Lower Antelope Canyon & Horse shoe Bend

This slideshow requires JavaScript.

Gak sah kalo ke sekitar California dan Las Vegas tapi gak ke Canyon, meski waktu tempuhnya sekitar 5jam satu kali jalan. Kami memilih ke Lower Antelope Canyon. Ada juga pilihan Upper Antelope Canyon. Perbedaannya antara lain:
  • Biaya masuk Upper lebih mahal dibanding Lower.
  • Harus turun dan naik menggunakan tangga besi untuk ke Lower dan , sementara Upper tidak. Sehingga bagi yang bermasalah dengan turun tangga seperti orang tua disarankan di Upper.
  • Upper lebih crowded dibanding Lower.
Kami memilih ke Lower lebih karena pertimbangan harga.
Antelope Canyon ini merupakan tempat videoklip I’m not A girt not yet a woman nya si Britney Spears dan Said I Love but I lied nya Michael Bolton. Teman kantor yang liat postingan foto saya di Antelope Canyon, komentar: Ah ibu, baru juga mupeng liat foto cakepnya Titi kamal di situ, ibu sudah pergi saja. Sayanya nyengir.

Antelope Canyon ini sama popularnya dengan Grand Canyon. Cuman karena faktor budget gak bisa milih dua duanya untuk didatangi. Pas hari kedua di LA dan ketemu sama turis yang nginap di hotel yang sama, dia menyarankan untuk ke Hoover Dam, salah satu 7 wonder di dunia. Katanya sayang kalo gak kesana. Kami langsung tertarik karena Hoover dam ini sepaket dengan Grand Canyon dan segera browsing. Sayang Hoover dam tutup karena sedang renovasi. Beruntung juga kami gak jadi booking tour selain berasa di kantong, kami juga ada kendala di penerbangan, sehingga tour Antelope Canyon harus di reschedule ke hari berikutnya dengan tambahan 50usd. Hiks, tournya saja sudah seharga 130usd per orang. Jadi total 180usd buat tour ini. Tapi worth it lah, kita senang banget bisa ke sini.
Tournya di booking di Tours4fun. Ada empat pilihan lokasi penjemputan salah satunya di Golden Nugget Hotel di Vegas Downtown. Kami memilih dijemput disitu karena dekat dengan hotel kami. Jam 5 pagi keluar hotel dan jalan kaki sekitar 10 menit. Karena Golden Nugget cukup luas, titik penjemputan atau tempat semua bis pick up/drop off adalah di pintu sekitar Starbuck Golden Nugget. Ini sempat membuat kami bingung dan panik karena bus gak kunjung datang. takut salah tempat menunggu, eh rupanya busnya agak telat menjemput. Golden Nugget hotel merupakan lokasi penjemputan terakhir, jam 06.45 bus kami sudah jalan menuju Antelope Canyon.
Fredy, si tour guide memberikan informasi dalam 2 bahasa yaitu bahasa mandarin dan bahasa Inggris. Dia orang Cina dan kebanyakan peserta tur juga orang Cina. Orangnya sangat efisien sekali. Pengaturan waktunya sangat ketat. Turun di rest area buat sarapan dan buang air hanya diberi waktu 20menit teng. Sampai melakukan pengaturan di kamar mandi, yang cewek diminta menggunakan kamar mandi cowok sambil dia jagain. Begitu juga saat di Antelope canyon dan Horse Shoe Bend. Dia juga menyarankan jangan pipis di Antelope Canyon, karena sama sekali tidak ada air di wastafelnya dan untuk ngeflush. Dia juga menjelaskan tentang perbedaan waktu, perjalanan dari Vegas ke Antelope Canyon yang ada di Page, Arizona akan melewati Utah. Vegas dan Utah zona waktunya berbeda. Vegas lebih cepat dibanding Utah. Contoh: Las Vegas jam 9pagi, di Utah jam 10 pagi, begitu masuk ke Arizona kembali lagi ke jam 9 pagi. Perbedaan waktu ini sering membingungkan utamanya yang datang langsung kesana tanpa melalui tur.
Stiker yang dia beri minta di tempel di belakang Hp masing-masing. Katanya stiker itu gak mungkin hilang, berbeda kalo ditempelnya di baju atau di tempat lain. Karena dalam 1 bus itu, ada peserta yang ke Upper, ada peserta yang ke Lower, ada peserta yang bayar termasuk snack dan makan siang, dan ada juga peserta yang bayar biaya tour tanpa makan. Di Sticker ada kode-kode untuk membedakan hal tersebut. Dan dia juga bagi tipsnya diakhir cara untuk melepas sticker tersebut dengan mudah, yaitu dengan menggunakan hair dryer.
Yang mau ke Lower diturunkan terlebih dulu, setelah itu bus mengantar orang-orang yang mau ke Upper.
Udara dingin banget apalagi lagi gerimis mengundang.
Antelope canyon dikelola sama oleh Indian Suku Navajo. Kita dibuat berkelompok per 15orang dan dipandu oleh 1 orang asli Navajo. Gak boleh bawa apapun, tas, botol minum dan lain-lain untuk turun di Lower. Kita emang sudah diberitahu sama Fredy, bahwa semua barang-barang agar ditinggal di bus. Kamera juga ada aturannya. Saat turun di tangga besi, gak boleh berfoto. Saat sudah ada di bawah, gak boleh pakai flash dan gak boleh video-videoan. Memang tangganya cukup curam dan sempit, berbahaya dan akan mengganggu orang-orang yang hendak turun. Jalannya satu arah, kita tidak akan melewati kembali jalan yang kita lalui. Lama perjalanan 1 jam mulai dari masuk hingga keluar, itu sudah termasuk waktu untuk berfoto-foto. Sepanjang perjalanan, pemandu menjelaskan mengenai Pemandunya juga membantu fotoin, bahkan dia ngasih tau sudut terbaik, dia ngambil foto panorama dengan keren sekali.
Antelope Canyon dibentuk oleh erosi Navajo Sandstone, karena banjir bandang dan  karena proses sub-udara lainnya. Air hujan, terutama selama musim hujan, mengalir ke lembah yang luas di atas bagian ngarai slot. Seiring waktu, lorong-lorong terkikis, membuat koridor lebih dalam dan memperhalus tepi yang keras sedemikian rupa sehingga membentuk karakteristik tertentu. Pemandunya juga menjelaskan beberapa bentuk seperti the lion, eagle dan masih banyak lainnya.

mail

Setelah selesai dari Lower Antelope Canyon, kami masih singgah di Horse Shoe Bend, ngarai yang berbentuk seperti tapal kuda. Colorado River berada di bawahnya. Lumayan juga jarak dari parkir bus yaitu sekitar 2.4km pulang pergi dengan kondisi jalan menanjak. Fredy mempersilahkan bagi peserta tour yang mau saja untuk turun dan jalan ke Horse Shoe Bend tapi tetap dengan memperhitungkan waktu mengingat kami masih harus kembali ke Las Vegas dengan waktu tempuh sekitar 5 jam.  Waktu yang diberikan kalo gak salah sekitar 1 jam. Horse shoe bend ini kerennn banget.

This slideshow requires JavaScript.

Kami tiba kembali di Las Vegas sekitar jam 8 malam. Kami minta turun di daerah Vegas Strip. Kami masih pengen nyari Hard Rock Cafe dan setelah itu naik Uber pulang ke hotel.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s