PERTANYAAN SEPUTAR JAMSOSTEK (KINI BPJS KETENAGAKERJAAN)

Apakah iuran jamsostek dipotong dari gaji?

Hanya 2% dari gaji yang menjadi kewajiban tenaga kerja pada program Jaminan Hari Tua (JHT), selebihnya iuran Jamsostek menjadi kewajiban perusahaan yaitu tambahan 3.7% dari gaji  untuk program JHT sehingga total 5.7% dari upah yang menjadi saldo JHT setiap bulannya. Selain itu iuran program JKK, JK, JPK, juga menjadi kewajiban perusahaan.

Contoh perhitungan JHT berdasarkan gaji = Rp 2,000,000/bulan

Kewajiban Tenaga Kerja 2% gaji = Rp 40,000

Kewajiban Pengusaha 3.7% gaji = Rp 74,000

Total Saldo JHT   5.7%gaji              = Rp 114,000

Yang harus diperhatikan adalah apakah perusahaan sudah melaporkan gaji sesuai dengan kondisi yang sebenarnya sehingga tidak merugikan tenaga kerjanya pada saat timbul haknya.
keep readingMisalnya:

Gaji take home pay Rp 7,000,000, yang dilaporkan ke Jamsostek hanya Rp 1,000,000.

JHT berdasarkan gaji 7juta:

Kewajiban Tenaga Kerja 2% gaji = Rp 140,000

Kewajiban Pengusaha 3.7% gaji = Rp 259,000

Total Saldo JHT   5.7% gaji             = Rp 399,000

JHT berdasarkan gaji 1juta

Kewajiban Tenaga Kerja 2% gaji = Rp 20,000

Kewajiban Pengusaha 3.7% gaji = Rp 37,000

Total Saldo JHT   5.7% gaji             = Rp 57,000

Bandingkan selisihnya , lumayan banget kan. Harusnya punya tabungan Rp 399,000/bulan, namun karena perusahaannya nakal tabungannya jadi hanya Rp 57,000/bulan.

Belum lagi kalau terjadi risiko kecelakaan kerja seperti meninggal karena kecelakaan kerja, harusnya ahli waris menerima hak santunan JKK 48 x gaji = 48 x Rp 7,000,000 = Rp 336,000,000, namun karena gaji yang dilaporkan ke Jamsostek hanya Rp 1,000,000 maka yang akan dibayarkan oleh Jamsostek adalah 48 x Rp 1,000,000 = Rp 48,000,000 .

Jika hal ini terjadi, jangan kuatir karena ada peraturan yang melindungi hak tenaga kerja atas perbedaan pelaporan gaji yaitu:

PERATURAN MENTERI TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI REPUBLIK INDONESIA
NOMOR: PER – 12/MEN/VI/2007 TENTANG PETUNJUK TEKNIS PENDAFTARAN KEPESERTAAN, PEMBAYARAN IURAN, PEMBAYARAN SANTUNAN DAN PELAYANAN JAMINAN SOSIAL TENAGA KERJA.

Pasal 13.
(1) Dalam hal terjadi perbedaan besarnya santunan yang diterima oleh tenaga kerja/keluarganya disebabkan adanya pelaporan yang tidak benar oleh pengusaha kepada Badan Penyelenggara maka tenaga kerja yang bersangkutan meminta perhitungan kembali kepada pegawai pengawas ketenagakerjaan.

Pasal 21

(7) Dalam hal terjadi kekurangan pembayaran Jaminan Hari Tua yang menjadi hak tenaga kerja yang disebabkan pengusaha menunggak atau kurang membayar iuran maka pengusaha wajib membayar kekurangan Jaminan Hari Tua yang menjadi hak tenaga kerja.

Update:

Aturan diatas sudah tidak berlaku lagi sejak BPJS Ketenagakerjaan beroperasional penuh 1 Juli 2015 dan terbitnya Peraturan Pemerintah No 46 Tahun 2015 tentang Jaminan Hari Tua. Pasal  yang melindungi hak tenaga kerja atas perbedaan pelaporan gaji terdapat dalam PP tersebut.

