JALAN-JALAN KE JEJU ISLAND

971129_10200421212435365_652434630_n

Melihat banyak yang melirik postinganku tentang Korea, saya jadi kepingin menambah informasi seputar jalan-jalan ke Jeju Island yang belum sempat ditulis.

1. Untuk ke Jeju, banyak pilihan moda transportasi dari Seoul antara lain naik pesawat, naik bis nyambung ferry ataupun naik kereta nyambung ferry. Yang paling praktis adalah naik pesawat, sejam sampai di Jeju. Harganya gak begitu mahal, apalagi perginya bukan pada waktu weekend. Penerbangan ke Jeju banyak sekali, bisa dicek di mesin pencari http://www.skyscanner.com. Saya memilih terbang dengan Eastarjet dengan pertimbangan murah termasuk bagasi 15kg, dan websitenya mudah dimengerti. Selain itu bisa dicancel tanpa fee sama sekali sepanjang jenis tiketnya discounted fare/normal fare dan pembatalannya kurang dari 7 hari sebelum tanggal keberangkatan. Waktu itu karena ada perubahan itinerary, saya melakukan pembatalan kemudian beli ulang. Hebat ya, refundnya langsung kembali lho di kartu kredit. Harga tiket yang saya jadi beli  Rp 745ribu pp berangkat sabtu pulang senin Sebenarnya ada yang lebih murah seperti Jin Air, namun hanya bisa dibeli sama yang ngerti bahasa Korea. Jin Air khusus domestik, gak ada pilihan bahasa ke Bahasa Inggris.

2. Saya memilih pesawat paling pagi ke Jeju jam 06.35. Biar bisa langsung in action di sana. Sempat bingung juga, gimana caranya ke bandara Gimpo (Seoul) sepagi itu. Google info menginap di bandara Gimpo, gak ada yang penjelasan yang pasti dan update. Mau berangkat dengan kereta paling pagi jam 05.30, bakal telat. Secara kita belum punya bayangan sebesar apa bandaranya. Jadinya minta saran dari owner Ann Guesthouse  sekalian menitip sebagian barang-barang kami yang gak dibawa ke Jeju. Kami hanya bawa barang untuk keperluan 2 hari saja. Ms Ann memesankan kita taksi jumbo yang muat untuk 8 orang. Sampai di bandara Gimpo jam 4.30, bandara sangat sepi dan belum ada counter check in yang buka. Kami masih menunggu sekitar sejam baru bisa check in. Proses check in aman dan lancar.

3. Untuk kenyamanan jalan-jalan di Jeju, kami memutuskan rental mobil saja. Kebanyakan orang merekomendasi untuk sewa mobil atau taxi karena jarak antara tempat wisata satu dengan yang lainnya cukup jauh. Ada bis umum tapi haltenya terbatas dan gak persis turun di depan tempat wisatanya. Selama saya di Jeju, jarang lihat bus dan haltenya. Secara wisata jeju kebanyakan adalah wisata alam dan untuk ke tempat wisatanya saja dari tempat parkir jalannya lumayan jauh, maka sewa mobil merupakan hal yang praktis. Saya dibantu sama situs tripadvisor mencari taxi jumbo yang muat 8 orang. Ini linknya:

Ketiga-tiganya saya email dan semuanya membalas. Saya memutuskan memilih Han jeong yong Mobile; 010~2082~0095

(email: lh2eon@naver.com ) .

Tadinya ngasih harga 440,000KRW/2hari tapi setelah ditawar deal di harga 360,000KRW selama 2 hari city tour sudah termasuk biaya parkir, bensin dan makan siang supir). Harga dealnya sebenarnya sama saja dengan 2 taxi lainnya, tapi mobilnya free wifi dan bahasa inggris yang dipakai di email lebih tertata bagus dibanding lainnya. Selain itu, emailnya juga ngasih info mengenai tempat-tempat apa saja yang dapat dikunjungi di Jeju. Orangnya masih muda sekitar 30-35 tahun dan ramah, mobilnya bersih dan bagus. Dia ngantarin kita kadang sampai di tempat pembelian tiket sekalian bantu beliin tiket, kadang juga sampai di tempat berfoto. Jadi dia fotoin kita dulu di tempat kebanyakan orang berfoto seperti di nama tempat atau nama landmarknya, abis itu ngasih petunjuk dimana dia akan menunggu jika kami selesai jalan. Orangnya unik juga, kalo kita mau difoto dan ada orang lain yang mengganggu, si Mr han akan ngomel minta mereka pindah.

my friend with mr han

4. Sampai di bandara kami langsung di jemput Mr Han untuk city tour hari pertama. Kami tidak ada itinerary khusus di Jeju, jadi mengikut saran Mr Han saja. Mr Han juga meminjamkan buku bergambar tentang tempat wisata di Jeju.

