NAIK MEGABUS AMSTERDAM-BRUSSEL-PARIS

Salah satu cara termurah keliling Eropa adalah dengan naik bus. Jika rajin memantau tiket promo, bisa dapat bus antar kota hanya seharga 1 Euro. Lebih murah dari ongkos pipis di toilet umum di Venice, hehehe.

IMG_7723

Megabus

Saya sih gak berhasil dapat tiket bus harga segitu. Amsterdam-Brussel 4.5Euro dengan lama perjalanan 3 jam, Brussel-Paris 6Euro dengan lama perjalanan 5jam. Belinya bukan pas saat tiket untuk tanggal yang saya inginkan sudah available dibeli. Mungkin pas buka pertama harganya bisa 1Euro, namun saya belinya 10hari sesudah tiket sudah available dibeli. Atau bisa jadi tergantung hari, tiket weekend cenderung lebih mahal di banding tiket weekdays. Tiket dapat dibeli 45 hari sebelum keberangkatan. Tapi harga segitu juga tetap terasa murah. Harga kebab saja 4.5Euro. Amsterdam-Brussel naik kereta paling murah 26Euro, lama perjalanan 2jam. Brussel-Paris naik kereta paling murah 52Euro, lama perjalanan 1jam 22 menit. Hematnya berasa, terlebih kami sudah tidak perlu mengeluarkan biaya nginap, karena nginap di bus Brussel-Paris.

Di Amsterdam, tempat mangkal bis ini adalah di depan stasiun Sloterdijk. Awalnya agak kuatir juga telat sampai di Sloterdijk stasiun dan lama nyari tempat mangkal bis ini. Saya tidak berhasil mendapatkan info google yang pasti apakah day pass yang kami punya bisa membawa kami sampai di Sloterdijk. Sepertinya harus beli lagi tiket kereta kesana. Beruntung saya sempat melihat bus tujuan Sloterdijk di depan Amsterdam Central. Lupa no bisnya. Dan feeling saya harusnya gratis dengan menggunakan kartu day pass kami. Kartu day pass 24hours dibeli kemarin jam 15.00 jadi masih berlaku sampai jam 15.00 keesokan harinya. Ternyata feeling saya benar. Bisa naik bus tanpa bayar lagi. Tempat mangkal bis Megabus juga tidak susah dicari, satu kali bertanya sudah ketemu. Tidak ada pemeriksaan paspor saat naik bis ini, cukup memperlihatkan kertas bookingan online. Tak ada nomor kursi, penumpang bebas duduk dimana saja.

20160506_140517

Inside the bus Megabus

Tempat mangkal Megabus di Brussel adalah di samping Stasiun Gare du Nord sekitar 50meter lah dari pintu depan stasiun. Mudah ditemukan, tidak seperti bayangan saya sebelum tiba di sana. Leganya saya, karena masih berada di lingkungan  stasiun. Kami merencanakan day trip di Brussel ini kurang lebih 10 jam. Jam 01.25 malam, kami naik bus ini lagi menuju Paris. Gimana tuh, tengah malam harus jalan ke tempat mangkalnya ini bus kalo semisalnya agak jauh dari stasiun. Bus ini gak punya ruang tunggu, namanya saja bus murah. Penumpang yang harus menyesuaikan. Saya sempat google juga dimana ada cafe dekat tempat mangkal bus yang buka 24jam. Sayang gak ada. Banyak cafe, starbucks dan cafe lainnya tapi hanya buka sampai jam 09.30 malam. Paling hanya bisa duduk-duduk di depan stasiun, banyak bangku taman. Saya riset juga soal safety. Kalo soal keamanan kelihatannya sih aman saja, ada security yang berkeliling, ada beberapa taxi mangkal, sudah banyak calon penumpang bus lainnya yang sedang menunggu. Selain Megabus, ada Flixbus dan ada juga Eurolines bus yang loaded/unloaded penumpang di tempat yang sama. Bersyukur ternyata stasiunnya tidak tutup sampai kita berangkat, sempat dapat informasi stasiun kereta tutup jam 01.00 dan buka kembali jam 04.00pagi. Jadi bisa menunggu di dalam stasiun, gak kedinginan. Alhamdulillah.

Info toilet juga kayaknya penting nih. Jam 21.30 toilet di Gare du Nord sudah tutup, nemu toilet berbayar di ruang tunggu Eurolines.

