PERTANYAAN SEPUTAR JAMSOSTEK (KINI BPJS KETENAGAKERJAAN)

Apakah iuran jamsostek dipotong dari gaji?

Hanya 2% dari gaji yang menjadi kewajiban tenaga kerja pada program Jaminan Hari Tua (JHT), selebihnya iuran Jamsostek menjadi kewajiban perusahaan yaitu tambahan 3.7% dari gaji  untuk program JHT sehingga total 5.7% dari upah yang menjadi saldo JHT setiap bulannya. Selain itu iuran program JKK, JK, JPK, juga menjadi kewajiban perusahaan.

Contoh perhitungan JHT berdasarkan gaji = Rp 2,000,000/bulan

Kewajiban Tenaga Kerja 2% gaji = Rp 40,000

Kewajiban Pengusaha 3.7% gaji = Rp 74,000

Total Saldo JHT   5.7%gaji              = Rp 114,000

Yang harus diperhatikan adalah apakah perusahaan sudah melaporkan gaji sesuai dengan kondisi yang sebenarnya sehingga tidak merugikan tenaga kerjanya pada saat timbul haknya.
keep readingMisalnya:

Gaji take home pay Rp 7,000,000, yang dilaporkan ke Jamsostek hanya Rp 1,000,000.

JHT berdasarkan gaji 7juta:

Kewajiban Tenaga Kerja 2% gaji = Rp 140,000

Kewajiban Pengusaha 3.7% gaji = Rp 259,000

Total Saldo JHT   5.7% gaji             = Rp 399,000

JHT berdasarkan gaji 1juta

Kewajiban Tenaga Kerja 2% gaji = Rp 20,000

Kewajiban Pengusaha 3.7% gaji = Rp 37,000

Total Saldo JHT   5.7% gaji             = Rp 57,000

Bandingkan selisihnya , lumayan banget kan. Harusnya punya tabungan Rp 399,000/bulan, namun karena perusahaannya nakal tabungannya jadi hanya Rp 57,000/bulan.

Belum lagi kalau terjadi risiko kecelakaan kerja seperti meninggal karena kecelakaan kerja, harusnya ahli waris menerima hak santunan JKK 48 x gaji = 48 x Rp 7,000,000 = Rp 336,000,000, namun karena gaji yang dilaporkan ke Jamsostek hanya Rp 1,000,000 maka yang akan dibayarkan oleh Jamsostek adalah 48 x Rp 1,000,000 = Rp 48,000,000 .

Jika hal ini terjadi, jangan kuatir karena ada peraturan yang melindungi hak tenaga kerja atas perbedaan pelaporan gaji yaitu:

PERATURAN MENTERI TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI REPUBLIK INDONESIA
NOMOR: PER – 12/MEN/VI/2007 TENTANG PETUNJUK TEKNIS PENDAFTARAN KEPESERTAAN, PEMBAYARAN IURAN, PEMBAYARAN SANTUNAN DAN PELAYANAN JAMINAN SOSIAL TENAGA KERJA.

Pasal 13.
(1) Dalam hal terjadi perbedaan besarnya santunan yang diterima oleh tenaga kerja/keluarganya disebabkan adanya pelaporan yang tidak benar oleh pengusaha kepada Badan Penyelenggara maka tenaga kerja yang bersangkutan meminta perhitungan kembali kepada pegawai pengawas ketenagakerjaan.

Pasal 21

(7) Dalam hal terjadi kekurangan pembayaran Jaminan Hari Tua yang menjadi hak tenaga kerja yang disebabkan pengusaha menunggak atau kurang membayar iuran maka pengusaha wajib membayar kekurangan Jaminan Hari Tua yang menjadi hak tenaga kerja.

Update:

Aturan diatas sudah tidak berlaku lagi sejak BPJS Ketenagakerjaan beroperasional penuh 1 Juli 2015 dan terbitnya Peraturan Pemerintah No 46 Tahun 2015 tentang Jaminan Hari Tua. Pasal  yang melindungi hak tenaga kerja atas perbedaan pelaporan gaji terdapat dalam PP tersebut.

Advertisement

838 thoughts on “PERTANYAAN SEPUTAR JAMSOSTEK (KINI BPJS KETENAGAKERJAAN)

  1. Pagi Bu, saya mau nanya, saya udah berhenti kerja selama 3 bulan lalu, bpjstk sy udh nonaktif, andai saya ga cairkan, jumlah saldonya akan ttp atau berkurang Bu?
    Makasih

    • halo pak arifin,
      jumlah saldo JHT akan bertambah di setiap akhir tahun (diberikan hasil pengembangan) sampai tiba waktu pencairan. Tahun 2016 hasil pengembangan 7.19%/tahun. Gak ada potongan biaya adm dan gak ada pajak atas bunga.

      • kalo sudah dicairkan,kita masih bisa minta print out rincian saldo dr awal daftar ke jamsostek ga?saya mau lihat total hasil pengembangannya,mhn petunjuknya

      • Halo pak arif,
        Prinsipnya bisa. Namun ini permintaan yang tidak biasa dan seharusnya peserta bisa memonitor sendiri dari Rincian Saldo JHT yang dikirimkan ke peserta setiap tahunnya.
        Disampaikan saja apa alasannya dan siapkan data pendukung seperti KTP dan surat ket pengalaman kerja.

