Ketinggalan Paspor

Image result for gambar paspor indonesia

Pernah ketinggalan paspor saat akan berangkat ke luar negeri? Duh, saya mengalami sudah 2kali. Pertama, di Osaka baru sadar kalo ketinggalan di 7 jam sebelum terbang ke Tokyo. Dan ternyata ketinggalannya di Kyoto 60km dari Osaka, sementara saat nyadar ketinggalan paspor udah tengah malam. Cerita lengkapnya disini.

Kedua, di Makassar baru nyadarnya 4jam sebelum terbang ke KL. Ketinggalannya di Palopo, 400km dari Makassar. Padahal tiba di Makassar hari Kamis sore masih anteng sampai Jumat pagi. Baru ketahuan ketinggalan saat ngatur bawaan di ransel. Di Palopo memang gak sempat atur barang, buru-buru ke Makassar tanpa cek and ricek lagi.

Satu-satunya jalan adalah menerbangkan pasporku ke Makassar hari itu juga. Beruntung paspor itu saya ingat tempat taruhnya hehehe. Taruh di laci kantor karena lagi ngurus klaim travel insurance untuk trip ke UK. Saya lalu minta tolong sama teman kantor saya untuk ke bandara cari orang yang mau dititipi paspor.

Sebenarnya waktunya mepet antara jam kedatangan pesawat dari Palopo dengan jam keberangkatan pesawat ke KL. Kalo semuanya tepat waktu Wings Air Palopo-Makassar tiba jam 11.40, Airasia Makassar-KL terbang jam 11.45. Saya berdoa pesawat Palopo tepat waktu, dan pesawat ke KL delay. Tapi pasrah saja kalo tidak sesuai harapan, siap-siap beli tiket baru, Makassar-Surabaya-KL atau Makassar-Jakarta-KL. Pengen batal berangkat, kok ya gak tega ninggalin teman-teman jalan secara seperti biasa saya yang jadi trip leadernya. Yang pegang bookingan akomodasi, yang kontak-kontak sama supir tuk-tuk, yang ngatur itinerary semuanya saya. Kecuali duit sharing biaya, biasanya teman yang lain yang pegang. Selain itu, udah kadung semangat untuk pergi ke Kamboja. Ya, dari KL kita akan lanjut ngetrip ke Kamboja.

Jam 9pagi, saya udah menunggu di lounge bandara. H2C sambil mantau Wings Air, pesawat itu dari Makassar ke Palopo abis itu balik lagi ke Makassar. Sayangnya delay 40 menit. Duh, makin H2C. Saya sampai gak berani ngecek ke gate 7 ruang tunggu Airasia, padahal sebelahan sama lounge. Nanti sekitar jam 11.30 nengok gate 7, petugas imigrasi sudah gak ada semua tapi ruang tunggu masih rame. Saya nanya ke petugas Airasia, katanya petugas Imigrasi pada shalat Jumat. Yes, yes, yes. Masih ada peluang. Saya pun menyampaikan bahwa saya sedang menunggu paspor yang sedang terbang dari Palopo. Si petugas lalu  ngecek ETA (Estimated Time Arrival) Wings Air kemudian ngasih info pesawat itu tiba jam 12.30. Katanya masih memungkinkan asal jangan telat sampai ke Gate 7, pesawat akan berangkat jam 13.00. Saya lalu turun ke area kedatangan persis di tempat turun  penumpang yang naik bis karena pesawat kecil atau pesawat yang parkirnya jauh. Nungguin Pak Baso, orang yang bawa paspor saya. Alhamdulillah lancar dan saya pun bisa terbang dengan senyum bahagia.

Advertisements

6 thoughts on “Ketinggalan Paspor

    • banyak distraksi jadinya gagal fokus deh…. biasanya 2minggu sebelum berangkat, barang bawaan udah dikumpulin satu persatu abis itu disortir. Tapi itu u trip jauh sih. kalo trip dekat, kadang2 masih pandang enteng buat ngatur bawaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s