naik apa ? Mohon bantuannya. Terima kasih.

        2017-03-15 8:00 GMT+07:00 Penyukajalanjalan :

        > penyukajalanjalan commented: “halo pak Djohan, Bisa dicek di hyperdia.com > alternatif routenya banyak. Contoh untuk Shin-Osaka Station ke Hakone > Yumoto ada 5 rute. Yang paling mudah hanya 2x ganti kereta, waktunya kedua > tercepat 166 menit, naik shinkansen hikari turun di Odawara lanjut” >

      • 1. hakone free pass hitungannya hari mulai 00.00-23.59. Kalo cuma semalam, ambil pass 2 hari
        2. dari hakone ke kawaguchiko, selain naik kereta (cek hyperdia.com) bisa juga naik bus. lebih ringkas waktunya dan hanya 2x pindah bus. Hakone-Gotemba (odakyu highway bus), Gotemba-Kawaguchiko (fujikyu bus). Apakah Hakone-Gotemba gratis pake hakone free pass, harus riset lebih mendalam.
        3. KAwaguchiko-Odawara, best route by train 163min: Kawaguchiko-Otsuki-Hachioji-ShinYokohama-Odawara. Cek di hyperdia untuk nama keretanya. cek juga mana yang masuk jr pass, mana yang harus beli.

        Emang ribeut sistem kereta di Jepang, soalnya operatornya banyak.
        Saya juga baru sekali ke Jepang pak. pengalaman hanya ke kawaguchiko naik bus fujikyu lewat di gotemba. jadi sebagian yang saya sampaikan juga hasil riset sekilas. Mohon dimaklumi.

      • Siang Bu Dewi, sebenarnya saya telah membooking hotel Hinode Ryokan di Odawara satu malam utk mengunjungi hakone dan hotel station kawaguchiko inn juga satu malam untuk mengunjungi fuji & lake kawaguchiko. yang ingin saya tanyakan lagi Bu Dewi : 1. Pass apa yang perlu saya beli utk perjalanan saya itu. 2. Dari hotel hinode ryokan ke stasiun kawaguchiko inn harus naik apa dan bagaimana caranya 3. dari Stasiun kawaguchiko inn ke Tokyo (menginap di Hotel Horidone villa) naik apa dan bagaimana caranya Nohon bantuannya. terima kasih.

        2017-03-15 13:29 GMT+07:00 Penyukajalanjalan :

        > penyukajalanjalan commented: “1. hakone free pass hitungannya hari mulai > 00.00-23.59. Kalo cuma semalam, ambil pass 2 hari 2. dari hakone ke > kawaguchiko, selain naik kereta (cek hyperdia.com) bisa juga naik bus. > lebih ringkas waktunya dan hanya 2x pindah bus. Hakone-Gotemba (odakyu h” >

      • Siang Bu Dewi, sebenarnya saya telah membooking hotel Hinode Ryokan di Odawara satu malam utk mengunjungi hakone dan hotel station kawaguchiko inn juga satu malam untuk mengunjungi fuji & lake kawaguchiko. yang ingin saya tanyakan lagi Bu Dewi : 1. Pass apa yang perlu saya beli utk perjalanan saya itu. 2. Dari hotel hinode ryokan ke stasiun kawaguchiko inn harus naik apa dan bagaimana caranya 3. dari Stasiun kawaguchiko inn ke Tokyo (menginap di Hotel Horidone villa) naik apa dan bagaimana caranya Nohon bantuannya. terima kasih.

        2017-03-17 11:53 GMT+07:00 DJOHAN HARGINTO :

        > Siang Bu Dewi, sebenarnya saya telah membooking hotel Hinode Ryokan di > Odawara satu malam utk mengunjungi hakone dan hotel station kawaguchiko > inn juga satu malam untuk mengunjungi fuji & lake kawaguchiko. yang ingin > saya tanyakan lagi Bu Dewi : > 1. Pass apa yang perlu saya beli utk perjalanan saya itu. > 2. Dari hotel hinode ryokan ke stasiun kawaguchiko inn harus naik apa dan > bagaimana caranya > 3. dari Stasiun kawaguchiko inn ke Tokyo (menginap di Hotel Horidone > villa) naik apa dan bagaimana caranya > Nohon bantuannya. terima kasih. > > 2017-03-15 13:29 GMT+07:00 Penyukajalanjalan > : > >> penyukajalanjalan commented: “1. hakone free pass hitungannya hari mulai >> 00.00-23.59. Kalo cuma semalam, ambil pass 2 hari 2. dari hakone ke >> kawaguchiko, selain naik kereta (cek hyperdia.com) bisa juga naik bus. >> lebih ringkas waktunya dan hanya 2x pindah bus. Hakone-Gotemba (odakyu h” >>