  2. salam bu saya mau bertanya tentang makna upah yang dimaksutkan di perhitungan jamsostek tunjangan hari tua. Gaji saya terdapat 3 unsur gaji terdiri dari Gaji pokok, tunjangan tetap dan tunjangan variable. kalo sekarang perusahaan hanya menggunakan gaji pokok saja sebagai unsur pengali untuk potongan di tiap bulan nya. Tapi saya baca di “PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 46 TAHUN 2015 TENTANG
    PENYELENGGARAAN PROGRAM JAMINAN HARI TUA” di Bab 1 Pasal 1 di point yang ke 6 bahwa upah itu termasuk tunjangan didalamnya.
    Bisa tidak ibu memberikan saya penjelasan manakah yang tepat bu tentang makna upah ini, apakah yang perusahaan saya jalankan sekarang itu sudah tepat atau sebenarnya tunjangan juga harus dimasukkan di dalam upah dalam perhitungan Tunjangan hari tua bu ? mohon bantuan nya dan perhatian nya saya ucapkan terima kasih bu.

      • terima kasih atas petunjuknya bu, jadi minimal tunjangan tetap harus masuk ya pak. terima kasih banyak bu.

      • Tambahan info:
        Lebih lanjut di Pasal 24 PP 46 Tahun 2015 Dalam hal terjadi kekurangan pembayaran manfaat JHT karena Pemberi Kerja melaporkan Upah tidak sesuai dengan ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 19, Pemberi Kerja selain penyelenggara negara wajib membayar kekurangan pembayaran manfaat JHT sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah ini.

  3. Mohon pencerahannya Bu

    saya mendaftarkan No.KPJ dari perusahaan sebelumnya (A) pada perusahaan sekarang (B)…. tapi ketika saya mendapat kan form INFORMASI SALDO JHT DAN JP, ternyata No.KPJnya berbeda dengan No.KPJ Yg di daftarkan, dan saya tidak menerima Kartu utk No.KPJ Yg baru ini…
    Apakah mungkin 2 nomor KPJ utk 1Kartu?

    • Halo pak Arif,
      Sebaiknya sampaikan permintaan penggabungan KPJ melalui HRD, yang dipakai adalah kartu terlama dan infokan bahwa kartu no baru tidak pernah diterima karena ada kewajiban mengembalikan kartu baru jika ingin melakukan penggabungan kartu.
      Untuk memastikan bahwa kartu sudah tergabung, minta Rincian Saldo JHT atau Histori saldo yang terbaru.

      • saya bekerja di perusahaan a, saya dapat kartu bpjs ketenagakerjaan, setelah keluar dari sana, saya kembali bekerja di perusahaan b, saya juga dapat kartu bpjs baru, bagaimana caranya saya menyatukan kedua kartu bpjs tersebut?apa saja syaratnya

  4. Gaji yang di Laporkan Perusahaan saya tidak sesuai dengan gaji saya yang sebenarnya trus perusahaan saya belum setor iuran BPJS KETENAGAKERJAAN 1 bulan terakhir;saya harus bagaimana???

    • halo pak sunardi,
      di aplikasi BPJSTKMobile (download di Playstore), setiap kali cek saldo ada notifikasi apakah upah yang dilaporkan sudah sesuai? Jika klik tidak sesuai, maka akan berlanjut prosesnya di pelaporan. Petugas pengawasan dan pemeriksaan BPJS Ketenagakerjaan akan menindaklanjuti laporan tersebut.
      Cara lain, edukasi perusahaan agar mau melaporkan upah sesuai gaji yang sebenarnya. Bisa minta bantuan petugas BPJS Ketenagakerjaan untuk datang melakukan sosialisasi. Jika tidak ada itikad baik, bisa dilaporkan juga ke pegawai pengawas ketenagakerjaan.

  5. saya mau tanya bapak/ibu
    misalnya saya sudah tidak bekerja lagi
    terus saldo jht saya tidak saya cairkan
    apakah saldo saya 1 tahun ke depan
    bisa bertambah atau masih tetap sama,
    sedangkan saya tidak membayar iuran lagi
    sebelum’y saya ucapkan terima kasih

  6. sy mo bertanya..JHT bisa dicairkan tidak jika perusahaan menunggak..ikut kepersetaan sudah 8 thun..yg menunggak 2 thun..tp perusahaan ttep melakukan pemotongan slama 2 thun itu tapi tidak disetorkan ke bpjs..yg sy mo tanyakan bisakah dicairkan semua 8 thun…atau yg cm 6 thun iuran..trmksh

    • JHT bisa dicairkan apabila tenaga kerja sudah dinonaktifkan, belum bekerja kembali, serta menunggu 1 bulan dari bulan non aktif. Pencairan JHT dilakukan sekaligus. Kalo terjadi tunggakan sampai bulan nonaktif, maka harus menunggu penyelesaian tunggakan.
      Jadi harus nunggu iuran penuh 8thn baru bisa dicairkan.

  7. tindakan apa yg bisa dilakukan utk perusahaan yg ttep melakukan pemotongan gaji utk iuran bpjs tp tidak disetorkan ke bpjs..sehingga menyulitkan peserta yg sdh resign ingin dicairkan JHT nya..dilaporkan kmnakah?atau hrus bgmna..mksih

  8. saya mau tanya, JHT dan JP nomornya sama, jika JHT dicairkan terlebih dahulu, apakah iuran JP akan hangus jika bekerja kembali? atau apakah JP menggunakan nomor yang baru atau lama? mohon penjelasannya. terima kasih

    • halo mbak iin,
      Peserta program JP akan dapat kartu lagi, modelnya sama, nomornya sama, tapi dibagian atas ada tulisan Jaminan Pensiun. Jadi tidak masalah jika JHT lebih dulu dicairkan. Iuran JP gak hangus tetap ada sampai tiba waktunya untuk dicairkan.
      Jika bekerja kembali, dan diikutkan program JHT dan JP akan menggunakan nomor yang baru.
      Berdasarkan info yang saya dapat ya CMIIW, kartu JP no lama belum bisa dilanjutkan. Mungkin karena programnya baru dan sedang dalam pengembangan aplikasi.

