UMRAH BACKPACKER: HEMAT DAN MUDAH (bagian 1)

20140311_120217

Mendatangi Baitullah bisa dilakukan dengan cara hemat dan mudah. Prinsipnya sama saja dengan umrah reguler, umrah backpacker ini tetap diurus oleh travel mulai dari pengurusan visa, penjemputan, prosesi umrah, akomodasi, city tour. Yang berbeda adalah di pengurusan tiket pesawat, penanganan bagasi, kualitas hotel dan souvenir. Tiket pesawat dan penanganan bagasi menjadi urusan masing-masing mulai dari proses berangkat sampai tiba di Jeddah dan dari Jeddah balik ke tanah air. Penanganan bagasi oleh porter di airport dan souvenir travel seperti koper, mukena/baju ihrom dsb merupakan bagian biaya yang dihilangkan dalam rincian biaya travel biar lebih hemat. Ada harga ada mutu. Namun point pentingnya adalah ibadah umrahnya, bukan pada fasilitasnya.

Sudah banyak travel yang dapat membantu menguruskan Land Arrangement disingkat LA. LA meliputi pengurusan visa umroh, guide/muthowif selama di Saudi, penjemputan di jeddah, city tour madinah dan makkah, akomodasi, makan, tranportasi antar kota dan pengantaran kembali ke Jeddah.

Besar kecilnya LA tergantung jumlah anggota grup dan fasilitas yang diinginkan. Rata rata travel mensyaratkan 1 group terdiri dari minimal 8 orang . Semakin banyak jumlah anggota grup semakin murah karena biaya transportasi dapat ditekan. Beberapa travel penyedia jasa LA cukup fleksibel dalam memenuhi keinginan grup terhadap fasilitas. Mereka bisa membantu mencarikan hotel yang jaraknya dekat masjidil haram,  menyediakan akomodasi dalam bentuk apartemen (sehingga biaya bisa murah), grup juga diberi kebebasan memilih apakah LA termasuk makan atau tidak.

Umrah backpacker juga memberikan peluang untuk mengatur pengeluaran biaya. Biaya yang perlu dikeluarkan lebih awal adalah pembelian tiketnya, karena biasanya untuk mendapatkan tiket murah  belinya harus jauh jauh hari. Selanjutnya Biaya LA baru dibayar sekitar 1 bulan sebelum berangkat.

Group kami berjumlah 19orang pada akhirnya. Kami dipertemukan melalui facebook. Sebagian besar ketemu di grup Backpacker Dunia (BD), sebagiannya lagi ketemu di Grup Pemburu Tiket Umrah (PTU). Berawal dari diskusi tentang umrah backpacker oleh teman2 di group BD baik yang sudah mengalami maupun info update mahasiswa yang kuliah di saudi, kemudian ada promo tiket Airasia dan ajakan bergabung ke 1 group umrah yang diposting di group BD, membuat saya tanpa berfikir panjang untuk issued tiketnya di bulan juli 2013 untuk keberangkatan KL-Jeddah pp 6-15 maret 2013. Pada saat itu langsung terkumpul 8orang, kemudian satu persatu bergabung bahkan ada yang bergabung 1 bulan sebelum hari H. Orang-orang yang tergabung dalam grup kami sangat beragam dari usia, pekerjaan dan asal daerah, satu hal yang pasti adalah kesamaan passion yaitu travelling. Ada yang dari Batam, Jakarta, Pekanbaru, Surabaya, Yogya dan Pontianak. Karena beragamnya, kami menetapkan meeting point atau copy daratnya di LCCT bandara Kualalumpur.

Advertisements

24 thoughts on “UMRAH BACKPACKER: HEMAT DAN MUDAH (bagian 1)

    • Tahap 1 beli tiketnya sendiri. Peserta yg sdh beli tiket kurleb 24 orang. Komunikasi via whatsapp. Tahap 2 bayar land arrangement (LA) di awal des. Biaya umrah secara keseluruhan tergantung harga tiket, karena LA bisa diperkirakan antara 500-600 dengan hotel di makkah berjarak sekitar 500m dari masjidil haram. 3malam di madinah n 6 malam di makkah. 2xjumat. Email saya dewi.penyukajalanjalan@gmail.com

    • waalaikum salam. Untuk joint group umrah backpacker, yang saya tahu ada 2 group di facebook ‘Pemburu Tiket Umroh’ dan ‘Ayo ke Mekkah’ . silakan gabung ke dua grup tersebut untuk mendapatkan info lebih banyak.