      • Pagi mbak,

        Aku mau minta info utk penyewaan wifi di bandara apakah ada ? Saya kembali ke jkt pesawat jam 8 pagi,apakah bisa mengembalikan wifi nya di pagi hari ? Ditunggu info nya terima kasih

  10. Dear mba,
    Mohon advice nya dong …
    Aku mau brkt ke jepang dengan detail:
    Jakarta – Osaka
    Tokyo – Jakarta
    Berencana ke Osaka (2hari) – Kyoto (2 hari) – Tokyo (3hari)
    Apakah kita perlu beli JR pass?
    Dan bisakah di info schedule nya? tempat2 yg menarik sepanjang perjalanan Osaka – Tokyo?
    Berapa ya kansai thru pass selama 3 hari itu? dan kl pakai itu bs kemana saja?
    Apa ada one day ticket tuk bs keliling Tokyo in one day, dan kira2 brp harga nya?
    This is our first time go to Japan, and we planning to have new year there.
    Terima kasih sblm nya 🙂

  11. Mbk travel di bulan april 14′ sampe 21 apakah dapet musim bunga sakura? Saya travel bersama suami dan baby setahun via osaka dari jkt, kira2 kemana saja ya baiknya mbk? Dan saya harus beli tiket apa saja dimana? Apakah ada info hotel utk muslim mbk? Thanks ya mbk….

  12. Hi Mbak,
    Sy rencana ke jepang winter tahun ini selama 13 hari. Dan berencana pake JR pass 7 hari, dgn kota2 tujuan Osaka, Kyoto dan Sapporo diluar Tokyo.
    Yg ingin sy tanyakan, apakah di Hokkaido ada jalur kereta JR? krn sy selama 3 hari disana, apakah sy bs pakai JR pass sy utk keliling Hokkaido?
    Terima kasih

  13. Selamat Siang Bu
    Butuh saran itinarry nya, saya rencana 6 Hari ke Jepang lewat osaka.. ingin ke osaka – tokyo – Kyoto..bagusnya kemana aja ya?terimakasih

    • hai ricko, saya sarankan cek wikitravel-osaka, wikitravel-kyoto, wikitravel tokyo. Disitu cukup informatif. Trus bikin itinerary sesuai selera/minat kamu serta sesuai kemampuan fisik. setelah ada itinerarynya kalo ada yang mau ditanyakan, silakan.

  14. Mba dewi, saya ke jepang 15-21 agustus 2017 via osaka dan pulang via tokyo. Tgl 15 keberangkatan tengah malem dan plg tgl 21 siang hari. Rencana di osaka mau ke dotonbori, kyoto (fushimi inari, arashimaya, gion), nara (todaiji temple), kobe (mkn daging kobe), lanjut ke tokyo (kawaguchiko lake, museum doraemon, odaiba, shibuya, harajuku, tokyo tower).
    1. Saya bingung utk penginapan lbh baik di osaka atau kyoto ya dgn itin saya seperti itu? Rencana akan beli kansai thru pass saja utk osaka, kyoto, nara, kobe.
    2. Ke tokyo rencana naek bus, lebih enak brgkt dari osaka atau kyoto yaa?
    3. Kira2 bisa ga ya mba semuanya itu saya kunjungi, bagaimana urutannya ya biar efisien?
    4. Selama di tokyo tiket apa yg lbh murah utk semua tujuan yg saya mau kunjungi?
    5. Saya juga akan membawa anak saya umurnya 6 bulan mba, kira2 dari itin saya tsb tempat mana yg tdk bisa bawa stroller? Apakah ada nursing room utk tempat2 wisata disana?