  9. saya mendaftarkan No.KPJ dari perusahaan sebelumnya (A) saya resign bulan Juli. pada bulan Agustus bekerja di perusahaan sekarang (B) (melanjutkan dengan kartu yg lama)…. tapi ketika saya mendapat kan Rincian SALDO JHT DAN JP tahunan, hanya ada rincian saldo yang dari prusahaan skarang (B), dr bulan agustus – desember,.
    pertnyaan saya kenapa saldo rincian dr bulan januari – juli tdk ada? saldo awal Rp 0,-.
    apakah memang

  10. Maaf pak/ibu saya mau tanya, kalau bpjs saya tidak dicairkan selama 3 tahun dri sya brhenti krja sjak thun 2014 apakah jumlah saldonya akan bertambah ?? Kalau memang bertambah, tpi kenapa setiap saya cek saldo msih tteo sma dr wktu sya kluar dlu yaa pak/ibu ?? Terima kasih mohon informasinya

    • halo mbak lani,
      jumlah saldo akan bertambah dari hasil pengembangan setiap tahun. Cek di mana mbak? Kalo minta histori saldo di kantor BPJS Ketenagakerjaan jelas akan keliatan rincian saldo per tahunnya berikut hasil pengembangannya. Tapi saya belum update seperti apa hasil cek saldo untuk peserta non aktif. Sebaiknya ditanyakan lewat call centre BPJS Ketenagakerjaan 1500910

  11. Sore bun…saya mau tanya, Saya sudah resign dari tempat saya bekerja 3 tahun yang lalu sementara sampai sekarang saya belum claim JHTnya,,, apakah saldonya hangus apa masih bisa di claim…??

  12. siang bu…ay mau tanya
    untuk pendaftaran bpjs thj awalnya pake ktp lama.dan sekarang sy sdh berkeluarga dan mempunyai kk sendiri.dan untuk ktp elektroniknya sdh di rekam dan blm mendapaykan fisiknya karena blanko e ktp stok habis.apakah untuk klaim pencairan dana bpjs thj bisa di cairkan menggunakan surat pengganti e ktp dari Dinas Catatan sipil setempat.makasih

  13. Bu mau tanya,saya kan udah berhenti di perusahaan A tp bpjs belum pernah saya cairkan,kemudian saya bekerja diperusahaan B dengn melanjutkan bpjs yg dulu apakah saldo saya yg dulu bisa diambil sekalian dengan saldo yg sekarang?dan saldo yg dulu berkurang nggak?solanya kalo ngecel saldo rinciannya yg saldo sekarang

    • halo mbak vivi,
      Sepanjang sudah tidak bekerja sama sekali, bisa diambil semua JHTnya baik dari perusahaan A dan B. Saldo JHT perusahaan lama gak akan berkurang.
      Sebaiknya disampaikan ke call centre 1500910 sehingga permasalahan ini saldo gak gabung bisa segera diberikan solusinya.

  14. KAk saya mau tanya dlu th 2013 saya krja ditangerang di pt(A )dan msih kartu brtuliskan jamsostek .. saya kerja selama 18 bulan ..Stelah itu saya krja di pt (B) dan saya menggabungkan jamsostek pt(A)dg pt(B)Tapi tidak lama saya tidak bekerja di pt(B)lagi .. posisi saya hanya memegang kartu jamsostek pt(A). Saat saya cek saldo pt(A)didalamnya malah tertera pt(B) dg nilai hanya 263.ribu ..Lalu iuran slama 18 bulan di pt(A) hilang at gmna mhon bantu jawab kak

  15. Bu sy mo tanya ?Usai cek fisik akibat kecelakaan kerja sy diberikan table santunan cacat tetap sebagian yaitu %x80xupah bagi yg hilang anggota tubuhnya sedangkn sy hanya cacat fisik ada perubahan jalan (pincang) pertanyaan sy apakah presentasi ny SM dgn santunan hilang sebagian anggota tubuh seperti table atau ada table lain,apakah xupah sesuai gaji pokok atau beserta tunjangan.trimakasih sblm nya

    • halo pak suparno, maaf baru jawab. sebagian pertanyaan sudah di jawab di pertanyaan bapak yang terakhir.

      “apakah xupah sesuai gaji pokok atau beserta tunjangan?”
      Perkalian upah untuk pembayaran santunan adalah sesuai dengan upah yang dilaporkan perusahaan ke BPJS Ketenagakerjaan. Kalau terdapat kekurangan pembayaran jaminan karena upah tidak sesuai, bisa liat pasal 32 PP no 44 tahun 2015
      Pasal 32
      (1) Upah sebagai dasar pembayaran JKK adalah Upah terakhir Pekerja pada saat kecelakaan terjadi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 19.
      (2) Dalam hal Pemberi Kerja selain penyelenggara negara melaporkan Upah tidak sesuai dengan Upah yang sebenarnya sehingga terjadi kekurangan pembayaran manfaat JKK sebagaimana dimaksud dalam Pasal 25 ayat (2) huruf b, maka Pemberi Kerja selain penyelenggara negara wajib membayar kekurangannya.

