MENYEBALKAN ..VISA KOREA TIDAK DISETUJUI

Dari bersepuluh yang mengajukan, ada dua yang gagal dapat visa termasuk suamiku. Menyebalkan dan jadi gak terlalu semangat. Harusnya ini menjadi momen liburan keluarga tahunan dan tiket sudah fix semua starting dari Makassar. Saya sampai ngulang pengajuan visanya dengan harapan penjelasan tambahan dan data pendukung tambahan bisa membuat visa suamiku disetujui namun nyatanya tetap juga consular tidak bergeming.

Saya melakukan pengurusan visa  di awal April, rencana terbang 28 juni 2013. Yang ngurus adalah adikku yang di Banjarmasin, kebetulan adikku itu akan dinas ke Jakarta. Saya titip berkas sama dia secara untuk pengurusan visa Korea bisa diwakilkan, gak perlu hadir sendiri.

Persyaratan visa berdasarkan link ini http://idn.mofat.go.kr/languages/as/idn/visa/visa/index.jsp adalah:

Dokumen untuk Turis Pribadi
         1)  Formulir permohonan visa (dilengkapi dengan pas photo)
         2)  Passport asli dan fotokopi passport
         3)  Kartu keluarga 
4)
   Surat keterangan kerja dan SIUP, jika tidak berkerja surat keterangan tersebut tidak diperlukan
        5)   Fotokopi bukti keuangan, pilih salah satu
             –  SPT (dikeluarkan oleh Directorate Jenderal Pajak)
             –   PBB (dikeluarkan oleh Directorate Jenderal Pajak)
             –   Laporan buku tabungan dalam 3 bulan terakhir
             –   Tagihan kartu kredit dalam 3 bulan terakhir
             –   Surat keterangan pemegang membership golf
             –   Surat keterangan pemegang membership hotel bintang 5
             –   Surat keterangan pemegang Jamsostek
             –   Bukti tunjangan pension

Formulir aplikasi visa korea:

http://idn.mofat.go.kr/languages/as/idn/images/res/visakorean.pdf

Kelihatannya simple persyaratannya, tapi dalam mengajukan harus sedetail mungkin.

Contoh salah satu teman saya tidak melampirkan rekening tabungan, tetap diminta katanya itu persyaratan wajib padahal di persyaratan disebutkan untuk fotokopi bukti keuangan, pilih salah satunya saja. Jadi teman saya pulang untuk mengambil fotocopy buku tabungan dan deposito.

Proses visa sekitar 2 minggu, harus rajin dicek via telp ke kedutaan dengan menyebutkan nomor resi. Pada saat teman saya mengambil paspor, sempat bertanya kenapa ada yang ditolak, bagian front officenya bilang itu keputusan konsular, jika mau mengajukan saja lagi.

Setelah tahu bahwa ada 2 pengajuan yang ditolak, saya mencari tau seperti apa proses selanjutnya jika pengajuan visa ditolak dan seberapa besar kemungkinan untuk diapproved. Ada proses Banding/appeal yaitu keberatan atas penolakan visa tapi saya cari di website Kedubes Korea Selatan gak ada proses itu. Jadinya saya memutuskan untuk mengajukan ulang. Di bulan May itu teman-teman kantor pada outing ke Phuket dan pulang perginya via Jakarta. Jadi sepulang dari Phuket, saya extend 1 hari di Jakarta bersama Santi, teman yang juga pengajuan visanya ditolak untuk mengurus visa Korea. Saya siapkan ulang berkas pengajuannya ditambah surat penjelasan. Surat penjelasan terhadap penolakan visa suami saya, karena gak tau alasan pastinya kenapa ditolak maka saya mencoba menjelaskan beberapa kemungkinan yang menyebabkan ditolaknya visa. Ada beberapa point antara lain: bahwa kami sekeluarga tiap tahun liburan bersama, tidak ada maksud lain selain liburan. Bahkan saya melampirkan foto-foto liburan keluarga sampai 3 tahun sebelumnya; Saya juga menjelaskan mengenai kondisi keuangan dengan melampirkan tambahan bukti fotokopi bpkb mobil atas nama suami saya; penjelasan tambahan mengenai pekerjaan suami saya, suami saya wiraswasta. Saya lampirkan juga paspor lama.

