MOUNT TITLIS, THE MOST EXPENSIVE JOURNEY, BUT WORTH TO TRY

Senang rasanya bisa menyentuh salju, bermain perosotan, bermain snow tubes, bermain luncuran dengan alat seluncur di mount titlis. di gunung ini saljunya ada sepanjang tahun. Meski ini merupakan trip kami yang mengeluarkan biaya yang cukup besar, tapi kami tidak akan menyesalinya. sebanding dengan keinginan besar kami untuk melihat salju dan menambah kekayaan batin kami. rasanya bahagia banget.

pagesnowtube

Untuk ke mount titlis, kita harus menuju lucerne, kota kecil di swiss. Di lucerne kami menginap di twinsminbak, hostel yang kami booking dari indonesia. Sebenarnya bisa saja menginap di engelberg, kota kecil persis di kaki gunung mount titlis, tapi sepi dan kami memilih menginap di lucerne dengan pertimbangan dari kota ini kami bisa lanjut naik kereta ke paris.

Kami start dari milan dan baru beli tiket kereta disana. rupanya hari itu dan besok tujuan lucerne full, yang tersisa tiket kereta jam 08malam tiba tengah malam di lucerne dan tiket kelas 1seharga 102 euro per orang. Huhuhu. Gak ada pilihan lain, kami harus mengambil tiket tersebut supaya jadwal kami tidak berantakan. Kami segera mengabari hostel jam kedatangan kami dan minta advise apakah aman jalan kaki ke hostel tengah malam. Hostel menginfokan masih ada bus yang menuju ke hostel jam segitu.

page train first class

Di Milan, masih ada waktu 4jam untuk explore kota milan. Ranselnya Amel kami titipkan di penitipan barang yang ada di stasiun kereta Milano Centrale, ransel saya gak saya titip karena masih bisa saya tarik. Kami ke piazza duomo, gereja katedral gothic terbesar di dunia. sekitarnya ada pusat perbelanjaan. puas mengexplore disitu, kami lalu balik ke stasiun kereta. Gak kemana mana lagi, malas buat jalan. Kota milan, pusat industri pakaian papan atas, tidaklah menarik bagi kami yang punya duit pas pasan dan harus memikirkan mobile dengan mudah.

pagemilan

Tiba tengah malam di lucerne, di depan stasiun kereta ada terminal bus dan tidak sulit menemukan peron untuk naik bus 5,6,7 atau 8. bus sudah datang, kami tidak sempat membeli karcis bus di mesin takut tak ada lagi bus berikutnya dan berharap bisa beli karcis di supir bus. Ternyata gak bisa beli karcis di bus, tapi supirnya baik hati membiarkan kita naik bus dengan gratis. Hostel kami jaraknya 50 meter dari stopan eidfelstrasse.

Alhamdulillah kami dibantu sama p Krisna Diantha, teman milis indobackpacker/backpackerdunia untuk mendapatkan swiss day pass. Swiss day pass bisa digunakan untuk transportasi apapun dalam sehari dan juga mendapatkan discount 50% tiket mount titlis. Cukup menghemat sebesar 45chf per orang. Kalo tanpa tiket itu kami harus mengeluarkan biaya 142,5 Chf perorang untuk Lucerne Engelberg pp dan tiket Mount Titlis. Gak sempat bertemu dengan beliau, jadi hanya proses titip menitip di pemilik hostel. Many thanks to p Krisna. 1 CHF = 10rb rupiah.

Sebelum berangkat kami menyempatkan diri untuk beli tiket kereta ke paris buat besok. aww. Harganya sekali lagi bikin kantong kami meringis. 170chf per orang naik kereta cepat TGV LYRIA. Opsi lain naik kereta nyambung nyambung, 6x ganti kereta. tapi untuk trip kali kami tidak ingin ambil risiko selain faktor kenyamanan. Emang enak turun ganti kereta dengan beban barang bawaan? Maybe another journey, dimana barang bawaan kami lebih sedikit dari sekarang.