  16. siang ibu, ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan.
    1. apakah layanan e-claim masih bisa digunakan?
    2. saya coba log in di web bpjstk untuk e-klaim, tapi tidak bisa log in dan terdapat notice “silahkan log in ulang!”
    3. saya sudah resign dari bulan sept 16, tapi setelah saya cek saldo bpjs vias sms saldo jht saya terus bertambah sampai bulan ini. bagaimana cara untuk cek darimana dana yang disetorkan ke bpjstk?
    Terimakasih.

    • halo pak rizky,
      1. e-claim bisa digunakan. bahkan sudah ada menu e-claim di aplikasi BPJSTKMobile
      2. Belum bisa jawab, internet saya lemot jadi gak bisa masuk ke web
      3. untuk cek bisa datang ke kantor bpjs terdekat minta history saldo. Bisa jadi karena perusahaan menunggak iuran dan baru membayarkan iuran yang masih ada haknya pak rizky dan ada hasil pengembangan saldo JHT yang diberikan di akhir tahun.

  17. pagi bu..sya sedang dalam masa peralihan dari outsorching A ke B tapi masih tetap bekerja di perusahaan yang sama, sekarang ini status bpjs tenaga kerja perusahaan A non aktif, sedangkan di perusahaan B masih proses untuk pendaftaran bpjs tenga kerja yang baru belum jadi..
    yang ingin saya tanyakan apakah bisa jika saya ingin cairkan JHT sya karena sudah non aktif ?
    trimakasih sebelumnya..

    • halo mbak siti.
      Pada kenyataannya mbak masih bekerja hanya pindah penyedia jasa os saja, jadi JHT belum dapat dicairkan. Nanti setelah mbak benar-benar berhenti bekerja barulah JHT dicairkan. Sehingga dana JHT yang diterima lebih banyak dan lebih dirasakan manfaatnya.
      Selain itu ada hal yang berkaitan dengan manfaat program. Beberapa diantaranya:
      1. pencairan JHT 10% atau 30% yang mensyaratkan kepesertaan minimal 10 tahun
      2. beasiswa untuk anak pekerja jika terjadi risiko meninggal dunia dengan syarat kepesertaan minimal 5 tahun
      3. dll

  18. saya ingin bertanya .. jika mempunya 2(DUA) kartu bpjs ketenaga kerjaan di tempat kerja yg sama. apakah bisa di cairkan bersamaan…?

  19. Saya pernah bekerja di perusahaan PT.Sanwa Musen selama 1 tahun 6 bulan,lalu saya berhenti karena habis kontrak. Dan saya melanjutkan pekerjaan kembali setelah 6 bulan menggangur ke perusahaan PT.Totoku Indonesia selama 5 bulan. Saya melanjutkan bjps dari perusahaan lama ke perusahaan baru tapi kenapa jumlah saldo yang tertera setelah di cek hanya saldo di PT.Totoku Indonesia ? Tidak bertambah dari perusahaan sebelumnya ? Padahal nomer kpj nya sama

  20. Sy mo tanya Bu sy habis cek fisik akibat kecelakaan kerja sy diberikan table santunan yaitu℅x80xupah to korban cacat sebagai, bagaimana klu tdk cacat hilang anggota tubuh (pincang) apakah sama presentaseny dgn rumus tersebut.

    • halo pak suparno,
      % kurang fungsi akan ditetapkan oleh dokter yang memeriksa, kemudian dikalikan dengan %cacat anggota tubuh yang mengalami x80 bulan upah. Tabel santunan cacat merupakan lampiran dari PP no 44 tahun 2015 tentang Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian.

      Kalo pincang bisa jadi karena kaki memendek atau adanya kerusakan struktur tulang kaki.
      Misal pincang karena kaki memendek 4cm, maka santunan cacatnya 10%x80bulan upah. 10% adalah santunan cacat kaki memendek <5cm (lihat tabel).

      Misal pincang karena kerusakan struktur tulang di mata kaki sebelah kanan, dokter menyatakan kurang fungsinya 50% maka santunan cacatnya 50%x 25%x80bulan upah. 25% adalah santunan cacat sebelah kaki dari mata kaki ke bawah (lihat tabel).

  21. Pagi bu
    Saya mau menanyakan 3 hal nih bu setelah saya mengecek saldo di aplikasi BPJSTKMobile..

    Pertama, saya melihat jumlah saldo saya tidak sesuai dengan jumlah berapa lama saya bekerja karena saya bekerja di perusahaan a 8 bulan dan di perusahan b baru 4 bulan tapi jumlah saldo hanya di di perusahaan b saja
    Kedua,setiap saya melihat rincian jht selalau tidak bisa setelah memasukan pin keterangannya tidak ada no kpj yang ditemukan
    Dan terakhir yang ketiga.. dalam kolom samping saldo jht saya tertera tidak aktif maksud dari tidak aktif itu apa yah bu?
    Mohon penjelasaannya,terimakasih

    • halo pak muhammad edward,
      sebaiknya dikonfirmasi lewat call centre 1500910 untuk kepastian infonya sambil melihat datanya.
      kalo saya yang jawab, paling saya hanya menyampaikan kemungkinan2 kenapa terjadi.

      Apakah bapak saat ini masih bekerja di perusahaan b?

  22. Saya mau tanya apakah saldo jht d perusahaan a otomatis akan d gabung atau d akumulasi dg saldo jht dr perusahaan b meskipun dr 1 kartu?soalnya sy punya ga d disimulasikan saldo sblmnya sdgkn bkti laporan saldo terakhir perusahaan lama sy hilang..

    • halo mbak sari,
      silakan melakukan permintaan penggabungan saldo melalui hrd atau datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan tempat kepesertaan. Kalo gak bisa melampirkan bukti laporan saldo terakhir dari perusahaan lama bisa digantikan dengan copy surat keterangan pengalaman kerja dari perusahaan tersebut.