Untuk teman saya yang sekantor, saya buatkan surat penjelasan antara lain: penjelasan kenapa foto yang dilampirkan berjilbab sementara dipaspor tidak (teman saya baru berhijab), bahwa semata-mata ini hanya pergi berlibur, bahwa teman sekantor lain visanya approved sementara dia tidak.

Saya pikir dengan datang langsung ke kedutaan setidaknya bisa bicara dengan konsularnya, sayangnya gak bisa. Jadi saya hanya memasukkan berkas, bayar biaya pengajuan visa, dan pulang.

Prosesnya cukup lama, sekitar 3 minggu, tiap 3 hari sekali saya menelpon untuk ngecek visa, sampai akhirnya ada jawaban: ditolakkkkk. Menyebalkan.

 

Advertisements

62 thoughts on “MENYEBALKAN ..VISA KOREA TIDAK DISETUJUI

  1. wahhh sama mbak
    salam kenal, saya meu juga dari makassar,
    sept ini visa korea saya baru saja ditolak
    padahal udah semangat urus sendiri ampe terbang ke jakarta dari makassar
    karena membaca postingan2 orang di blog lain yang bilang ngurus visa korea sendiri itu mudah…tnyata tidaaak hiks dan baru bisa urus kembali 3 bulan kemudian,
    hello~~ udang angus juga kali tiket ama hostelnya
    yang bikin keki nya karena ga ketauan ya alasannya apa
    padahal kan untuk pembelajaran kita juga
    dan waktu urus semua bkti pembayaran tiket dan hostel dikembalikan, karena katanya ga dibutuhkan. laah gmn caranya tu
    aah habis ini jadi males ke korea lagi
    orang mau dtg dengan niat baik liburan kok ya ditolak

    ah…maaf sy emosi berlebihan

    • halo meu, menurut pengamatan saya, konsular korea agak tertutup, tidak membangun proses komunikasi terkait pengajuan visa, main tolak saja tanpa menjelaskan alasannya apa. Gak ada surat penolakan dari kedubes. Gak ada proses banding juga. Kita jadinya nebak-nebak saja. Padahal waktu saya pergi itu, kakak saya yang paspor baru dan belum menikah, dapat visanya. (mungkin pengaruh rekening yang lumayan dan ada surat jaminan dari adikku yang bekerja). sementara dari 6 teman sekantor ada 1 yang ditolak, padahal lampiran pengajuannya standar semua.

      Tetap semangat lah mbak. saya juga pernah ditolak visa australia, tapi mengajukan kedua kalinya, sudah disetujui. banyak cara menuju korea. ke hongkong dulu, dari situ bisa bebas ke jeju. atau cek link ini http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016219211/tips-pemegang-visa-jepang-untuk-transit-dan-bebas-visa-korea

      • Hi Said,
        Mau nanya dong. Ketika visa Australia ditolak, proses pengajuannya yang ke 2 bagaimana ya? Apakah memberi penjelasan dr surat penolakan yang pertama? Dan jenis visa apa yang si tolak?

        Karena visa saya, baru saja ditolak oleh kedubes Australia. Jenis visa yang saya ajukan adalah visa student. Dan dependent.

        Thanks

      • hai, nama saya dewi. jeda antara visa aussie yang ditolak dengan yang diterima itu kurleb 5 tahun. pada saat pengajuan kedua, travel history saya sudah bagus dan rekening saya sudah sehat n aktif mutasinya. Visa yg saya ajukan visa turis. coba cari info detil tentang banding visa (visa appeal) australia.