Advertisements

732 thoughts on “PERTANYAAN SEPUTAR JAMSOSTEK (KINI BPJS KETENAGAKERJAAN)

  1. Mau tanya pak… saya kan udah hbis kontrak di perusahaan yg lama ..kemaren saya lihat saldo nya dri aplikasi bpjs masih 5 juta an tpi ini saya kerja di perusahaan lain saya cek lgi di aplikasi kok saldonya jadi 128 ribu ya pak…??

      • truz klo mao cek saldo yg dari perusahaan lama gmna cara nya?
        sedangkan klo cek saldo di bpjstk mobile hanya tertera saldo/rincian jht dari perusahaan yg baru.
        saya punya 1 no kartu jamsostek(yg skrng sudah mnjdi bpjs)tetapi berbada-beda perusahaan.
        sedangkan perusahaan tempat bekerja saya sekarang.mrk tdk ingin menggabungkan saldo akhir dri perusahaan lama pegawainya.

  2. Salam, pagi bu , maaf sy mau tnya sy mw mncairkan bpjs sy tp klo nnti sya ngelamar kerja d perusahaan lain apkh msh bsa sy bkrja k prushaan tsb,kalo bpjs dr prushaan sblm ny telah d cairkn ?
    Trmksh

    • halo mbak,
      Silakan mencairkan JHT sepanjang sudah memenuhi aturan yang berlaku. Ini tidak ada hubungan dengan proses kerja di perusahaan baru nantinya. Perusahaan yang baru tetap berkewajiban untuk mendaftarkan semua karyawannya ke dalam program BPJS Ketenagakerjaan tanpa terkecuali. Jika karyawannya itu sudah mempunyai kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sebelumnya dan belum dicairkan, sisa melanjutkan ke no kartu peserta yang sudah ada. Jika belum/atau sudah mencairkan JHT, akan dibuatkan kartu baru.
      Namun sebaiknya ditunda saja pencairan JHTnya, tunggu sampai banyak saldo JHTnya atau tunggu sampai tiba masa tua agar lebih banyak manfaatnya.

  3. Selamat siang pak. Pak saya sudah berhenti di perusahaan lama di tahun 2012. Dan 2017 ini saya mau ngambilnya tpi begitu saya cek saldo,saldo sy hanya 1juta 3ratus. Sebelumnya di tahun 2012 saldo saya 550.000. Pertanyaan nya apakah itu sesuai pak ?

    • halo mbak intan,
      Berhenti kerja di tahun 2012 dengan saldo JHT 550ribu. Tidak ada tambahan iuran sampai 2017. Namun tetap diberikan hasil pengembangan yang besarnya berkisar 7-10%/tahun. Bebas biaya administrasi. Rasanya sih sesuai, mbak.
      Coba dibandingin menabung 550ribu di bank tahun 2012, bisa dapat berapa di tahun 2017? kena biaya administrasi tabungan, bunga tabungan 1-4% tergantung jumlah saldo, kena pajak atas bunga.

  4. mbak saya pegang kartu jamsostek ketenagakerjaan apakah itu sama dengan BPJS ketenaga kerjaan??? apakah kartu jamsostek ketenagakerjaan masih berlaku sekarang?

    • halo pak yusuf,
      PT. Jamsostek (Persero) bertransformasi jadi BPJS Ketenagakerjaan sejak 1 Januari 2014.
      kartu jamsostek masih berlaku kok pak. gak perlu diganti ke kartu BPJS Ketenagakerjaan kecuali rusak atau hilang

  5. Pagi bu, saya ingin bertanya, bila seorang karyawan tetap telah berusia diatas 56 tahun dan sudah dipensiun oleh perusahaan, tetapi hubungan kerja dengan ybs masih akan dilanjutkan dengan status sbg karyawan kontrak kerja.
    apakah karyawan tsb harus diikutkan kembali Jamsostek? terima kasih

  6. Perbedaan nilai gaji karyawan yang didaftarkan perusahaan dengan nilai gaji sesungguhnya yang diterima karyawan. Hal ini merupakan sumber masalah terbesar dalam pola hubungan antara perusahaan, karyawan dan BPJS Ketenagakerjaan. Jelas ini merugikan tenaga kerja /karyawan. Solusinya apa yah?