Jarak Lucerne ke Engelberg sekitar 50 menit naik kereta. Harus saya akui ketepatan waktu transportasi kereta dan bus di lucerne. Informasi mengenai pemberhentian sangat jelas juga berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai halte yang kita tuju, sehingga dimengerti oleh kami sebagai pendatang di kota ini.

IMG_5597

Di Engelberg, kami ditransfer dengan bus ke stopan mount titlis. Disini kami baru membeli tiket titlis, karena kami diberikan brosur dan info oleh pemilik hostel kalo membeli tiket disini gratis topi. Tidak terlalu mengantri karena rata rata rombongan tour maupun individu sudah membeli tiket titlis sebelumnya, bisa melalui online, hotel, hostel, distasiun kereta.

IMG_5649

Mount titlis mempunyai ketinggian 3020 m, untuk menuju ke atas menggunakan kereta gantung yang terbagi beberapa tahap. tahap pertama naik kereta gantung biasa ke ketinggian 1800 meter, tahap kedua meter, tahap ketiga berganti ke kereta gantung segi empat yang berkapasitas 40orang dan tahap ke empat naik kereta gantung berputar 360derajat yang juga berkapasitas 40 orang. Suhu pagi itu di ketinggian 3020m -1derajat. mount titlis rotair terbagi lagi 5 tingkat, tingkat pertama tempat kami tiba ada glacier cave/gua es. tingkat kedua, restoran, menunya bermacam macam, untuk makanan india sistem self service, tiba di kasir, ditimbang. untuk porsi makan secukupnya harganya sebesar 17,5chf. kami tidak jadi makan disini, cuman mengamati. seandainya harganya cukup masuk akal, bolehlah kami mencoba. tingkat ketiga, bisa berfoto ala pakaian swiss harganya sekitar. tingkat keempat, terdapat ruangan untuk duduk bersantai. di dalam gedung ini lumayan hangat. tingkat ke lima barulah area menuju salju.

Dimana mana cuman salju. Cuaca masih berselimut kabut, jarak pandang hanya 50 meter, kami pelan pelan berjalan untuk menuju tempat ice flyer. suhu segitu kami masih bisa tahan, kami menggunakan baju lengan panjang di dobel baju lengan pendek, dobel lagi dengan jaket, begitu pula kami menggunakan celana jogging didobel jins, pake kaos tangan, syal. sepatuku aja yang kurang pas, karena berpori, dinginnya menusuk dan salju mencair menyebabkan kaoskaki dan sepatuku sedikit basah.

tiket yang kami beli seharga 55chf sudah termasuk ice flyer, yaitu kursi terbuka bergerak turun menuju glacier park. satu kursi muat untuk 4 orang. di glacier park, bisa bermain sepuasnya meluncur dengan ban dan meluncur dengan papan seluncuran. seru banget. kami hanya mencoba masing masing sekali, capek juga karena harus membawa ban naik ke atas kembali, separuh jalan dibantu dengan eskalator. ice flyer is recommended, dibanding hanya beli tiket biasa seharga 43chf cuman puas foto foto aja.

semakin lama cuaca semakin menghangat, cuaca semakin terik, salju dengan mudah mencair. kakiku sudah kedinginan tanda harus segera kembali.

lucerne

alhamdulillah, sampai turun di engelberg, kami tidak terkena mountain sickness meski kami cukup lama diatas sekitar 3 jam, dihitung dari proses naik sampai turun kembali.

Wisata pegunungan di swiss ini, tidak hanya mount titlis, ada mount pilatus, jungfrauch, mount rigi. mount titlis ini populer di kalangan indonesian dan termurah dari yang lainnya.