      • mbk saya visa saya ke australia juga di tolak 3 bulan yang lalu apa saya harus aply pakek agen apa enak nya sendiri yaah

      • pake agen/travel tidak menjamin visa akan mulus diterima. Sangat tergantung profil dan travel history kita. mudah-mudahan belum rugi banyak seperti udah beli tiket dsb. dicoba lagi. saya di pengajuan kedua u visa australia baru bisa dapat.

      • Iy sy jg sama kejadianx br kemarin 😯 sy kan brangkatx 14 nov krn dpt hadiah dr perusahaan. Dari pengajuan grup 138 org, yg ditolak 3 org termsk saya. Trus pihak perusahaan yg mensponsori kami lgs ke kedutaan korea utk menjamin 100% bhw kami ber3 ini akan balik ke indonesia tepat pd wktx. Kt kedutaan, bukan itu masalahx. Trus diajukan lg apakah ada berkas2 yg kurang atau jumlah tab? Sekali lg kt kedutaan bukan semua itu masalahx. Trus apa dong masalahx? Jwbx ini keputusan internal 😈 sombong banget. Paling tdk kl pengajuan lg bs diimprove apa yg menyebabkan visa ditolak. Masa sdh ada perusahaan internasional yg menjamin msh tdk dipercaya? Sebel banget 😢😢😧

      • Mbk mau tanya donk, visa korea aku juga brusan di tolak 2 hari 2 malem nangis di kamar, dapat pencerahan ke jeju tanpa visa,kalau transit di hongkong, itu aku cuma bawa tiket PP sama pasport doang ya? Terima kasih

  2. visa saya juga ditolak.. katanya 5 hari kerja tp setelah 3 minggu baru ditelpon minta SPT. trus setelah di lampirin dan nunggu lg genap 1 bln hasilnya ditolak.

  3. siang mba , aku juga sebel nih ama kedubes korea , padahal calon suamiku orang korea, dan rek tabunganku lebih dari 300juta , dan sebelummnya aq pernah ke korea juga , visa jepang dan cap dari negara lain juga banyak , uang melayang , sebel iya tp masih pengen tetep ke korea .
    rencananya natal ini aku mau pergi kesana dan mengajukan lg tp setelah tlp kedutaan yah tetep ga bisa kalau baru 3 bulanan kemarin di tolak.
    terus aku bilang kan penjaminku pun orang korea kok dipersulit , eh malah dia yang nyolot kalau ttp ga bisa,

    nah aku td baca dari salah satu coment nya mba , emg bisa yah ke hongkong dulu baru ke jeju ? mohon bantuannya yah mba

    thanks

  4. Visa sy jg bru saja ditolak…. sebel bgt…..
    Yg punya sponsor dan cap passport dri beberapa negara aja ditolak apa lg sy yg hanya ibu rmh tgga…
    Sy berencana k’korea br2 sma tmn sy,,,kmi bli tiket promo garuda 6 bln sblmx dgn hrga 5,4 jt..
    Krna sy tdk bekerja jdi sy melampirkan data2 suami sy yg sebagai penjamin sy lengkap sperti dipersyaratan…
    -surat izin suami brmaterai
    -surat ket kerja suami
    -rek koran/referensi bank
    -slip gaji
    -spt pph
    -rek koran milik sy pribadi jg dilampirkan
    Bserta dokumen pndukung lainx (akte,fotocopy buku nikah,ktp,kartu kel)
    Sy rasa dokumen sy sdh cukup memenuhi syarat dan pekerjaan suami sy yg seorg panitera di pengadilan negeri cukup mnjamin..
    nominal saldo di rek sy dan suami sy jg sdh cukup mnjamin smpai sy pulang kmbali k’indo…
    Stelah 5 hari trnyata visa tmn sy sdh approve sedangkan sy blm… hri itu jm 3.30 sore sy dpt tlp dri kedubes korea yg mngajukan bbrapa pertanyaan dan sy mnjawab dgn apa adax…. dan sblm mnutup tlp si mbak di sana bbrpa kli mnyebutkan jd seorg ibu rmh tgga ya… dan end
    Stelah 2 hri mnunggu dgn sangat cemas akhirx tpat hri ini dpt kabar miris trnyata visa sy ditolak… dan sedihx tmn sy harus berangkat k’korea seorg diri..
    Sy harus merelakan tiket promo sy hangus…
    Alasanx ga jelas bgt…. mmgx ibu rmh tgga tdk bsa berlibur….?? Klw tdk bsa knpa dipersyaratn di cantumkan bbrpa syarat untuk yg tdk bekerja dan trnyata ttp sj ditolak..
    Pokokx kecewa bgt… mnding visa jepang gk ribet kyak gini

