Puding Ikan Koi

Libur pilkada kemarin diisi dengan praktek bikin kue lagi. Cetakan ikan koi dan bebek dibeli bersamaan dengan spuit rusia. Bulan lalu, mau dipraktekkan untuk desert arisan yang ketempatan di rumahku. Gak jadi, too many things to do in so little time. Cuman sendirian masak-masak buat arisan. Masak sop ubi dan bakso. Sengaja bikin 2 menu masakan kuatir kalo sop ubinya kurang greget ada bakso sebagai penghiburnya hehehe. Sukses keduanya. Bakso beli jadi, buras bikin sendiri, bikin jalangkote andalan plus es buah milky fruity. Malah burasnya gak cukup, ditambah dengan ketupat beli di warung coto. 

Lanjut soal bikin puding, seperti biasa nonton yutubnya dulu.

Bahan ikan koi:

Agar 1 bungkus, 7 sdm gula pasir, 500 ml susu cair (pake susu bubuk).

Pewarna hitam, biru, kuning dan merah.

Tusuk gigi dan cotton bud

Bahan kolam:

Nutrijel rasa leci, 7sdm gula, 500ml air dan pewarna biru.

Cara membuat:

Campur agar, gula, susu dan air. Masak hingga mendidih. Tuang di cetakan. Setelah mengeras, lepas dari cetakan. Celup tusuk gigi ke dalam pewarna hitam dan bikin mata ikan. Celup cotton bud dalam pewarna, warnai sesuai selera.

Buat kolamnya: campur jelly, gula, air masak hingga mendidih lalu beri pewarna biru. Tuang ke dalam cup.

Pengennya ikan koi berbaring diatas jelly. Tapi cupnya kekecilan, jadinya sebagian badan ikan koi saya celupkan ke dalam kolam.

Gak terlalu puas dengan hasilnya. Pewarnaannya gak persis sama dengan yang di yutub. Saya ngasih nilai 70 saja. Cuman saya posting fotonya di facebook, lumayan banyak yang apresiasi.

wp-1487258529989.jpg

Saya juga sekalian praktek puding dengan tema duck in the pond. Bahannya sama diatas. Cuma bahan ikan koi saya tambahkan pewarna kuning. Ini belum sukses. Tingkat kesulitannya tinggi. Bebeknya ketebalan. 2bebek dijadikan 1 agar jadi 3 dimensi. Gak terlalu memperhatikan tips n tricknya. Ternyata harusnya sebelah bagian bebek dibuat tebal dan sebagian dibuat tipis. Kemudian, terlalu cepat memasukkan bebek ke dalam kolam. Jadinya miring-miring dan tenggelam karena berat. Harusnya kolam dibiarkan mengeras kemudian di buat dudukan bebek dengan mencungkil bagian tengah trus bisa juga disiram dengan vla atau cairan jelly.

Lain waktu praktek lagi.

Advertisements

4 thoughts on “Puding Ikan Koi

  1. Wah bagi saya itu sudah bagus banget Mbak, hehe. Keren ikan koinya, warnanya menurut saya sudah bagus. Airnya pun sudah mirip dengan lautan lepas. Jadi sayang buat dimakan karena bentuknya apik begitu. Eksperimen memasak memang menarik ya. Selain puas kalau sudah berhasil, enak juga untuk dimakan, hehe. Akhir-akhir ini saya suka juga menonton video memasak, sepertinya keren dan hebat sekali para koki ini, haha (biasanya tahu cuma makan doang).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s