PHOTOBOOK

image

 

Photobook ini menjadi pilihan saya untuk menyimpan memori hasil jalan-jalan. Saya cukup puas dengan hasilnya dengan harga yang cukup terjangkau. Beli vouchernya di groupon, diskon 70% dari harga normal, meski di website langsungnya pun juga banyak penawaran. Harganya macam-macam tergantung ukuran dan kualitas cover. Seperti di gambar, yang paling atas harganya 179rb (hard cover 8×11), yang paling tengah 129rb (softcover 8×11), yang paling bawah 229rb (hardcover 11×8.5). Sudah termasuk ongkos kirim, produksi buku ini di Malaysia. Ketimbang harus beli album foto, trus cetak foto, trus ngatur fotonya yang cenderung kaku dan modelnya gitu-gitu aja, mending bikin photobook. Ukuran foto bisa diatur, template dan tema yang sudah ada dicustomisasi sesuai kemauan kita. Ada peringatan kalo meresize foto kebesaran (merusak kualitas foto).

Vouchernya nyaris hangus, seandainya saya gak memaksakan diri untuk duduk manis mengatur foto pada template dan tema yang kita pilih sendiri. Waktu berlaku vouchernya sebenarnya cukup lama sekitar 3 bulan, hanya karena kesibukan yang lain bikinnya tertunda-tunda.

Tips agar proses bikin photobook cepat adalah sistem offline sebaiknya jangan online. Banyak waktu yang terbuang karena butuh waktu lama untuk refresh dan upload foto. Juga ngabisin kuota internet. Cara offline adalah download photobook designer, kemudian download tema & ukuran kertas yang diingini, upload folder foto, kemudian atur foto pada template tersedia. Bisa juga masukkan tulisan sesuai keinginan kita.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s