KE PULAU PASIR PUTIH LIHAGA

29 Desember 2012

IMG_2699

Udah lama penasaran dengan pulau Lihaga akhirnya kesampaian juga kesana. Gak mudah kesana karena perjalanan cukup jauh dan berbiaya mahal. semakin sedikit orang semakin mahal biayanya. P’ Herry pengelola tour Lihaga mematok harga Rp 2,000,000 untuk 10 orang. Dibawah 10 orang harganya tetap segitu. Biaya itu untuk transportasi Manado-Likupang via darat, Likupang-Lihaga pake kapal, biaya parkir, biaya masuk pulau, makan siang.

Kami deal di harga Rp 1,500,000 tapi tanpa transportasi Manado ke Likupang, karena mau pake mobil kantor saja kesana. Alhamdulillah terkumpul 10 orang, jadi urunannya bisa lebih sedikit.

IMG_2714

Bagaimana kesana?

Manado-Likupang kurang lebih 40 km. Ada 2 alternatif jalan menuju likupang. Jalur yang dilewati transportasi umum dan dideteksi oleh google map adalah jalur Manado-Bitung, dipertigaan lampu merah Sukur belok kiri dan terus sampai Likupang.  Jalur yang lebih dekat adalah melalui Jl Manado Dimembe (dekat airport). Dari Likupang menuju pelabuhan Serai kurang lebih sekitar 15 menit.

Dari pelabuhan serai naik speed boat ke Pulau Lihaga dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

IMG_2593

Kegiatan di pulau Lihaga

Pulau lihaga itu pulau kecil berpasir putih yang tidak berpenghuni. Ada hanya penjaga pulau kurang lebih sekitar 3 orang. Menurut Pak Herry, status kepemilikan pulau tersebut masih dalam sengketa, pulau itu saat ini masih dalam penguasaan pihak ahli waris pemilik tanah selaku penggugat. Tapi terlepas dari masalah tersebut, pulau itu masih bisa dinikmati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pasir putih, air yang bening kehijauan itulah daya tarik pulau Lihaga. Di pulau ini kita bisa melakukan snorkling dan duduk bersantai. Banyak tempat duduk sederhana dari kayu di pulau ini dan rimbunnya pohon membuat berlama-lama di pulau ini tidak membosankan.

Tersedia hammock untuk leyeh-leyeh di pulau ini.

Ada penyewaan alat snorkling, masker+ fin Rp 50,000.

Pada saat kami datang, agak sulit bersnorkling karena laut sedang tidak tenang.

Jadilah kami bermain air saja, tidak berani berada jauh dari pantai.

Biaya bilas setelah bermain air, tidak masuk dalam paket tour. Harus beli air yang dihargai Rp 15,000 per galonnya. Kelihatannya tidak ada mata air disana. jadi agak mahal.

Makan siang yang masuk dalam paket ini juga rasanya lumayan. Menunya adalah beberapa macam ikan laut yang dibakar dan dibumbu rica-rica dan sayur.

IMG_2692

Advertisements

8 thoughts on “KE PULAU PASIR PUTIH LIHAGA

  1. Mas bro – mbak sist, numpang lewat untuk cari teman ya.
    Apa ada teman2 yang punya destinasi pulau Lihaga pada tanggal 06 juli 2014?
    Kalo ada mari kita gabung, supaya bisa patungan sewa kapalnya. OK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s