    • halo pak erik,
      Betul ini sangat merugikan karyawan. Meski apabila terdapat kekurangan pembayaran manfaat akibat pelaporan upah tidak sesuai, Pemberi Kerja/Perusahaan wajib membayar kekurangan manfaat tersebut (PP44/2015, PP46/2015). Namun pada prakteknya tidak semudah itu proses penyelesaiannya. Sangat tergantung dari itikad baik dari perusahaan, kekuatan mediasi dari instansi yang menangani ketenagakerjaan dan positioning dari si pekerja.
      Solusinya, semua stakeholder lebih dini mendeteksi dan mendorong agar pelaporan upah sesuai dengan gaji yang sebenarnya. Pekerja melalui serikat pekerja dapat memberi masukan kepada perusahaan, manajemen perusahaan memahami kewajibannya dimana mereka pun sebagai pekerja yang punya hak. Setau saya, BPJS Ketenagakerjaan juga terus menerus melakukan sosialisasi akan hal ini , melakukan pendekatan persuasif dan melakukan kewenangan upaya penegakan hukum berupa sanksi administratif. Pengawas ketenagakerjaan pada instansi yang menangani ketenagakerjaan juga mempunyai kewenangan untuk melakukan pengawasan. Jika semua melakukan aksi sesuai tugas dan tanggungjawabnya masing-masing, tentunya permasalahan ini dapat diminimalisir

      • Selamat malam,
        Saya bekerja sejak 2006, didaftarkan ke jamsostek sejak 2007 oleh perusahaan, per Mei 2017 saya resmi berhenti bekerja. Saya baru menyadari ternyata perusahaan melaporkan gaji saya tidak secara benar sebagai dasar perhitungan iuran/ bulannya. Perusahaan mengakui ada kurang setor, nah pertanyaanya bagaimana perhitungan kurang setor, kurang nilai hasil pengembangan dll yg wajib dibayarkan perusahaan yg menjadi hak saya, terima kasih.

      • halo pak yulianto,
        Jika peserta sudah non aktif, kekurangan JHT diselesaikan bersama antara perusahaan dengan tenaga kerja. Dibuat perhitungan manual JHT 3.7%upah yang menjadi kewajiban pengusaha plus hasil pengembangan tahunan. Data hasil pengembangan tahunan bisa didapatkan di kantor BPJS Ketenagakerjaan atau bisa juga menggunakan asumsi rata-rata suku bunga counter rate bank pemerintah pada tahun tersebut. Di pasal 27 PP 46 tahun 2015 disebutkan hasil pengembangan paling sedikit sebesar rata-rata suku bunga counter rate bank pemerintah untuk jangka waktu 1 (satu) tahun.
        Jika peserta masih aktif dan menyadari pelaporan upah tidak benar, maka dapat dihitung kekurangan upah kemudian diajukan ke BPJS Ketenagakerjaan sebagai pembayaran rapel.

  7. Cara menghapus kpj tambahan gimna?
    Soalnya kpj ats nama org lain saldo nya kebuka padahal tidak di daftarkan

  8. Ass ibu.. Slmat pagi bu.. Saya pernah bkerja di prusahan palm oil slma 2 tahun lbh dan Sya sempat cek nominal saldo dan alhamdulillah ada sktr 2 jt an bu.. Nah kemudian sya nganggur 4 bulan dan d trima kerja kontrak tlkomsel 2 blann. Tapi kenapa cuma saldo akhir ya bu yg kluar?? Saldo prushaan sblm nya kmn bu?? Dan apa bila saldo tsb brdiri sendri, apa kah bisa kita hanya mencairkan saldo yang dari perusahaan tempat pertama saya bekerja?? Terimakasih ibu

    • halo pak ashri,
      saldo JHT dari perusahaan sebelumnya masih tetap ada hanya tidak otomatis nyambung. Pencairan JHT harus memenuhi ketentuan bahwa peserta sudah tidak bekerja sama sekali

    • halo pak Imam,
      Jaminan Kematian adalah nama program. Manfaat Jaminan Kematian antara lain: Santunan Kematian (bukan karena kecelakaan kerja), Uang Kubur, Santunan berkala 200ribu selama 24bulan dan beasiswa untuk anak peserta (min kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan 5tahun)

  9. Maaf Bu mau tanya,saya cek JHT terakhir saya 1,8 jta Thun 2012… Berarti udah 5 taun saya ga ambil… Pertanyaan saya Bu klw JHT sya mau di cairin,nambah ga tuh JHT sya Bu?? Apa ttp dapetnya 1,8??