  23. saya mau tanya, kalo jamsostek kartu lama (datanya tidak lengkap) sehingga tidak bisa dicairkan, lalu saya mengajukan kartu jamsostek yg lama tsb kepada perusahaan tempat saya baru bekerja, apakah saldo akhirnya bertambah?? karena saya cek saldo online totalan saldo akhirnya seperti perhitungan awal jumlahnya tidak digabung dengan saldo lama.

  24. Mba salam kenal, apakah pencairan dana bpjs ketenagakerjaan harus di lokasi pendaftaran kepesertaaan?? karena saat saya tanya hrd di kantor lama beliau juga kurang paham karena yang daftarkan HO..jadi gimana ini mba..?

  25. Mlm bu..saya sudah 5thn1/2 kerja d sebuah pt melalui biro jasa…tpi saldo saya tidak sesuai sm thun saya kerja ,saldo saya hnya 1/2 dri seharusnya..ap mungkin biro jasa saya tidak nyetor ke jamsostek??

    • halo pak rizal,
      Bisa jadi karena perusahaan menunggak iuran, bisa jadi karena perusahaan terlambat mendaftarkan, bisa jadi karena upah yang dilaporkan ke BPJSTK lebih kecil dari upah yang diterima.

  26. Mau tanya dong min…
    Saya punya kartu jamsostek sejak bulan4 2012
    Dan saya bekerja lagi tahun 2016. Kenapa saldo gak nambah.. Cuma saldo di perusahaan akhir saja.. Gimana min.

  27. Sore

    Mau Tanya , Apakah Slip yg bisa di cek secara online tsb nominalnya adalah akumulasi dari tahun awal kita bekerja ? Dan bagaimana kita mengecek slip tahun tahun sebelumnya ya ? Saya bekerja dari tahun 2014. Tetapi ketika saya mengecek secara online, hanya slip tahun 2016 saja yang dapat ter-print.
    Thankyou.

    • halo mbak sisca,
      Slip tahun sebelumnya hanya bisa didapatkan di tahun berjalan. Kalo sudah lewat tahun sudah gak bisa diambil kecuali datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan minta history saldo JHT (formatnya berbeda)
      Hardcopy Slip tahun sebelumnya (Rincian Saldo Jaminan Hari Tua) harusnya mbak sudah terima melalui perusahaan di setiap awal tahun.

    • halo pak romauli,
      Sepanjang belum dicairkan dan memang mengikuti program Jaminan Hari Tua (JHT), JHT bapak masih aman tersimpan di BPJS Ketenagakerjaan. Untuk mengetahui besar saldo JHT silakan download aplikasi BPJSTKMobile lewat smartphone atau datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat dengan membawa data pendukung seperti surat keterangan pengalaman kerja, KTP, KK

  28. pagi .mau tanya .kalau saya mencairkan bpjstk yg lama ,lalu sya buat lagi yg baru secara pribadi untuk perusahaan bisa atau tidak ya ?atau cukup melanjutkan bpjstk yg kmrin sdh di cairkan ? mohon pencerahan nya .makasih

    • halo pak abas. Informasi yang Bapak sampaikan kurang lengkap nih.
      Perusahaan yang dimaksud adalah perusahaan yang sama atau berbeda? Pencairan JHT apakah karena sudah tidak bekerja lagi atau karena memasuki usia pensiun?

  29. Permisi, saya mau tanya
    Kemarin saya bekerja pada suatu perusahaan dengan gaji rata rata Rp.3500000 selama setahun pada tahun 2011 sampai tahun 2012,
    Apakah sekarang saya bisa mencairkan dana jamsostek itu dan kira kira berapa sudah saldonya sekarang.
    Terima kasih

    • halo pak Wahyuddin,
      Kalo bapak saat ini sudah tidak bekerja lagi dan tidak terdaftar sebaga peserta BPJS Ketenagakerjaan aktif, silakan mengajukan proses pencairan.
      Untuk besar saldo bisa dicek lewat aplikasi BPJSTKMobile di smartphone android atau datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

  30. bu mohon pencerahannya , saya mau cairkan bpjs ketenagakerjaan saya tapi statusnya masih aktif, saya sudah berapa kali konfirmasi ke perusahaan saya untuk menonaktifkan kartu saya tapi tdk ada respon,sudah sesuai prosedur tapi tdk ada tindaklanjut dari perusahaan saya cek di bpjstk mobile rincian saldo saya , iurannya sudah gak terbayar sampai februari, terbayar sampai januari 2017 ,sampai kapan saya bisa menunggu untuk status kartu saya nonaktif, jadi kalu perusahaan tdk melaporkan ke bpjs ketenagakerjaan untuk nonaktifkan kartu saya, saya tdk akan pernah megambil hak saya , sekarang saya sudah tdk bekerja lagi saya butuh dana melanjutkan hidup ,apakah tdk ada kompensasi dari pihak bpjs untuk kejadian yang saya alami mohon pencerahannya bu’

    • halo mbak/mas nanda,
      sudah aturannya mas/mbak. Harus berstatus non aktif dulu yang pelaporannya dari perusahaan ke BPJS Ketenagakerjaan. Mungkin ada kondisi/alasan tertentu yang menyebabkan perusahaan belum mau memberikan daftar tenaga kerja keluar ke BPJS Ketenagakerjaan. Jadi sebaiknya bersabar saja.

  31. Saya sudah berhenti 3 bulan yang lalu dari pekerjaan saya, tetapi dana BPJS Ketenagakerjaan belum/tidak saya cairkan. Dan apakah nominal uang sekarang akan terus bertambah??