Hari Pertama

• Manjangul Cave: gua yang terbentuk dari aktivitas gunung berapi. Terletak di Desa Donggimnyeong, Kecamatan Gujwa,Kabupaten Jeju Utara, 30 km timur Kota Jeju. Dikenal akan stalaktit-stalaktit sepanjang 70 cm dan batu-batu dari lahar yang sudah membeku. Disini kami harus jalan sejauh 1km untuk sampai ke ujung gua.
994820_10200408806845233_484467358_n

in Manjangul Cave

• Seongsan Ilchulbong atau Puncak Matahari Terbit adalah kawah gunung berapi yang memiliki luas 99.000 m² dan tinggi 182 m di sebelah timur Jeju.

Seongsan Il-Chulbong

• Seongeup Folk Village, kampung tradisional yang mempertahankan gaya hidup khas rakyat Jeju. Terletakdi kaki Mt. Halla sebelah barat daya Seongsan, Jeju bagian timur. Tempat ini juga merupakan tempat syuting K-Drama Dae Jang Geum. Kami dipandu oleh seorang wanita asal Filipina yang menceritakan kehidupan masyarakat Jeju. Beberapa cerita yang dapat saya tangkap:

a. Pria jaman dahulu diperlakukan istimewa karena jumlahnya lebih sedikit dari wanita akibat banyaknya pria yang tewas dalam perang. Wanita yang bekerja keras untuk menghidupi keluarganya, sedangkan laki-laki kerjanya hanya tidur, main dan mabuk-mabukan. Disini diceritakan wanita harus berjalan jauh untuk mengambil air, menggiling padi sambil mengasuh anak. Juga sangat mengandalkan air hujan, untuk memperoleh air hujan yang bersih para wanita menjalin jerami seperti kepang kemudian diikatkan di pohon. Air yang mengalir melalui dedaunan di pohon kemudian disaring lewat jerami lalu turun di gentong air yang ditaruh di bawah pohon tersebut.

b. Binatang peliharaan mereka adalah babi berambut hitam (black haired pig), makanannya adalah kotoran manusia. Toilet mereka bersebelahan dengan kandang babi tersebut.

c. Cara menandakan penghuninya ada atau tidak adalah dari palang kayu di depan rumah. Kalo tidak ada palang kayu, berarti penghuninya ada dirumah. Kalo 1 palang kayu, penghuninya  keluar tapi hanya sebentar. 2 palang kayu, keluarnya seharian. 3 palang kayu keluarnya untuk waktu yang sangat lama.

d. Ternyata, ujung-ujungnya adalah jualan. Pada akhir tour, kami diajak ke ruangan ber-AC lalu ditawari berbagai produk buatan lokal seperti madu dan bubuk tulang kuda yang harganya lumayan. Kami menolak dengan sopan meski gak enak hati udah diantar berkeliling. Tapi begitu naik di mobil, adikku berubah pikiran kemudian turun lalu membeli salah satu productnya.

• Mysterious Road, daerah dimana mobil bisa berjalan sendiri. Mr Han 2x mendemokan dengan menetralkan persneling dan meminta kita melihat bahwa dia tidak mengendalikan mobil. Panjang jalan misteri ini kurang lebih 300m. Info google, bahwa jalan misteri ini mengandung magnet yang membuat benda yang ada diatas jalan ini bisa berjalan sendiri.
  • Loveland, dekat dengan Mysterious Road. Khusus buat dewasa. Beruntung kedua anak saya memilih tinggal di mobil melanjutkan tidurnya. Dijamin kenyang lihat berbagai jenis ‘burung’ dan berbagai pose dalam bentuk diorama, patung atau gambar sekaligus horny-horny dikit…..hehehe

Hari Kedua

Jeongjeyeon Waterfall. Di kawasan ini ada 3 air terjun dan kami pergi ketiga-tiganya. Meski cukup jauh berjalan namun kami dimudahkan dengan jalanan yang sudah tertata rapi yang terbuat dari batu atau kayu.

