Evaluasi resolusi

Setahun kayaknya gak cukup untuk mewujudkan semua realistic resolution tahun kemarin. Beberapa ada yang sukses selesai, beberapa ada yang berjalan tapi hasilnya belum optimal dan ada yang belum tercapai sehingga butuh perpanjangan waktu. Penyebabnya ya ada yang dari faktor eksternal tapi lebih banyak dari internal diri. Penyebab utama dari internal adalah kurang disiplin dan niat yang kurang kuat. Sorry to myself.

Tesis selesai sebelum bulan Maret.

Langkah maju yang saya buat adalah menghadap pembimbing di bulan April 2016, kemudian beberapa riset tesis sejenis dan setelah itu gak buat apa-apa lagi. Entah mengapa saya gak bisa fokus ke yang satu ini. Dari 19 teman, yang belum selesai ada 3 orang termasuk saya, hehehe. Argo yang jalan terus belum bisa menggerakkan saya buat ngerjainnya. Saya kalo sampai rumah udah capek berfikir serius. Doain tahun ini bisa kelar, kayaknya ada penyemangat lagi nih. Teman-teman seangkatan yang ambil S2 ditempat lain udah pada mau nyusun, masa kalah sama mereka. Dann, barusan dapat surat cinta dari kantor bahwa beasiswa sudah habis masa berlakunya dan segera update status pendidikan. Haiya.

Sukses travelling. Done. Kalo ini sukses berat. Passion utamanya disini soalnya. Januari, umrah. Mei, Eropa 7 negara. September, Beijing & Xian.Dalam negeri, kesampaian ke Aceh, Medan sampai 2x, Labuan Bajo. Kebetulan tahun lalu cuti besar 45 hari kalender, jadi bisa jalan-jalan lebih banyak. Masih ada sisa 3 hari yang saya mau pake di bulan Januari ini.

Pengen pindah ke kota yang punya bandara besar.

Ini belum terealisasi. Mudah-mudahan kalo dapat giliran mutasi, mutasinya sekitar bulan Mei (maunya), setelah si kecil selesai UAS SD. Sebenarnya tahun kemarin nyari-nyari kesempatan untuk mutasi ke kanwil di Makassar, biar bisa transit dulu di kota tempat dibesarkan dan menikmati rumah yang baru. Sayangnya bos dan teman sejawat kurang mendukung, ngapain masuk kanwil kata mereka. Jadi untuk yang ini pasrah saja.

Pengen ngecat rambut. Done

8 tulisan di blog dalam sebulan. 

Total tulisan dalam setahun adalah 65 post, jika dirata-ratakan hanya 5.4post setiap bulan. Sangat produktif di bulan Februari dengan 13 tulisan, tidak produktif di bulan April (0 tulisan) dan Desember (1 tulisan). Stok draft tulisan sebenarnya masih cukup banyak. Cerita jalan-jalan, Eropa masih ada rencana 3 posts, ke China masih ada rencana 5 post, Labuan bajo, Medan dan lain-lain. Penyebabnya ya saya udah gak punya energy buat nulis dan mikir, udah terkuras habis untuk tanggung jawab di kantor dan tanggung jawab sebagai ibu. Laptop kadang dinyalakan tapi gak tergerak untuk menulis, kalah sama nikmatnya selonjoran baring sambil nonton Mohabbatein. Laptop kemanapun saya pergi pasti dibawa tapi gak juga tergerak menulis.

Pengen sedikit lebih kurus.

Ini gagal total, lah tutup tahun malah timbangannya semakin berat. Kebanyakan wisata kuliner kayaknya hehehe. Ini top priority juga tahun ini. Tahun lalu sempat aerobik tapi cuman bentar menjelang pergi ke Eropa.

Pengen pindah rumah. Done

Berpelukan setiap hari.

Belum setiap hari sih, tapi kualitas hubungan dengan anak-anak semakin baik. Mereka semakin terbuka, udah mulai banyak cerita. Mereka serius belajar.

Kursus diving. Belum juga. Low priority, abis jauh dari laut. Coba saya di Makassar mungkin bisa ikut kursus tuh.

Pengen naik gunung lagi. Belum juga.

Baca buku minimal 2 setiap bulan. Targetnya rendah tapi juga gak kesampaian. Dari foto buku yang saya tampilkan di Realistic Resolution, malahan masih ada beberapa yang belum kebaca.

Nilai-nilai moral dan spiritual  yang semakin membaik. Apakah membaik? Biar Allah dan saya saja yang tau.

Jadi resolusi tahun ini adalah:

  • Gak bikin daftar baru
  • Konsisten saja menyelesaikan yang lama yang belum optimal
  • Mari berhitung waktu dan upaya apa yang dilakukan
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s