TOEFL

Lagi iseng merapikan folder di PC ketemu tulisan yang belum sempat diposting. Cerita tentang tes TOEFL bulan Juni tahun lalu.

Gak sabar banget pengen tau score toeflnya sampai tiap hari nelpon ke ELC. Sayangnya sampai sekarang belum ada hasilnya. Katanya dari ETS sebagai penyelenggara resmi TOEFL ITP ini belum mengirimkan hasil ke Manado. Secara ini sudah 17 hari sejak tes TOEFL berlangsung padahal janjinya hasil tes ada dalam 12 hari kerja. Tiap hari dijanji melulu

Pengen tau aja apakah hasilnya lebih baik dari tahun lalu. Tahun lalu dapat skor 530 skor ITP, tesnya di Palu setelah ikut kursusnya. Tertinggi loh waktu itu. Meski sih menurutku hasilnya gak murni bener. Pertama kali ikut test TOEFL ITP agak shock melihat soal tesnya. Beda banget dengan materi yang diajarkan di kelas. Yang ini sangat sulit, yang di kelas lebih mudah kurang lebih sama dengan materi TOEFL Prediction. Sampai hampir habis waktu, saya belum selesai mengerjakan semuanya. Terpaksa jawaban bagian struktur yang kosong saya isi dengan mengucap bismillah semoga jawabannya benar. Gak ingat huruf apa yang saya putuskan untuk isikan. Yang jelas kalo semua jawaban yang kosong diisi dengan letter yang sama. Waktu itu saya mengerjakan bagian Listening kemudian sedikit bagian struktur lalu pindah menyelesaikan bagian Reading yang saya anggap merupakan kekuatan saya. Setelah selesai saya balik menyelesaikan bagian struktur.

Tapi kemudian teman sebelah saya yang juga teman di kursus, minta nyontek. Sampai habis waktu, dia sama sekali belum mengisi bagian reading. Jadi semua jawaban reading-ku pindah semua ke dia. Saya karena gak mau rugi, sekalian ngeliat jawabannya dia atas soal struktur yang saya isi asal tadi. Nyontek-nyontekan dong jadinya. Teman kursusku itu pada waktu kursus saya anggap terkuat di bagian struktur. Jadi bolehlah saya mempercayai jawabannya.

Kali ini tesnya murni, gak ada yang dikenal. Pengawasannya juga cukup ketat, dan juga gak ada yang sibuk tengok kiri kanan. Saya memilih duduk paling depan, pengennya di pojok biar gak terlalu banyak dikelilingi sama orang lain. Tesnya berurutan. Jadi harus menyelesaikan struktur dulu baru ke reading. Belajar dari pengalaman lalu, saya benar-benar konsentrasi mendengarkan bagian listening. Cara saya, menutup mata sambil mendengarkan. Saya juga gak melihat opsi jawaban, takut konsentrasi buyar. Cara ini saya anggap cukup berhasil. Bagian struktur tetap merupakan yang tersulit. Setelah menjawab sekitar 20 soal, saya pindah ke bagian reading meski waktu untuk bagian struktur masih tersisa. Daripada gak yakin dengan jawabannya, mending selesaikan reading dulu meski bacanya mumet dan harus berpacu dengan waktu. Waktu hampir habis, bagian reading sudah beres, balik lagi ke struktur. Menyelesaikan soal yang tersisa dengan sedikit menebak. Saya selalu kejebak dalam bagian struktur ini.

Hasilnya baru ada pada tanggal 18 Juli dengan nilai skor 533. Sedikit kecewa, karena tidak sesuai dengan target 550. Namun rasanya cukup sebanding dengan usaha belajar yang pas-pasan waktunya dengan materi latihan yang terbatas. Saya hanya latihan dengan soal TOEFL yang ada di computer, buku-buku grammar dan TOEFL semuanya ada di Makassar.  Saya baru mau beli buku kalau soal latihan yang ada di computer sudah habis dipakai latihan.

Mereview hasil tes tersebut, listening  nilainya 59, Struktur 49, Reading 54. Kalau dilihat dari tabel skor toefl dibawah ini, untuk listening salahnya ada 8 soal dari 50 soal, Struktur salahnya ada 15 dari 40 soal, Reading salahnya ada 11 dari 50 soal.