      • Bu Lia saya beberapa bulan lalu juga baru di tolak visa korean ya tp saya nekat mengajukan lg karena calon suami saya yg org korea penjamin saya , mungkin waktu dulu org kedubes berpikiran kalau saya mau kawin lari kali yah sama calon suami saya , tp saya mengajukan lg dengan penjamin yg sama tp melampirkan dokumen tambahan yg agak aneh , karena di tanya oleh operator kedubes nya , rek tabungan saya malah melebihi karena saya berbisnis , tp mereka ttp ga percaya , saya lampirkan membership hotel bintang 5 saya , foto copy kartu kredit dan tagihannya , dan membership club berkuda saya , saya ga tau knp tp setelah itu visa saya di approve dng cepat dan pelayanan nya jd berbeda dari sebelumnya , sedikit sharing saja , tp memang visa Jepang lebih mudah , saya berkali kali kejepang dan pengurusan visanya tidak pernah ada masalah dan pelayanan dari kedubes Jepang sangat memuaskan dan tertib

  5. pagi ibu lia aq baru adja ne dapet pengalam buruk visa di tolak dari kedubes korea alesan’a gak jelas aq sie berniat ajuin lagi tapi itu rentan waktu berapa lama yah buw?tolong share info”a donk buw ke email aq titirahman81@gmail.com,aneh yah padahal aq udah sering travelling am umroh kenapa yang ini aneh tiba’ dapet cap penolakan seperti runtuh dunia aq

  6. Haduh,saya dan kakak saya bernasib sama.kami 4orang plan dr bulan feb 2015 udah beli tiket buat penerbangan feb2016.ngajuin visa bulan des2015.dokumen kami smua lengkap sesuai persyratan.1minggu kemudian 2orang teman saya dpt visanya,sedangkan saya dan kakak saya dipngil buat interview dng membawa dokumen tambahan Spt perusahaan,ijasah,dan surat tanah.kami bawa kesana,sampe disana ternyta yg diambil hanya spt dan ijasah.setelah kami tunggu sekitar 3jam,ternyta hasilnya DITOLAK.saya tny sma mas nya katanya kurang dokumen.(smua dokumen yg dia butuhkan udah saya lampirkan).kdng bingung aja,jelas2 dr tiket pembelian 1tahun dr keberangkatan,paspor kami tiap tahun ada cap dan kami pernah ngajuin visa taiwan juga.PHP banget,dipangil interview tapi ga ditnyin ,hanya kesana kasi dokumen dan tunggu 3jam.mending kalo ditny2 walau pun ditolak masi puas.ini ga ditny hanya duduk bengong 3jam dan hasil 😠😠😠 MENYEBALKAN.

    • Sedih baca kisah teman2 yg tiket ke Korea udh di tangan tp visax ditolak. Saran sy, kalo ke Korea pengen bgt, drpd tiketx hangus total. Coba deh beli tiket dari dan ke Jepang tp transit di Korea. Pengalaman sy bersama teman Oktober kmrn, tgl 19 Jkt-Tokyo, 24 Okt Osaka-Seoul, 29 Okt Seoul- Jkt, tdk menggunakan visa korea, hanya bermodalkan visa jepang (bkn visa waiver) ~seperti yg sdh disampaikan bu Dewi sblmx, kl dgn visa jepang kita bs enter Korea tanpa visa, dgn syarat tiket balik ke Indo ato mau ke Jepang udh ada.
      Terima kasih

