Camp Nou Tour

20160509_170336

Kedatangan kami di Barcelona pas dengan jadwal pertandingan Liga Spanyol antara Barca dengan Espanyola di Camp Nou, stadion yang menjadi markas FC Barcelona. Niatnya sih mau ke Camp Nou pada saat pertandingan itu berlangsung. Setidaknya merasakan euforia pertandingan meski hanya di luar stadion atau kali-kali aja ada calo yang nawarin tiket dengan harga 50%. Saya pernah baca blog, si blogger iseng jalan ke stadion dan ditawarin tiket seharga 65 Euro setelah 30 menit pertandingan. Daripada calonya gak dapat apa-apa dan tiketnya hangus percuma kan mending di sale. Toh juga sudah dapat untung dari penjualan tiket sebelumnya.

Saya sempat ngecek harga tiket online sebulan sebelum pertandingan. Berkisar antara 99-250 Euro. Tiket paling murah hampir 1,6juta rupiah. Sayang duitnya. Makanya berharap bisa beli di tempat dengan harga lebih murah. Gak papa deh, masuk disaat 30 menit mau habis pertandingan yang penting bisa masuk stadion. Teman-teman saya juga berharap yang sama.

Saya taunya jadwal pertandingan jam 8 malam. Tiba jam 14.00 di hostel, santai-santai sampai jam 17.00, kemudian menyusuri La ramblas. La Ramblas merupakan kawasan pedestrian yang ngehits di Barcelona, tempat yang enak buat nongkrong. Dari hostel paling cuma 400meter. Mampir beli wafle, celingak-celinguk kiri dan kanan sambil observasi. Gak sampai ujung La Ramblas, saya langsung turun ke subway. Rupanya ada teman kami yang gak ngeliat kalo kami turun, mereka malah jalan terus sampai ujung. Butuh waktu sampai bertemu mereka kembali. Para supporter Barca mulai berhamburan keluar dari stasiun. Saya agak heran, apa mereka baru mau pergi nonton. Barangkali ada bus yang disediakan di sekitar La Ramblas untuk menuju stadion, pikir saya.

Di La Ramblas

Pas nyampai stadion, sepi. Berarti supporter yang kita liat tadi di La Ramblas adalah yang baru saja pulang nonton. Hahaha. Rupanya mainnya jam 5 sore. Saya emang gak sempat lagi update jadwal mainnya. Yahh penonton kecewa hehehe.

Yahh penonton kecewa…

Untuk menuju ke Camp Nou dari La Ramblas: Naik Metro line green/line 3 di Station Placa de Catalunya atau Stasiun Liceu menuju ke arah Zona Universitaria (liat jalur kereta). Turun di Stasiun Maria Cristina, keluar dari exit bertuliskan Sortida: Av. Diagonal. Begitu sudah di ground/jalan disebelah kiri akan nampak 2 gedung warna hitam yang bersebelahan. Jalan sekitar 200 meter, akan ada tanda FC Barcelona dan Joan XXIII. Trus, kita juga akan melihat hotel Princesa Sofia. Menyeberang Jalan menuju hotel tersebut, dan berjalan disamping hotel (Jalan Joan XIII) dan sekitar 200meter sudah nampak stadionnya.

Untuk mengobati kekecewaan, esoknya kita datang lagi buat ikut Camp Nou Tour. Biayanya 23 Euro. Ini adalah self guided tour artinya gak ada guide khusus, kalo butuh informasi bisa nyewa Tour Audio Guide seharga 5 Euro. Gak bakal kesasar juga karena petunjuk arah sudah jelas.

FC Barcelona Museum. Disini dapat dilihat perjalanan FCB secara berurut sejak berdirinya tahun 1899. Piala-piala tersusun rapi sesuai dengan tahun perolehannya. Semua Piala Liga Champion juga bisa dilihat disini. Katanya sih bisa foto dengan piala dengan bayar 13Euro. Memang ada photo corner, tapi yang saya liat foto dengan pemain favorite virtual yang akan dibuat seolah-olah itu pemain beneran. Boleh juga foto saja, masalah ntar fotonya mau diambil atau tidak nanti dipikirkan. Ambil foto dan bayar 13 Euro itu saat selesai Camp Nou Tour ini.

Selain piala bisa juga dilihat memorabilia seputar property pemain seperti baju, sepatu, bola dan lain-lain.

Ada juga display beribu-ribu foto kegiatan FC Barcelona, cukup memilih mana yang kita ingin tampilkan

Kami gak terlalu lama disini, sudah ada peringatan bahwa bentar lagi stasiun akan tutup. Diminta untuk segera menuju lapangan.

Merinding rasanya berada di dalam stadium yang megah ini. Gimana kalo berkesempatan nonton pertandingan ya. Sedikit banyak kita mulai mendapatkan perasaan nyata seperti apa behind the scenes suatu club sepakbola sepopular Barcelona. Bisa overview gimana rasanya duduk di kursi VIP, bisa melihat Ruang ganti pemain lawan tanding, overview dari kotak wartawan (Press box), melihat tempat FCB melakukan Press Conference. Keren. Gak rugi ikut Camp Nou Tour ini.

20160509_185532

FCBottiga Megastore di Camp Nou

Terakhir yang gak boleh dilewatkan adalah mampir di FCBottiga Megastore, toko resmi yang menjual merchandise Barca. Saya diwanti-wanti ama suami untuk belikan kaos home no 10. Gak boleh yang lain. Sayang ukuran yang saya cari gak ada, yang ada cuman ukuran kecil dan ukuran XL. Suami dikasih tau gitu, gak mau tau hehe. Pokoknya harus ada. Alhamdulillah, dapat di toko Nike di Roma Termini. Harganya 101 Euro atau hampir 1,6juta. Hehehe. Saya aja belum punya baju semahal itu hiks.

At the first entry

Jalan menuju lapangan

Senang banget meski jadi penonton tanpa pertandingan