Ada cerita menarik, mungkin kami yang terlalu suudzon. Ada rombongan tour dari indonesia yang sedang mengantri di dekat kami. Agak ribut, dan seorang ibu tiba tiba nyeletuk gini ke suaminya, “tkw liburannya kesini ya”, dan entah mengapa perasaan saya gak enak, merasa bahwa pertanyaan itu ada karena kami di sampingnya. sy segera menyapa bapaknya. “Dari indonesia pak?” Basa basi, saling bertukar informasi. Mulai dari daerah asal, sudah kemana aja, sudah berapa lama dan sebagainya. bapak itu keliatannya surprise kami jalan berdua saja tanpa ikut tour. dan si ibu sempat bilang, “oops saya kira orang philippines tadi”. mereka ikut smailing tour, cukup banyak rombongannya. Setidaknya kami sudah mengklarifikasi keberadaan kami, sayang kami lupa menyebutkan institusi tempat kami bekerja biar tambah ingat. Amel yang tampak sangat tersinggung sebenarnya, gak berhenti membahasnya sepanjang perjalanan kami. kami masih sempat ngobrol sebentar dengan bapak itu pada saat sudah dibawah. Hahahaha. mungkin kami yang terlalu suudzon.

kalau perginya kami naik bus ke entrance mount titlis dari stasiun kereta engelberg, pulangnya jalan kaki menuju statiun kereta. busnya gak jelas kapan datangnya, seorang petugas menyarankan kami jalan kami saja. “It’s good for you to walk”, he said to Amel. Hahaha. baiklah, toh pemandangan sangat luarr biasa. tidak jauh hanya sekitar hampir 1km.

Tiba distasiun kereta Luzern bahnhoff, ada supermarket cukup besar disitu, kami belanja untuk keperluan makan siang sekaligus persiapan bekal di jalan besok. seperti biasa kami mengambil telur dan vegetables noodles untuk makan siang. bikin telur dadar lagi dicampur tomat dan bawang bombay. Juga beli roti tawar dan selai coklat nutella, minuman ovaltive, yoghurt, coklat untuk sarapan besok. beli coklat kecil kecil untuk oleh-oleh. harga telur 6biji seharga 2,4chf setara 24,000rp. 1biji indomie 1,2chf, coklat kecil-kecil 14,95chf berat sekilo. Selai nutella di indonesia termasuk selai coklat termahal, disini malah menjadi selai coklat yang paling murah.

Update info:

Berhubung semakin banyak permintaan bantuan ke Pak Krisna untuk pembelian Swiss Day Pass dimana Pak Krisna sudah kewalahan menangani ini, maka mohon maaf email pak krisna  sudah tidak diberikan untuk keperluan ini.

168 thoughts on “MOUNT TITLIS, THE MOST EXPENSIVE JOURNEY, BUT WORTH TO TRY

  1. Pingback: BUDGET OF MY EURO TRIP | Penyukajalanjalan

  2. Pak/ibu…boleh sy minta infonya…sy rencana mau ke mt titlis tapi backpackeran juga dari milan tanpa menginap di lucern atau engelberg….menurut bapak/ibu kira2 memungkinkan atau tidak yaa?….sy rencananya mau langsung kembali ke milan…karna kami sudah terlanjur booking hotel di milan….terima kasih unyuk perhatiannya…..Lala

    • mungkin saja, asal cek jadwal kereta api milan-lucerne dan lucerne- engelberg untuk mengepaskan waktunya. waktu itu saya menghabiskan waktu sekitar 6 jam berangkat mulai dari lucerne ke engelberg dan beraktivitas dimount titlis sampai balik lagi ke lucerne. milan lucerne sekitar 2jam. total prepare waktu 10jam.

    • Hallo Ibu Dewi,
      Saya dan Kakak saya akan pergi keliling eropa bulan September ini. Ketika saya membaca blog ini mengenai Mt. Titlis saya sangat tertarik, apalagi harganya menjadi setengah dari harga tiket asli. Mohon Infonya mengenai Mt. Titlis dan kontak Pak Krisna. Terima Kasih 🙂

  3. Boleh saya minta infonya lagi pak…kalo beli tiket titlis yang 55 chf itu sudah termasuk naik kereta gantungnya ya pak? Atau kita harus beli tiket kereta gantungnya sendiri?…tks

  4. He he saya juga kenal mas Krisna mbak, walaupun belum pernah ketemu orangnya. Rencana saya mau naik ke pilatus..tapi setelah baca artikel ini saya mau menjajagi untuk naik titlis kalau harganya ternyata lebih murah.