  7. Hi semuanya…ikut sharing yaaa..
    aku baru aja ngajuin visa korea di hari Jumat minggu lalu.. dan alhamdulillah proses nya 4 hr kerja lgsg dpt keputusan.. hasilnya pun approved.. bersyukur bgt dehh..
    kalo menurut aku sih kaya nya paling kuat itu surat keterangan kerja dan referensj dr perusahaan tmpt kita bekerja..bagi yg bekerja minta HRD nya utk bikin surat penjamin gt..yg menyatakan bahwa perusahaan menjamin si pengaju visa akan balik ke Indo dan ke korea memang hny utk liburan (menurut bbrp temen yg prnh mengajukan visa korea juga).

    Its gonna be my first time to visit korea.. awalnya takut..khawatir..deg2an..krn travel history aku cm ada 3 negara asia tenggara&ngomongin saldo.. jujur aja yaaa.. di pengendapan bulan pertama saldo aku cuma ada 6 digit.. bulan kedua aku nabung2 jd ada 7 digit dan pas dpt bonusan di bulan ketiga itu br nambah jd 8 digit (alhamdulillah) hehe! Dan si 8 digit itu hny mrngendap 3 hr lgsg aku print rek tabunganku buat jd bukti keuangan.. ada 2 temenku malah end balance tabungannya cuma 5jt dan itu approved. Tapi memang untung2an jg kali yaaa..

    Kalo mau coba ajuin lagi (yg udh 3 bulan dr masa penolakan) mgkn ini tahun yg tepat..krn katanya skrg kedubes korea bag conselor sdg meningkatkan kinerja nya dan dlm rangka visit south korea 2016. Proses nyajd hanya 4 hari kerja, denger2 bisa dpt gratis juga dan dipermudah utk pengajuan visa (menurut info dr bbrp org&kmrn smpt baca berita ttg itu jg).
    n

  8. saya baru ingin membuat visa ke korea untuk program pendidikan, paspor saya tidak berjilbab karena dulu belum berjilbab, tetapi ktm ktp dan lainnya skrg sudah berjilbab, apakah ada kemungkinan untuk visa saya di approve?

    • kemungkinan besar di approve untuk tujuan pendidika sangat besar. silahkan lampirkan loa dan sedikit rencana hidup disana seperti tinggal dimana, berapa lama aka tinggal disana, dan siapa supervisor dari korea nya. jika perlu, surat dengan cap basah langsung dari supervisor akan snagat berguna. jika beasiswa, sertakan surat penerimaannya juga.

      • Ya, kalo tujuannya untuk studi rasanya tidak ada alasan pihak kedubes menolak. Yang sering terjadi, visa gagal padahal murni berkunjung kesana untuk tujuan liburan. Setidaknya kalo pun ditolak, dibuatkan surat penolakan dengan mencantumkan alasan atau pihak kedutaan sebelum menentukan ditolak atau tidak bisa konfirmasi dulu via telp.

  9. sekedar sharing ya 🙂

    Beberapa waktu lalu saat masih status student saya pergi ke korea dalam rangka summer school. ini pertama kalinya saya pergi ke luar negeri dan tanpa bantuan travel.

    persyaratan keuangan saya print out dari kepemilikan orang tua saya (saya haya print out buku rekening saja milik ayah saya).
    saat saya tanya tentang kemungkinan penolakan, pihak kedubes menyatakan kuncinya ada di itinerary dan undangan dari pihak yang berada di korea.

    saat itu saya haya bermodalkan surat undangan dari universitas dan itinerary perjalanan yang saya buat sendiri sedetail mungkin. dan hasilnya diterima.