Trick Eye Museum. Museum ini keren. Coba saja liat foto-fotonya.

Ke hotel Seaes yang tamannya dijadikan salah satu tempat syuting Secret Garden, yaitu adegan ciuman pertama Ra Im dan Jo Woon.

Soingok Theme Park Jeju. Not recommended, keliatannya udah bukan tempat populer lagi disana, isinya hanya miniatur landmark berbagai negara maupun lokal.

Osulloc Tea Museum. Karena capek, saya hanya tinggal di mobil bersama anak-anak. Yang lain pada masuk ke museum. Mr Han datang ngasih anak-anak es krim green tea yang rasanya enak.

5. Kami tidak dipatok waktu di satu tempat sama Mr. Han, jadi sebebasnya saja. Yang penting perjanjiannya 8 jam sehari, lebih dikit gak masalah.

6. Kami nginap di Jeju HK II yang terletak di dekat pinggiran pantai. Hostelnya sangat biasa jika dibanding apartemen kami di Seoul. Kami memesan 1 kamar yang isinya 8 tempat tidur tapi dikasih 2 kamar yang berisi 6 dan 4 tempat tidur. Fasilitas kamar hanya ada tempat tidur. Dapat sarapan berupa roti dan selai, ada dapurnya yang bisa dipakai, dan ada mesin cuci lengkap dengan sabunnya.

7. Untuk beli oleh-oleh di Jeju, kami belanja di Underground shopping centre. Kebanyakan belinya kosmetik, soalnya lagi banyak diskon dan murah seperti Faceshop, Etude, Nature Republik dan masih banyak lagi. Nyari baju kaos korea, gak ada yang cocok harganya.

8. Saya baru tau di Jeju, kalo ternyata masuk salah satu The New Seven Wonder. Jadi bertambah tantangan saya untuk ke semua New 7 Wonder yang pastinya setelah ini wajib ke Pulau Komodo.

1069234_10200408818045513_434159840_n

Keren kan…seongsan ilchulbong

128 thoughts on “JALAN-JALAN KE JEJU ISLAND

1. Dear Mbak dewi,
    Mbak dewi pergi ke jeju dg easter jet ya, boleh tw bagaimana cara booking nya mbak?
    saya cb booking online tapi kesulitan untuk melakukan pembayaran. terima kasih

Regards,
    Anggraini

2. Saya sudah mau tahap pembayaran mbak, sudah saya pilih foreign issued card, masukan no kartu, nama, dam tanggal expired kartu. setelah itu saya klik continue, langsung muncul tulisan korea dan saya kembali lagi ke halaman pembayaran yang td. Apa perlu aplikasi khusus untuk pembayaran ya mbak?

3. Mbak Dewi, saya sudah berhasil untuk booking ticketnya dengan easter jet. saya sudah dapat reservation number melalui email… sebelum booking kan saya daftar dulu sebagai member, nah kliatannya saya salah memasukkan exp pasport saya pada saat saya daftar sebagai member mbak,,, apakah itu berpengaruh ya mbak… di ittenary ticket sih memang cm tertera nama saja. terima kasih

4. Hi Mbak…salam kenal ya 🙂

Lagi browsing2 soal Eastarjet ke Jeju jadi mampir ke blog ini.
    Mbak aku mau tanya dong waktu register jadi member ada kesulitan nggak ya?
    Ini kok aku failed terus, selalu keluar message from the web “if the problem continue please contact call centre”. Lhah mosok aku kudu telp ke Korea ya….. 😦
    Soalnya rasanya sih udah semua data aku isi. Memang yang bikin ragu data nomor hape aja karena defaultnya yang 82+ aku ganti jadi +62.

Pengaruh nggak ya Mbak?

Thanks sharingnya.

