IMAM BONJOL DAN DUIT 5 RIBU

Tau gak Imam Bonjol itu siapa? Tanya saya sama anak-anakku. “Pahlawan di uang Rp 5ribu.”kata Aya. Saya tersenyum geli. Gak pernah terbayang akan jawaban itu. Kirain mereka sudah belajar di sekolah. Saya aja gak terlalu hafal dengan tokoh yang ada di uang kertas.

Tapi mumpung mereka di Manado, saya ajak ke makam Tuanku Imam Bonjol. Biar mereka bisa mengkoneksikan pelajaran sejarah yang mereka bakal pelajari dengan kunjungan ke makam. Sekaligus mengisi waktu di hari pertama di tahun baru. Lokasinya di Pineleng, gak jauh dari Manado, 9,2km arah ke Tomohon hitungan google map.

Bangunan khas Sumatera Barat menjadi rumah makam Imam Peto Syarif Ibnu Pandito Bayanuddin, gelar Tuanku Imam Bonjol Pahlawan Nasional. Lahir Tahun 1774 di Tanjung Bungo/ Bonjol, Sumatera Barat. Wafat tanggal 6 November 1854 di Lota, Minahasa.

Selain makam, juga terdapat batu besar dimana Imam Bonjol selalu melaksanakan ibadah shalat & zikir. Batu yang awalnya terletak di pinggir sungai itu sudah ditempatkan dalam mushalla kecil.

Tuanku Imam Bonjol adalah salah seorang ulama, pemimpin dan pejuang yang berperang melawan Belanda dalam peperangan yang dikenal dengan nama Perang Padri pada tahun 1803-1838. Diasingkan ke Lotak dan meninggal 29 tahun kemudian.

Secara lengkap, baca disini yah, http://id.wikipedia.org/wiki/Tuanku_Imam_Bonjol

Ada satu lagi pahlawan yang diasingkan ke Tondano, yaitu Kyai Mojo, penasehat sekaligus panglima perang Pangeran Diponegoro. Pengikutnya beranak pinak dengan menikah dengan wanita Tondano, makanya sampai ada Kampung Jawa disana, dan warganya lebih dikenal dengan istilah Jaton alias Jawa Tondano.

Jadi kembali ke pahlawan di mata uang Indonesia, hafalkah kalian?

(pic taken from mr google)

1000: Kapitan Pattimura

5000: Tuanku Imam Bonjol

10000: Sultan Mahmud Badaruddin

20000: Oto Iskandar Dinata

50000: I Gusti Ngurah Rai

100000: Soekarno Hatta

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s