Tur murah di Moscow

Stasiun Arbatskaya

Ada yang menarik di Moscow ini, rata-rata traveler yang datang wajib melakukan ini. Apa coba?

Tour de Metro, tour ini bisa didapatin hanya dengan mengeluarkan biaya sebesar 57 Rubel atau sekitar IDR10,700. Murah banget kan?

Stasiun Kievskaya

Jalur metro Moscow memiliki desain yang menarik jika dibandingkan dengan jalur metro di negara lain di dunia. Stasiun metro Rusia bukan sekedar sebagai sarana transportasi umum tapi juga sangat unik, dimana arsitekturnya sangat indah karena menggunakan patung, lukisan, bahkan monumen yang sangat indah. Berada di ruang bawah tanah berlantai marmer dan granit. Mengunjungi stasiun Metro ini berasa berada dalam lobby hotel atau galeri atau museum yang mewah. Stasiun Metro ini mulai beroperasi sejak tahun 1935, dan seperti kebanyakan metro/subway/MRT jam bukanya mulai jam 05.35 sampai 01.00. Saat ini Metro Moscow sudah mempunyai 215 stasiun dengan panjang sekitar 364, 9 km dan masih akan nambah lagi. Dari banyaknya stasiun, yang wajib dikunjungi sekitar 12 stasiun.

IMG_5437Setiap stasiun  mempunyai tema desain interior yang berbeda-beda. Dari 215 sta yang wajib dikunjungiAda desain dengan beragam patung pahlawan seperti di stasiun Ploshchad Revolyutsii.  Disini ada 76 patung dan di desain oleh arsitek ternama Aleksei Dushkin. Ada desain dengan tema mengambil tema buruh dan pegawai Stasiun Energi Listrik, pekerja konstruksi, dan pandai besi seperti stasiun Elektrozavodskaya. Stasiun Elektrozavodskaya berlantai marmer dan memiliki 318 lampu. Ada stasiun berinterior mozaik yang berjumlah 18 buah di stasiun ini dibingkai dengan motif ornamen Ukraina yang menceritakan tentang hubungan Rusia dan Ukraina yaitu stasiun Kievskaya. Atau mozaik di stasiun Mayakovskaya, di desain oleh Dushkin dengan tema mozaik Kehidupan di Uni Sovyet. Stasiun Belorusskaya,  di tengah atapnya terdapat 12 ilustrasi kehidupan masyarakat Belarus dan lantainya berhiaskan motif ornamen Belarus.  ada pula yang penuh lukisan, patung pahlawan perjuangan ataupun sentuhan seni dari logam ataupun kaca kristal.  Stasiun Novoslobodskaya, terdapat 32 jendela kaca, 6 diantaranya menggambarkan profesi seperti arsitek, ahli geografi, seniman, insinyur, musisi dan ahli pertanian.  Stasiun Park Pobedy, terdapat dua ornamen berbeda di bagian utara dan selatan stasiun ini, yakni menggambarkan kemenangan Rusia di Perang Patriotik (invasi Napoleon terhadap Kekaisaran Rusia) tahun 1812 dan satunya lagi kemenangan di Perang Dunia II menghadapi Hitler. Stasiun Komsomolskaya merupakan puncak dari gaya imperial metro Moskow dari masa Stalin. Masih ada stasiun Chistye Prudy, Slavyansky Bulvar, Novokuznetskaya dan Arbatskaya.

Moscow juga punya salah satu stasiun metro paling dalam di dunia yakni Park Pobedy yang terletak 84 meter di bawah tanah. Kurang lebih sekitar 3menit baru nyampe turun maupun naik. Tapi jangan kuatir sesak nafas karena disediakan berbagai blower kipas angin di berapa titik eskalator.

Saya juga gak ketinggalan menikmati wisata ini, gak butuh waktu lama menyelesaikan hop on hop off Metro Moscow paling sekitar 45menitan. Metro-metro yang indah ini jaraknya berdekatan dan berada di pusat kota. Kalo kemana-mana menggunakan transportasi umum ini, pasti akan melewati beberapa stasiun yang ada di daftar. Dan baiknya dilakukan di saat sudah menjelang akhir kunjungan di Moscow, jadi kita sisa mengunjungi stasiun yang belum dicentang saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s