• tadi saya iseng register di eastarjet untuk cari tahu errornya. kemungkinan besar error di mobile phone, masukkan saja dulu 82+ 64-727-0027 ntar kalo sudah berhasil, baru rubah informasi no telp yang benar pada saat login…semoga berhasil

• Mbak, ikutan nanya ya, sy sdh login eastar jet dgn no telp spt yg mbak sarankan. dan sdh berhasil. tp pd saat booking tdk bisa mengganti no kontak untuk kirim info reservasi nya, karena tdk ada pilihan kode prefix Indonesia (+62) saya jadi takut umtuk melanjutkan prosesnya. mohon pencerahan mbak. WA sy Susan di 08562121793. terimakasih banyak.

5. Dear mbak dewi,
    salam kenal mbak…

Mbak ketika sudah memutuskan pilihan rental mobil/tour dan harga, pembayarannya dilakukan dimana ya? Ketika nyampe jeju ato masih di Indonesia?

Mohon balasannya, makasih mbak….

6. Mbak dewi, menarik banget nih share pengalamannya.
    Aku dan tmen2 berencana ke jeju jg mei nanti, lagi nego harga sama tourguide (tapi agak sengit, he he he) boleh nggak mbak di share content email ke Mr Han nya? (Via email) Mau coba nego sm Mr. Han jg..
    Makasih mbak 🙂

7. haloo mbak aku mau nanya
    aku pergi ke korea tgl 31 maret-12 april dan mau ke jeju tanggal 1-3 april
    udah coba2 booking di web busan air total 71.000an won
    tapi pas bayar itu kan pake usd nah jadinya mahal bgt bs smpe $170an
    apa pas mba ke korea juga begitu mba?
    frustasi bangeet aku krn beda harganya banyak bangettt 😦

8. mbak dewi, aku kan mau ke jeju langsung dari jkt-seoul-jeju, aku bs titip barang dimana yah mbak ? di bandara ada gak yah penitipan barang, jadi biar aku bawa pakaian utk 2 hari aja selama di jeju

• bandara yang mana nih. Kalo Incheon airport ada penitipan barang gratis tapi cek Syarat &Ketentuannya siapa tau hanya berlaku untuk yang layover/transit sebentar. Kalo ke Jejunya lewat Gimpo airport, belum punya info.

9. incheon mbak, btw dari seoul menuju gimpo brp lama yah mbak kalau naik taxi, lalu nanti kami selama kesannya pas winter 17 sd 25 des, kira2 subway nya susah gak yah mbak

• mending naik train 6 station dari incheon sekitar 20 menitan..keren ih winter di korea. pendapat saya, mengenai subway kecenderungannya tidak tergantung musim tapi tergantung jam-jam tertentu dan jalur-jalur tertentu. jadi sepadat-padatnya tetap terangkut kok.

10. makasihhh bangat yah mbak infonya, aku sempet galau sdh terlajur beli tiket winter, tp mau jln sendiri bawa anak2 takur repot ternyata gak susah yah mbak, bisa minta email pribadi mbak? mbak email ke ana@anpa.co.id yah mbak, kali aja pas nov aku mau refresh lagi utk persiapan, makasih mbak

11. Haloo mbak membantu sekali sharing pengalaman Mbak Dewi ke Koreanya …
    mw nanya Mbak . .
    saya pengen ke Jeju cuma saya ga ada kartu kredit buat boongking
    eastarjetnya. . semisal saya booking pake kartu kredit orang lain apa nanti
    diminta menunjukan CCny waktu checkin nya mbak ???
    pengalaman Mbak dulu suruh nunjukin CC nya enggak. .
    terima kasih mbak . . mohon pencerahannya…

12. Mba Dewi, salam kenal ya. Mau minta pendapat Mba Dewi memungkinkan gak kalau ke Jeju solo travelling ? Soalnya kan Mba Dewi ber-8 dan beberapa sy baca berdua atau bertiga. Makasih ya Mba Dewi buat infonya…

13. mbak, aku rencana winter kesana bawa 2 anak n suami sih, repot gak yah kalau di seoul nya kita naik transportasi umum, kalau di jeju sepertinya aku ikut saran mbak kita naik taxi aja

• rasanya gak repot, kalo dari yang saya baca di kereta saat winter mereka pake heater. trus kayak lotte mart dan istana itu langsung terkoneksi dengan subway. ke nami island bisa nyambung taxi atau bus dari statiun kereta.

