Lolai yang mempesona, Negeri diatas Awan

20160720_064309

Toraja tidak lagi hanya terkenal dengan wisata budaya ritual kematian. Ternyata banyak potensi pariwisata yang masih belum tersentuh dengan baik. Salah satunya Lolai, yang lagi ngehits sebagai tempat wisata yang banyak dikunjungi di Toraja akhir-akhir ini.

Baca juga:

7 Tempat yang wajib dikunjungi di Toraja

Apa yang kau cari di Batutumonga

Menanti matahari terbit di Lolai merupakan suatu sensasi yang luar biasa, saat menyaksikan hamparan awan secara perlahan naik dari daratan rendah hingga ke Lolai. Di saat-saat tertentu terutama jika cuaca bagus, bahkan kita seolah menginjak awan, karena hamparan awan bisa sejajar dengan tempat berdiri di Tongkonan Lempe. Sehingga banyak yang menyebut Lolai sebagai negeri diatas awan.

20160720_060207

Jam 4 subuh kami sudah bergerak dari homestay yang kami inapi menuju Lolai. Tidak terlalu jauh, kira-kira 20menit perjalanan dengan mobil, jalannya agak menanjak dan banyak tikungan dengan kondisi jalan lumayan bagus. Lebih dekat ketimbang ke Batutumonga, yang katanya juga punya pemandangan serupa. Bisa juga sewa tenda menginap di sekitar Tongkonan Lempe. Mobil dan motor juga bisa parkir sampai di sekitar Tongkonan.

Karena baru popular, tempat ini juga dikelola masih sederhana. Ada pungutan tanda masuk ala kadarnya oleh penduduk setempat.  Pinggiran tebing hanya dipagari dengan tali rafia, padahal dibawah itu jurang. Cukup berbahaya, apalagi diwaktu-waktu tertentu seperti weekend dan hari  libur, Lolai sangat penuh dengan pengunjung. Teman saya yang berkunjung sebulan sebelumnya bilang ini sudah mendingan, dulu tidak ada pengaman sama sekali.

Kami tidak lama berada disini, pagi itu saya harus menghadiri undangan acara pembukaan sidang Gereja Toraja. Sambil menyelam minum air, sambil dinas kita jalan-jalan. Hehehe. Sebenarnya abis acara itu mau lanjut ke Patung di Burake, yang katanya view dari atas sana juga mengagumkan. Sayangnya, tiba-tiba ada kejadian teman kepeleset di tempat acara, jadinya batal kesana. Patung ini diklaim sebagai patung tertinggi di dunia jika diukur dari permukaan laut. Tinggi patung + landasannya 40meter berada diketinggian 1400 mdpl.Sebagai perbandingan patung Yesus di Brasil yang disebut tertinggi di dunia, tinggi patung +landasannya 38meter dan berada di ketinggian 710 mdpl.

Hayuk ke Toraja.

20160720_055941

Tampak dibawah sana adalah kota Rantepao. 

Advertisements

4 thoughts on “Lolai yang mempesona, Negeri diatas Awan

  1. ketika saya sekolah di smp dulu… diajarkan bahwa dataran tinggi di toraja adalah gunung rante kambola… apakah dataran tinggi lolai ini adalah bagian dari gunung rante kambola?.. apakah di puncak sana suhu dingin dengan terik matahari yn menyengat…. share dong budewi pemgalamannya

    • Lolai bukan bagian dari rante kambola. Ketinggian Lolai sekitar 1300mdpl. Dari yang saya baca Rante Kambola salah satu dari 3 puncak tertinggi pegunungan Latimojong. Saya gak lama di Lolai, mas. Dari subuh sampai pagi menjelang saja, jadi gak sempat merasakan siang disana. Hayukk ke Toraja

  2. Salam kenal mbak Dewi, senang membaca postingan di blog ini. Wah Lolai yg bikin pengin…. Sementara ini Sulawesi, saya baru mblusuk di Luwuk, transit di Makasar dan Palu, semoga lain kali bisa blusukan di Toraja berbekal postingan ini. Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s