Colmar Tropicale

20160905_100008

Sepi di dalam Colmar

Transit sehari di KL, kami manfaatkan ke Colmar dan Putrajaya sebelum diantar ke bandara kembali untuk melanjutkan penerbangan KL-Beijing. Beberapa referensi bilang Colmar itu keren buat foto-foto dan itu yang bikin kita akhirnya mutusin kesana. Saya lalu menyewa mobil van langganan kapasitas 8 orang plus driver, 550RM selama 8jam tujuan Colmar dan Putrajaya, dijemput di hotel dan diturunkan di bandara.

Drivernya bertanya, darimana tau Colmar Tropicale. Saya bilang banyak rujukan di internet. Colmar Tropicale gak asik lagi, katanya. Sudah banyak wahana yang tutup dan banyak orang kecewa setelah dari Colmar, lanjutnya lagi. Wah, wah, kami jadi seperti pasukan dengan gagah berani maju kemudian tiba-tiba diciutkan nyalinya. Saat singgah di SPBU, si driver menyarankan untuk membeli snack dan minuman di mini market disitu. Apa-apa mahal di Colmar, katanya. 

20160905_100916

pintu gerbang Colmar

Colmar Tropicale sebenarnya sebuah resort di Berjaya Hills yang mengambil model kota Colmar di Prancis. Resort ini terdiri dari 235kamar digunakan untuk outing, meeting, perayaan dan sebagainya. Jaraknya dari Kualalumpur sekitar 48km dan memakan waktu 1 jam. Untuk kesini, bisa memanfaatkan layanan shuttle dari Berjaya Times Square Mall harganya 55MYR pulang pergi termasuk entrance ticket. Gak bisa beli online. Beli tiket shuttlenya katanya sih di tempat spa di lantai 8 mall Berjaya Times Square. Jadwalnya cuman 4x sehari dan tiap kali hanya menampung 15 orang. Dan katanya sering sold out. Daripada ribeut, mending share cost buat rental mobil.

Waktu baru menunjukkan pukul 09.30 saat kami tiba disana. Nyaris belum ada pengunjung kecuali tamu hotel Colmar yang lagi pada sarapan. Atau bisa jadi karena hari itu hari Senin, jadi gak terlalu banyak pengunjung seperti saat weekend. Mr. Driver mengarahkan kalo udah selesai di Colmar Tropicale, bisa naik bis shuttle gratis untuk berkeliling ke fasilitas/wahana lainnya. Bis ini terjadwal setiap satu jam sekali, jadi kami harus pandai-pandai mengatur waktu supaya tidak bablas di satu tempat. Salah juga sih, harusnya saya udah deal sebelumnya agar mobil rental kami yang mengantarkan kami ke tempat-tempat di dalam Colmar, jadi kami bisa mengatur waktu sesuka kami. Kalo suka, kami bisa berlama-lama tapi kalopun bosan, ya dipercepat saja.

Kami ke Japanese Village dan Botanical Garden. Nyari yang gratisan dulu. Di Japanese Village ini bisa ikut upacara minum teh (tapi berbayar 30RM), bisa sewa kimono (20RM), bisa juga hanya menikmati fresh air di dalam tamannya. Kami hanya menikmati tamannya saja, itu saja tanpa terasa sudah hampir sejam.

Beberapa bagian dari  Japanese Village

Kita lanjut ke Animal Park, yang tiket masuknya yang paling murah 3RM. Gak banyak jenis binatang di mini zoo, kebanyakan kelinci dan rusa saja. Saya  dan anak-anak saja yang masuk, yang lain pada duduk-duduk nunggu di luar. Disini gak lama, yang lama menunggu bis shuttlenya datang sampai agak bête. Jam 11-an, sudah mulai banyak turis-turis lain yang datang berombongan kebanyakan sih dari Turki dan Cina.

Animal Park

Tempat lainnya Adventure Park (ada Flying Fox disini tapi mahal), Horse Trail (tempat buat naik kuda, mahal juga) kita lewatkan selain mahal, kami masih mau menyempatkan mampir di Putrajaya. Putrajaya adalah kota pusat pemerintahan Malaysia, terakhir kesini tahun 2009. Pengen tau saja gimana keadaannya selain itu ada kawan yang belum pernah kesini. Putrajaya searah sama bandara, hanya sedikit melipir saja.

Bagi saya, Colmar tidak terlalu menarik. Jauh, berbiaya tinggi, dan tidak banyak yang dilihat. Masih lebih menarik tempat wisata di Lembang seperti Farm House, Floating Market dan lain-lain. Cukup bayar tanda masuk 20ribu bisa ditukar dengan minuman panas/dingin ataupun sosis bakar. Tapi setidaknya saya gak penasaran lagi karena udah kesini.

 

 

Advertisements

6 thoughts on “Colmar Tropicale

  1. Under expectation ya mbak. Saat terakhir ke KL, mau ke sini juga. Eh ternyata gak cukup waktu mana mahal pula 60 ringgit kalo gak salah terakhir aku nanya. Walau begitu, tetep pingin sih foto ala-ala di sana hehe

    • iya nih not worth so much… abis waktu abis duit jg…tadinya kepikiran ke petrosains atau naik di petronas mumpung bawa anak-anak, abis duit juga tapi gak bikin abis waktu dan masih banyak yang bisa dilihat misalnya ngemall tapi ya sudahlah..yang penting udah tau

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s