ANN GUESTHOUSE, SEOUL

Meski hostel ini terbilang populer di kalangan backpacker Indonesia dan beberapa buku perjalanan korea merekomendasikan hostel ini, tapi gak serta merta saya langsung booking hostel ini. Seperti biasa, saya menyeleksi beberapa hostel terlebih dahulu secara detil. Karena keinginan kita belum tentu sama dengan yang lain. Nyaman ukuran kita belum tentu sama dengan nyamannya orang lain. Biasanya saya mencari hostel dengan review terbanyak dan tertinggi di www.hostelworld.com, cek lokasi dengan google map, searching foto-foto hostel tersebut, searching kemudahan untuk mencapai lokasinya. Bahkan ada hostel yang mengunggah video petunjuk arah untuk membuktikan bahwa jauhnya hanya 2 menit dari station seperti pencil hongdae guesthouse. Saya juga mencari review yang sangat banyak dari berbagai sumber seperti trip advisor, fodors, frommers, lonelyplanet forum, kaskus. Hostel ini sedikit lebih mahal dibanding hostel yang lain, namun rasanya wajar jika dibandingkan dengan lokasi dan fasilitasnya.

Ini reviewnya:

Lokasi strategis dan petunjuk arah yang jelas. Hostel ini berlokasi di dalam gedung (Paradistel Building) yang terletak di pinggir jalan besar. Tidak susah untuk mencari taxi dan halte airport bus dekat. Stasiun Metro Hongik University ada di bawah gedung ini. Jika dari bandara naik subway tidak usah pindah jalur kereta yang mana kalo baru tiba di Seoul sering membingungkan. Jalur utama saja ada 9 jalur, ditambah kurang lebih 7 jalur pendukung. Dari Incheon Airport atau pun Gimpo Airport, turun di Hongik University Line 2 Exit 1. Naik tangga, ada Dunkin Donut disamping pintu masuk Paradistel Building, masuk ke gedung dan cari kamar 514 untuk check in terlebih dahulu.

ann guesthouse apartment

ann guesthouse apartment

Nyaman.

Hostel ini cocok bagi rombongan 3 orang atau lebih. Model kamar seperti apartemen, ada meja makan.

  • Dilengkapi dengan fasilitas dapur seperti toaster, microwave, kulkas besar, kompor dan alat masak, peralatan makan, dispenser hot n cold.
  • Tersedia handuk dan hair dryer.
  • Tersedia hanger pakaian yang banyak dan tali jemuran siap pakai.
  • Tersedia PC dan TV Tuner, serta akses internet gratis. Meski peraturannya mengatakan bahwa internet baru dapat digunakan diatas jam 9 pagi, kami memakainya sebelum itu.
  • Tempat tidur bukan ranjang susun.
  • Pas dapat kamar sudut, yang viewnya asik karena jendelanya besar dan lebar.
  • Sarapannya berupa 1 pack roti tawar setiap hari, butter dan selainya tersedia dikulkas. Minum teh dan kopi dapat kapan saja sebab kopi, teh, gula dan krimer tersedia.
  • Juga ada sofa
  • Ada 7-11 yang dekat dengan gedung ini, ada juga mini market lokal dibelakang gedung, GS25.
  • Bagi penggemar drama Korea Coffee Prince, lokasi cafenya di dekat situ meski sedikit sulit menemukannya.
IMG_2983

room pic before we leave the hostel

 

Keamanan.

Untuk masuk kamar cukup menggunakan pin yang diberikan oleh ms ann. Jadi tidak perlu repot mengembalikan kunci kamar pada saat check out. Karena exit station metro dekat banget dengan gedung dimana Ann guesthouse berada, jadi sangat aman.

Kami memesan via hostelworld untuk kamar berlima selama 4 hari dengan harga krw520,000. Trus saya tindak lanjuti dengan kirim email langsung ke website http://annguesthouse.co.kr/ untuk memberitahukan bahwa kami memesan sebenarnya untuk 8 orang. Begitu tiba di Ann Guesthouse ternyata kamar berdelapan tidak available, jadi kami diperbolehkan untuk menyewa 1 kamar yang sebenarnya kapasitas 5 orang dengan menambah 10,000Won/hari atau IDR90,000/hari. Kamar jadi agak crowded sih, tapi lebih baik begitu, lebih mudah koordinasinya dan jatuhnya lebih murah.

Setelah 2 hari nginap di Ann Guesthouse, kami ke Jeju selama 2 hari. Kami hanya membawa pakaian sekedarnya, barang  yang lain kami titip di Ann Guesthouse, karena sepulang dari Jeju masih menginap di Ann GH selama 2 hari.

IMG_0849

look at the blue plastic wire on top left corner, you can use it to hang n dry your clothes

Ms Ann juga membantu membook jumbo taxi subuh-subuh ke Gimpo Airport untuk menuju Jeju dengan harga 40,000Won.

Advertisements

4 thoughts on “ANN GUESTHOUSE, SEOUL

  1. Saya rencana ke seoul desember ini.ikamarnya lumayan bagus dan bersih ya.itu nama tipe kamarnya apa ya? Biar saya bs dapet kamar yg itu nanti hehehe.. Makasih sebelumnya:)

  2. Ini mbak atau mas ya? Hehehe.saya mau tanya kamar ini .Perhari nya RP.520.000 ya? Saya kebetulan 3rorg dan 1 anak kecil. Saya cek di booking..com perharinya rata2 harga 1jt hingga 1,5jtaan ya di ann guesthouse.

    • sori setelah ngecek lagi ternyata bukan idr tapi krw520000 untuk sekamar berlima selama 4 hari. bookingnya lewat hostel world. trus sy tindak lanjuti email ke ms ann, bahwa saya sebenarnya berdelapan (6cewek dewasa+ 2anak kecil umur 8 n 9 tahun). Sampai disana, kami minta supaya gak pisah kamar, biar sempit-sempitan di 1 kamar itu. ms ann cuman minta tambahan KRW10,000/hari. jadi totalnya krw560000 untuk berdelapan selama 4 hari… ini ada info tentang hostel murah http://www.facebook.com/groups/128092889677/permalink/10151721287429678/ .. cek dan bandingkan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s