INFO YANG MUNGKIN BERMANFAAT (bagian 12)

1. Proses imigrasi masuk

Proses imigrasi masuk ke Saudi maupun ke luar Saudi cukup mudah dan cepat. Pada saat tiba di Terminal Haji, kami menunggu sekitar 2 jam sampai diperbolehkan antri imigrasi, Antri imigrasi antara laki-laki dan perempuan dipisah, Paspor dicap tanpa ada proses tanya jawab. Setelah imigrasi mencari bagasi yang sudah teratur rapi sesuai dengan penerbangan. Upayakan bagasi dilabel atau ditandai biar mudah ketemu. Kemudian keluar mencari penjemput kita.

2. Proses imigrasi keluar

Tiba di bandara, ada porter yang siap membantu urusan barang. Kalo memilih mengurus barang tanpa porter juga gak masalah. Trolley bisa diperoleh dengan membayar 3Real/trolley. Untuk masuk ke dalam bandara, ada petugas yang akan tanya maskapai penerbangan kita apa, jika counter check in nya sudah buka baru bisa dipersilahkan masuk. Bagasi semua anggota grup akan dilabel atas nama 1 orang dan gak ditimbang. Meski gak ditimbang harus diwaspadai apabila akan transit, karena pada saat transit itulah bagasi akan ditimbang dan disesuaikan dengan pemesanan bagasi kita. Air zamzam gratisan juga free bagasi sampai di Indonesia meski sempat transit di Kuala Lumpur. Setelah selesai proses check in, menuju proses imigrasi keluar. Ada form/kartu imigrasi yang harus diisi dan disampaikan pada saat proses imigrasi.

3. Jangan belanja kurma dan coklat di kebun kurma

Pada saat city tour Madinah, akan mampir di kebun kurma. Ternyata setelah membandingkan harga kurma di toko kebun kurma dengan kurma yang ada disekitaran Masjid Nabawi, harganya beda jauh. Jika dilihat dari kualitas, kurma di kebun kurma itu juga gak bagus-bagus amat, contoh kurma ajwa/nabi, setelah dicoba ada juga kurmanya yang kering banget sehingga tidak bisa dimakan.

4. Manasik Umrah

Manasik Umrah baru dilakukan di Madinah. Agak sulit melakukannya di tanah air secara kami terpisah-pisah daerah. Yang di Jakarta bergabung dengan manasik umrah reguler. Yang lain belajar secara autodidak saja (mbah google) atau bertanya sama yang udah pengalaman umrah. Buku  saku panduan umrah yang dibagikan ke kami berbeda dengan buku saku umrah kebanyakan. Buku saku kami lebih simpel hanya berisi panduan niat/doa wajib dan sunnah. Kami diberikan pemahaman bahwa umrah itu mudah. Tidak ada doa khusus di setiap putaran thawaf atau sepanjang melakukan sai, cukup baca doa yang disenangi/dipahami, dzikir (tasbih, tahmid, takbir) atau baca alquran.

5. Komunikasi
Pada saat sedang menunggu antrian imigrasi di ruang tunggu, banyak yang jual kartu sim lokal mobily. Namun diluar setelah mengambil bagasi juga ada counter resminya. Sebenarnya harganya sama saja sih, cuman di kalo beli di counter, kita jadi mengerti jenis paketnya. Sy memilih paket langganan internet 500mb mobily yang dapat dipakai di samsung note selama 7 hari dengan harga 30real. Setelah itu berbagi wifi ke blackberry dengan sistem tethering. Saya komunikasi ke tanah air dengan skype video call dan telpon ke hp dengan pulsa skype. Lumayan selama 6 hari telpon telponan, hanya menghabiskan pulsa skype 4euro. Alternatif lain, Kalau gak mau repot ganti sim, bagi pengguna telkomsel ada paket telkomsel ibadah, paket data 7 hari unlimited rp 200rb, nelpon 5000/menit, terima telpon 2000/menit, sms 500/sms.

6. Kamera
Kamera sebenarnya gak boleh dibawa masuk, ada pemeriksaan barang bawaan oleh askar. Namun kalau kamera kecil, masih bisa diumpetin, hp berkamera gak apa-apa di bawa masuk. Jadi percuma bawa kamera dslr, kemana-mana saya hanya bawa hp kamera saja.
 

 

Advertisements

2 thoughts on “INFO YANG MUNGKIN BERMANFAAT (bagian 12)

  1. Umroh Backpacker dec 2014 dan 2015
    Sekarang Arab Saudi perkenal sistem baru bagi musim haji tahun baharu ini selepas musim haji yag lepas.

    1. Biometric
    Beberapa hari sebelum musim visa umroh di buka iaitu 1 safar, bakal jemaah di kejutkan dgn pengenalan biometric sehinggakan beberapa negara cuba baikot termasuklan Indonesia.
    akhirnya Arab Saudi mengabaikan masalah ini tanpa apa-apa keputusan.

    2. Contract rate
    Perkara kedua di perkenalkan yang telah mengejutkan ialah pengenalan contract rate atau juga di kenali sebagai tasneef.
    sistem ini menghendaki permohonan kelulusan visa melalui MOFA iaitu mussasah dan hotel yang sama lain. Keluarga raja Arab yg memiliki hotel besar telah memperkenalkan sistem ini kerana tidak mahu kehilangan pelanggan jemaah umroh kepada hotel yang bukan dalam senarai tasneef mereka. Dengan kata lain mereka nak bolot semua perniagaan dalam amalan ibadah umroh.
    Ekoran perlaksanaan sistem ini ialah kepada para jemaah yang memilih back paker. Kelulusa mofa tidak di perolehi jika tidak ambil hotel dalam katogari sama dengan muassasah mereka. Kedua jika kita tempah hotel yg tidak termasuk dalam kategori ini akan menjadi masalah besar.
    kepada bakal jemaah backpacker, saya seru supaya ambil hotel melalui perusahaan permohonan visa untuk elak masalah ini.

    Dalam kumpulan telegram group bacpacker saya sedang menghadapi masalah ini dengan serius. Group telegram saya pada mula mendapat sambutan menggalakkan sehingga terpaksa buka sampai group ke 3 dalam masa 3 bulan saja. Setiap group boleh muat 200 ahli.
    Group ini tidak anjurkan umrah, kita bincang dan bertukar pengalaman bagi yang dah pernah buat umraoh cara backpacker dengan perserta yang akan melakukan umroh cara backapcker. Masalah ini sangat ketara bagi yang sudah beli tiket pesawat dan sudah buat tempahan hotel, sehingga ke saat komen ini di buat, masih ada beberapa kumpulan kecil keluarga yang masih belum ada kelulusan mofa sedangkan masa untuk berangkat sudah hampir tiba (11 dec).
    Bagi yang memilih feb2015 dan ke atas masih ada masa untuk mengikuti perubahan peraturan KSA yang kurang temadun ini.

    Saya secara peribadi mendoakan suatu masa Arab Saudi yang sangat malas dan tidak bertemadun ini akan di tadbir dan di uruskan oleh orang Asia terutamanya dari Indonesia dan Malaysia yang sekarang ini sudah ramai di sana.

    Terima kasih kerana sudi membaca coretan ini.

    PS. Mana pembaca yang ingin menyertai group telegram boleh menghantar mesej melalui telegram ke no +6011126150809.

    Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s