Rental mobil di Beijing

Si adek nanya, “Ma, kita nginap dibandara lagi gak di Beijing?

“Gak, sayang. Kita langsung ke hostel saja, nanti kita ada yang jemput,” kata saya.

Yahh, dengan nada sedikit kecewa. Katanya lagi, enak tinggal di bandara. Dingin, bisa jalan-jalan dan ada wifinya.

Hehehe.  Senangnya, ternyata anak-anak juga menikmati pengalaman nongkrong di bandara. Sudah beberapa kali ngetrip sama anak-anak, menyisipkan pengalaman nongkrong di bandara seperti di Incheon Airport (Seoul), Kansai airport (Osaka), dan LCCT (Kualalumpur). Selain bandara pernah juga di KL Sentral & Penang Sentral di pagi-pagi buta.

Untuk trip di Beijing saya memilih rental mobil saja untuk penjemputan di bandara dan keliling Beijing selama 2 hari. Hitungannya gak terlalu mahal meski tetap lebih murah jika naik transportasi umum di Beijing. Ongkos MRT/bus sekali jalan berkisar 2-4yuan (1 yuan=IDR 2000). Murah. Dari airport ke kota naik kereta cuma sekitar 50ribu rupiah. Cuman naik transportasi umum, harus jalan kaki lebih banyak. Grup trip yang ini sih sebenarnya sudah teruji tahun lalu saat jalan ke Tokyo dan Osaka dimana kita 100% pake transportasi umum. Kali ini saya pengennya lebih nyaman untuk semua secara biaya hidup di China jauh lebih murah dibanding waktu ke Jepang. 

Saya milih rental mobil dengan driver di http://www.greatwalltour.cn . Harga rental mobil sedikit lebih murah dibanding yang lainnya, rekomendasinya lumayan bagus. Gak terlalu lama memilih, saya memilih yang fast response saja. Menurutku, admin di greatwalltour gak terlalu ramah. To the point dan suka ngasih tanda seru 2x disetiap akhir kalimatnya. Menyebalkan. Cuman mungkin typical orang China kali ya. Berikut informasi rental tour greatwalltour.cn :

  • Ngasih harga untuk penjemputan tengah malam di airport 500RMB, city tour 2 hari 2200RMB. Total 2700 RMB.
  • Itinerary harus disepakati di awal, gak boleh mecncla mencle. Tadinya dia ngasih 2 tujuan tiap hari, yang saya tawar jadi 3 tempat setiap hari. Masuk akal yang dia bilang, bahwa satu tujuan saja butuh beberapa jam untuk explore, dan nyuruh cari referensi. Deal. hari pertama ke Forbidden City, Summer Palace dan Temple of Heaven. Hari kedua, Mutianyu Great Wall, Lama temple dan Bird Nest (Olympic stadium).
  • Dia juga mengkonfirmasi bahwa rental sama dia, no shopping tour.
  • Dia mewanti-wanti bahwa tournya mulai jam 08.00 selesai jam 17.00. Lewat dari jam itu, harus kena extra charge 100rmb/jam.
  • Driver tidak tau berbahasa Inggris, komunikasi yang penting via Whatsapp si admin.
  • Minta DP 50Usd, saya bingung mau transfer dengan cara apa. Saya tawar agar bayar di tempat saja, dia gak mau. Dia minta DP50USD, kemudian pembayaran dilakukan setiap hari setelah selesai tour (hari pertama 500RMB, hari kedua 1100RMB, hari ketiga 770RMB)  Dia minta via paypal. Saya sudah punya akun paypal dari tahun lalu, tapi belum familiar dengan semua manfaatnya. Baru dipakai untuk bayar rental modem wifi di Jepang. Gampang banget ya transfer pakai paypal cukup kasih masuk alamat email yang dituju saja.

Jika dibagi 12orang, maka per orangnya adalah 225RMB. Harga paling murah tour ke Mutianyu, berkisar 180-200RMB dengan shopping tour termasuk makan dan tiket masuk ke Mutianyu. Kalau tour tanpa shopping tour malah lebih mahal minimal 280RMB termasuk makan dan tiket masuk ke Mutianyu. Let’s say makan & tiket masuk 80RMB, jadi beda tipis saja dengan hitungan saya tapi sudah 2hari city tour dan one way airport transfer. Lebih murah dengan shopping tour karena penyedia jasa tournya dapat komisi jika mengantar tamu kesana. Shopping tour gak penting malah menghabiskan waktu.

Saya cukup suprised ketika yang memegang kertas bertuliskan nama saya adalah perempuan yang bahasa inggrisnya cukup bagus. Saya diinfo sama greatwalltour bahwa yang jemput adalah driver yang sama sekali tidak tau berbahasa Inggris. Komunikasi yang penting-penting harus melalui WA si admin greatwalltour. Dia memperkenalkan diri sebagai Ms. Irene/Airin. Jadi saya tanya, apakah dia drivernya. Dia bilang bukan dan menjelaskan bahwa dia diminta kakaknya yang kerja di greatwalltour untuk menemani driver menjemput kami. Tapi Ms Irene minta ke saya jangan memberi tahu sama company kalo dia ikut menemani, nanti kakaknya dalam masalah. Saya bilang, hampir saja saya mau mengucapkan terimakasih sama company karena diberi pemandu. Kami sampai di hostel jam 03.30 dan harus siap-siap beraktivitas mulai jam 08.00 pagi.

Ms Irene menemani sampai hari terakhir. Kami membeli tiket Acrobatic Show seharga 180RMB/orang sama dia. Harga standar, di Happy Dragon Hostel harganya juga segitu. Tiket plus one way transfer. Dia membantu untuk membelikan tiket masuk, sebagai juru bahasa saat makan di restoran, jadi time keeper untuk setiap kunjungan. Informasinya sangat jelas, sehingga kita tau harus menunggu dimana setiap kali selesai visit dan juga kita terhubung via WA. Namun yang sedikit mengganggu adalah saat mobil berhenti  di depan kantor yang masih diluar dari area tempat masuk Mutianyu dan Ms Irene minta membelikan tiket masuk Mutianyu, menyebutkan harga tiket 60RMB perorang dewasa dan 40RMB perorang anak. Padahal harga yang saya tau adalah 45RMB dan 25RMB. Namun masih bisa saya toleransi dan gak nanyain kenapa harganya beda. Bisa jadi dia kuatir gak dapat tip saat kami selesai.  Kemudian yang kedua dia rajin menawarkan shopping tour: jade, silk market, dan tea house. Saya tolak sambil tersenyum dan diapun tidak memaksa.

Saya jadi kepikiran, ini mungkin scam dalam bentuk lain. Sempat saya tanya, apakah dia memang bekerja sebagai tour guide. Dia bilang tidak, dia hanya membantu kakaknya. Ah gak jelas. Masa bodohlah, tapi bantuannya cukup berarti untuk kenyamanan kami semua. Kami memberikan tip untuk Ms. Irene 300RMB.

Advertisements

2 thoughts on “Rental mobil di Beijing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s