    Yang bisa saya ambil pelajarannya adalah, rencana perjalanan sangat penting. hal ini digunakan untuk menghindari masa tinggal lebih lama. sertaka juga bukti booking hotel dan lampiran tiket pesawat dan perjalanan lainnya yang telah di booking sesuai dengan itinerary yang telah dibuat.

    jika tidak ada teman atau saudara atau pihak lain yang mengundang, terpaksa harus menggunakan jasa travel atau pihak konsulat di daerah. contohnya teman saya mengurus visa dari konsulat di surabaya. memang sedikit agak mahal, tapi di konsulat ada professor korea yang dapat memberikan rekomendasi sehingga meskipun status teman saya backpacker dan uang tabungannya mepet, dia tetap bisa lolos.

    untuk jaminan keuangan, jika rekening orang lain (seperti suami atau orang tua) usahakan bukan dana yang fast moving. akan lebih baik jika disertakan secara bersamaan semua persyaratan keuangan meskipun hanya diminta salah satu saja.

    tentang tabungan dengan nilai tinggi tapi tetap ditolak bisa jadi karena ada kecurigaan tentang rencana penyalah gunaan. ini juga yang kurang saya sukai dari kedubes korea karena mereka tidak cross check dan langsung main tolak. untuk menyeimbangkanya, anda bisa melampirkan bukti pengeluaran yang juga tinggi sehingga kedubes sadar bahwa anda memang berpenghasilan tinggi dengan kemampuan konsumsi yang tinggi juga. agak aneh, tapi cukup membantu.

    kalau masih ditolak, pilih terbang ke jeju saja. ke jeju tidak butuh visa tapi anda tidak dapat berjalan-jalan ke daerah lainnya seperti seoul, busan, dll.

    kedubes korea agak ketat karena sebelumnya banyak backpacker yang nekat tinggal di korea dan bekerja secara ilegal disana. hal ini banyak dibahas di beberapa seminar internasonal sehingga pihak kedubes juga ikut membantu mengurangi hal ini. untuk tahun ini, ada persyaratan tambahan tentang surat kesehatan dan beberapa penyakit tertentu. silahkan di cek kembali 🙂

    Semoga membatu

  10. untuk yang masih gagal approve, coba sertakan itinerary detail dengan seluruh bukti seperti booking hotel, tiket pesawat, tiket kereta, dll.

    surat undangan seperti dari teman atau saudara yang ada di korea cukup membantu. jika tidak, coba gunakan jasa travel atau lewat jalur konsulat.

    konsulat seperti surabaya memiliki professor dari korea. biasanya beliau menanyai dulu tujuan kita, cek berkas, dan jika oke dia akan mencoba lobi kedubes memastikan orang yang datang kepadanya bisa dijamin.

    Korea banyak kecolongan tenaga kerja ilegal sebelumnya. dari indonesia ijinnya pamit liburan, eh dari sana malah tinggal lebih lama dan kerja ilegal. mereka hanya mencoba meminimalisir meskipun kadang yang menyebalkan mereka tidak cross check kebenarannya.

    melampirkan seluruh persyaratan meskipun hanya diminta salah satu juga bukan hal buruk.

    untuk kasus tabungan besar tapi tetap di tolak, coba sertakan bukti pengeluaran tetap seperti cicilan mobil, rumah, pendidikan anak, atau hal lainnya. sehingga kedubes bisa melihat anda memang memiliki pendapatan tinggi dengan konsumsi tinggi. ini biasanya dikarenakan kedubes tidak ingin kecolonga atas penyalahgunaan negaranya sebagai tempat pencucian uang atau hal semacamnya seperti yang banyak terjadi di cina. jadi yang sabar ya 🙂 dan satu lagi, kalau bisa dananya bukan dana fast moving ya selama tiga bulan terakhir.

    saya dulu pertama kali masuk korea hanya menggunakan print out tabunga orang tua, itinerary detail (sedetai-detailnya), dan undangan universitas. dan ini merupakan perjalanan pertama saya ke luar negeri. jadi jangan berkecil hati bagi yang paspor nya masih bersih 🙂

    good luck and welcome to korea 🙂

    • Mba,,boleh minta contoh surat undangan dari teman yang di korea ? Saya rencana juli pergi ke sana ,, teman saya yang asli orang korea mengundang saya untuk berkunjung ke sana,,saya mau mengajukan visa sekarang tapi masih ragu dengan persyaratan dan dokumennya ,, trims