  1. assalamu’alaikum. apakah sudah ada group untuk Maret 2017. please info ke WA 08889516719, insya allah sudah ada 7 orang. wassalam

    • Salam kenal ya, saya kasih no WA mbak afi ya 0877 7562 2296. Mbak afi adalah teman yg sama2 umrah backpacker yang pertama dan kedua. Di umrah yg kedua, mbak afi juga yg koordinator/TL nya. Mbak afi ylg insya allah ada renc 7 maret 2017. Kalau saya niatnya belum tentu bikin grup meski banyak yg request, niatnya setiap 2 tahun u umrah. Jadi mungkin 2018

  2. Assalamualaikum mba, salam kenal.
    Ada rencana untuk umrah tahun 2018?
    Saya pingin berangkat dgn ortu & adik.
    Mohon infonya kalau mba tau group / org yang berniat pergi tahun 2018.
    Terimakasih

    • halo mbak fany. ada rencana sih mbak tapi belum pasti hehehe. ini kontak teman saya mbak afi 0877 7562 2296 (whatsapp only), dia ada rencana mau koordinir grup bulan des 17. atau di facebook cari grup Ayo ke Mekkah, minta gabung ke grup itu. Disitu banyak info tentang umrah backpacker.

      • Terimakasih atas info dan balsan kilatnya mba,
        Saya sudah add ayo ke Mekkah, pemburu tiket umrah,pemburu tiket murah dan founder ubepe (mba butet), walaupun semuanya masih nunggu konfirmasi. Adakah yang terlewat?

        Pertanyaan lain, LA itu pasti sudah paket?ga boleh ambil ketengan, misal hanya transport&hotel di Madinah? Saya khawatir dgn hotel di Mekkah krn orangtua saya tdk kuat jalan jauh2 apalagi nanjak.

        Dan dipenjelasan LA mba di umroh yang pertam LA start dari Jakarta lbh murah dibanding start dari kota lain, mengapa begitu?bukannya LA hanya handling biaya saat di Saudi?

        Terimakasih

      • yang aktif grupnya adalah yang di ayo ke makkah. LA itu paket dari kedatangan sampai keberangkatan di Jeddah. Bisa saja sih request hotel yang berbeda yang lebih dekat, harga LA jadinya menyesuaikan. Dan tergantung koordinator grup, mau flexibel atau tidak. Karena mengurus grup apalagi terpencar pasti agak rempong, yang sedikit tentu harus menyesuaikan dengan kepentingan orang banyak. Contohnya gimana saat kumpul untuk city tour di makkah, saat ngurusin koper pas datang dan pergi(bus hanya berhenti di 1 titik).
        LA memang handlingbiaya saat di Saudi. Dimana ya post yang menyatakan LA start dari Jakarta lebih murah? ntar saya koreksi.

      • Terimakasih atas info dan balasan kilatnya mba,
        Saya sudah add ayo ke Mekkah, pemburu tiket umrah,pemburu tiket murah dan founder ubepe (mba butet), walaupun semuanya masih nunggu konfirmasi. Adakah yang terlewat?

        Pertanyaan lain, LA itu pasti sudah paket?ga boleh ambil ketengan, misal hanya transport&hotel di Madinah? Saya khawatir dgn hotel di Mekkah krn orangtua saya tdk kuat jalan jauh2 apalagi nanjak.

        Dan dipenjelasan LA mba di umroh yang pertam LA start dari Jakarta lbh murah dibanding start dari kota lain, mengapa begitu?bukannya LA hanya handling biaya saat di Saudi?

        Terimakasih

  3. assalamualaikum.. salam kenal.. bisa kah sya mendapat informasi untuk umroh backpaker 2018.. ini baru pertama sekali jd pengen dapat info yg lebih jelas.. mohon bantuan nya. tks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s