    Terimakasih mba

    • 1. baiknya nginap di osaka, osaka berada ditengah2 antara kobe dan kyoto. kalo saya lebih baik nginap di 1 tempat, gak rempong soal barang dan check in check out dan nyari alamat hotel.
      2. harga willer bus sama saja dari kyoto dan osaka, cuman kalo berangkat dari kyoto hemat waktu 1 jam perjalanan.
      3. bisa. 1hari target normal min 3 tempat, tergantung juga jalan sama siapa dan kekuatan fisik. lebih dari itu juga bisa. tiba di osaka, check in/titip barang, langsung ke nara, makan siang di kobe trus explore dotonbori. Day 2 explore kyoto seharian, day 3 osaka, naik willer night bus. day 4-day 6 tokyo.
      4. Tokyo itu nyelimet, makanya saya lebih suka beli tiket ketengan selama 3 hari di tokyo. biar bebas dan gak terlalu jalan jauh. pernah coba beli metro 1day, gak efektif. Stasiun metro dengan JR beda. stasiun yang paling dekat malah stasiun JR. silakan nyari tiket terusan yang enak menurut mbak.
      5. kalo tempat terbuka kayak aman untuk stroller, gak tau kalo museum. nursing room harusnya ada sih. tapii baiknya google setiap tempat yg didatangi

  15. sore mba saya mau tanya utk penerbangan jetstar dari osaka ke tokyo ada di terminal berapa di kansai airport

    makasih sebelumnya

  16. Halo, saya mau tanya kalo saya berencana melakukan travelling perjalanan tokyo ke osaka. Untuk harga bus malam yang murah (kalo bisa di bawah 5000 yen 😊) rekomendasi yang tepat bus apa ya? Dan saya harus mulai dari stasiun mana?
    Mohon untuk penjelasannya

    Terima kasih

    • kebanyakan merekomendasi willer bus. Pilih yang naiknya dari shinjuku station atau ikebukuro station. kalo pengen harga sekitar 5000yen pilih weekdays. harga bervariasi tergantung weekday, weekend, atau libur nasional.

  17. sore saya mau ke osaka pp maish untuk tahun depan see kak kira” bagdet backpackeran berapa ya kak disana untuk 7 hari .?

    • Budget itu tergantung selera traveling. Tergantung Mau kemana, nginap dimana, naik apa, standar makannya. kalo berdasar pengalaman saya ke jepang, untuk estimasi jepang diluar tiket pesawat per hari sekitar 8600yen atau sekitar 1 juta/hari. Kondisinya karena saya pergi ber-12, saya nginap di hotel melati yang sekamar berdua, main di disney sea, tidak naik shinkansen, makan kombinasi (bawa travel cooker buat masak nasi dan sekali2 makan di luar).
      Lebih hemat dari kondisi diatas ya bisa saja, misal nginap di dorms hostel. Penjelasan budget trip jepang di link ini:
      https://penyukajalanjalan.com/2015/11/08/estimasi-budget-ke-jepang/

  18. Halo Mba,
    Saya rencana untuk ke jepang bulan oktober 2017 selama 10 hari. Tujuan ke tokyo, kyoto, osaka.
    Boleh bantu,
    1. saya beli tiket jakarta tokyo pp atau jakarta tokyo, osaka jakarta?
    2. transportasi selama disana baiknya beli JR pass atau bagaimana ya? tujuan saya : tokyo( meiji shirine, gunung fuji, yokohama minato, disneyland, disneysea, ueno park/shinjuku gyoen/koishikawa korakuen, harajuku, shibuya, ginza ) ; Kyoto (kiyomizu temple, fushimi inari, gion) ; Osaka ( dotonbori, namba)
    3. Ada masukan tempat lain yang wajib dikunjungin?
    4. baiknya masing2 kota saya berapa hari ya dan urutannya boleh dibantu kasih masukan?

    Thanks alot

    • 1. lebih baik beli jakarta tokyo, osaka jakarta. jadi cukup sekali one way ke osaka.
      2. coba buat perbandingan sendiri antara beli JR pass dengan beli ngeteng-ngeteng. Bandingin juga dengan pasmo, suica dan tiket terusan lainnya. JR Pass gak sampai ke Kawaguchiko Lake (Gunung Fuji), harus beli tiket kereta lanjutan. Kalo pengalaman saya kemarin, dari bandara dankeliling osaka & kyoto cukup pake kansai thru pass 3hari, trus naik bus malam ke tokyo, dan beli tiket ngeteng2 selama di tokyo. sempat beli one day pass metro tapi gak optimal pemakaiannya soalnya beda station sama JR dan rasanya JR lebih dekat stasiunnya kemana-mana. saya pusing mutusin tiket terusan mana yang mo saya ambil jadinya di tokyo ngeteng-ngeteng aja.
      3. disneyland & disneysea cocoknya kalo bawa anak-anak. Saran pilih 1 saja atau coba 1 dulu. Disney sea hanya ada di jepang. saya udah pernah coba disneyland hongkong, jadi gak terlalu minat ke disneyland tokyo. Atau budgetnya bisa pindahin ke universal studio osaka. Ada harry potternya, dan ada hardrock cafe disitu. Osaka bisa ke osaka castle. Kyoto bisa ke Ginkakuji dan Kinkakuji.
      4. Tokyo 5 hari, Kyoto 3 hari, Osaka 2 hari. Yokohama, disneyland, disney sea, gunung fuji masing-masing 1 hari. Kalo ada sisa waktu dimanfaatkan untuk visit dalam kota.