20160506_225655

Menunggu di lobby Stasiun Gare du Nord Brussel

Jam 01.30 kami keluar stasiun ke tempat mangkal bus, karena melihat ada bus yang kemungkinan adalah Megabus. Ternyata bukan. Untung saja, tak beberapa lama bisnya datang. Gak kebayang kalo bisnya delay dan kami menunggu sambil kedinginan hihihi.

Sebenarnya banyak pilihan jam bus Brussel-Paris, 3-4 jadwal. Ada yang siang, ada juga yang berangkat jam 10 malam, tapi tibanya jam 03 subuh di Paris. Ogah tiba subuh, mending jam 6pagi gak berapa lama lagi udah terang. Apalagi tempat tiba Megabus di Paris ini, seperti tempat parkir biasa. Sepiii, serem juga kalo nongkrong di situ.

Advertisements

20 thoughts on “NAIK MEGABUS AMSTERDAM-BRUSSEL-PARIS

  1. ihhh boro-boro 1 Euro, aku pas buka website-nya rata-rata harganya udah 2 digit semua –‘ terlalu mepet kayaknya ya, soalnya udah 2 minggu sebelum tanggal perjalanan sihh hehehe

    • masih beruntung daku dong mbak…. sempat kepikiran mau naik bus paris-barcelona lagi 14Euro tapi kelamaan mikirnya..soalnya lama banget di bus 20jam, abis waktu… begitu harga naik, ya udah naik pesawat saja…

  2. Mba seruu tripnya dgn megabus …
    Mw tanya ttf megabus yg tiba diparis itu klo mw k tengah kotanya gmn ya maksudnya ke eiffel and louvre .

    Thnku
    Jeanny

  3. mba, mau tanya ya, saya setiap buka situs megabus dan memilih megabus tujuan negra-negara eropa, selalu diteruskan ke situs flixbus, memang begitu ya?

    • Sejak 1 juli 2016 megabus di take over sama flixbus, dampak brexit kali ya atau mungkin ada penyebab lainnya. Flixbus ok juga, tempat naik dan turunnya kurang lebih sama dengan megabus. busnya juga sama.

  4. Hi Mbak..salam kenal…sy elly dari blitar..nanti akhir nop ke Amsterdam-brussl-paris…tiket bisnya apa bisa langsung beli ditempat? atau harus bayar online kah?

  5. halo mbak.. salam kenal ya, saya ellen… kalo naik mega bus apakah bisa bawa koper besar. saya rencana bersama keluarga. mau pindah2x kota. jd kopernya 5. dan ukuran 26. apa bus mau nerima? sebelum terimakasih.

    • halo mbak ellen, megabus di eropa sekarang dikelola oleh flixbus, jadi mengikuti ketentuan bagasi di flixbus, 2 item of baggage (max 67x50x27cm, max combined weight 30kg) and 1 hand baggage max 7 kg. Kalo cek di website megabus untuk di UK kebijakannya adalah total panjang+lebar+ tinggi tidak melebihi 60 inch dan beratnya tidak melebihi 50pound/25kg. Kalo saya cek size 26 kayaknya sekitar 55-60inch. Masih bisa. Bulan lalu saya naik megabus di UK. Saya dan teman-teman rata-rata menggunakan koper 20-25inch, busnya terima saja.

  6. selama di amsterdam dan brussel pakai transportasi apa? apa ada daypass? biaya berapa? saya liat bawaan nya banyak berapa kilo tuh? apakah ada batasan bagasi naik bus antar negara? selama di brussel, kopernya di titip dimana? apa digeret terus?

    • selama di amsterdam pake gvb one day pass. di brussel juga beli one day pass. masing-masing bawa 1 koper sama 1 tas tangan/ransel. Di stasiun kereta brussel saya sewa 2 loker besar cukup untuk 8 koper dan tas lainnya. jadi gak nenteng kesana kemari

  7. mbak tanya dong, klo liat di web nya, utk paris pilihan haltenya turun dimana yg startegis? klo dari amsterdam enaknya naik dari halte mana? bingung nih pilih halte naik turunnya.

    • sekarang megabus di eropa diambil alih sama flixbus. tapi sama aja sih tempat naik turun bus megabus dan flixbus. kalo saran saya jangan ambil naik turun dari bandara, karena jauh. kecuali kalo tujuan kamu dari dan ke bandara. jadi untuk di paris turun di porte maillot, untuk di amsterdam turun di sloterdijk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s