    • Bisa minta contact person konsulat Korea di Surabaya? Saya perlu mengurus visa D-4, tapi beberapa travel agent yg saya tanyai tidak menyanggupi. Saya kesulitan kalau harus mengurus sendiri ke Jakarta.
      Makasih…

      • kalo di google gak banyak info konsulat di surabaya cuma ada alamat saja Plasa Segi 8 Blok D N0.875 Surabaya (didaerah satelit). saran sebaiknya mbak hub ke kedubes korea Jakarta (TEL) 62-21-2967-2555 nanya info lebih jelas.

  11. mau tanya.. nama saya kan hanya Deni kaga ada kepanjangannya.. kira kira bisa di approve gak yah hanya karena nama pendek ?

  12. Oh oh oh… Baca ini jadi deg degan. Saya punya ticket PP tgl 29 Juni 2016 berangkat ke Korea dan baru saja masukan dokumen ke agent pengurusan visa. Saya sertakan dokumen: passport, ktp, kk, foto, surat izin kantor plus kontrak kerja, surat referensi bank dan saldo 3 bulan terakhir, bukti setor pajak, ticket, bukti pembayaran guesthouse, pokoknya super lengkap. Doakan semoga saya dapat visa sebelum 29 Juni ya. Amiiiiiiiiin..

  13. 2013? wah saya pas bikin tahun itu cepet loh dan ga ditolak~ senin submit dan jumat sudah bisa ambil visanya

    buat yang ditolak klo mau lihat alasannya knp ditolak bisa cek di web >> https://www.visa.go.kr/openPage.do?MENU_ID=10301

    masukin aja no paspor sama nama dan tanggal lahir
    masukin namanya dibalik ya~
    jadi klo namanya SAYA CANTIK masukinnya jadi CANTIK SAYA

    sampe sekrang uda 3x bikin visa korea untuk sy sendiri sih blm pernah ditolak dan terakhir sy bikinnya multiple, bikinin keluarga dan teman juga alhmadullilah diappoved terus^^

  14. saya lagi coba untuk mengurus visa ke korea bersama dengan anak dan suami melalui Agent, setelah 4 hari disampaikan harus melampirkan pasport lama. sy cek ke imigrasi ternyata pasport lama tidak dikembalikan cukup dengan menyerahkan copy pasport lama ke Kedutaan Korea, tetapi tetep saja tidak berhasil.

    • wah turut bersimpati. saat pengurusan paspor baru, sebenarnya bisa diwanti-wanti agar pasporlama bisa dikembalikan oleh imigrasi. Saya, suami dan anak tahun ini juga melakukan pengurusan paspor baru tapi di kasih tuh.

  15. Hi mba Dewi.. Malam2 galau malah nemu blog nya mba..

    Aku tgl 27 January kmrn ajukan visa via travel agent mba. Sampai sore ini cek online status masih document received. Mana ga punya SPT. Baru juga ngerintis bisnis januari ini. NPWP juga baru buat sehari sebelum apply visa. Cuma modal document standart, ijin suami, pernyataan ga punya SPT dan menjamin biaya ditanggung sendiri, beli asuransi perjalanan sesuai tgl di tiket, referensi bank yg syukur bgt tercatat sudah nasabah sejak 2001, saldo yg tiba2 gendut hanya januari, tapi keluar masuk normal dlm artian banyak transaksi bisnis, print out buku tabungan, itu aja mba.

    Dan tiap malam ga nyenyak tidur ampe mimpi2. Makan pun ga enak. Saking stress sampai flu 2 hari ini. Lebay.com

    Pasport lama mati tanpa stempel saya sertakan mba, e passport baru cuma ada cap malaysia dan china oktober lalu. Juga visa waiver yg belum kepake.

