Pempek tanpa ikan

Lagi pengen banget makan pempek, pas ada yang posting video step by step bikin pempek  yang ternyata tidak pake ikan. Selama ini gak niat bikin pempek karena rasanya gak pakem kalo gak pake ikan tenggiri. Ikan tenggiri susah didapat di sini, mau ikan lain kayaknya gak ada alternatifnya. Di palopo juga yang jual pempek hanya ada di satu tempat dan menurutku gak terlalu pas. Teman bilang, ada orang palembang yang sering berurusan ke kantor yang jualan kalo kebetulan lagi bikin pempek. Tapi kepengennya sekarang.

20160310_063506

Ternyata pempek gak pake ikan disebut pempek dos. Lumayan sih rasanya walau tanpa ikan. Harumnya dari kaldu bubuk dan kuah cukonya. Dalam 3 hari ini udah 2x bikin karena Nayla doyan banget. Sarapannya itu, siang makan pempek lagi, begitu juga malamnya. Hihihi. Continue reading

Advertisements

Harmony

IMG_6054

It is always a pleasure to see the joy of children playing, make harmony and united with the beautiful nature. They are so free, and I don’t want to disturb them. Even though their new outfit turns to dirty.

Taken on Ied Al-Fitr day few years ago at Manipi, my husband home village.

Weekly Photo Challenge: Harmony
 

KERAMAHAN ORANG JEPANG

Di beberapa postingan sebelumnya saya sudah menceritakan beberapa interaksi saya dengan orang Jepang lainnya pada saat berkunjung ke Jepang. 6 hari berada di sana saya sungguh merasakan keramahan orang sana. Meski interaksinya hanya sekedar bertanya . arah dan lokasi. Eh ada juga sih interaksi saat melapor ke kantor polisi. Baca disini.

20150925_111011

dompetnya ketinggalan di tempat ini.

Teman saya, Risma kehilangan dompet di Tokyo. Baru nyadar pada saat mau beli baju di Disney Sea. Setelah dirunut kejadiannya, kemungkinan tertinggal di mesin tempat beli tiket kereta di Tokyo Station. Di Tokyo, kami hanya beli tiket ngeteng-ngeteng. Biar kami bebas naik kereta apa saja, mau naik JR ok, naik Metro pun ok. Pengalaman hari pertama di Tokyo beli tiket one day pass Metro, tidak terlalu praktis. Kami masih harus beli tiket kereta JR, karena ada tujuan yang tidak tercover dengan Metro. Risma menginformasikan kehilangan itu ke bagian informasi di Disney Sea kemudian mengisi formulir kehilangan. Bagian informasi menyampaikan pihaknya akan berupaya mencari dompet tersebut, tapi kalopun ketemu, dompetnya akan dikirim ke alamat Indonesia diluar uang yang ada di dompet itu. Continue reading

KUE SUS VLA DURIAN

Dari minggu lalu kangen bikin kue, tapi tertunda melulu. Kalo bukan waktunya yang gak ada, bahannya yang gak ada. Kayaknya udah lama banget gak bikin kue. Dulu, lebih suka semuanya dibikin sendiri sekalian belajar. Maklum energi masih banyak sekali ditambah kehidupan bertetangga yang sehat. Sering kumpul-kumpul sambil bawa kue buatan sendiri. Nah sekarang kalo pengen kue tinggal beli aja, energi udah kurang banyak buat bikin-bikin. Hihihi. Cuman hasrat untuk bikin kue menggelora lagi, udah lama nih oven dibiarin nganggur.

20160306_172835

Kue sus ini merupakan salah satu andalan saya jika bikin kue. Bikinnya mudah, cepat dan jadinya banyak. 1 adonan bisa jadi sekitar 25 buah sus ukuran sedang.

Resep kulit: 100 gr margarine blueband, 200 ml air, 100 gr terigu dan 4 buah telur berukuran besar. Resepnya simple dan mudah diingat kan. Margarine dicairkan, masukkan air, tunggu sampai mendidih, masukkan terigu. Aduk sampai tercampur rata. Taruh dalam loyang. Telur yang sudah dikocok biasa, sedikit-demi sedikit dituangkan kedalam adonan tadi. Campur sampai rata. Adonan kulit siap dioven.  Continue reading

HOTNYA SOP JANDA

20151206_102045

Saya bukanlah penggemar berat makanan berkuah. Lebih suka makanan yang dibakar.  Kalau makan bakso, sop, soto, kuahnya gak digubris. Kecuali coto Makassar ya, jaman kuliah dulu ketika makan di warung coto di kampus, gak malu-malu nambah kuah sampai 2x. Maklum, budget terbatas waktu itu. Hihihi. Sekarang kalau makan coto makassar, kuahnya jarang dihabisin.

Panas juga telinga karena teman-teman saya pada promosi tentang Sop Janda ini. Ada teman yang doyan banget Sop Janda ini, jadi setiap kali ke Jakarta hampir setiap hari makan disini. Kebetulan teman saya ini selalu nginap di rumah teman saya yang ada di dekat Sop Janda, Bekasi. So pas ke Jakarta, saya minta diajak kesini supaya gak penasaran. Hehehe. Continue reading

OUTING TO BIRA & TG. APPARALANG

Peta dari Palopo, Kota Palopo, Sulawesi Selatan ke Bira, B I. R A, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan

“Bu, ada usul dari teman-teman untuk refreshing ke Bira”, kata teman di kantor.

What, serius kalian mau pergi semua?  Secara Palopo dan Bira ujung pukul ujung. Hihihi. Setelah dicek di google maps, ada jalan pintas via Bone. Jaraknya kurang lebih 390km, beda tipis dengan jarak Palopo ke Makassar. Okelah kalo begitu, rata-rata personil di kantor juga udah terbiasa bermobil ke Makassar.

Continue reading