KUE SUS VLA DURIAN

Dari minggu lalu kangen bikin kue, tapi tertunda melulu. Kalo bukan waktunya yang gak ada, bahannya yang gak ada. Kayaknya udah lama banget gak bikin kue. Dulu, lebih suka semuanya dibikin sendiri sekalian belajar. Maklum energi masih banyak sekali ditambah kehidupan bertetangga yang sehat. Sering kumpul-kumpul sambil bawa kue buatan sendiri. Nah sekarang kalo pengen kue tinggal beli aja, energi udah kurang banyak buat bikin-bikin. Hihihi. Cuman hasrat untuk bikin kue menggelora lagi, udah lama nih oven dibiarin nganggur.

20160306_172835

Kue sus ini merupakan salah satu andalan saya jika bikin kue. Bikinnya mudah, cepat dan jadinya banyak. 1 adonan bisa jadi sekitar 25 buah sus ukuran sedang.

Resep kulit: 100 gr margarine blueband, 200 ml air, 100 gr terigu dan 4 buah telur berukuran besar. Resepnya simple dan mudah diingat kan. Margarine dicairkan, masukkan air, tunggu sampai mendidih, masukkan terigu. Aduk sampai tercampur rata. Taruh dalam loyang. Telur yang sudah dikocok biasa, sedikit-demi sedikit dituangkan kedalam adonan tadi. Campur sampai rata. Adonan kulit siap dioven. 

Hasilnya sangat cantik jika menggunakan spuit, tapi saya pengen yang simple saja. Adonan diambil pake sendok makan kemudian ditaruh di loyang. Teknik mengovennya yang harus bagus. Disini saya hanya menggunakan otang alias oven tangkring dengan api oven sedang saja. 2 talam saya masukkan sekaligus. Kue sus dibilang cantik jika setelah keluar dari oven, bentuknya tetap stabil alias tidak mengkerut. Mengovennya agak lama, dan untuk mengetes saya mengeluarkan 1 buah dari oven, kalo masih mengkerut berarti masih harus dioven lebih lama.

Untuk vlanya saya bikin vla durian. Kebetulan minggu lalu saya bikin selai durian. Di Palopo lagi musim durian. Waktu itu sempat dapat durian 20biji hanya seharga 100ribu! Karena gak bisa abis kemakan dalam 4hari, sisanya saya bikin jadi selai durian. Durian dan gula secukupnya dimasak dengan api kecil sampai mengental.

Resep vla: gak ada resep standar, karena mencampurnya pake feeling saja hehehe. Susu cair, Gula, Tepung Maizena, dan selai durian. Mengenai jenis susu yang dipakai, Untuk vla paling enak bikin pake susu evaporated, atau bisa juga susu bubuk instan atau susu uht putih atau jika terpaksa pake susu kental manis saja. Kali ini yang ada di rumah adalah susu kental manis. Semuanya dicampur dan dimasak dengan api kecil sambil diaduk hingga mencapai kekentalan yang diinginkan.

Mari menikmati.

 

 

Advertisements

3 thoughts on “KUE SUS VLA DURIAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s