  32. Aslkm wr wb Ibu Dewi
    Terimakasih atas postingan ibu, Insya Alloh pastinya bermanfaat bagi semua.

    Benar Ibu, jika ada persh yg dengan berdalih salah melakukan perhitungan BPJS TK (JHT) selama beberapa tahun, dan ketika suatu saat persh menawarkan Perjanjian Bersama kpd pegawainya.
    – memberikan (uang /dana) porsi iuran JHT yg selama ini tidak disetorkan ke BPJS
    secara tunai &/ transfer rek, tanpa perhitungan / dengan perhitungan bagi hasil a la BPJS
    – tidak ada tuntutan dikemudian hari

    Kemana ya para pegawai tsb bisa menuntut haknya…?

    ilustrasi:
    Komponen Upah
    Gapok 3 Jt –> iuran JHT 2% pegawai dipotong, dan sudah dibayarkan ke BPJS TK
    –> iuran JHT 3,7% persh sudah bayarkan ke BPJS TK

    Tunjangan
    total 1 Jt –> iuran JHT 2% pegawai dipotong, dan sudah dibayarkan ke BPJS TK
    –> iuran JHT 3,7% persh tidak dibayarkan ke BPJS TK

    Padahal pegawai sebenarnya dirugikan sebagaimana penjelasan artikel diatas
    – tabungan JHTnya jadi hanya Rp sekian/bln.’
    – hak santunan jika terjadi risiko kecelakaan kerja

    Demikian Ibu pertanyaan saya
    Wasalamu’alaikum Wr Wb

    Ajoz

    • halo pak ajoz,
      Kemana ya para pegawai tsb bisa menuntut haknya…? Jika ada perselisihan hak normatif ketenagakerjaan bisa mengadukan ke Dinas Tenaga kerja.

      BPJS Ketenagakerjaan juga bisa memberikan sanksi adminitrasi (teguran/denda/tidak mendapat pelayanan publik tertentu) kepada perusahaan sesuai dengan pasal 33 atas pelanggaran pasal 24 PP 46 tahun 2015 tentang Jaminan Hari tua. Pasal 24: Dalam hal terjadi kekurangan pembayaran manfaat JHT karena Pemberi Kerja melaporkan Upah tidak sesuai dengan ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 19, Pemberi Kerja selain penyelenggara negara wajib membayar kekurangan pembayaran manfaat JHT sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah ini.

      Kekurangan manfaat JHT bisa diselesaikan melalui BPJS Ketenagakerjaan dengan menggunakan sistem rapel. Hanya jika masih terdaftar sebagai peserta aktif BPJSTK. Sehingga akan mendapatkan hasil pengembangan.
      Tapi kalau pesertanya menuntut setelah sudah nonaktif dari kepesertaan, hanya bisa diselesaikan antara perusahaan dan tenagakerja dan dimediasi Dinas Tenagakerja bila diperlukan.
      Semoga menjawab ya pak

  33. bu mw tanya mohon penjelasannya….
    swami sy sudah off dr kerja tgl 3 feb 2017 kemarin smp hari ini msh jobless bu…rencana tgl 5 maret 2017 kami mw cairkan,kebetulan kartu bpjstk swami ada 2…waktu datang k kantor jamsostek,dokumen dah lengkap cm kata petugas disana ternyata jht swami blm bs dicairkan karna kartu terakir masih dibayarkan iuranny oleh perusahaan pertgl 17 maret 2017…jadi status msh aktif…
    kami dah melapor k perusahaan untuk di nonaktifkan status swami karna mmg kami lg butuh dana tersebut bu dan itu kan sebenarny sudah hak kami apalagi swami sudah memenuhi persyaratan blm bekerja lg smp sekarang jadi dah terhitung sebulan lebih tidak bekerja….kata perusahaan mreka sudah konfirm k pihak jamsostek katanya plg cepat tgl 15 maret/hari ini status sudah bisa nonaktif…
    tapi pagi ini sy cek knapa status kartu masih aktif y bu?…tolong pencerahannya ya bu…
    sebenarnya berapa hari penonaktifan kartu bs dilakukan setelah pihak perusahaan melapor bu?…
    apa memang ada ketentuanny bu…
    sebelumny swami cb juga tny k informasi jamsostek bu,kata petugasny kalo memang sudah off bekerja sebulan lebih,sistem komputer akan otomatis menonaktifkan kartu swami…
    ini yang betul yang mana y bu…
    kliatannya smua jawaban yg dberikan hasilnya nihil buat kami…
    mohon pencerahannya y bu…terima kasih

    • halo mbak nur,
      Permasalahan seperti ini seringkali terjadi. Peserta ingin buru-buru mencairkan tapi belum berstatus non aktif. Untuk penyelesaiannya, sangat membutuhkan koordinasi yang baik dan cepat antara perusahaan dan petugas pembina di BPJSKetenagakerjaan.
      Ini semua berkaitan dengan masa pembayaran. Iuran bulan sebelumnya bisa dibayar paling lambat tanggal 15 bulan berjalan. Iuran Feb bisa dibayar paling lambat 15Maret. Dan kebanyakan perusahaan mempunyai kebiasaan membayar iuran di akhir batas waktu pembayaran. Dan sekalian melakukan pelaporan data karyawan baik itu yang baru, yang keluar atau naik upah dsb.
      Seandainya kebiasaan ini diubah, tenaga kerja akan lebih cepat mendapatkan hak JHTnya dan tentunya tidak terjadi kendala seperti yang ibu alami.
      Setelah pembayaran iuran dan pelaporan data masuk ke BPJS Ketenagakerjaan, petugas pembina perusahaaan melakukan proses rekonsiliasi dengan batas waktu paling lambat 7 hari dari tanggal pembayaran iuran.