  19. halo mba, artikle-nya sangat bermanfaat sekali 🙂
    saya mau tanya jadi saya berencana ke jepang tanggal 12 agustus -17 agustus 2017. adapun saya mendarat di osaka dan pulang dari haneda-tokyo.
    rencana kota yang di kunjungi osaka-kyoto-tokyo serta fuji adapun yang mau saya tanyakan adalah:

    1. perlukah saya membeli JR pass mengingat datang dan pergi dari kota yang berbeda selain itu keberadaan saya di sana hanya 5 hari?
    2. untuk penginapan berhubung osaka-kyoto tidak terlalu jauh sebaiknya menginap dimana ya? dan mohon rekomendasinya karena jumlah saya 4 orang.
    3. untuk transportasi osaka-kyoto lebih efisen dengan menggunakan kartu apa?
    4. mohon bantuan untuk di buatkan itin di hari berapa saya harus meletakan Gn. Fuji beserta lake kawaguchi sebagai destinasi dan bagaimana transportasinya?

    terimakasih mba 🙂

    • 1. gak usah beli JR pass.
      2. silakan baca thread saya tentang jepang: https://penyukajalanjalan.com/category/jepang/page/2/
      3. kemarin pakai kansai thru pass 3 hari, bisa dipake tiap hari pulang pergi osaka-kyoto dan naik bus keliling kyoto sepuasnya. Tapi baiknya kamu riset lagi, siapa tau ada yang lebih ekonomis mengingat sy perginya 2015.
      4. ke lake kawaguchiko melihat view gunung fuji harus menyediakan waktu seharian. baiknya di tanggal 16 agustus. yang paling ekonomis ya naik bus. Ada yang bisa beli online ada juga yang bisa langsung beli distasiun Tokyo. Tapi baiknya kalo beli di Tokyo station sehari sebelum berangkat. jangan sampai jadwal yang kamu inginkan sudah tidak tersedia.

  20. Halo mbak Dewi
    saya mau minta saran
    saya (berdua – low budget) akan ke jepang tanggal 13-22 nov 2017 dari denpasar ke narita (sampai narita tgl 14)
    rencana langsung ke osaka(3hari) – kyoto (2hari) – sisanya tokyo
    Yang mau saya tanyakan
    – Transport dari bandara narita ke osaka?
    – Butuh waktu berapa lama dengan transportasi tersebut?
    trims^^

    • baiknya beli JR pass 7 hari (29,110yen) mengingat masuk dan keluar dari tokyo. dengan JR pass, dari narita naik narita expresss ke shinagawa station kemudian naik shinkansen hikari ke shin-osaka (stasiun khusus shinkansen di osaka). narita-osaka sekitar 4 jam.

  21. halo mbak dewi
    saya mau minta saran
    rencana tiba osaka 25 okt pagi jam 09.00. pulang haneda tgl 4 nov. (10 hari jalan)
    saya mau tanya :
    1. apakah perlu beli JR PASS ?
    2. bole minta itinerary osaka,kyoto,tokyo brapa malam bagusnya ?
    3. penginapan booking via website apa?

    • 1. bisa beli JR pass bisa juga tidak. Soalnya cukup lama di Jepang dan Tergantung itinerary selama disana. Coba bikin itinerary dulu baru bandingkan biaya transport pake JR pass atau tidak.
      2. itinerary baiknya dibuat sendiri sesuai selera sih. Osaka+kyoto 3hari, tokyo 3hari (termasuk 1 hari di disney ice), kawaguchiko lake (melihat gunung fuji) 1 hari, tateyama alpine route 2hari.
      3. saya selalu pake booking.com, tapi sebelum mutusin liat review penginapannya dari banyak sumber: tripadvisor, hostelworld.com, dll

  22. Hai Mba, saya mau minta sarannya nih, saya ada rencana ke Jepang akhir tahun 2017 ini, selama 5 hari disana, tiket Jkt-Osaka pulang Tokyo-Jkt, kira2 apakah saya perlu membeli JR Pass atau tidak ya? Dalam waktu 5 hari tersebut saya inget mengakses bbrp kota,
    1. Day 1 Explore Osaka, semalam di Osaka trus moving To Kobe,
    2. Ekplore Kobe
    3. Eksplore Kyoto
    4. Ekplore Tokyo dan fligh dr Tokyo utk ke Jkt.

