SEDIKIT REVIEW SAMSUNG GALAXY TAB 10.1 16GB P7500

Karena ini gadget baru dan beberapa orang pasti penasaran sebagus apa sih gadget ini dibanding yang lain. Saya bukan pakar, saya hanya orang awam yang penuh dengan pertimbangan sebelum memilih tablet yang sudah mulai menjamur dan baru menggunakan gadget dengan teknologi android. Jadi sy hanya mereview-nya sebatas kemampuan aja.

Berawal dari niat mau membeli notebook buat dipake mobile. Nenteng laptop 14.1” kesana kemari rasanya sudah gak nyaman. Berat dan besar. Jadinya pengen nyari notebook paling murah, merk sekurang-kurangnya hp atau acer, layar 10.1”, ada win 7 starter-nya. Cuman tertunda terus sampai akhirnya tertarik sama tablet. Tablet meski gak bisa menggantikan sepenuhnya fungsi notebook/laptop tapi setidaknya merupakan barang gress dan nyaman dibawa kemana-mana.

Tablet yang sudah beredar di pasaran Indonesia, Acer Iconia (beredar Mei 2011), Blackberry Playbook (April 2011), Ipad 2 (Juli 2011), Samsung Galaxy Tab 10.1 (Juli 2011), Motorolla Xoom (Juli 2011).

Bingung juga memutuskan mana yang akan dibeli, semuanya keluaran terbaru. Sebenarnya saya bukan tipe orang yang begitu ada barang baru langsung beli, biasanya saya akan menunggu harga turun, melihat respon pasar, atau nunggu keluaran berikutnya yang pasti akan menyempurnakan keluaran sebelumnya. Namun entah mengapa, sy mupeng banget, apalagi ada niatan beli notebook n anakku juga minta dibelikan psp.

Saya dibantu beberapa review dibawah ini:

Dari situs resminya:

It’s time for a better tablet, it’s time to tab

http://www.samsung.com/id/consumer/mobile-devices/tablet/tablet/GT-P7500UWDXSE/index.idx?pagetype=prd_detail&tab=feature

Review: iPad 2 VS Galaxy Tab 10.1

Mana yang lebih baik ?

http://www.teknoup.com/review/870/ipad-2-vs-galaxy-tab-101/

First Review: Samsung Galaxy Tab 10.1

http://www.infokomputer.com/hardware/first-review-samsung-galaxy-tab-10-1

iPad 2 vs Samsung Galaxy Tab 2, Apa Sih Yang Beda?

http://blog.fastncheap.com/ipad-2-vs-samsung-galaxy-tab-2/

Ada juga diskusi dari kaskus, sampai perang tulisan antara pengemar Ipad n Samsung:

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10140863

http://www.kaskus.us/showthread.php?p=506689925

Sebenarnya ada thread khusus untuk pengguna Samsung, tapi cuman sempat sekali baca, susah untuk googling lagi.

Ini masih sebagian kecil dari hasil browsing-browsing.

Akhirnya pilihan mengerucut ke Samsung Galaxy Tab 10.1, kebanyakan review menggadang SG tab ini sebagai rival berat Ipad. Apalagi muncul berita SG Tab dilarang beredar di Eropa atas permintaan pihak Apple, baca berita ini:

http://www.republika.co.id/berita/trendtek/gadget/11/08/11/lprvie-samsung-galaxy-tab-101-dicekal-di-eropa

Kenapa coba tablet yang lain (Motorolla Xoom, Acer Iconia n BB Playbook) gak diprotes sama Apple? Hehehe.

Saya belinya di Makassar, masih kurangnya stock membuat harga bervariasi dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Saya menggunakan standard harga di http://www.bhinneka.com, dan akhirnya ada yang jual dibawah 5,9juta.

Perangkat yang ikut di dos hanya earphone dan charger yang juga multi fungsi sebagai kabel usb. Casingnya harus beli lagi, ada yang sekaligus keyboard tambahan, ada juga yang tidak. Saya memilih casing tanpa keyboard, terlalu tebal. Ntar aja kalo dirasa butuh.

Gak ada cd driver yang ikut di dos. Kita diminta untuk mendownload Samsung Kies di PC dari situs resmi samsung. Setelah itu baru bisa transfer data/file, konversi file dan sebagainya.

Ada yang nawarin menginstalkan aplikasi, seharga 500rb untuk full aplikasi. Saya nanya balik, bukannya bisa diinstal sendiri melalui Android Market? alasannya ada aplikasi yang suka error jika downloadnya dari Market. Alasan yang aneh. Gak ah mending coba download aplikasi sendiri dulu n nyari informasi di internet.

Berbeda dengan Samsung tablet 7 inchi, Samsung Galaxy tab 10.1 ini tidak dapat digunakan untuk menelpon, tapi bisa untuk mengirim pesan. Karena tablet 10.1 tetap mensyaratkan sim card untuk keperluan koneksi internetnya. Dan saya menggunakan Halo Flash Unlimited. Akses internetnya cepat banget. Kalo saya pake di laptop menggunakan modem, malas banget buka video streaming seperti youtube, lo-la banget. Tapi pake di tablet ini, enak dan lancar.

Untuk download aplikasi juga mudah, bisa multiple download tanpa error.

Ada Quick officenya, jadi kalo mau nulis Word, Excel, Powerpoint atau nyimpan file office juga bisa. Meski memang pasti lebih nyaman kalau ada keyboard tambahannya.

Sisa download e-book, nyaman dipakai baca buku. Gak bikin perih mata jika dipakai baca ebook lama-lama.

Install tune in radio, jadinya bisa dengar music dari segala penjuru dunia.

Ada digital frame di home screennya, sisa pilih sejumlah foto yang akan ditampilkan.

Masih banyak keunggulan lainnya yang sementara lagi diexplore.

Samsung Galaxy Tab 10.1 bukannya tanpa kekurangan. Yang paling berasa adalah SG tab ini tidak memiliki usb port juga tak ada slot untuk memory external, jadi hanya mengandalkan kekuatan memori internal 16gb dan transfer file/data dari pc.
Berharap SG Tab 10.1 bisa bertahan lama baik dari sisi harga dan respon pasar sebelum keluar edisi yang lebih baru dari ini. Berasa banget kan, kalau baru beberapa bulan harganya sudah jatuh atau tablet sejenis dari competitor lain lebih canggih dari ini. Hehehe, semoga, setidaknya setahunan lah.

Advertisements

2 thoughts on “SEDIKIT REVIEW SAMSUNG GALAXY TAB 10.1 16GB P7500

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s