Pesona Ljubljana

IMG_2073

View of Ljubjana City from Ljubljana Castle

Dua jam berkendara dari Zagreb kami pun sampai di Ljubljana (baca: Liyubliana) ibukota negara Slovenia. Tujuan kami disini adalah old town Ljubljana. Sebagaimana negara yang lain, satu tujuan sudah bisa mencakup banyak place of interest yang ada di negara itu. Jarak dari tempat parkir paling cuma 50meter sudah sampai di pinggir sungai Ljubjanica. Old town Ljubljana terlihat tampak sangat menawan karena diapit Ljubljana Castle dan jalan pedestrian di tepi sungai Ljubljanica. Banyak pohon, banyak cafe outdoor di tepi sungai, dimana bisa duduk santai sambil memperhatikan orang yang lalu lalang.

Ljubljana sering disebut juga city of dragon. Naga merupakan binatang yang spesial yang menjadi simbol di negara ini sejak jaman dahulu kala.  Dari penggambaran awalnya sebagai monster, naga berubah menjadi pelindung simbolis kota, mewujudkan kekuatan, keberanian dan kebijaksanaan.

Di dalam kawasan old town terdapat banyak bangunan yang menjadi daya tarik antara lain Tromostovje atau The triple bridge, jembatan yang secara paralel yang melintas di atas sungai Ljubljanica. Kemudian ada Preseren Square, alun-alun di tengah kawasan old town yang juga sering dijadikan meeting point. Preseren Square dikelilingi beberapa bangunan bersejarah, antara lain gereja Fransiskan/Marijinega Franciskanska yang berwarna pink, juga berdekatan dengan Magistrat/Town Hall dan Ljubljana Cathedral.

Kami berjalan menuju Ljubljana Castle. Dekat dari old town tapi lumayan menanjak. Untuk bisa sampai ke kastilnya, pilihannya bisa naik funicular, jalan kaki atau naik mobil sampai atas. Untuk menghemat waktu, kami memilih naik funicular. Harga tiket 13Euro untuk dewasa dan 9Euro untuk anak-anak. Ada juga paket family 31Euro untuk 2 dewasa sama 1 anak. Kami ambil tiket paket family + 1 tiket anak. Sama ibu penjual tiketnya kita cuman disuruh bayar hanya tiket familynya saja. Baik ya dia. Sampai diatas masih harus beli tiket kastil. Saya gak beli karena masih bisa berada di bagian tengah kastil dan di bagian luarnya. Di bagian luarnya pemandangannya juga menawan, bisa menikmati view kota Ljubljana. Yang gak bisa masuk ke dalam ruangan di kastil tersebut.

Ljubljana Castle

Begitu kembali ke bawah, di dekat area sini banyak pedagang makanan, sayur, buah dan souvenir. Kami membeli beberapa magnet sebagai tanda mata dari Ljubljana kemudian melewati food truck yang keliatannya menggoda selera. Apalagi kita lagi pas lapar banget. Harum cumi goreng tepung tak bisa kami lewatkan. Jadilah kita mampir pesan ikan goreng tepung, cumi goreng tepung dan kentang. Lezat.

Perjalanan kami lanjutkan menuju Halstatt. Sebenarnya pengen mampir  ke Lake Bled salah satu highlight negara Slovenia. Lake bled berada sekitar 1 jam dari  Ljubljana dan kami melewatinya dalam perjalanan ke Hallstatt. Sayangnya, udah sore banget. Untuk menikmati Lake Bled dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam. Hallstatt dari Ljubljana masih sekitar 3,5 jam lagi.

Di border control, sempat dihentikan petugas yang mau mengecek vignette Slovenia. Saya sudah beli tapi gak saya tempel. Ada rasa ingin tau juga apakah tanpa stiker akan lolos pemeriksaan. Ternyata mereka dari jauh bisa mengecek pake teropong. Begitu saya tunjukkan stikernya, petugas tersebut langsung menempelkan stiker tersebut di kaca. Dendanya 150 Euro kalo gak ada stiker vignette. Alhamdulillah aman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s