PERTANYAAN SEPUTAR JAMSOSTEK (KINI BPJS KETENAGAKERJAAN)

Apakah iuran jamsostek dipotong dari gaji?

Hanya 2% dari gaji yang menjadi kewajiban tenaga kerja pada program Jaminan Hari Tua (JHT), selebihnya iuran Jamsostek menjadi kewajiban perusahaan yaitu tambahan 3.7% dari gaji  untuk program JHT sehingga total 5.7% dari upah yang menjadi saldo JHT setiap bulannya. Selain itu iuran program JKK, JK, JPK, juga menjadi kewajiban perusahaan.

Contoh perhitungan JHT berdasarkan gaji = Rp 2,000,000/bulan

Kewajiban Tenaga Kerja 2% gaji = Rp 40,000

Kewajiban Pengusaha 3.7% gaji = Rp 74,000

Total Saldo JHT   5.7%gaji              = Rp 114,000

Yang harus diperhatikan adalah apakah perusahaan sudah melaporkan gaji sesuai dengan kondisi yang sebenarnya sehingga tidak merugikan tenaga kerjanya pada saat timbul haknya.
keep readingMisalnya:

Gaji take home pay Rp 7,000,000, yang dilaporkan ke Jamsostek hanya Rp 1,000,000.

JHT berdasarkan gaji 7juta:

Kewajiban Tenaga Kerja 2% gaji = Rp 140,000

Kewajiban Pengusaha 3.7% gaji = Rp 259,000

Total Saldo JHT   5.7% gaji             = Rp 399,000

JHT berdasarkan gaji 1juta

Kewajiban Tenaga Kerja 2% gaji = Rp 20,000

Kewajiban Pengusaha 3.7% gaji = Rp 37,000

Total Saldo JHT   5.7% gaji             = Rp 57,000

Bandingkan selisihnya , lumayan banget kan. Harusnya punya tabungan Rp 399,000/bulan, namun karena perusahaannya nakal tabungannya jadi hanya Rp 57,000/bulan.

Belum lagi kalau terjadi risiko kecelakaan kerja seperti meninggal karena kecelakaan kerja, harusnya ahli waris menerima hak santunan JKK 48 x gaji = 48 x Rp 7,000,000 = Rp 336,000,000, namun karena gaji yang dilaporkan ke Jamsostek hanya Rp 1,000,000 maka yang akan dibayarkan oleh Jamsostek adalah 48 x Rp 1,000,000 = Rp 48,000,000 .

Jika hal ini terjadi, jangan kuatir karena ada peraturan yang melindungi hak tenaga kerja atas perbedaan pelaporan gaji yaitu:

PERATURAN MENTERI TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI REPUBLIK INDONESIA
NOMOR: PER – 12/MEN/VI/2007 TENTANG PETUNJUK TEKNIS PENDAFTARAN KEPESERTAAN, PEMBAYARAN IURAN, PEMBAYARAN SANTUNAN DAN PELAYANAN JAMINAN SOSIAL TENAGA KERJA.

Pasal 13.
(1) Dalam hal terjadi perbedaan besarnya santunan yang diterima oleh tenaga kerja/keluarganya disebabkan adanya pelaporan yang tidak benar oleh pengusaha kepada Badan Penyelenggara maka tenaga kerja yang bersangkutan meminta perhitungan kembali kepada pegawai pengawas ketenagakerjaan.

Pasal 21

(7) Dalam hal terjadi kekurangan pembayaran Jaminan Hari Tua yang menjadi hak tenaga kerja yang disebabkan pengusaha menunggak atau kurang membayar iuran maka pengusaha wajib membayar kekurangan Jaminan Hari Tua yang menjadi hak tenaga kerja.

Update:

Aturan diatas sudah tidak berlaku lagi sejak BPJS Ketenagakerjaan beroperasional penuh 1 Juli 2015 dan terbitnya Peraturan Pemerintah No 46 Tahun 2015 tentang Jaminan Hari Tua. Pasal  yang melindungi hak tenaga kerja atas perbedaan pelaporan gaji terdapat dalam PP tersebut.