14. Mba saya juga kesulitan booking easter jet ..sudah registrasi sudah pula masukin no telpon yg mba kasih ..saya booking dr Tokyo ke Seoul mba ..tapi tidak pp .. apa benar booking easter jet harus pp ?

15. Mba Dewi aku mau tanya lg nih, aku cek easterjet schedule buat April 2016 blm ada, jd aku pilih jeju air tp pas payment dgn CC diminta “card type”, itu pilih yg mana ya? soalnya semua rata2 bank korea yg familiar cuma “saving bank” dan “post bank”. Terima kasih ya Mba Dewi

16. mbak di jeju kan rental, trus di seoul mbak trip sendiri yah? repot gak yah mbak? krn sy bawa anak 2 dan itu pas winter lagi

17. Mba, harga tiket di webnya eastarjet yg discounted dan normal fare apakah udh termasuk fuel surcharge, airport tax dll ya? Kalo di peach air or asia asia kan langsung kelihatan tuh harga setelah pajak dll setelah kita pilih rute dan tanggal.
    Trus no. contact yg diminta masukkan itu no. contact apa ya? Saya coba masukkan no hp kok ga bisa.. Thanks, Irma

18. Mbak, saya mau tanya, apa benar ke Jeju Island bebas visa? Saya rencana bulan Maret mau kesana dari Hong Kong – Shanghai (transit) – Jeju. Mohon dibalas. Makasih.

• asal pesawatnya direct dari hongkong. Visa-free Entry to Jeju: 180 Countries.
      (Only 11 countries are required to apply for a visa: Afghanistan, Cuba, Ghana, Iran, Iraq, Libya, Nigeria, Macedonia, Palestine, Sudan, and Syria)
      Duration of stay: Up to 30 days
      Conditions of entry:
      – Those that arrive directly into Jeju island by flights or ships.

19. Halo mbak Dewi.

Saya dan teman2 rencana ke Jeju bulan Mei ini. Saya booking Eastar Jet dengan jadwal:
    Gimpo-Jeju 06.25 – 07.30 tgl 2 Mei
    Jeju – Gimpo 21.35 – 22.40 tgl 3 Mei

Jadi disana total 2 hari full. Apakah dengan jadwal penerbangan segitu, waktunya cukup khususnya untuk mengakhiri perjalanan langsung ke bandara untuk pulang?

Trus kalau sampai malam di Gimpo dengan jam segitu, apakah masih ada transportasi kyk bus atau kereta dari bandara ke kota?

Makasih.

20. salam kenal maak Dewi.

I m Azian from Malaysia.. mencari2 info about Jeju and i found yr blog. me n the group bias dikatakan agak budget trip. so i noticed that u gave a phone number of Mr Han.

so i can still use him if i wanna go to Jeju? Dia org persendirian atau menggunakan tour agency?

Waiting for yr reply sis.. Thanks.

Han jeong yong Mobile; 010~2082~0095
    (email: lh2eon@naver.com ) .

21. hi mbak dewi 🙂
    saya mau nanya kmrn beli tiket ke jeju lewat easter air, ada kena fee karena pake cc foreign nggak ?
    klo ad, brp mbak fee cc nya ?
    mksh sblmnya

22. slamat pagi mbak,juli nanti saya berencana ke pualu Jeju menggunakan easterjet, dan sudah mendapatkan nomr reservasi, apakah hasil booking saya juga akan diemail oleh mereka ke email yang saya daftarkan?atau cukup menunjukkan nomr reservasi saat di bandara nanti? trims

23. aku mau nanya mbaa. aku udh pesen tiket eastarjet seoul-tokyo maret nanti dan ternyata bagasi yang di berikan hanya 15kg saja, dan saya sudah cari kmana2 mau coba nambah bagasi online biar murah tp ga dapet ya cara beli onlinenya gmn`1 btw kl mba tau gmn ya caranya kl mau beli online maskapai tersebut atau kl beli langsung sama aja harganya? kl dikitakan pasti kl overweigt akan lebih mahal. makasih 🙂 saya sangat membutuhkan infonya

• halo mbak nisa, infonya gak banyak tentang hal ini. tp ada info yang saya dapatkan dari Halaman Fb Jeju Muslim Travel seperti ini: Elakkan membeli bagasi kerana setiap penerbangan sudah diperuntukkan sebanyak 15 Kg bagasi percuma. Sekiranya anda mempunyai bagasi yang melebihi had 15kg, kebiasaannya pihak penerbangan tidak akan mengenakan cas tambahan. Walaupun di cas, harga 1kg bagasi yang dikenakan adalah sama dengan harga yang dikenakan jika anda membeli online.

