Pizza Ubi Jalar

20161117_062650

Baru saja tiba di rumah setelah 4hari dinas di Makassar, Aya mengajak ke pasar untuk belanja bahan pizza ubi. Dia dan kelompoknya dapat tugas membuat kuliner berbahan umbi dan memilih membuat pizza ubi jalar.

Apa boleh buat, diikuti maunya saja. Beli bahannya pun tidak hanya di pasar tapi di beberapa tempat seperti hypermart dan alfamart. Temannya tidak ada yang ikut belanja tapi kata Aya ntar malam temannya mau datang buat bantuin. Tapi sampai menjelang jam 8 malam temannya gak ada yang datang. Saya bilang kalo gak ada temannya yang datang, mama juga gak mau bantuin. Yang bener aja, masak aya mau repot sendiri sementara temannya santai-santai di rumah masing-masing. Udah gitu Aya disuruh talangi dulu biaya belanja-belanja yang budgetnya 150ribu yang pastinya minta sama maknya dan pasti nombok secara ada bahan yang gak bisa dibeli sedikit dan bahannya ekslusif semua.  Kalo nalangi biaya dan nomboknya, gak jadi soal sih. Yang gak terima cuma karena gak ada perhatian dari temannya. Gak begitu cara kerja berkelompok. Saya jadi banyak ngomel.  Hehehe.

Setelah 1 temannya yang datang, barulah mulai menyiapkan bahan isiannya. Bahan roti pizzanya ntar jam 2 pagi baru mulai dibuat biar pizzanya pas presentasi fresh from the oven. Setelah selesai menyiapkan bahan isian, temannya pamit pulang dan berjanji semua teman yang lain akan datang jam 4 subuh. Fine, yang penting ada perhatian dari teman kelompoknya Aya.

Bikin pizzanya 2x adonan. Resep Adonan doughnya sederhana tanpa menggunakan mentega dan telur, tapi adonannya lembut juga. Aya yang menakar dan mencampur bahan adonan doughnya. Udah punya mixer pembuat roti, jadi gak repot untuk nguleni dengan tangan dan banting sana banting sini. Yang Aya belum bisa lakukan adalah menggiling adonan sampai tipis dan mengaturnya di talang. Ini jadi urusan saya. Setelah rapi di talang, giliran Aya dan temannya yang menaruh bahan isian di atasnya lalu dioven. Hasilnya 6 talang pizza, 3 pizza meat lovers dan 3 pizza chicken mushroom. Selain pizza, kita bikin es jelly selasih gula merah +krimer.

Resep doughnya diambil dari sini

Bahan Dough:
300 g tepung terigu
1 bks ragi instan
200 g ubi,kukus lalu haluskan
1 sdm gula pasir
¼ sdt garam
125 ml air

Cara membuat: campur semua bahan lalu mixer sekitar 30 menit. Diamkan 30 menit, kemudian bentuk sesuai selera. Diamkan 30menit, lalu tusuk-tusuk dengan garpu. Oles bahan olesan, taburkan bahan topping, terakhir taburkan keju parut dan keju mozarella parut.  Bikinnya 2x adonan dough. 1 adonan dough cukup untuk 4 loyang kecil, dan 1 adonan lagi cukup untuk 2 talang yang besar.

Bahan Olesan ala saya (untuk isian 2xadonan dough)

3 Bawang bombay dan 6 buah bawang putih, dicincang halus

Italian herb (basil dan oregano) secukupnya

500ml saus tomat

garam dan gula secukupnya

1 bungkus keju cheddar (175gr)

100 gr keju mozarella

Topping meat lovers: 250 gr Daging sapi cincang tumis, 300sosis sapi (pakai bernardi)

Topping chicken mushroom: 1 kaleng mushroom, 200 gr daging ayam cincang tumis

Cara membuat:

Bawang bombay, bawang putih ditumis dengan mentega sampai harum, masukkan saus tomat, garam dan gula serta italian herbs.

Kelar jam 6 pagi, saya mengantar mereka ke sekolah dan saya harus berangkat dinas ke Sidrap sekitar 200km dari Palopo. Ada pertemuan disana jam 09.30. Agak telat sih nyampai di pertemuan itu,  untungnya ada teman di unit sana yang sudah handle duluan.

Kata aya, pizzanya enak dan jadi berbeda dengan kelompok yang lain. Saya baru pertama kali bikin pizza talang, biasanya bikin pizza mini. Kemarin bikin lagi memenuhi permintaan Dede yang gak sempat menikmati waktu itu.

Advertisements

4 thoughts on “Pizza Ubi Jalar

    • gak pake mixer juga gak apa-apa asal sabar dan kuat banting sampai kalis hehehe… gak pake basil dan oregano rasanya ada yang kurang. saya beli 1 botol italian herb 25ribu dipakenya sampai beberapa tahun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s