Nyantai di Golden Gate Bridge

This slideshow requires JavaScript.

Dari Los Angeles, kami naik bus jam 10 malam dan tiba sekitar jam 5 pagi di San Francisco. Tetiba di hostel, kami numpang mandi, nitip koper kemudian ke Golden Gate Bridge yang menjadi icon kota San Francisco. Sama bapak Uber, kami diturunkan di spot maintstream untuk berfoto dengan latar belakang Golden Gate Bridge. Semua turis baik yang naik bus maupun naik mobil pribadi turunnya juga disini. Pagi itu belum terlalu ramai, masih sekitar jam 8 pagi. Jadi cukup banyak waktu untuk explore di area Golden Gate Bridge ini. Sebenarnya kami sangat pengen ke Alcatraz, sebuah pulau yang terletak di tengah Teluk San Francisco. Sayang saat mau beli online tiketnya sudah sold out padahal masih seminggu sebelum keberangkatan. Padahal udah membayangkan dapat view sempurna Golden Gate Bridge dari kapal yang mengantar ke pulau Alcatraz. Alcatraz ini  dahulu merupakan benteng pertahanan militer sejak 1850 dan kemudian dijadikan penjara keamanan-ketat pada tahun 1934, namun di tahun 1963 penjara itu ditutup selamanya dan dijadikan tempat wisata.

Kami lalu mengexplore view Golden Gate Bridge mulai dari atas kemudian pelan-pelan turun melalui jalan setapak sampai ke pinggir pantai. Dari situ kita jalan lagi sampai ke pier dimana banyak orang yang sedang memancing. Lalu kita jalan menuju Fort Point. Fort Point yaitu benteng yang dibangun untuk mempertahankan Teluk San Francisco dari kapal perang musuh. Benteng ini sudah ada sebelum Golden Gate dibangun. Fort Point ini bebas biaya masuk. Baru setengah jalan menuju sana, kami berubah pikiran. Pengen explore di area jembatannya, so balik arah untuk naik kembali menuju jembatan. Niatnya pengen jalan kaki menuju seberang jembatan.

Beberapa fakta mengenai Golden Gate Bridge:

  • Panjang Jembatan 1966m dengan lebar jalan 27 m
  • Dibangun di tahun 1933 dan selesai 4 tahun kemudian
  • Nama Golden Gate tidak merujuk ke warna jembatan, Tapi merupakan penamaan dari pintu masuk Teluk San Francisco dari Lautan Pasifik yaitu Golden Gate Strait.
  • Diameter kabel utama adalah 0,92m terdiri dari 27572 kawat yang katanya nih panjangnya bisa mengelilingi bumi sampai lebih dari 3kali.
  • Sekarang Golden Gate Bridge (1280m) bukanlah jembatan dengan bentang terpanjang. Ada Jembatan akashi Kaykiyo di Jepang yaitu 1991m

Fisherman Wharf & Pier 39

Tempat ketiga yang menarik selain Golden Gate Bridge dan Alcatraz adalah Pier 39. Pier 39 kebanyakan isinya toko souvenir, cafe/restaurant dan street performance. Hard Rock Cafe, Madame Tussaud museum dan beberapa museum lainnya ada disini. Pier 39 juga terkenal dengan singa laut juga disini. Ada dermaga dimana beberapa kapal sedang bersandar dan kita bisa melihat pulau Alcatraz lebih jelas dibanding dari Golden Gate.

Souvenir di Fisherman Wharf/Pier 39 menurut kami masih lumayan mahal. Dapat info ada toko souvenir di China Town yang lebih murah. Jalan kaki dari sini ke China Town sekitar 15 menit. Namun kita gak nemu toko souvenir itu, hanya menemukan buah-buah seperti anggur, jeruk dengan harga murah. Dari China Town kami putuskan lagi jalan kaki sampai hostel. Soalnya masih sore, sambil berjalan santai kami masih bisa singgah di beberapa tempat seperti taman depan Grace cathedral dan Union Square. Toh besoknya sudah tidak ada kegiatan selain ke bandara. Cukup waktu untuk mengistirahatkan kaki.

Advertisements

2 thoughts on “Nyantai di Golden Gate Bridge

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s