24. Halao mbak.. saya rencana mau honeymoon ke korea jalan sendiri tapi tidak tau harus memulai dr mana dulu d koreanya. Mau k jeju juga. Bisa di share atau tips tips yang harus dilakukan terlebih dahulu setelah sanpe d bandara incheonnya. Bisa share bagaimana cari hotel yg murah dan objek wisata mana saja. Kirim k email saya novita.7ju@gmail.com . Terima kasih sebelumnya.

• halo mbak novita, bisa liat dulu catatan saya yang ini: https://penyukajalanjalan.com/2013/07/29/mengurus-sendiri-perjalanan-ke-korea/ dan https://penyukajalanjalan.com/2013/07/21/itinerary-of-our-trip-in-korea/

itinerary saya cukup bagus tuh, bisa diikuti saja.
      Sampai di bandara beli kartu TMoney untuk bisa naik kereta ke hotel yang dituju. Tentu saja novita sudah harus tau cara menuju hotel itu (biasanya di website hotel itu ada petunjuknya).
      Untuk hotel, biasanya saya di booking.com (langsung filter harga sesuai budget) atau hostelworld.com (pilih private room, kadang2 lebih murah ketimbang di hotel) . Memang harus banyak melakukan riset sendiri, mbak. Dengan begitu mbak lebih banyak tau tips tricknya.

Untuk objek wisata, saya biasanya mutusin kemananya nanti pada saat disana, tapi tetap saya sudah browsing-browsing tempat yang wajib dikunjungi dari sini. Better bawa 1 buku panduan ke korea yang banyak di toko buku, pilih buku yang paling informatif.

kalo untuk di jeju, email saja mr han (email ada di catatan jalan-jalan ke jeju island) minta tolong dicarikan sewa mobil sedan kapasitas 2orang supaya sewanya lebih murah.
      Kalo masih butuh info, sy bisa dikontak via email di dewi.penyukajalanjalan@gmail.com

• terima kasih sebelumnya.. untuk ke koreanya sendiri di seoul atau mau ke naminya ada kenalan sopir yang ngerangkap sebagai guide juga gak mbak. boleh minta contactnya juga . Mr. han sudah saya email juga tinggal tunggu balasan dari beliau

• kalo di seoul kita jalan-jalan naik mrt/metro, transportasi mudah kok di seoul. kalo di jeju terpaksa rental mobil karena jarak antar tempat wisata jauh-jauh. Saran sih, kalo mbak novita passionnya di travelling mending coba jalan2 pake transportasi umum. ilmunya bisa jadi modal ke negara lain. kesasar dan capek dikit tak mengapa, tapi sensasinya luar biasa. Bukan hanya foto2 yang indah tapi juga pengalaman yang berkesan.

25. Mohon info flight ke jeju via negara asia yg direct langsung,tanpa transit di korea daratan.
    Soalnya sy pengajuan visa korea di tolak,mhn infonya..
    Makasih sebelumnya..

• banyak sih alternatif ke jeju, direct flight bisa via hongkong (dragon air, cathay pacific) , beijing (air china), guangzhou (china southern). tokyo tapi transit di guangzhou. buat simulasi di skyscanner.com untuk dapat harga terbaik dan sudah mempertimbangkan jam terbang/lama transit. coba simulasi di nusatrip u jakarta-jeju nemu china southern airline transit di guangzhou 6,8juta one way.

• Mbak mhn infonya utk penginapan yg murah ala backpacker di jeju dong,airfare udh ok n thanks ya mbak utk info nya jalur penerbangan nya.
        Skg tinggal penginapan nya yg blm ok,mhn pencerahan nya ya mbak n sklian nmr hp atau alamat media sosialnya mr.han org yg bs handle n good speaking english.
        Makasih lagi ya mbak atas info nya..

