LONGSOR

02-05 Juli 2010

akhirnya garuda masuk palu juga.

ini hari kedua launching penerbangan garuda rute palu-makassar-jakarta, sedikit agak mengecewakan sih, karena delay hampir 1 setengah jam, namun alasannya manusiawi, supirnya eh pilotnya mendadak dangdut eh sakit, sehingga butuh waktu untuk mencari pilot lain. Yah,baguslah penjelasannya seperti itu ketimbang hanya menyampaikan permintaan maaf karena alasan operasional yang gak jelas.

Jadwalnya sebenarnya bagus, jam 17.45 setelah jam pulang kantor. Jadi gak perlu nyuri waktu kerja di hari jumat atau harus berangkat sabtu pagi. Ada sih merpati yang jadwal ke makassar jam 19.00. Namun merpati yang ini selalu ingkar janji. Serba tidak pasti. Buka pembelian murah banget sekitar 175rb, tapi tiba-tiba penerbangan dibatalin dengan berbagai alasan, pesawat masuk perbaikan, tiba-tiba dicarter lah dsb. Jadi dengan adanya penerbangan garuda menjadi alternatif baru yang pasti, apalagi buka harganya dari 300rb an.

Masuknya garuda sudah lama direncanakan oleh pemda setempat dan terealisasi dengan selesainya penambahan panjang landasan. Di bandara mutiara palu, sudah ada lounge untuk penumpang garuda. Sdh lebih elit, ketimbang layanan lounge lama yang byr 50rb hanya dapat teh dan kue yang dilirik aja malas apalagi dimakan.

Mengenai pelayanan, seperti yg telah kita ketahui bersama mengenai garuda. Sewaktu delay, ada snack box yang dibagi. Kemudian di dalam pesawat, bagi penumbang yg bersama infant dapat starter kit berupa popok, bedak n tissue basah. Di snack box, plus coklat kitkat. Kursi lebih leluasa. Dan yang menarik, dijelaskan bahwa setelah lampu tanda sabuk pengaman dipadamkan, penumpang boleh menggunakan laptop n alat elektronik lainnya. Pada saat boarding, mendahulukan penumpang yg bawa anak2 atau orangtua. Sebenarnya untuk boarding di bandara mutiara justru hrs dibelakangkan atau tak perlu diberi kekhususan karena tidak ada garbarata atau belalai gajah. Jarak antara pintu boarding dengan pesawat lumayan jalannya. Hal tersebut malah memperlambat proses boarding.

Pada saat di pesawat, kursiku terisi orang, sy diminta tukaran t4 duduk. Yah bolehlah, karena yang meminta adalah seorang ibu bersama anak, infant dan kursiku itu diduduki oleh pengasuh anaknya. No problem, sy juga pernah beberapa kali dalam posisi yang sama dgn ibu itu.

Tiba di makassar, langsung ke penjahit, mengambil baju seragam pesta untuk sy n anak anak.

Waktu sudah menunjukkan jam 11mlm, anak anak meski ngantuk tetap semangat di ajak ke kfc ratulangi. k idrus nonton bola, anak anak bermain di play ground sambil makan. Sy gak makan lagi karena sebelumnya sudah singgah di mie titi, my delicious n favorite meal. pertandingan piala dunia yang memasuki babak 16besar antara belanda vs berakhir dengan skor .

Tujuan utama sy ke makassar kali ini adalah untuk pernikahannya ikha n khaidir (sepupunya k’idrus), akad kredit, mengambil hp yg ketinggalan waktu lalu n sekaligus bertemu dengan aya n dede.

Setelah selesai pernikahannya haidir di makassar, kami termasuk kak ira menuju ke manipi. Manipi ini terletak di kec sinjai barat kab sinjai yang letaknya berbatasan dengan dengan kec tombolo pao, kab gowa. Kami mau ke manipi, kampungnya k idrus, tempat dimana ika kakaknya haidir menikah dan menggelar acara resepsi.

Longsor di manipi

Sayang, hujan yang deras terus menerus sepanjang hari disertai dengan angin kencang menyebabkan longsor dimana-mana yang terjadi pada hari-H. Daerah malino keatas sampai ke sinjai kota memang rawan longsor.

Beruntung mempelai pria sudah ada di Manipi, kalo gak? Waduhh. Longsor menyebabkan banyak tamu-tamu kami yang dari Sinjai Kota, dari Makassar, dari desa-desa tetangga tidak dapat sampai ke Manipi. Karena semua akses jalan tertutup.

Mobil gak bisa lewat, tapi katanya motor sudah bisa lewat arah ke Makassar. Sy harus pulang, tiket sudah ditangan. Akad kredit belum bisa dilaksanakan karena banyak yang mau akad kredit. Huhh. Gimana sih? Sy sudah jauh-jauh hari minta dijadwalkan untuk akad tanggal 5 Juli. Tapi yahh mau gimana lagi, gak bisa dipaksakan meski sy udah berusaha. Jadinya tanggal 17 juli sy harus ke Makassar lagi. Markos banget (manre ongkoso’=makan ongkos). Huhhhh.

Saya naik motor sama K’Idrus sampai ke Makassar, K’Ira naik motor tapi cuman sampai selesai melewati daerah yang longsor yang tidak bisa dilewati mobil. Ada mobil penumpang umum yang menunggu disitu.

Longsor menyebabkan jalanan menjadi licin, kami sempat tergelincir 1x dan beberapa kali sy harus turun melepas sandal dan jalan nyeker melalui timbunan lumpur longsor. Huhuhu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s