    • sy gak sempat ketemu p krisna mbak, cuma proses titip menitip di hostel…sy hub beliau h-7 ke swiss, agak mendadak jadi gak bisa numpang dirumahnya. mungkin kalo jauh2 hari udah info, mungkin lain ceritanya..tapi dapat diskon 50% tiket titlis, itu sesuatu banget…

  5. Kak, boleh tau ga cara dapet swiss day pass nya gimana? Kalo boleh minta contact Pak Krisna juga hehe, soalnya akhir Juli nanti saya dan keluarga mau ke Titlis nginepnya di Lucern juga, makasih Ka 🙂

  6. mba, saya mau tanya dong..naik kereta dari luzern ke paris ada yang langsungkah?
    soalnya dari kemarin googling rata2 nemunya dari zurich..saya rencananya desember ini mau trip eropa..
    swiss day pass apa bisa juga dibeli langsung mba?

  7. Pagi mbak, bisa minta kontaknya Pak Krisna, kebetulan saya ada rencana ke lucern oktober ini dengan keluarga?terima kasih atas bantuannya.

  8. Malam mbak kebetulan neh tgl 8 november bsk saya dan keluarga mau ke swiss setelah saya baca perjalanan mbak, saya tertarik tuk ke mount Titlis, mgkn saya akan mengikuti jejak perjalannya hehhehehe…. kalo boleh, saya minta cp pak krisna donk, biar bs dpt swiss day pass, n potongan diskon nya, ini email saya dommyhartono01@gmail.com . Terimakasih

  9. mbak kalau tidak keberatan boleh ga yah saya minta kontak pak krisna, siapa tau beliau berkenan dititipin beli swiss day pass…soalnya saya sudah googling2 itu cma bisa dibeli sama orang yang tinggal disana ya mba 🙂 email saya rina.sri@gmail.com

  10. hi mb. saya juga boleh minta no kontaknya pak krisna gak?
    klo gak ada halangan akhir November ini saya mau ke paris. rencana mau mampir ke titlis.
    thanks.

  11. Assalammualaikum Bu, saya Ayu. Saya berencana eurotrip bulan april ini dan salah satunya itu mau ke lucerne 2 malem brgkt dari milan. Mau tanya tiket milan lucerne brp ya sekali pergi? Trs buat tiket mount titlis saya pernah baca juga dengan identitas student bisa diskon juga, apakah identitas student ini dengan nunjukin kartu Isic?
    Oiya bu, saya juga mau izin buat minta kontak bapak krisna ya bu,
    Terimakasih 🙂

    • milan lucerne banyak pilihan jam keberangkatannya kayak sehari tuh bisa 6-8kali. but better buy online. Itu jalur padat. Go show harus beli apa yang ada. saya aja harus beli tiket kelas 1 yang adanya jam 8malam padahal sy sudah ada distasiun milan jam 2siang. Isic card? no idea. saya sudah tulis email pak krisna diatas…

  12. Haloo 🙂
    Apa saya boleh minta saran tentang apa2 saja yang harus dipersiapkan saat perjalanan ke eropa? Maklum baru first time ke sana hehehe 😀

  13. Hallo Ibu Dewi,
    Saya dan adik saya akan pergi keliling eropa bulan Juli ini. Ketika saya membaca blog ini mengenai Mt. Titlis saya sangat tertarik, apalagi harganya menjadi setengah dari harga tiket asli. Mohon Infonya mengenai Mt. Titlis dan kontak Pak Krisna. Terima Kasih 🙂
    Alamat e-mail saya: lee_meri@yahoo.com

  14. Halo mba salam kenal..
    Minta contact pak krisna ya..
    Btw..aku suka bgt artikelnya..jadi pengen kesini..
    Kalo mau nanya2 ke mbak contact kmn ya..makasih 😊

  15. Wah ikutan mohon contact pak Krisna ya mbak. Kebetulan rencana mau ke eropa tetapi tidak ikut rombongan tour. Terima kasih.