839 thoughts on “PERTANYAAN SEPUTAR JAMSOSTEK (KINI BPJS KETENAGAKERJAAN)

  1. Malem Bu,,,mhon petunjuknya,sya bekerja sejak tahun 2012 sampai sekarang,tiap bulan saya dpet potongan BPJS TK,tapi sampai skrng perusahaan blm memberi saya kartu/nmor kpj sya,tiap tahun jg sya g pernah dpet laporan saldo dri BpjsTk nya,setelah sya desak pihak perusahaan beralasan ada kesalahan nama ibu kandung saya dan sedang dalam tahap perbaikan,tapi nmor kpj saya blm ada jg,pertanyaan saya
    1,kalau memang dalam tahap perbaikan bukankah berarti saya sudah terdaftar,seharusnya minimal ada dong nmor kpj saya
    2,apabila perusahaan ternyata tidak menyetorkan/baru mendaftar kan kepesertaan saya kpd BpjsTk,apa yg hrus sya lakukan dan harus melaporkan kmna,kan selama ini gaji sya selalu di potong untuk BPJS TK
    3,seharusnya perhitungan yg benar seperti apa dari rata-rata gaji saya 3jt an perbulan
    4,kalau memang perusahaan sudah mendaftarkan kepesertaan saya sejak saya bekerja, knpa saya bisa mencairkan klaim kepesertaan saya di perusahaan yg sebelumnya pada tahun 2016,apakah itu artinya saya belum di daftarkan,
    Terimakasih,,,,

    • halo pak haeruddin,
      1. harusnya hrd perusahaan sudah memiliki data semua pekerja lengkap dengan no kpjnya.
      2. Serikat pekerja yang ada di perusahaan, petugas wasrik yang ada di BPJS Ketenagakerjaan, Disnaker, UPT Pengawasan Ketenagakerjaan, bahkan bisa konsul dengan polisi
      3. Saldo pokok = 5.7% x Rp 3juta x jumlah bulan
      4. Iya harusnya akan ketahuan kalo masih sedang aktif bekerja meski menggunakan nomor kartu peserta lain. tapi bisa juga tidak karena ketidakcocokan data misalnya dulu menggunakan ktp non elektronik sekarang daftarnya pake ktp el.
      Kalo ada waktu sih baiknya ngecek di kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat untuk info pastinya.

  2. Selamat siang
    Maaf mau tanya kan saldo BPJS saya sekitar 2 jutaan, terus saya habis kontrak, dan saya kerja lagi di perusahaan baru, dan BPJS nya nyambung lagi, setelah saya cek kok saldonya cuma 580 ribu, lalu saldo yang perusahaan pertama kemana itu??

  3. Malam, saya bekerja diperusahaan yang baru dengan melanjutkan BPJS dari perusahaan yang lama. Kemudian karena suatu hal saya berhenti dari perusahaan baru tersebut sebelum kontrak habis. Pertanyaan saya apakah saldo BPJS saya bisa tetap dicairkan tanpa ada surat ket dari perusahaan yang baru? Tetapi hanya ada surat ket dari perusahaan yang lama

  4. halo bu, saya sebelumya bekerja di perusahaan A selama 3 tahun saldo sekitar 4jutaan dan saya berhenti dan sekarang bekerja di perusahaan B, saldo yang tertampil di online adalah saldo perusahaan B, dan saya sudah mengajukan amalgamasi dan menyerahkan plakering asli (yang satu2 nya dari perusahaan A). pertanyaan saya bu, apabila saya berhenti di perusahaan B dan mengklaim JHT (sebelumnya sudah digabungkan saldonya), apakah saya butuh plakering asli dari perusahaan A lagi? atau hanya menggunakan plakering perusahaan B? terimakasih bu

    • halo pak antoni lee,
      Klaim JHT bagi yang sudah tergabung saldonya hanya melampirkan paklaring terakhir saja. Cuman sebagai saran, next time paklaring asli jangan diberikan sebagai lampiran cukup copynya saja.

  5. yth. Pak Suryanto

    saya sudah resign di perusahaan yang lama, akan tetapi ketika saya mau mencairkan dana jamsostek, ternyata perusahaan belum membayar iuran jamsostek kami selama satu tahun , sedangkan gaji kami di potong setiap bulannya.

    apa langkah -langkah yang saya harus lakukan.

    terima kasih
    HR

    • halo pak HR,
      1. Lakukan konfirmasi dengan perusahaan sebab menunggak iuran, buat komitmen yang disepakati kedua belah pihak seperti deadline pembayaran iuran atau kompromi lainnya.
      2. Jika tidak ada kata sepakat, dapat dimediasi oleh Disnaker/Wasnaker atau dilaporkan ke polisi

  6. Sya Ulfa mau tanya,saya waktu kerja di PT.priskila prima makmur sya masih pake Jamsostek tahun 2012 krja selama 1 tahun trus habis kontrak nahjamsostek sya apakah masih aktif smpi skrg dan apakah bisa diambil,trus mau tanya brp yah saldonya?Sya ga bisa ceknya dan ktp sya blm ektp

  7. Maaf mau tanya BPK/ibu
    Saya punya JHT di perusahan yg lama.
    Dan skrng saya sudah bekerja di perusahaan yg baru.jht saya, saya tidak lanjut kan,karena ingin saya cair kan.jadi di perusahaan yg baru saya hanya di buat kan jamin pensiun/jp.
    Tapi pas saya cek saldo jht kok jadi satu ke saldo jaminan pensiun/jp yah.apakah JHT saya masih bisa di cair kan atau tidak.