    • halo pak achmad,
      pasti nambah, karena diberikan hasil pengembangan 7-9%/tahun (bervariasi setiap tahun) plus gak ada potongan biaya adm dan gak kena pajak atas bunga JHT. Lebih enak nyimpan di BPJS Ketenagakerjaan kan?

  10. Asalamualaikum saya mau bertanya .barang kali ada yg mengerti.semisal Kalau sudah berhenti bekerja selama 3 tahun lebih .dan uang jansostek prlum pernah diambil .apakah uang tersebut berbunga .dah perhitungannya berapa % dr saldo pertahunnya . terimakasih wa’alaikumsalam

  11. selamat pagi Bu , maaf mau tanya :
    Misalkan saya ada Bpjs ketenaga kerjaan dari perusahaan A
    dan saya pindah ke perusahaan baru (B)
    apakah perusahaan baru tersebut tau kalau dulu saya pernah kerja di perusahaan A atau tdk ?
    karna saya bru bekerja di perusahaan B sekitar 5bulan dan sudah dapat jamsostek , tapi saya mau pindah ke perusahaan C
    *kondisinya saya tidak mencantumkan pernah bekerja di perusahaan B

    Terimakasih 🙂

    • halo bu rina,
      Biasanya petugas BPJS Ketenagakerjaan saat menerima pelaporan tenaga kerja baru dari perusahaan, akan konfirmasi kembali ke perusahaan jika ada tenaga kerja yang mempunyai kartu peserta sebelumnya dengan tujuan agar kartu yang lama saja yang dipakai

  12. Pagi bu, mau tanya. Saya sudah abis kontrak di tempat saya bekerja dulu, saya tidak dikasih kartu Bpjstk. Saya hanya dikasih kartu jaminan pensiun saja. Itu bagaimana yaa kalo mau mencairkan Bpjstk nya.. Sedangkan saya gak dapet kartu Bpjstk nya.
    Mohon pencerahannya

    • halo mbak anita, kalo gak ada pernah dapat/hilang kartunya, dibuatkan surat keterangan kehilangan kepolisian dengan mencantumkan no kartu. No kartu JHT dan Jaminan Pensiun sama saja.

  13. Malam,, klo gaji pokok saya di thun 2012 & 2013 itu 1,3 jt, lalu di tahun 2014 & 2015 naik jadi 2,3 jt, dan tahun 2016 jadi 2,7 jt… tpi waktu saya cek saldo jamsostek saya di awal tahun 2017 koq cuma 3,6 jt…. apkah itu memang sesuai…??? Mohon info.nya yah

    • halo pak rahman, kalo dihitung dari info yang bapak berikan, total upah dikalikan 5.7% = sekitar 6,7juta (saldo pokok saja 2012-2016). Ketidaksesuaian bisa jadi disebabkan banyak hal:
      a. terlambat didaftarkan ke Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan atau jika berpindah tempat kerja ada masa jeda tidak didaftarkan BPJS Ketenagakerjaan
      b. Upah yang dilaporkan ke BPJS Ketenagakerjaan bisa jadi lebih kecil dibanding data diatas
      c. Perusahaan menunggak iuran
      d. Bisa jadi punya lebih dari 1 kartu
      e. dll

      Sebaiknya Bapak konfirmasi ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat supaya lebih jelas.

  14. maaf saya mau ikut bertanya,bagaimana dengan perusahaan yang tidak mendaftarkan dan membayarkan iuran bpjs 1 tahun yang lalu sedangkan si pekerja sudah bekerja selama 2 tahun lebih?????

    • halo mbak lilik,
      jika mbak masih peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan, berikan masukan kepada perusahaan untuk membayarkan rapel ke BPJS Ketenagakerjaan atas masa kerja yang belum dihitung pada kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s