  16. Halo mba. Mau tanya kl Zurich ke Lucern brp lama ya. Sy Maret brgkt ke Eropa, rncana ber 10. Utk Swiss day pass tsb, apa bs digunakan ramai2, atau 1 org 1pass? Blh info CP pak krisna, thanks

      • sy belum pernah ke zurich pak. kemarin itu dari milan lgs ke lucerne, nginap 2mlm di lucerne, trus lanjut paris. Nginap di zurich atau lucerne rasanya gak masalah sih, karena dekat. saya cek malah bisa beli kereta dari zurich langsung engelberg dengan lama perjalanan 2jam 30 menit, kereta pagi. tp kalo jadi titip swiss day pass sm pak krisna, sebaiknya nginap di lucern. Sebagai pertimbangan milih nginap di zurich atau lucerne:
        1. cek harga akomodasi, murah mana.
        2. cek harga tiket, murah mana.
        3. dari mana mau kemana. berangkat dari mana sebelumnya dan setelah dari mt titlis tujuannya mau kemana lagi.
        4. adakah tujuan lain di zurich
        5. waktu juga jadi pertimbangan. kalo agak longgar bisa coba nginap di 2 kota tsb.

        Kalo berhitung waktu dan ada tujuan lain di zurich, bisa aja kan bapak pagi2 berangkat dari zurich ke engelberg, naik mount titlis, jam 2 siang turun mampir di lucerne foto2 sebentar (indah banget lucerne itu), jam 6sore balik lagi ke zurich. jadi one day trip. ini pendapat saya lho. mungkin bisa minta saran ke pak krisna.

  17. mba mau tanya saya rencana ke swiss 2 hari pertengahan maret dari paris naik tgv lyria, mending ke basel atau langsung ke lucerne ya mba? kira2 dlm waktu segitu baiknya saya kemana ya mba, klo ke mt titlis dan ke interlaken apa memungkinkan? kalau cuaca pertengahan maret apakah sangat dingin? oh ya mba bisa minta kontak/email pak krisna untuk swiss day pass nya..email saya di yuwonsn@gmail.com terima kasih atas bantuannya

    • saya cuma 2 malam di lucerne, tibanya tengah malam jadi praktis cuma punya waktu seharian. seharian itu sy manfaatkan setengah hari di mt titlis dan setengah hari mengelilingi kota lucerne. Saran sih sebaiknya bapak langsung ke lucerne saja. mengenai cuaca, gak terlalu paham. sebaiknya kontak pak krisna saja. happy traveling pak wono

    • sy cek TGV lyria sudah tidak ada dari luzern, dulu saya pake tgv lyria luzern-paris langsung hanya singgah sebentar di basel 20menit tanpa ganti kereta. harga 170E tiket kelas 2, lama perjalanan 4jam. harganya mahal karena belinya di statiun h-1. jadi beli online aja mas, Luzern-Paris ganti kereta di Basel. atau alternatif cek pesawat barangkali lebih murah

      • kalo naik kereta milan ke engelberg (m titlis) lamanya 6jam 3x ganti kereta. yang paling pagi jam 5.39 dari milan. sampai sekitar jam 12siang. Masih memungkinkan dari milan ke m titlis tanpa bermalam asal berangkat pagi2 dan tiket keretanya sudah ready. cek juga kereta gantung terakhir yang turun dari mt titlis jam berapa. udah saya email ya emailnya pak krisna.

  18. Hallo mba yg baik hatinya..salam kenal
    Inspiring banget setelah sy baca mba..
    Saya ninna..sy berencana ke swiss bulan mei ini.
    Boleh saya minta email n alamat p.krisna..
    Oh ya ttg info diskon 50% k mt.tilis minta infonya ya mba.
    Ini email saya ninnannshop@gmail.com
    Makasih mba

      • Makasih mba dewi.
        Mau nanya lagi.. penginapan di zurich yg murah n mudah aksesnya dmn ya mba? Makasih

      • saya belum pernah ke zurich mbak. nyari penginapan susah-susah gampang. untuk nyari 1 tempat bisa seharian saya ngubek-ngubek google. saat ini saya juga lagi menyelesaikan booking2 untuk euro trip saya bulan depan. jadi minta maaf gak bisa bantu nyariin. saya hanya bantu ngasih link saja ya. cek booking.com, ukur jarak hotel/hostel dari pusat kota atau zurich hb (station) pake google map. banyak juga rekomendasi hostel/hotel disini: http://wikitravel.org/en/Zurich . trus suka google ‘nama hotel’trip advisor review .