      Kalo diliat dari tanggal off tanggal 3 februari. ada perusahaan yang melaporkan tenaga kerja keluar per bulan feb, tapi bisa juga ada perusahaan melaporkan tenaga kerja keluar per bulan maret karena masih melaporkan gaji prorata.
      Jika dinonaktifkan bulan 2, sebenarnya perusahaan bisa saja lebih awal menyampaikan tenaga kerja keluar. gak perlu nunggu sampai tanggal 15 maret. cuma kembali lagi ke kebiasaan/SOP yang ada di perusahaan. Tapi jika dinonaktifkan bulan 3, memang harus nunggu pembayaran iuran bulan 2. Dan baru bisa mencairkan bulan 1 april.

      Case diatas berlaku hanya jika perusahaan tidak menunggak iuran. Beda lagi kalo perusahaan menunggak iuran.

      Jadi mohon bersabar ibu.

      • Siang Ibu, suami saya sudah mengundurkan diri bulan Februari dari kantor diberikan surat pengantar untuk pengambilan JHT , tetapi pada saat mengajukan ke BPJS ternyata kartunya masih aktif sehingga blm bisa mengajukan claim JHTnya. Suami saya harus menunggu berapa lama lagi. Apakah suami saya harus konfirmasi lagi ke bagian Payroll untuk cut off nya Mohon pencerahannya

        terima kasih

        2017-03-15 9:10 GMT+07:00 Penyukajalanjalan :

        > penyukajalanjalan commented: “halo mbak nur, Permasalahan seperti ini > seringkali terjadi. Peserta ingin buru-buru mencairkan tapi belum berstatus > non aktif. Untuk penyelesaiannya, sangat membutuhkan koordinasi yang baik > dan cepat antara perusahaan dan petugas pembina di BPJSKetenagake” >

  34. Siang gan…saya mau tanya… Setelah saya cek saldo lwat aplikasi bpjs,apa saldo itu bisa berubah setelah di cairkan????apakah jumlah saldo di aplikasi bpjs itu sudah termasuk pengembangan bos….

    • halo pak bayu, setelah dicairkan saldo akan menjadi 0. jumlah saldo di aplikasi bpjstk mobile sudah termasuk hasil pengembangan tahun sebelumnya. Hasil pengembangan untuk tahun berjalan akan diberikan di akhir tahun atau pada saat bulan pencairan JHT

  35. Siang gan…saya mau tanya…setelah pengecekan saldo lwat aplikasi bpjs,apa saldo itu bisa berubah???dan apa itu sudah termasuk pengembangan

    • halo pak bayu, besaran saldo aplikasi BPJSTK Mobile akan selalu diupdate sesuai dengan keaktifan perusahaan membayar iuran. Jika setiap bulan ada pembayaran iuran, maka setiap bulan saldo JHT tersebut akan menyesuaikan

    • halo pak arief,
      pencairan JHT bisa dilakukan dimana saja baik 10%,30% atau seluruhnya. S&K berlaku. Untuk syarat pencairan JHT 10%: Copy KTP, Copy KK, Copy Kartu Peserta, Surat Pengantar dari Perusahaan untuk keperluan pencairan JHT 10%. Saran saja pelajari dengan cermat ketentuan pemberlakuan pajak progresif JHT setelah pencairan 10%. Aturan pajak untuk Pencairan JHT secara bertahap sesuai Pasal 5 PMK No.16 Tahun 2010 dan Pasal 6 PP No.68 tahun 2009
      JHT Rp. 0 – 50 juta rupiah = 5%
      JHT Rp. 50 juta – 250 juta rupiah = 15%
      JHT Rp. 250 juta – 500 juta rupiah = 25%
      JHT diatas Rp. 500 juta rupiah = 30%

      Sementara jika JHT dicairkan sekaligus:
      Tarif Pajak 0% = Rp. 50 juta rupiah
      Tarif Pajak 5% = jumlah diatas Rp. 50 juta rupiah

  36. Apa jkm bisa diklaim jika meninggal tp msh pny tunggakan?karna perangkat desa kan gajinya nunggu add turun bos kl awal thn bisa bln april/mei baru gajian…

      • Maaf ibu saya mau tanya
        Pada tahun 2004 saya pernah bekerja disalah satu perusahaan di kawasan industri jababeka 1 cikarang ( Pt. Surya Multindo Industri )
        Akan tetapi saya tidak tahu no kpj saya cara ingin mengetahinya bagaimana ya bu…?
        Apakah ibu bisa bantu check no kpj saya
        Nama : heri irawan
        Ttl. : bekasi, 03 12 1986
        No e-ktp : 3216110312860006
        Thanks

      • halo pak heri,
        Mohon maaf saya tidak bisa bantu tentang hal ini.Sebaiknya Bapak datang langsung ke kantor terdekat bawa data pendukung seperti ktp, kk dan surat pengalaman kerja. Saya yakin CS akan melakukan proses verifikasi terlebih dahulu sebelum memberikan informasi.

