SUNTIK VAKSIN MENINGITIS

Lengan kiri tempat suntik meningitis berasa ngilunya dan kram sedikit. Agak-agak bengkak. Badan juga agak meriang. Katanya dampaknya baru terasa sehari setelah suntik. Meski begitu saya tetap menjalankan aktivitas seperti biasa. Pun juga anak-anak saya. Angkat jempol deh buat mereka. Tetap beraktivitas dan mereka tidak ada keluhan efek samping suntik. Kemarin juga saat disuntik, gak ada kekhawatiran dan ketakutan mereka. Malah duluan mereka disuntik dibanding emaknya.

Suntik vaksin ini dibutuhkan sebagai salah persyaratan untuk mengurus visa umrah. Meningitis atau radang selaput otak, merupakan penyakit serius yang letaknya dekat otak dan tulang belakang.  Bisa mengakibatkan kerusakan kendali gerak dan pikiran bahkan kematian. Arab saudi, Jazirah Arab dan beberapa negara Afrika masuk masuk dalam wilayah endemi Meningitis. Masih ingat kan Ashanti kena penyakit ini setelah berbulan madu di Maldives dan pergi berumrah. Ternyata sebelum berangkat istrinya Anang ini tidak suntik meningitis. Kalo wajib kenapa ada yang lolos bisa tidak suntik? Wallaahu alam. Tapi saya sempat liat tayangan di TV tahun kemarin yang menyoal masalah buku kuning palsu. Pelaksanaan vaksin meningitis ditandai dengan terbit sertifikat (International Certificate of Vaccination/ICV) dalam bentuk buku kecil berwarna kuning. Ada oknum yang menjadikan ini sebagai peluang pemalsuan, tapi syukurlah pelakunya sudah tertangkap.

Untuk pelaksanaan suntik ini, secara resmi dapat dilakukan di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang ada di kota pelabuhan terdekat. 2 tahun lalu saya pernah vaksinasi di bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Iseng mencoba, ternyata bisa asal menunjukkan boarding pass. Waktu itu sempat ke KKP di Pelabuhan Soekarno Hatta, antriannya panjang. Saya sudah gak bisa menunggu karena harus segera ke bandara mau ke Manado. Kalo yang sekarang saya vaksinnya di Palopo saja. Sama sekali tidak mengantri.

Persyaratan untuk vaksin: Mengisi Formulir yang disediakan (data pribadi sesuai paspor, nama travel yang dipakai, dan tanggal berangkat)  Copy Paspor, copy KTP, Foto 4×6 1 lembar. Biaya vaksin di KKP Palopo Rp 330,ooo .

 

 

 

 

 

 

Advertisements

26 thoughts on “SUNTIK VAKSIN MENINGITIS

  1. Meski efek sampingnya agak tidak enak tapi kayaknya lebih baik ketimbang kena meningitis yang taruhannya nyawa ya Mbak… duh kita memang mesti melengkapi diri dengan vaksin, nih. Habisnya bahaya banget kan penularannya bisa lewat udara ya, dan parah juga kalau sampai kena :hehe.

  2. Saya juga suntuk vaksin meningitis waktu mau umrah tahun lalu. Iya bener, tangan rasanya pegel setelah disuntik. Tapi masih mending dapet pegel daripada dapet penyakitnya. Na’udzubillahimindzalik. Ya walopun mati itu datangnya sewaktu2 ya, dan udah ada qodarnya, tpi lebih baik kita mencegah penyakit kan. :)))

    • KKP di bandara Sultan Hasanuddin adanya di area kedatangan, lokasinya di dekat pemeriksaan imigrasi di kedatangan internasional. Masuknya tetap dari keberangkatan dan kalo ditanya mau ke KKP. Saya dulu suntik di bandara tahun 2014, kurang tau updatenya sekarang. Dicoba saja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s