Bingung dengan istilah Toefl Prediction, Toefl ITP, Toefl PBT, Toefl IBT?

TOEFL Prediction Test adalah test menyerupai TOEFL untuk mengetahui prediksi nilai TOEFL. Hasilnya tidak bisa dipakai untuk mengikuti seleksi beasiswa luar negeri. Karena nilai TOEFL yang diakui adalah nilai TOEFL yang dikeluarkan oleh ETS sebagai pencipta dan pemegang hak paten TOEFL tersebut. BIaya berkisar 50,000-125,000.

Test of English as a Foreign Language (TOEFL) adalah test bahasa Inggris yang diciptakan dan dikembangkan oleh ETS (Educational Testing Service) di New Jersey, USA sejak tahun 1963. ETS hanya mengeluarkan 3 macam yaitu PBT (Paper Based Test) TOEFL , CBT (Computer Based Test) TOEFL, iBT (internet Based Test) TOEFL.

ITP (Institutional Testing Program) juga dikeluarkan oleh ETS khusus untuk wilayah Asia, terutama Indonesia. ITP (Institutional Test Program) TOEFL score bersifat institutional, artinya hanya untuk penggunaan institusi tertentu atau wilayah lokal tertentu khususnya di Indonesia dan tidak berlaku untuk seluruh negara di dunia.  Format test menggunakan TOEFL PBT. Materi yang diujikan adalah Listening, Structure, dan Reading dengan score range 310 – 677. Lama waktu test adalah 2 – 2,5 jam.

CBT (Computer Based Test) TOEFL

CBT-TOEFL adalah bentuk kedua, menggantikan PBT-TOEFL. Sistem test CBT-TOEFL tidak lagi menggunakan paper, tapi langsung dengan computer. Semua soal menggunakan softwere dan setiap soal langsung dijawab / dikerjakan di computer. CBT pertama kali dikeluarkan pada tahun 1998. Namun di beberapa negara di Asia, khususnya Indonesia masih diperkenankan untuk menggunakan PBT (ITP-TOEFL) sebagai standar International TOEFL Test. Sehingga pamor CBT di Indonesia sangat minim. Bahkan hingga sekarang masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengetahui apa itu CBT-TOEFL.

Materi yang diujikan adalah Listening, Structur, Reading dan Writing dengan score range 0 – 300. Lama waktu test adalah 2 – 2,5 jam.

 iBT (internet Based Test) TOEFL

iBT-TOEFL atau yang juga dikenal dengan Next Generation (NG) TOEFL adalah bentuk TOEFL Test terbaru yang dikeluarkan ETS dan mulai diperkenalkan sejak tahun 2005, tetapi di Indonesia, baru mulai diberlakukan sejak tahun 2006 sebagai standar International TOEFL Test yang diakui di dunia. ETS banyak melakukan perubahan pada format dan system TOEFL Test terbaru ini. iBT-TOEFL juga menggunakan media computer, hanya saja system test pada iBT menggunakan internet. Dengan demikian peserta test langsung on-line dengan ETS dan menjawab soal-soal test juga secara on-line.

Materi test yang diujikan adalah Reading, Listening, Speaking dan Writing, sedangkan Structure bukan berarti hilang, akan tetapi melebur dalam 4 (empat) kesatuan materi test yang diujikan tersebut.

Jenis soal yang dikeluarkan pada iBT-TOEFL Test tidak hanya Individual Test, tetapi juga ada Integrated Test, yaitu kombinasi soal dan cara menjawab. Misalnya: akan muncul 2 (dua) materi soal test, yaitu sebuah paragraph (reading) diikuti dengan penjelasan seorang instructor tentang paragraph tersebut (listening) dalam tiap 1 (satu) soal. Lama waktu test adalah 4 jam. Score range iBT-TOEFL adalah 0 – 300. Perkiraan biaya IBT TOEFL USD 165. (Dari berbagai sumber)

Advertisements

2 thoughts on “TOEFL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s