    Bantu doa aja mba, mudah2an bisa approved. Soalnya saya tulis juga di surat pernyataan saya traveling sendirian. #nangisdarah# kalau ditolak. Tiket pp dah kebeli, asuransi jg udah, biaya surat bank juga lumayan nguras, biaya ongkir document, dan travel minta ditransfer 647rb diawal. #merengekrengek#

  16. haloo mbak, visa saya juga ditolak padahal visa pelajar, berkas sudah lengkap tidak tau knp bisa ditolak.
    klo ditolak pembayarannya bisa kembali apa ndk?

    • halo mbak patni, turut bersimpati. Pembayaran apa yang dimaksud? Kalo pembayaran untuk biaya visa jelas tidak akan kembali. Tapi kalo pembayaran tiket, sekolah coba dicek baik-baik T&C nya.

  17. yang punya saya lebih lucu lagi, 1 diterima, 1 ditolak. Jadi saya disuruh liburan sendiri. Hahaha, gak usah korea korean. Tiket hangus semua, sedih, marah, campur jadi satu. Pengurusan Saya lewat agen terkenal

  18. aku juga mau cerita mbak dewi, saya sudah berencana mau ke korea dari juli 2015 tetapi pada saat itu di bulan oktober 2015 saya resign dari pekerjaan saya dan saya memutuskan mengcancel rencana saya sebelum saya mendapatkan pekerjaan lagi, dan alhamdulillah di bulan april 2016 saya sudah mendapatkan pekerjaan lagi tetapi selama 1 tahun saya masih menjadi trainee dan blm bs mendapatkan cuti jd saya urungkan lagi niat saya ke korea dan di bulan Maret 2017 alhamdulillah trainee saya berakhir dan secepat mungkin mencari tour travel agen dan mendapatkan rekomendasi dari teman dan saya mengajak seorang teman juga untuk ikut, kemudian saya mulai membayar DP ke agen travel dan mengikuti tour Autumn di tgl 30 September 2017. dr bulan maret saya sudah menyiapkan semuanya hingga memikirkan apa saja yang ingin saya beli disana (naluri perempuan). di awal agustus saya dan teman saya mulai menyiapkan semua keperluan visa. tapi yang saya dapat di tanggal 30 Agustus 2017 adalah visa saya denied dan visa teman saya di approved. saya coba tanya ke pihak agen kenapa yang saya bisa ditolak dari 120 orang peserta tour yang ada, terakhir yang saya dengar 2 orang yang ditolak termasuk saya. saya gak dapat penjelasan apapun hanya “mungkin kena random checking”. whaaatttt? saya sudah 2 tahun menunggu untuk bisa ke negara lain untuk pertama kali nya dan negara yang saya pilih adalah negara yang sangat sangat sangat ingin saya kunjungi, dan hanya itu alasan yang bisa saya dapatkan? saya sampai menangis ke ibu saya saat menceritakan soal visa saya.jujur mbak dewi, saya mulai terkena demam kpop sejak 6thn yang lalu dan sekarang karena hal seperti ini saya jadi tidak ingin lagi ke korea ataupun hal-hal yang berbau kpop. hahahhaha… lucu memang dan terdengar sangat kekanakan, tapi percayalah punya mimpi yang sudah 2tahun ingin diwujudkan kemudian harus menghadapi kenyataan kalau mimpi itu gak bakal terwujud itu rasanya…. maaf ya mbak dewi saya jadi curhat kepanjangan dan terima kasih untuk blog nya yang bisa membuat saya bercerita disini…

    • terimakasih ya mbak tya sudah berbagi cerita. Jangan patah semangat mbak. next time bisa dicoba lagi dengan persiapan yang lebih matang. Saya sendiri pernah ditolak dapat visa Australia saat apply pertama kali. 4 tahun setelah itu apply lagi alhamdulillah diterima. Perbanyak travel history saja utamanya negara yang bervisa.

  19. selamat malam mba..
    sy mau tnya..pengajuan ulang yg waktu itu saat ditolak bukan ya?
    *kebetulan senasib..dan ingin mengajukan ulang tanpa menunggu 3bln rencananya#konek (korban mekad)
    tq

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s