REVIEW: URBAN CENTRAL HOSTEL (MELBOURNE) & NOMAD WESTEND BACKPACKERS HOSTEL (SYDNEY)

Booking hostel untuk trip ini bisa dibilang agak terlambat, harusnya pesan jauh-jauh hari minimal 1-2 bulan sebelum berangkat. Jadinya sudah gak banyak pilihan hostel bagi kami berdelapan. Proses seleksi hostelnya sebenarnya udah jauh-jauh hari namun belum diissued karena segala sesuatunya nunggu visa approved dulu.

Memilih hostel di Australia harus selektif dan memperhatikan fasilitas apa saja yang didapat. Contoh gak semua hostel menyediakan AC di setiap kamarnya, jarang hostel yang ngasih Wifi dan sarapan gratis. Padahal di negara lain AC & Wifi merupakan fasillitas hostel. Saat ini sudah masuk musim dingin dengan suhu berkisar 11-15 derajat Celcius, sebenarnya gak perlu kamar ber AC. Tapi tetap saja ogah pesan kamar non AC, hehehe. Selain itu ada hostel yang mensyaratkan umur minimal dan maksimal, juga ada yang gak membolehkan booking lebih dari 3orang.

Untuk kami berdelapan, kriteria hostel minimal adalah kamar berAC, kamar mandi dalam dan harganya berkisar 24Aud-30Aud (kategori sedang). Proses bookingnya via Hostelworld.com

Di Melbourne, kami nginap di Urban Central Backpacker Hostel. Hostelnya berlantai 7, bagus, bersih dan besar dengan harga 24,75AUD/malam/orang untuk pilihan kamar sekamar berempat. Fasilitasnya antara lain:
• Gratis sarapan jam 07.30-09.30. Jus jeruk, teh, kopi, susu, sereal, roti dengan selai 3 macam yang bisa dinikmati tanpa dibatasi. Bisa dibungkus, malah disediakan plastic wrap
• Dapurnya besar, alat masak dan peralatan makannya banyak. Cold storage 2 buah masing-masing 3 pintu.
• Gratis beras dan pasta 24 jam. Saya bawa travel cooker, ngambil beras di dapur trus masaknya di kamar.
• Teh, kopi, gula gratis 24 jam
• Liftnya 2 buah dan besar
• Kamarnya besar dan terletak disudut(room 305) terdiri dari 1 King size bed dan 1 bunk bed, ada sofa, meja kecil 6 buah, kamar mandi dalam dengan shower yang kencang, lemari pakaian 3 pintu dengan hanger, water kettle plus kopi teh dan gelas minum, pemanas ruangan.
• Tersedia handuk tanpa perlu deposit
• Tersedia free strorage jika masih ingin nyimpan barang pada waktu check out asal gak lewat hari.
• Di depan hostel ada McDonalds.
• Laundry 4Aud/1x pakai, di ruang laundry ada juga setrika dan mejanya.

2014-05-27 15.55.33

2014-05-27 15.58.30

2014-05-29 04.58.59

Kitchen at Urban Central Backpacker Sydney

2014-05-29 05.19.45

Urban Central is Next to BP Fuel Station & in front of Mc Donalds

2014-05-29 05.00.49

Front desk

2014-05-29 05.18.58
Lokasinya memang tidak berada di sekitaran Flinders Street, daerah yang menjadi pusat keramaian, namun bisa dijangkau dengan hanya 1x naik tram. Dengan tram no 112, langsung ke St Kilda dan diarah yang berlawanan ke daerah sekitaran Flinders Street (lupa nama jalannya). Dari Southern Cross Station tempat mangkal Skybus (airport bus), jalan kaki sekitar 100meter trus naik tram 112 turun di stop-an 126.

Kami dari Southern Cross Station mencoba jalan kaki ke hostel ini, jaraknya kira-kira 1,2km. Jalan lurus saja melewati Yarra River, Crown Casino sampai ketemu BP Fuel station. Hostel ini di samping pompa bensin ini. Dari hostel ini ke Flinder Street juga jalan kaki, selama 3 hari terhitung 3x bolak balik jalan kaki dari hostel ke Flinder Street. Capek sih, tapi kami menikmatinya karena suasana kotanya menyenangkan sambil menyisiri southbank yarra river. Penghematan sekalian olahraga hehe…

Di Sydney, kami menginap di Nomad Westend Backpacker. Hostel berlantai 13, sangat standar. Harga 28 Aud/malam/orang untuk pilihan kamar sekamar berempat. Fasilitasnya antara lain:
• Dapurnya sedang, alat masak dan peralatan makannya lumayan banyak.
• Gratis beras dan pasta tapi diambilnya di resepsionis antara pukul 11.00-22.00
• Liftnya 2 buah tapi kecil, 1 rusak.
• Kamarnya sangat standar terdiri dari 2 bunk bed, kamar mandi dalam dengan shower yang letoy. Ukuran kamarnya kira-kira setengah dari kamar di Urban Backpacker Hostel.
• Tersedia free strorage jika masih ingin nyimpan barang pada waktu check out asal gak lewat hari.
• Lokasi sangat strategis, dekat dari mana-mana. Paddys Market, World Trade Centre (ada supermarket Coles yang murah meriah), Central, China Town, Darling Harbour.
• Free airport pick up jika nginap minimal 3 hari. Jika sudah sampai di airport Sydney telp ke hostel, pihak hostel minta kita menunggu di tempat ambil bagasi no 5 dan memberi telp pick up service company dan meminta kita juga menghubungi perusahaan tersebut.

2014-05-29 17.33.21

kitchen @nomad westend backpacker..

2014-05-29 16.59.15

front desk @nomad westend backpacker

Sempat kena getok juga di hostel ini, tapi salah saya juga. Pada waktu booking di hostelworld kami sudah Dp 12% dari total, namun pada saat di hostel kami bayar berdasarkan permintaan mereka dan tidak menyadari ternyata itu full payment tanpa mengurangi dp yang sudah dibayar. Pada saat teman saya complain, alasannya itu tambahan charge booking di weekend. Jiahhhh..

2014-06-01 06.19.18

hari terakhir di sydney, sarapan menghabiskan stock indomie di dapur nomad westend

Sebenarnya ada hostel di Sydney yang saya incar yaitu Big Hostel, reviewnya bagus, free wifi n free breaksfast, harganya sekitar 31Aud/malam/orang untuk pilihan kamar sekamar berempat. Sayangnya hostel ini hanya partially available. Lokasinya sangat strategis juga.

Satu lagi hostel yang lokasinya strategis dan reviewnya bagus adalah 790 on George. Lokasinya di sebelah Sydney Central YHA. Hostel ini lebih dekat dengan Central n Paddys Market. Hotel ini sebenarnya available tapi gak ngeh kalo ternyata berada di sebelah Sydney Central YHA. Kalau Sydney Central YHA sih sangat ok tapi harganya yang kurang ok berkisar 39AUD.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s