CHEESY CHICKEN

Berada di rumah seharian membuat saya punya banyak kesempatan untuk melakukan banyak hal tapi bawaannya pengen makan terus. Hihihi.

Pagi ini, sebelum berangkat jogging, saya mulai masak bubur untuk bubur Manado. Terus saya tinggal sebentar buat jogging keliling lapangan dekat rumah. Lumayanlah 45menit untuk 4 km, banyakan jalan karena pace-nya diatas 10. Lupa minum air putih sebelum berangkat jadi mudah capek dan kayaknya saya butuh sparring partner biar lebih semangat.

20151025_073402

Bubur Manado versi saya dengan lauk ikan asin dan tahu goreng plus sambal terasi. Kalo di Manado, nama lainnya adalah Tinu tu an. Versi Manado sayurnya lebih banyak plus ada yang namanya Daun Gedi yang hanya tumbuh di Manado yang jadi pengental bubur. Makannya dengan sambal rica roa dan nike…. hihihi jadi ngeces pengen makan bubur ini ditempatnya.

Pulang ke rumah, lanjut bikin bubur manado. Sambil nunggu buburnya siap diangkat, saya mulai membereskan rumah. Lumayan buat bakar-bakar kalori lagi. Mulai dari menyiram tanaman, membersihkan kamar mandi, melipat pakaian, cuci piring, cuci pakaian, ngepel sampai di dapur, bersihkan kompor. Banyak yang tuntas. Biasanya cuman sepotong-sepotong, dikerjakan sedapatnya. Pulang kantor, bawaannya pengen di tempat tidur aja. Anak-anak biasanya saya ajak makan dulu diluar atau kalo malas makan diluar bikin makanan yang ringan-ringan. Pagi hari, baru semangat lagi buat beresin rumah sampai jam 7 pagi saat saya dan anak-anak berangkat ke kantor dan ke sekolah. Yah beginilah kalo gak punya ART, semuanya dikerjakan sendiri. Satu-satunya pekerjaan yang saya outsourcingkan adalah cuci setrika di laundry. Saya gak doyan menyetrika, jadi semua baju yang mesti disetrika dibawa ke laundry. Yang saya cuci di rumah hanya pakaian dalam, kaos kaki, jilbab dan celana rumah. Sekarang juga lebih ikhlas ngerjainnya. Kalo dulu di awal-awal ART gak datang-datang, berasa hectic di pagi, berasa ada beban berat, belum bisa ngatur waktu, semakin kesini lumayanlah. Sekarang pagi-pagi, saya juga udah dandan lengkap (dibilang lengkap itu kalo plus riasan mata) sebelum ke kantor, nyaris gak pernah dandannya di kantor lagi.

20151107_134839

Hasil belanja buah di pasar kemarin. Semuanya cuman 50 ribu. Puas. Saya sih gak doyan pepaya potong, tapi kalo dijus campur apel dan wortel baru doyan.

Bubur Manadonya sampai 3x kita makan. Xixixi. Mungkin karena bubur, jadi mudah lapar lagi. Padahal saya juga bikin mixed juice (apel,wortel, pepaya). 2gelas buat saya, dan masing segelas buat anak-anak. Trus bikin kopi. Trus makan mangga harum manis dan mangga golek. Ngeliat tape singkong di kulkas, saya goreng pake mentega trus dikasih susu kental dan palm suiker. Anak-anak juga sampai bikin 2x juice milo.

Sore-sore anak-anak sudah nagih janji dibikinin Cheesy Chicken. Anak saya doyan banget Cheesy Chicken atau chicken cordon blue  ala solaria. Berhubung di kota ini belum ada yah dibikin kw-nya. Yang susah bikin sausnya, cari referensi gak ada yang pas.

Pertama kali saya bikin sausnya adalah dari kecap, bawang putih dicincang halus, tumis dengan mentega masukkan kecap trus kentalkan dengan maizena. Kata anak-anak, enak tapi bagi saya agak eneg. Belakangan saya coba pake saus Teriyaki cap Saori, ditumis pake mentega, kasih garam, kemudian kentalkan dengan maizena. Pake saus teriyakinya gak usah banyak, kalo kebanyakan akan terasa sekali rasa jahenya.

Untuk chicken steak saya buat dari 1/4 ekor ayam bagian dada, kemudian saya potong 2 dan hilangkan tulang-tulangnya. Saya iris bagian tengah kemudian masukkan slice keju. Tepung bumbu dibagi 2, sebagian jadi adonan basah, sebagian lagi adonan kering. Ayamnya dicelup dulu di adonan basah, kemudian diangkat dan ditaruh ke adonan kering. Dibolak-balik hingga merata. Lalu goreng sampai matang.

20151108_165646

Cheesy chicken.

Ada saran gak sih mengenai sausnya?

Advertisements

4 thoughts on “CHEESY CHICKEN

    • thanks mak…. bubur manado so biasa bikin..tapi itu cheesy chicken masih perlu disempurnakan hihi…. dulu juga saya selalu bilang ‘menado’ ternyata udah sampai sana baru nyadar yang bener ‘manado’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s