  8. Selamat siang Bu,
    Waktu saya kecelakaan saya menggunakan Bpjs Tenagkerja untuk pengobatan rumah skt dll. Kemudian saya resign,dan hendak mencairkan dana bpjs saya,apakah saldo saya akan terpotong oleh biaya pengobatan saya?
    Terimakasih.

  9. Malam saya winda ,
    Saya cek jht secara online , Dan saldo yang tertera totalnya sudah termasuk jp , yang bisa saya cairkan saldo yang tertera itu apa saldo jht saja
    Trmksh

  10. Maaf bu

    Saya mau bertanya, saya sudah bekerja disalah satu perusahaan selama kurang lebih 2tahun (nov 2013-juni 2016)dan setiap bulannya gaji selalu sipotong oleh pihak perusahaan untuk iuran pbjs ketenagakerjaan.kemudian saya berhenti kerja karna saya bermasalah dengan pihak perusahaan yg membawa saya ke jalur hukum dan saya sudah menjalani masa hukuman.tapi saat saya cek saldo saya melalu aplikasi BPJSTK iuran saya hanya dibayar per mei 2014.
    Yg saya tanyakan;
    *Apakah perusahaan berhak tidak membayar iuran yg dipotong dari gaji saya, dalam kurung waktu selama saya masih bekerja?
    *apa yg harus saya lakukan supaya iuran yg saya bayar selama saya bekerja dibayarkan oleh pihak perusahaan.

    • halo pak beni,
      1. Selama bapak masih bekerja dan dibayarkan gajinya, maka perusahaan wajib membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan, apalagi jika jelas ada pemotongan iuran dalam bukti pembayaran gaji. Hal ini sesuai Pasal 99 UU13/2003:
      (1) Setiap pekerja/buruh dan keluarganya berhak untuk memperoleh jaminan sosial tenaga kerja.
      (2) Jaminan sosial tenaga kerja sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), dilaksanakan sesuai dengan
      peraturan perundang-undangan yang berlaku.
      2. Sebaiknya koordinasi dengan Disnaker bidang HI agar dapat memediasi mengenai hak bapak

  11. maaf bu,, mw tanya.
    bisakah pencairan 30% utk pembelian rumah second atas nama pribadi bukan perumahan dari Bank KPR?
    terima kasih

  12. Maaf sebelumnya saya mau tanya saya sudah berhenti bekerja di perusahaan saya sejak 2 bulan yg lalu ,tpi status ketenagakerjaan saya masih aktif.kira2 butuh waktu brpa bulan bpjs ketenagakerjaan saya di nonaktifkan? Dan bagaimana juga jika ingin mencairkan tetapi saya tidak mendapatkn kartunya dari perusahaan dengan alasan dari perusahaan bahwa dari pihak bpjs ketenagakerjaan sudah tidak mengeluarkan kartu lagi apakah benar demikian??
    Dan jika benar lalu saya mencairkan bagimna jika tidk memiliki kartu?

    Trimakasih tolong bantuan jawaban atas pertanyaan saya itu.

    • halo mbak indah,
      1. butuh waktu berapa lama bpjsketenagakerjaan saya dinonaktifkan? ini tergantung dari dari perusahaan, seberapa cepat melaporkan dan apakah tidak ada masalah keterlambatan pembayaran iuran dari perusahaan.
      2. Mengenai kartu, sekarang lebih mudah mbak, karena BPJs ketenagakerjaan sudah dapat menerima kartu digital sebagai persyaratan pencairan JHT. Kartu digital dapat diperoleh melalui register di aplikasi BPJSTKU (ios n android)

  13. Saya pernah bekerja di pabrik selama 1 bulan .gaji nya umr sukabumi
    Saya udh keluar mulai agustus kira2 berapa yg bisa dicairkan? Padahl saya cuma 1 bulan kerja d pabrik

  14. Saya mau tanya tentang status jamsostek alm.bpk saya pensiunan PERTAMINA thn 1994 apakah sudah dicairkan apa belum,kartu jamsosteknya tidak ada ditangan kami bagaimana caranya utk bisa mengecek status jamsostek milik alm.bpk saya dg tidak adanya kartu jamsosteknya

Leave a comment