    • Kalo pergi pulangnya tidak dari kota yang sama, sebaiknya gak usah beli JRpass. Gak maximal penggunaannya apalagi cuma 5 hari. Tapi Akhir tahun biasanya peak season. Coba cek harga bus malam ke Tokyo atau pesawat LCC.. Dan bandingkan antara JR pass dan alternatif transport lainnya.
      Untuk itin 1-3 bisa beli Kansai Thru Pass 3 hari. Udah bisa dipakai berkeliling di 3 kota itu.

      • Klo ukt Kansai Thru Pass bisa dibeli dibandara Kansai kah mba, harga brp?! Ohhh ya skalian mba, Saya minta rekomendasi hotel jg sebaiknya saya pindah hotel, atau ttp stay di Osaka utk hotelnya, krn msh galau jg nih mba 😂 mengingat sy backpackeran kesana. Trus tempat wisata disana biasanya kmn aja mba, yg gak terlalu ribet di akses, soalnya bhs jepang gak bs, english pas2an, jdi msi deg2an gitu..😬

      • harga 5400 yen/3 hari beli di stasiun kereta yang ada di airport. Untuk referensi jepang bisa baca tulisan saya yang lain https://penyukajalanjalan.com/category/jepang/ . supaya gak ribet pindah hotel baiknya stay di osaka saja. Kobe cuma sejam, kyoto cuma sejam. Orang jepang sangat helpful, tanya pake bahasa isyarat atau tunjukin alamat di hp, mereka kebanyakan akan berusaha membantu meski bahasa inggris mereka juga pas-pasan. Jepang negeri yang ramah dengan traveller.

      • Makasih mba atas pencerahannya, sangat…sangat… Membantu, kegalauan utk beli JR atao tdk terpecahkan, 😂 Mba Dewi Nanya lg, (tolong jangan bosen🙏) klo kansai thru pass bisa utk naik kereta shinka yg dr osaka ke kyoto kah, pengen bgt naik kereta itu soalnya..

      • gak bisa mbak. cuma berlaku kereta express saja. Kalo emang pengen merasakan sensasi shinkansen, beli aja tiket shinkansen osaka-kyoto 150ribuan. Kalo jadi beli Kansai Thru pass, saat bertanya arah sama petugas distasiun, selalu tunjukkan Kansai thru pass itu biar petugasnya ngerti maksudnya.

      • Oke mba Dewi yg baik hati, sangat..sangat… Membantu sekali infonya, klo masih bingung nanti aku tanya lagi yaaa.. Mohon jgn bosen..😄😄😄😄

  23. Halo Mbak,
    Kami rencana trip ke Jepang dari 12 April 2018 (tiba di Haneda pagi) – 19 April 2018 (berangkat siang dari Narita).

    Saya dan istri serta 1 balita kami berencana ke Osaka, kyoto dan/ atau kobe/ nagoya or nagano..

    Sisanya mungkin sapre 2-3 hari di tokyo..

    Mohon sarannya yaahh mbak….

    Terima kasih sebelumnya….

    • halo pak bonnie,
      Saran secara umum:
      Tiba pagi, baiknya langsung ke Osaka. Beli JR Pass 7 hari.
      Yang mau dikunjungi banyak, sementara pengen di Tokyo 2-3hari, untuk kota yang lain praktis tersisa 3-4hari. Baiknya ada yang diskip seperti nagoya misalnya. simpan buat next trip saja.
      Bikin itinerary maks 3 tempat/hari jika bersama keluarga. Biar tetap enjoy.
      Jangan terlalu banyak berpindah tempat nginap. Proses check in, geret koper, baru nyari2 alamat itu makan waktu dan tidak terlalu nyaman.
      Osaka/Kyoto/Kobe, baiknya nginap di Osaka.
      Kyoto itu min 2 hari explore.
      Nagano/Tokyo mending one day trip dari Tokyo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s