MENCARI KETENANGAN DI RAMMANG-RAMMANG KARST

1486106_10201778473646502_4222171037400221084_o


Daerah ini menjadi trending topic bagi penyukajalanjalan di Makassar. Letaknya pun tak jauh dari kota Makassar, hanya sekitar 32km masuk dalam wilayah Kabupaten Maros. Menuju ketempat ini juga tak sulit, berkendaralah sampai hampir perbatasan Maros-Pangkep, belok kanan begitu ketemu pertigaan dimana Semen Bosowa Maros berlokasi, kemudian tak lama akan ketemu jembatan dimana disitulah titik point menuju Rammang-rammang Karst.

2014-04-18 10.50.39

dermaga rammang-rammang

2014-04-18 10.59.16

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2014-04-18 11.09.25

rumah-rumah di pinggir sungai

Kami lalu menyewa perahu jolloro seharga 200ribu. Pemilik perahu membagikan topi caping kepada kami, lumayan mengurangi teriknya siang itu. Pemandangan yang tersaji sepanjang perjalanan menyusuri sungai sangat memberikan ketenangan. Airnya tenang, terdapat banyak batu yang berdiri tegak di sungai memberikan keunikan tersendiri. Keren.

IMG-20140422-WA0000 IMG-20140422-WA0001

 

 

 

IMG-20140422-WA0002 IMG-20140422-WA0004 IMG-20140422-WA0005

 

Sesampai di Rammang-rammang, tukang perahunya bertanya berapa lama akan berada disini. Ternyata lupa hari itu hari Jumat, si Bapak mau menunaikan shalat Jumat. Kami sepakat hanya sebentar saja disana.

Begitu tiba disana, sempat bingung mo ngapain, hanya ada beberapa rumah disana. Ada bale-bale dekat dengan tempat kita turun namun sudah diberi label tidak gratis. Nampak kejauhan banyak pengunjung sedang berada di suatu rumah. Tidak beberapa lama, mereka berjalan dipandu oleh penduduk kampung. “Mereka ke gua Telapak Tangan”, kata Arman, teman SMP saya yang kebetulan ketemu disana, dia datang berkunjung bersama keluarganya. Arman mengurungkan niatnya untuk ikut dengan rombongan yang ke gua mengingat saatnya shalat Jumat.

Ada 2 tempat yang dapat diexplore disana, gua telapak tangan dan telaga bidadari. Sayang gak cukup waktu dan sendal saya kurang nyaman dipakai jalan. Lain waktu akan balik kesini.

Di berbagai blog dinyatakan bahwa Rammang-rammang karst merupakan UNESCO World Heritage Site sejak tahun 2001. Penasaran kebenaran akan hal ini, saya mencoba mencari informasi ke website resmi UNESCO, hanya ada 2 site di Sulawesi Selatan yang masuk dalam tentative list (daftar usulan) yaitu Prehistoric Cave Sites in Maros-Pangkep (bagian dari RAmmang-rammang Karst) dan Toraja Settlement, jadi menurut pemahaman saya Rammang-rammang karst belum dinyatakan sebagai UNESCO World Heritage Site masih sebatas usulan, itupun hanya bagian dari Rammang-rammang. Berbeda dengan South China Karst yang sudah menjadi Wolrd Heritage Site. Selengkapnya World Heritage List seluruh dunia dapat dilihat disini . Sumber lain yang menyatakan bahwa Rammang-rammang karst sedang dalam pengusulan baca disini

South China Karst yang merupakan UNESCO World Heritage Site (sumber wikipedia). Rammang-rammang Karst digadang-gadang sebagai karst no2 setelah South China Karst ini.

Kalo pengen tahu lebih banyak mengenai Karst diseluruh dunia, bisa lihat daftarnya disini.

Karst adalah sebuah bentuk permukaan bumi yang pada umumnya dicirikan dengan adanya depresi tertutup (closed depression),drainase permukaan, dan gua. Daerah ini dibentuk terutama oleh pelarutan batuan, kebanyakan batu gamping.

Ciri-ciri daerah karst antara lain:

  • Daerahnya berupa cekungan-cekungan.
  • Terdapat bukit-bukit kecil.
  • Sungai-sungai yang nampak dipermukaan hilang dan terputus ke dalam tanah.
  • Adanya sungai-sungai di bawah permukaan tanah
  • Adanya endapan sedimen lempung berwama merah hasil dari pelapukan batu gamping.
  • Permukaan yang terbuka nampak kasar, berlubang-lubang dan runcing.
  • sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Karst

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s