  19. Hi Mba dewi, senang sekali membaca tulisan ini. kebetulan saya mau beli swiss pass. Tapi takut kalau beli online kartu nya gak sampai2 ke rumah, karena 4 may saya sudah berangkat ke swiss. Apakah ada solusi untuk pembelian swiss pass yang tidak beresiko ya mba? 🙂

    Terima kasih
    Tiwi

  20. Halo mba Dewi… Salam kenal, saya Irma. Rencana Juli awal ini saya mau trip ke Swiss dari Perancis. Di Swiss, tujuan utama saya cuma ke Mt. Titlis. Mohon bantuannya utk sharing kontak/emailnya pak krishna dan juga hal-hal yg mesti saya ketahui utk trip ke eropa, khususnya Swiss. Soalnya saya baru pertama kali trip ke europe. Seperti trip-trip saya terdahulu, kali ini pun saya trip bersama suami, 3 anak dan Ibu saya (64 thn). Tanpa travel. Oh ya mba Dewi, Mt. Titlis di bulan Juli teuteup bersaljukah? Maklum blm pernah 😁😁. Makasih banyak sebelumnya 😊

  21. Haloo mba dewi boleh minta info kontak pak krisna mba kebetulan sy bln mei nti mau k mt.titlis…ini email sy lovelyastrie@yahoo.com.oh iya mba dsana ad penyewaan sepatu utuk maen saljunya gk y?klo ad kira2 brp harganya.makasih bnyk sblmnya

  22. Alo mbak, salam kenal. rencana besok mau jalan ke titlis dari nurmberg. bisa kasih info rute yang paling cepat ? hotel recommended di lucerne apa ya mbak ?
    untuk swiss day pass apa bisa beli online atau di hotel ?

    thanks mbak

    • halo mas firman. saya cuman punya pengalaman 2 malam di lucerne, hihi. jadi saya juga gak terlalu tau banyak. dari riset singkat, tercepat flight pagi langsung nuremberg-zurich (cek di skyscanner) sekitar 65euro trus lanjut kereta dari airport ke lucern sekitar sejam lanjut titlis. kalo pengen murah dan punya banyak waktu, bisa naik flixbus direct nuremberg-zurich 7jam sekitar 24euro, nginap di zurich berarti. pagi-pagi baru ke lucerne lanjut titlis. atau naik kereta nuremberg-lucerne sekitar 53euro yang stop-annya paling sedikit. mengenai hotel, sy dulunya nginap di twinminbak hostel, nyari yang murah meriah. Coba dicek hotel alpina dan metropole yang keduanya dekat luzern barnhof. Mas juga bisa nyari sendiri via booking.com, cari reviewnya di tripadvisor.com, ngukur jaraknya via google map. Swiss day pass setau saya hanya bisa dibeli oleh resident di Swiss. dulu banyak yang dibantu dibelikan, tapi sekarang udah gak bisa lagi. mungkin bisa nanya di hotel juga. Maaf gak bisa bantu banyak. selamat jalan-jalan ya mas.

  23. Hai mba Dewi, perkenalkan nama saya Aria. Saya suka sama artikelnya, informatif dan mudah di mengerti. November ini saya mau ke West Europe dan Swiss. Boleh dibantu sharing email pak Krisna ya mba ke email saya : aria.tri@yahoo.com. Much thanks ya mba Dewi

  24. Halo mba Dewi, saya Ais rencana bulan november saya akan ke swiss selama 3 hari. lebih baik membeli swiss pass atau eurorail ya mba untuk transportasi disana? Saya juga boleh minta emailnya pak Krisna? Terima kasih:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s