  37. mau nanya, saya gak bisa mncairkan jamsostek saya karna no.jamsostek saya kembar sama orang diluar kota yg masih aktif kerja itu gimana ?? pencerahannya dong

    • halo pak indra, untuk case diatas silakan buat pengaduan secara detail beserta data pendukung padakanal-kanal pengaduan yang sudah tersedia: email ke kantor cabang BPJS tempat kepesertaan (cek di website BPJS Ketenagakerjaan), via Facebook BPJS Ketenagakerjaan (Inbox Message), twitter @BPJSTKInfo, atau pada situs http://www.lapor.go.id

  38. Wktu sya kerja kecelakaan pda agstus 2014 dan smua pengobatan sya klaim di jamsostek smpai cair
    pertanyaannya apa klaim itu diambil dri saldo jamsotek sya atau itu fasilitas jamsostek slma msih kerja
    Dan sekarang sya sudah tdak kerja apa bisa sya klaim jamsostek lgi

    • halo pak didy,
      Jika terjadi kecelakaan kerja, seluruh biayanya akan ditanggung melalui program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Ini jelas berbeda dengan Jaminan Hari Tua (JHT) yang merupakan hak tenaga kerja yang baru bisa dicairkan jika sudah tidak bekerja lagi.
      Namun jika kecelakaan kerja berakibat Cacat Total Tetap, biasanya dilakukan pencairan sekaligus santunan JKK dan JHT.
      Silakan Bapak datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat untuk konfirmasi dengan membawa data pendukung berupa KTP, KK, Surat Keterangan Pengalaman Kerja

  39. selamat siang bu..saya ingin tanya.?th2001-2006 saya kerja di PT.A.saya diikut sertakan jamsostek..ketika saya kerja lagi di PT.B th2011 hingga sekarang diikuti BPJS..th2013 saya cek saldo jamsostek ada Rp.4.400.000.ketika saya mau ambil katanya sudah digabung dengan saldo BPJS..Kenapa saldo BPJS saya sekarang hanya Rp.4.300.000.?? mohon pengarahannya dan detail perinciannya…terima kasih

  40. hallo bu, saya mau tanya saya memiliki dua kartu bpjs dengan no yg sama itu saya dapat karena mutasi di dalam satu group perusahaan. tapi ketika saya cek saldo lewat aplikasi bpjs mobile saldo hanya yg baru padahal no kartu sama bagaimana solusinya ?? terima kasih

    • halo pak chandra,
      Tolong disampaikan info ini lewat call centre 1500910. Memang selalu terjadi bagi peserta yang pindah tempat kerja, yang terbaca hanya saldo yang terbaru. Solusinya, ajukan permintaan koreksi saldo ke HRD perusahaan untuk diteruskan ke BPJS Ketenagakerjaan

  41. Salam bu, Saya mau tanya, brapa lama kartu bpjs kluar setelah diurus, Krna sya sngat butuh krtu bpjs tenagakerja,

    • halo mbak Melda,
      Sesuai PP 46 tahun 2015, BPJS Ketenagakerjaan menerbitkan kartu paling lama 7 hari kerja sejak formulir pendaftaran diterima lengkap dan iuran pertama dibayar lunas.
      Kendala yang biasanya terjadi:
      1. Formulir sudah diterima tapi iuran tidak kunjung dibayar (iuran dibayar secara kolektif oleh perusahaan). Atau iuran dibayar tapi tidak lunas/kurang dari yang seharusnya. Atau perusahaan menunggak iuran beberapa bulan dan melakukan pembayaran secara mengangsur.
      2. Proses distibusi kartu dari perusahaan ke karyawannya butuh waktu lama. Sering terjadi pada perusahaan yang sentralisasi ke 1 kantor BPJS Ketenagakerjaan. Proses pengirimannya butuh waktu. Misalnya Dari HRD Pusat ke HRD Kanwil trus ke HRD Cabang trus ke HRD Unit

    • halo pak bustomi,
      Biasanya terjadi pada peserta yang pindah tempat kerja. Saldonya tidak otomatis nyambung. Silakan sampaikan permasalahannya ke HRd perusahaan untuk diteruskan ke BPJS Ketenagakerjaan

  42. Maaf mbk mau tanya,
    Saya sdh berhenti bekerja ditempat kerja yang lama dan telah bekerja lagi di perusahaan lain. Kepesertaan bpjs (KPJ) yang diperusahaan lama statusnya sdh non aktif, dan di perusahaan yang baru tempat saya bekerja skrg dapat nomor kepesertaan yang baru (KPJ baru). Yang saya ingin tanyakan :
    1. Dapatkah saldo dengan KPJ yang lama (non aktif) bisa saya cairkan?
    2. Kalaupun tidak bisa dicairkan KPJ yang lama tersebut, apakah saldonya bisa digabungkan dengan KPJ yang baru tempat saya bekerja skrg?? caranya bagaimana ?

    Mohon bantuan pencerahannya mbak,,
    Terima kasih

    • halo pak abenk,
      1. Bapak belum bisa mencairkan KPJ lama, karena status Bapak yang saat ini masih bekerja
      2. Bisa digabungkan. Laporkan saja ke HRD bahwa ingin menggunakan no KPJ yang lama, lampirkan KPJ baru, copy KPJ lama dan paklaring tempat bekerja yang lama.

  43. Bu,mau tanya! saya sudah berhenti kerja di PT.GOLDEN FLOWER sudah lama apakah jamsostek saya masih aktif atau sudah hangus?

    • halo mbak jamiatun,
      Untuk memastikannya silakan datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat dari domisili mbak. Bawa data pendukung berupa KTP, KK, Kartu Peserta, Surat Keterangan PEngalaman Kerja

  44. Maaf bu saya mau tanya bila saya sudah risend dr perusahaan ,terus saya tidak di berikan kartu bpjs ketenaga kerjaan itu gimana ya bu cara pengambilan jhtnya ,saya sudah bekerja selama 2 tahun di perusaan tersebut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s