26. Halo mbak dewi,
    November nanti insha allah saya ke seoul (mudah2an visa approved) selama 6D5N, bisa minta sarannya klo pergi berdua lebih pilih busan atau jeju atau full di seoul aja? bisa minta itin mbak kirim ke email saya ade.silvana22@gmail.com ? makasih sebelumnya ya mbak

27. Mbak , anda sewa mobil + driver dr rental company atau perseorangan ? Harga per hari 180.000 KRW itu utk brp jam ? Makan siang driver sdh termasuk ?Tip utk driver biasanya brp ?

• halo pak winarto. sewa mobilnya perseorangan, harga itu untuk standar 8jam. Driver gak perlu disediakan makan dan menolak juga jika ditawarkan. kemarin gak ngasih tip, karena google info tip di korea, mereka gak terlalu ngarep tip.

28. Mbak Dewi, saya Susan. Mau nanya ya, Mr. Han ada membiarkan kita tanda terima tidak sebelum proses pembayaran?

29. Wkt rent car dgn Mr Han, dipastikan klu yg antar nanti adalah Mr. Han sendiri. Soalx sy punya pengalaman yg tdk enak dgn Mr. Han, dr pertama booking via email n komunikasi via Whatsapp dgn Mr Han tp pada hr H yg dtg adalah temannya (namanya Kevin Lee) dgn alasan Mr Han-nya lg off hr itu. Pelayanannya Kevin sangat jauh n ngak sebaik yg mbak ceritakan ttg Mr Han, setiap spot wisata dia cuma turunkan kami n menunggu di dlm mobil, dan seperti dikejar-kejar waktu. Dia jg antar balik ke hotel tepat jam 5, ngak lebih.

30. Sbg informasi, saya cuma menyewa mbl Kevin Lee sehari dan saya dapat yang lebih murah dari itu (1 day = 130.000 won (9 jam), extra hour 15.000 won sedangkan yang di ksh Mr. Han : 1 day = 130.000 (8 jam), extra hour 20.000 won

31. Dear Mba Dewi
    Mau tanya easterjet sama jeju air bagus mana ya?
    Terus pembayaran foreign card harus pakai kartu kredit ya?
    Kalau kartu debit yg udah support visa bisa ga?
    Thanks

• saya cuma pengalaman naik eastar jet saja… kayaknya sih bersaing dilihat dari jumlah flight ke jeju dan counter check in di bandara. Belum pernah nyoba pake kartu debit, hehehe… tapi dicoba aja mbak kali aja bisa…

32. Dear mba Dewi…saya ada penerbangan di gimpo airport jam 6 pagi dan posisi hotel saya di kimchee sinchon. kira2 alternatif paling pas naik apah yah? Bus atau kereta itu open nya jam brp? Kalau naik taksi berapa yah biayanya? Terimaksih atas bantuannya

33. Hai mbak saya ada beli tiket dr busan ke jeju naik jeju air. Semua uda bayar. Tapi no booking engak di kirim ke email saya. Gimana caranya meminta mereka mengirim kembali no bookingnya. Uda di email ke reservation tapi blom ada balasan. Mungkin ada kesalah email gimana solusinya? Makasih ya

• mbak coba dicek di website My Page menu View/Cancel/Change Reservation, menu Online Reservation . Kalo ada disitu, di print dan itu aja yang dibawa nanti . Saya belum pernah naik jeju air sih mbak, tapi itu info dari hasil searching di google.

34. Hallo mbak Dewi, saya Peter, mau bertanya sedikit…

Saya berencana mau ke Jeju di bulan Dec 2016 ini. Dan beruntung ketemu blog mbak. Itu saya lihat di foto mbak, pergi ber 5 dewasa dan 2 anak ya mbak. Lalu, sewa mobil di Jeju dengan Mr. Han untuk 2 hari, KRW 360.000.

(“Tadinya ngasih harga 440,000KRW/2hari tapi setelah ditawar deal di harga 360,000KRW selama 2 hari city tour sudah termasuk biaya parkir, bensin dan makan siang supir”)

Nah.. pertanyaan saya :
    Harga sewa mobil dengan Mr. Han untuk 2 hari sebesar KRW 360.000, itu untuk mengakomodasi mbak sekeluarga (5 dewasa dan 2 anak) ATAU harga KRW 360.000 itu untuk per orang ??

