YUK UMRAH BACKPACKER

 

20160114_014629Barusan baca headline berita koran lokal di Makassar, sekitar 70 calon jamaah umrah terlantar di Kualalumpur gegara maskapai yang mau dipakai untuk memberangkatkan mereka sudah tidak beroperasi sejak 3 bulan lalu. Lho?  Sebelumnya sempat baca berita 800 calon jamaah umrah gagal berangkat gara-garanya travelnya bangkrut. Dana uang muka yang di kumpulkan rupanya diinvestasikan ke bisnis batubara dan industri batu bara mengalami krisis. Gak kebayang, niat indah melihat Baitullah buyar seketika. Umrah seperti ini biasanya menawarkan paket hemat umrah 14-18juta, cukup DP 5 juta dan dijanjikan berangkat satu tahun kemudian. Sistem seperti ini cukup riskan karena rentang waktu yang lama dan sepenuhnya menggantungkan harapan berangkat pada travel tersebut. Lebih baik, jika punya dana, lakukanlah segera meski harga sedikit mahal namun langsung berangkat.

Alternatif lain, ada cara hemat untuk berumrah yang sekarang semakin hits yang dikenal umrah backpacker. Baca postingan sebelumnya: Umrah Backpacker Hemat dan Mudah.

Ada juga yang masih mempersepsikan umrah backpacker itu adalah nenteng ransel sambil beribadah umrah. Hihihi. Padahal sama saja dengan umrah regular, tapi sebagian prosesnya bisa kita handling sendiri seperti pembelian tiketnya dan mengurangi komponen-komponen biaya yang tidak perlu. Tetap menginap di hotel, cuman pemilihan hotel disesuaikan dengan budget yang diinginkan.

Sederhananya proses umrah backpacker adalah sebagai berikut:

tes

Umrah backpacker memberikan kepastian berangkat. Langkah awal umrah backpacker adalah membeli tiket terlebih dahulu, jadi sudah tau tanggal pasti untuk berangkat. Kapan pun sebenarnya bisa berangkat. Cuman semakin jauh rentang waktu pembelian tiket dengan tanggal keberangkatan, biasanya harga tiket lebih murah. Trus gimana caranya menyamakan jadwal dengan calon jamaah lain? Melalui social media Facebook sudah ada beberapa group yang memberikan informasi mengenai umrah backpacker termasuk jadwal umrah backpacker, contohnya Grup ‘Ayo ke Mekkah’, ‘Pemburu Tiket Umrah’ dan sebagainya. Sisa memilih mana jadwal yang cocok, atau bisa juga membentuk grup sendiri jika akan pergi berombongan. Satu grup maksimal 45 orang sesuai dengan kapasitas maksimal 1 bis. Pada saat saya berumrah backpacker pertama kali, grup kami hanya 13 orang, nah yang kedua kalinya lebih banyak sekitar 27orang.

Setelah punya tiket, langkah berikutnya mempersiapkan dana untuk biaya selama berada di Arab Saudi atau yang dikenal dengan Land Arrangement (LA). Hanya fasilitas yang diinginkan saja yang bisa masuk komponen biaya Land Arrangement agar biaya bisa ditekan sehemat mungkin. LA standar antara lain: Biaya Visa, Biaya transportasi selama disana (Jeddah-Madinah, Madinah-Makkah, Makkah-Jeddah), City Tour di Madinah dan di Makkah, Muthawwif (pembimbing), Hotel (3malam di Madinah, 6 malam di Makkah), Zamzam 5 liter. Makan bisa masuk komponen LA, bisa juga tidak. Tergantung kesepakatan grup, mau catering, masak sendiri atau jajan. Bedanya dengan umrah regular paling di biaya penanganan bagasi dan souvenir-souvenir seperti seragam, mukena, koper. LA tanpa makan berkisar USD450-550 dengan pilihan hotel di Makkah sekitar 600-700m dari Masjidil Haram, di Madinah sekitar 150meter. Pembayaran LA biasanya 1-2 bulan sebelum keberangkatan bersamaan penyetoran dokumen untuk pengurusan visa.  Pemilihan travel juga baru dilakukan 1-2bulan sebelum keberangkatan, jadi relatif lebih aman untuk mengetahui track record atau update travel agent .

Total biaya umrah bisa saja berbeda satu dengan yang lainnya meski 1 grup, tergantung harga tiket pesawat. Tiket pesawat baru bisa dibilang murah jika harganya berkisar 5-8juta rupiah. Total biaya umrah backpacker ini bisa mencapai 1/2 harga dari biaya umrah regular. Lumayan banget kan? 2x saya berumrah backpacker ini, rata-rata sekitar 14jutaan.

Umrah backpacker ini cocoknya bagi yang pengen umrah dengan budget pas-pasan  atau pengen berumrah ramai-ramai dengan keluarga secara hemat.  Gak cocoklah bagi yang mengutamakan fasilitas serba wah atau pengen terima beres. Ada harga ada mutu. Toh begitu masuk mesjid, sudah tidak ada perbedaan. Semua sama di mata Allah.

Yuk, Umrah Backpacker

Advertisements

6 thoughts on “YUK UMRAH BACKPACKER

  1. Apa kira2 kendala dan resiko yg bisa dihadapi selama perjalanan, mungkin kah bisa saja tdk kebagian kamar hotel misalnya? Ditunggu jawaban & postingan lainnya..

    • kamar hotel pasti dapat, pak nardi. Karena ini merupakan salah satu item yang kita bayar dalam LA. Malah kita bisa milih mau tipe apartemen, hotel standar atau hotel mewah. Pilihan itu menentukan besarnya LA. Yang biasa jadi kendala, kalo ada tambahan peserta di last minute (mis H-1bulan sebelum berangkat, ada yang beli tiket susulan). Pengaruhnya ke pengaturan kamar. Tadinya roomlist sudah ok, harus dirombak lagi. Atau kejadian saat umrah kemarin, grup kami order kamar berempat (quad room) u di mekkah, ternyata kamar yang diberikan kamar ber5 dan kamar ber3. Harus melakukan pengaturan kamar lagi, biar cocok untuk semua. Tapi dimaklumi karena bulan Januari itu peak season, musim libur di Saudi.
      Biasanya resiko yg paling umum terjadi saat umrah adalah gagal berangkat atau gagal pulang. Di UBP ini hal itu gak mungkin terjadi, karena tiketnya yang paling utama yang harus dibeli sendiri. Risiko uang diputar sama travel juga nyaris tidak ada, karena setor biaya LA bersamaan dengan setor dokumen sebulan sebelum keberangkatan. biaya LA langsung digunakan travel untuk booking hotel, transport dan urus visa.
      Komunikasi yang intens dalm grup juga terjadi, sehingga kita update setiap saat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s