35. Salam kenal mbak
    Saya mau tanya kalau mau rental minibus+driver dimana ya?,saya tki dari taiw@n dan ingin liburan kekorea brsama 15 temen,,,biar tidak bingung kl naik transport umum,kami belum tau korea,
    Mohon pencerahannya
    Terimakasih

36. Mbak,salam kenal. Saya rencana pegi april seoul -jeju tgl 12-14 april. Td saya booking di eastar jet pake kartu kredit outside from korea. Tapi pembayaranny ke eximbay. Tapi reservasiny belum dapet. Kalau dulu mbak ky gitu juga ga ya? Trims.

37. Maaf sebelumnya saya mau tanya. Kepulau jeju untuk saat ini masih bebas visa gak ya? Karna visa korea saya ditolak. Saya ada rencana ke jeju aja. Mohon info bantuan nya.

38. Salam kenal. Aku ada rencana ke Jeju dengan flight Eastar Jet. Mau tanya mengenai telpon yang dicantumkan, berhubung tidak ada kode negara Indonesia. Kiranya kita cantumkan nomor telpon apa ya? kemudian kita bisa mengubah tidak nantinya?
    Terima kasih

• coba ketik dengan penggalan seperti ini 62+ 0811 1712. 98 kalo gak coba entri pake no telp eastar jet +82 2 2665 7378 . Harusnya bisa ubah no telp saat update profile. Komunikasi juga bisa via email kan.

• Kebetulan aku akan berangkat dengan keluarga total 6 orang. Kira2 untuk transportasi disana nyamannya menggunakan apa ya selain rental car+driver? apakah kita bisa rental mobil dan bawa sendiri dengan sim internasional? jika menggunakan public transportation nyaman tidak ya?

• Mba dewi sy ada rencana ke jeju dr jakarta dan transit diseoul.apakah masih bebas visa klo hanya sekedar transit mba.adakah alternative lain jika menuju jeju jika kita mau benar benar bebas visa.mksh sebelumnya mba dewi.

• tujuan akhirnya kemana dulu? kalo diluar 5 negara dibawah ini, kayaknya gak bisa deh.
        Info dari web imigrasi south korea:
        Visitors meeting the following requirements also can enter Korea without a Korean visa for a stay of up to 30 days, if their purpose of visit is transit
        1. Holding a visa or a re-entry permit of the U.S. Japan, Canada, Australia, or New Zealand (5 countries)
        2. Travelling from either of the five countries to a third country via Korea, or travelling from a third country to either of the five countries via Korea
        3. Holding a confirmed onward flight ticket for departure within 30 days
        4. No Immigration offence records, while in the five countries

Kalau tujuannya jeju dengan bebas visa, harus ambil penerbangan direct ke Jeju. Ambil Jakarta-Hongkong, Hongkong-Jeju pp. Dari beijing, shanghai, tokyo juga ada yang direct ke jeju, tapi harus urus visa china lagi kan.

39. Hallo Mba, mohon penceraahanya, saya ingin booking tiket pesawat eastar jet, sudah berhasil bikin member sesuai arahan diatas. kemudian untuk mengganti nomernya bagaimana ya? karena di edit profilenya tidak ada kode Indonesia (+62).Terima Kasih.

40. Mbak, salam kenal…Boleh tanya kalau sy ingin jalan2 ke jeju 1 hari aja, pp seoul-jeju, mungkin gak Mbak? Terus object wisata yg direkomendasikan apa ya utk 1 hari tour? Biayanya kira2 brp utk sewa mobilnya? Makasih byk Mbak. Smg sukses selalu.

• Halo mbak liana, mungkin saja. Berangkat dengan pesawat paling pagi pulang dengan pesawat paling malam. Objek wisata yang wajib, liat di tulisan saya ini untuk hari pertama, hari kedua gak terlalu penting sih untuk di kunjungi.

41. Dear Mbak dewi,
    saya ada rencana ke korea bulan mei-juni ini, mbak di ann guesthouse aman ga, karena mau solo trip, mbak dewi booking bayr di tempat atau lngsng bayar saat pemesanan/
    Mbak Dew boleh minta kontak nya ga? buat tanya2 detail… emailku di friskacicilia07@gmail.com… terima kasih mbak dew 🙂